Botany Bay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Foto Botany Bay oleh SPOT Satellite

Botany Bay adalah sebuah teluk di Sydney, New South Wales, beberapa kilometer di selatan distrik bisnis pusat Sydney. Sungai Cooks dan Sungai Georges adalah dua anak sungai utama yang mengalir ke teluk ini. Dua landasan Bandar Udara Sydney memanjang ke teluk ini.

Tanggal 29 April 1770, Botany Bay adalah tempat pendaratan pertama HMS Endeavour James Cook di benua Australia, setelah mengelilingi Selandia Baru. Kemudian Britania Raya merencanakan Botany Bay sebagai koloni tahanan. Selain rencana ini Botany Bay menjadi pendudukan Eropa pertama di Australia di Sydney Cove.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sue dan Sweet Poll dari Plymouth, Inggris menangisi kekasih mereka yang akan dipindahkan ke Botany Bay, 1792

Aborigin[sunting | sunting sumber]

Bukti arkeologis dari pantai Botany bay telah membuktikan pendudukan Aborigin 5.000 tahun yang lalu. Warga Aborigin di Sydney yang dikenal sebagai Eora dengan sub-kelompoknya berasal dari bahasa yang dituturkan mereka. Orang-orang yang menetap antara Sungai Cooks dan Sungai Georges adalah Bidgigal. Di pantai selatan teluk adalah Gweagal.[1] Di pantai utara adalah Kameygal.[2]

Bicentennial Monument di Brighton-Le-Sands

Eropa[sunting | sunting sumber]

Pendaratan James Cook

Pendaratan James Cook menandakan awal ketertarikan Britania Raya di Australia dan kolonisasi pertama di benua Selatan baru ini.[3] Awalnya nama Sting Ray Harbour digunakan oleh Cook dan penulis jurnal lainnya dalam ekspedisinya, karena ubur-ubur yang mereka tangkap. Nama ini tercatat juga pada catatan Laksamana.[4] Catatan Cook tanggal 6 Mei 1770 mencatat "Jumlah besar sejenis ikan yang ditemukan di tempat ini menginspirasiku untuk memberi daerah ini nama Stingrays Harbour". Tetapi, dalam jurnalnya (disiapkan dari catatannya), ia mengubahnya menjadi "Jumlah besar tanaman yang ditemukan Tn. Banks dan Dr. Solander di tempat ini menginspirasiku untuk memberi daerah ini nama Botany Bay".[5] Awalnya nama Botanist Bay juga kadang digunakan.

Monumen di La Perouse

Kedatangan First Fleet

Gubernur Arthur Phillip mengarahkan kapal Armed Tender "Supply" ke teluk ini pada 18 Januari 1788. Dua hari kemudian kapal First Fleet tersisa tiba untuk mendirikan koloni tahanan. Menemukan bahwa tanah berpasir tak subur di tempat ini tidak cocok untuk diduduki, Phillip memutuskan untuk pindah ke pelabuhan alami Port Jackson di utara. Pada pagi 24 Januari, ekspedisi penjelajah Perancis, Jean-François de La Pérouse terlihat di luar Botany Bay. Tanggal 26 Januari, "Supply" meninggalkan teluk ini menuju Port Jackson. Dijangkarkan di Sydney Cove dan Bendera Britania Raya "Queen Ann" dikibarkan di tepi pantai. Pada sore 26 Januari, kapal tersisa First Fleet tiba di Sydney Cove. Suplai air segar yang baik di daerah ini menghasilkan pertambahan populasi di abad ke-19.

Botany Bay, dilihat dari Kurnell

Markah tanah[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Sydney, bandara terbesar di Australia, berdiri di sisi baratlaut Botany Bay. Tanah yang direklamasi dari teluk ini memperpanjang landasan pertama utara-selatan dan membangun landasan kedua yang paralel dengannya. Port Botany, di timur bandara, dibangun tahun 1930 dan merupakan terminal kontainer terbesar di Sydney.

Daratan di sekitar tanjung teluk dilindungi oleh National Parks and Wildlife Service sebagai Botany Bay National Park. Di sisi utara mulut teluk terdapat situs bersejarah La Perouse dan di selatan terdapat Kurnell. Pantai barat teluk memiliki banyak pantai terkenal seperti Brighton-Le-Sands. Di sisi selatan teluk, perairannya dipagari atas perintah National Parks and Wildlife Service di Towra Point karena konservasi lingkungan.

Mulut Botany Bay dari udara
Foto udara Sydney memperlihatkan Botany Bay di bagian depan

Kehidupan laut[sunting | sunting sumber]

Meskipun pelabuhan sibuk, Botany Bay memiliki populasi laut yang sangat beragam dan daerah di sekitar pintu masuknya adalah situs penyelaman terbaik di Wilayah Metropolitan Sydney. Belakangan ini Botany Bay Watch Project[6] berdiri degnan relawan yang mengawasi dan melindungi penangkapan teluk dan kehidupan lautnya yang unik.

Populasi naga laut kecil yang pernah ditemukan terdapat di situs penyelaman 'Steps', di sisi selatan (Kurnell) Botany Bay National Park. Naga laut kecil ini hanyalah satu dari ratusan makhluk laut teritorial yang ditemukan di Botany Bay. Eastern Blue Grouper[7] adalah ikan negara bagian New South Wales. Mereka biasa ditemukan mengikuti penyelam di sepanjang garis pantai Botany Bay.

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pictorial Memories ST. George: Rockdale, Kogarah, Hurstville Joan Lawrence, Kingsclear Books, 1996, Published in Australia ISBN 0-908272-45-6, page 3
  2. ^ http://www.botanybay.nsw.gov.au/city/history.htm
  3. ^ http://www.slq.qld.gov.au/about/coll/maps/hist/aus/bb Captain Cook's map of Botany Bay
  4. ^ Captain Cook's Journal During the First Voyage Round the World, di Proyek Gutenberg, editor W. J. L. Wharton's footnote to 6 May 1770.
  5. ^ Ray Parkin, H. M. Bark Endeavour, Miegunyah Press, second edition 2003, ISBN 0-522-85093-6, page 203.
  6. ^ http://www.botanybaywatch.com.au/
  7. ^ http://www.botanybaywatch.com.au/pmwiki/pmwiki.php?n=Marine.BlueGroper

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • (Perancis) Expédition à Botany Bay, La fondation de l'Australie coloniale, Watkin Tench, préface d'Isabelle Merle, 2006, Editions Anacharsis
  • George Forster, Neuholland und die brittische Colonie in Botany-Bay/New Holland and the British colony at Botany Bay, translated into English by Robert J. King, Originally published in Allgemeines historisches Taschenbuch, oder, Abriss der merkwuridgsten neuen Welt Begebenheiten enthaltend fur 1787, National Library of Australia, Canberra, 2008, SR 909.7 S768.
  • (Perancis) Le texte fondateur de l'Australie, récit de voyage d'un capitaine de la First Fleet durant l'Expédition à Botany Bay. [1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 33°58′LU 151°10′BT / 33,967°LS 151,167°BT / -33.967; 151.167