Inner West (Sydney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Inner West
New South Wales
Leichhardt Italian Forum 2.JPG
Italian Forum, Leichhardt
Jumlah penduduk: 197,167 (2007) [1]


Inner West adalah sebutan umum yang digunakan untuk menyebut wilayah metropolitan di sebelah barat distrik bisnis pusat Sydney, New South Wales, Australia. Sebagian besar kota pinggiran Inner West terletak di tepi selatan Port Jackson (Parramatta River), stretching south to the shores of the Cooks River.

Kota pinggiran[sunting | sunting sumber]

Inner West bukanlah daerah geografis yang sudah pasti. Australian Bureau of Statistics menetapkan daerah statistik Inner Western Sydney di wilayah pemerintah lokal Canada Bay, Ashfield, Burwood dan Strathfield[2]. Ini dapat dianggap sebagai wilayah inti yang mencakup semua daerah yang masuk dalam Inner West. Strategi Metropolitan Pemerintah NSW menambahkan wilayah pemerintah lokal Leichhardt ke dalam subwilayah Inner West.[3] Suratkabar setempat, Inner West Courier, mencakup kota pinggiran di wilayah pemerintah lokal Leichhardt dan Marrickville juga sejumlah pinggiran barat City of Sydney seperti Glebe dan Erskineville.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanah penduduk asli[sunting | sunting sumber]

Sebelum datangnya Armada Pertama, wilayah Sydney adalah rumah bagi suku Darug. Bangsa ini terpecah menjadi beberapa klan Aborigin yang memilih untuk menetap di daerah geografis tertentu. Masing-masing klan terdiri dari 50 hingga 100 orang dan untuk menghindari masalah genetik, pria boleh menikahi wanita dari klan lain. Sehingga klan-klan tersebut saling terhubugn dan anggota dari satu klan dapat berkunjung ke teritori klan lain, termasuk untuk berburu, berdagang dan melakukan upacara. Mereka tidak menganggap diri sebagai pemilik tanah, tetapi penjaga tanah.[4]

Apa yang sekarang menjadi Inner West sebelumnya adalah rumah bagi dua klan, Cadigal, yang tanahnya membentang di sepanjang Port Jackson dari South Head ke Lewisham, dan Wangal, yang tanahnya berada di sebelah barat tanah Cadigal dan memanjang hingga Homebush Bay. Klan lain yang menjadi pengunjung tetap ke wilayah ini adalah Birrabirragal dan Muru-ora-dial di daerah yang sekarang menjadi Eastern Suburbs, Bediagal dan Kameygal dari daerah Cooks River ke selatan, Burramattagal dari daerah Parramatta ke barat, dan Wallumattagal, Cammeraigal dan Gorualgal dari tepi utara Parramatta River. [5]

Rumah-rumah di Marrickville, sebuah kota pinggiran di Inner West Sydney

Geografi[sunting | sunting sumber]

Topografi Inner West dikenali dari bukit menggulung yang dipotong oleh lembah dangkal yang dilalui jalur air Iron Cove Creek, Hawthorne Canal (sebelumnya Long Cove Creek), Whites Creek dan Johnstons Creek. Jalur air ini berubah drastis sejak akhir abad ke-19 karena pembangunan tepi air. Contohnya, pada tahun 1860-an Iron Cove Creek adalah jalur air yang mengalir bebas yang di beberapa tempat melebar menjadi kolam yang membentuk kolam renang indah. Sekarang telah menjadi aliran kecil yang dijajari daerah pemukiman, taman dan restoran siap saji.

Perumahan[sunting | sunting sumber]

Kota pinggiran di daerah ini dapat dikenali dari perumahan berkepadatan menengah dan tinggi dan meliputi sejumlah pembangunan tua di Sydney seperti rumah teras di Glebe, Newtown dan Annandale.

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Daerah ini juga menjadi lokasi sejumlah institusi pendidikan tersier seperti Australian Catholic University, University of Sydney dan University of Technology, Sydney dan wilayah pusat kota memiliki jumlah mahasiswa yang lebih banyak. Inner West juga memiliki beberapa sekolah terbaik di New South Wales seperti Christian Brothers' High School, Lewisham (Swasta), Fort Street High School (Umum), Ashfield Boys High School (Umum), Homebush Boys High School (Umum), Burwood Girls High School (Umum), Strathfield Girls High School (Umum),Presbyterian Ladies' College, Sydney (Swasta), MLC School (Swasta), Trinity Grammar School (Swasta), Newington College (Swasta), Santa Sabina College (Swasta), St Patrick's College (Swasta), Sydney Adventist College (Swasta) dan Meriden School (Swasta).

Bank bersejarah, Balmain
School of the Arts, Newtown
Newington College, Stanmore

Wilayah komersial[sunting | sunting sumber]

Wilayah komersial terbesar di Inner West adalah Newtown, Balmain, Leichhardt, Glebe, Marrickville, Burwood, Ashfield dan Strathfield. Wilayah Balmain, Newtown, dan Summer Hill terkenal karena jalan pertokoan yang beragam, dan restoran dan kafe tepi jalan. Mal perbelanjaan besar berada di Marrickville, Burwood dan Broadway.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Angkutan umum di wilayah ini meliputi kereta, bus, feri dan kereta ringan. Jalur kereta api Inner West CityRail berawal dari stasiun Central, membentang ke selatan Parramatta Road ke Strathfield dan Liverpool. Jalur kereta api Northern mengikuti rute yang sama ke Strathfield dan berpisah ke utara ke Hornsby, dengan perhentian di North Strathfield, Concord West dan Rhodes. Ada berbagai rute bus yang disediakan oleh Sydney Buses. Jalur Bankstown menyediakan jasa kereta api menuju kota pinggiran seperti Erskineville, St Peters, Marrickville, Campsie dan Bankstown. Sydney Ferries mengoperasikan layanan di Inner Harbour dan Parramatta River. Juga ada Metro Light Rail yang membentang dari Central ke Lilyfield melalui Pyrmont dan Glebe.

Parramatta Road membentang melalui bagian tengah daerah ini. Meskipun masih memainkan peran kecil dalam transportasi sehari-hari, penggunaan sepeda untuk transportasi telah meningkat secara signifikan di Inner West sejak 1990-an. Populasi yang lebih padat dan jarak yang makin dekat berarti bersepeda lebih cepat dan nyaman daripada menggunakan angkutan umum. Jaringan jalur sepeda, rute sepeda di jalan-jalan setempat dan bantuan untuk bersepeda dengan aman dan nyaman sedang dikembangkan. Rute sepeda utama meliputi rute Timur-Barat dari Five Dock ke Anzac Bridge, rute Baratlaut dari Gladesville Bridge ke Anzac Bridge, rute Baratdaya dari Marrickville ke City melalui Newtown. Sekumpulan kelompok pengguna sepeda setempat menyediakan bantuan bagi pesepeda baru dengan nama induk Bicycle New South Wales [6].

Pemerintah[sunting | sunting sumber]

Wilayah ini diwakili oleh elektorat federal Grayndler, Lowe dan Sydney. Tiga kursi ini sedang diduduki oleh Buruh, Grayndler dan Sydney dianggap sebagai kursi paling aman dengan ALP memeroleh 70% suara sementara setelah pemilihan terakhir Lowe agak aman. Di parlemen negara bagian, wilayah ini diwakili oleh distrik pemilihan Balmain, Canterbury, Drummoyne, Marrickville dan Strathfield. Dalam pemilihan negara bagian tahun 2007, masing-masing kursi ini dimenangkan oleh partai Buruh, meskipun ada jumlah dukungan yang cukup meningkat untuk Partai Hijau. wilayah pemerintah lokal yang tercakup di Inner West adalah Canada Bay, Strathfield, Burwood, Ashfield dan sebagian Canterbury, Marrickville, Leichhardt dan City of Sydney.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Inner West Sydney memiliki beragam budaya yang menghasilkan berbagai macam masakan yang dinikmati oleh warga setempat. Leichhardt dan Haberfield sudah lama dikaitkan dengan komunitas Italia Australia. Marrickville dan Earlwood memiliki pengaruh Yunani Australia yang sangat kuat. Petersham memiliki komunitas Portugis Australia yang beragam. Marrickville juga memiliki restoran dan pasar makanan segar Vietnam Australia. Ashfield telah menyediakan rumah bagi beberapa gelombang migrasi dengan warga Yunani tinggal bersama warga Cina, khususnya dari Shanghai dan Asia Selatan. Banyak warga keturunan Britania menetap di Inner West, mereka tersebar di seluruh daerah ini dan juga memiliki komunitas yang beragam.

Gay dan lesbian[sunting | sunting sumber]

Inner West memiliki komunitas gay dan lesbian yang besar, khususnya di kota pinggiran Newtown, Erskineville, Glebe, Leichhardt, Annandale, Marrickville, Enmore dan Dulwich Hill. The Gay & Lesbian Counselling Service (NSW) di Newtown adalah sebuah pelayanan masyarakat berbasis relawan yang menyediakan konseling telepon, informasi dan pemberian arahan yang bersifat gratis, anonim dan rahasia dan mendukung kelompok gay, lesbian, biseksual dan transgender (GLBT) di New South Wales (NSW) mengenai seksualitas dan masalah kehidupan. Twenty 10 [1] adalah organisasi pendukung untuk remaja di bawah 26 tahun dan mengalami masalah di rumah atau baru saja kehilangan rumah. The Sanctuary adalah klinik kesehatan gratis untuk pria gay, terletak di Mary Street Newtown. The Sydney Pride Centre [2] di Erskineville dan menyediakan dukungan, arahan dan penggalangan dana untuk komunitas gay, lesbian, biseksual dan trannsgender di Sydney.

Inner West adalah rumah bagi dua pub gay dan lesbian Sydney, Clarence Hotel [3] di Petersham dan Imperial Hotel di Erskineville [4]. Imperial atau "Impy" terkenal karena drag queen-nya yang flamboyan dan berubah menjadi pub-klub yang ditutup untuk direnovasi pada Februari 2009. Metropolitan Community Church [5] di Petersham membuka diri kepada semua orang yang merasa dikucilkan oleh kelompok keagamaan, khususnya anggota gay, lesbian, transgender dan biseksual.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Inner West diwakili di National Rugby League oleh Wests Tigers, dari penggabungan klub Balmain dan Western Suburbs. Dalam rugby union, wilayah ini diwakili oleh Sydney Uni dan West Harbour di kompetisi tingkat Sydney. Aktivitas non-kompetitig seperti jalan kaki, bersepeda dan berenang juga dilayani kebutuhannya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://web.archive.org/web/20100326144533/http://www.colliersresidential.com/files//research/inner_west_property_watch_nov_08_-_colliers.pdf
  2. ^ "1216.0 NSW statistical divisions, subdivisions, local areas". Australian Bureau of Statistics. Diakses 2008-07-30. 
  3. ^ "Centres and corridors - Inner West" (PDF). NSW Department of Planning. Diakses 2008-07-30. 
  4. ^ Speed the Plough - Ashfield 1788-1988, by Sheena & Robert Coupe, published by Ashfield Municipal Council, 1988 ISBN 0-9595234-1-3
  5. ^ http://www.cityofsydney.nsw.gov.au/barani/themes/popups/group_locations.html
  6. ^ Home - Bicycle NSW

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Search Wikivoyage Panduan wisata Sydney/Inner West di Wikivoyage.