Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu
Sampul manga volume pertama
ひとりぼっちの○○生活
(Hitori Botchi no Marumaru Seikatsu)
GenreKomedi[1]
Penggalan kehidupan[2]
Manga
PengarangKatsuwo
PenerbitASCII Media Works
MajalahComic Dengeki Daioh "g"
DemografiShōnen
Terbit27 September 201327 April 2021
Volume8
Seri anime
SutradaraTakebumi Anzai
SkenarioJukki Hanada
MusikRyuichi Takada
Hidekazu Tanaka
StudioC2C
Pelisensi
Saluran
asli
MBS, TBS, BS-TBS, AT-X
Tayang 6 April 2019 22 Juni 2019
Episode12
 Portal anime dan manga

Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu (Jepang: ひとりぼっちの○○生活, Hepburn: Hitori Botchi no Marumaru Seikatsu) adalah seri manga empat panel Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Katsuwo, yang memulai serialisasi di majalah terbitan ASCII Media Works Comic Dengeki Daioh "g" pada tahun 2013. 8 volume tankōbon telah diterbitkan. Sebuah seri televisi anime diadaptasi oleh C2C dan ditayangkan di Jepang mulai tanggal 6 April hingga tanggal 22 Juni 2019.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bocchi Hitori adalah seorang gadis yang menderita kecemasan sosial dan membuat dirinya kesulitan untuk berbicara dengan orang lain. Setelah memasuki SMP, satu-satunya sahabat yang dimilikinya adalah Kai Yawara, yang bersekolah di tempat yang berbeda, lalu Kai memberitahu Bocchi bahwa ia memutuskan persahabatan mereka sampai Bocchi dapat berteman dengan semua orang di kelasnya. Dengan demikian, Bocchi mendapatkan tugas untuk berteman dengan semua orang di kelasnya sebelum lulus.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Bocchi Hitori (一里 ぼっち, Hitori Bocchi)
Pengisi suara: Chisaki Morishita[1]
Seorang gadis yang memiliki kecemasan sosial dan membuat dirinya sulit untuk berbicara dengan orang lain. Ketika satu-satunya teman yang dimilikinya, Kai, memutuskan hubungan persahabatan mereka, ia ditugaskan untuk mencoba berteman dengan semua orang di kelas. Namanya berasal dari hitoribocchi (ひとりぼっち, "sendirian").
Nako Sunao (砂尾 なこ, Sunao Nako)
Pengisi suara: Minami Tanaka[3]
Teman pertama yang Bocchi dapatkan setelah memasuki SMP. Ia memiliki penampilan yang menyeramkan, tetapi ia sebenarnya baik dan mendukung Bocchi. Namanya berasal dari sunao na ko (素直な子, "anak yang jujur").
Aru Honshō (本庄 アル, Honshō Aru)
Pengisi suara: Akari Kitō[4]
Wakil ketua kelas di kelas Bocchi. Ia sering menggunakan penampilan palsu untuk menyembunyikan fakta bahwa ia sebenarnya adalah pecundang. Namanya berasal dari honshō aru (本性ある, "memiliki sifat tersembunyi").
Sotoka Rakita (ソトカ・ラキター, Sotoka Rakitā)
Pengisi suara: Yūko Kurose[4]
Teman sekelas Bocchi yang berasal dari negara lain dan menganggap dirinya sebagai seorang ninja. Namanya berasal dari soto kara kita (外から来た, "datang dari luar").
Kako Kurai (倉井 佳子, Kurai Kako)
Pengisi suara: Kana Ichinose[5]
Petugas moral publik di sekolah Bocchi. Ia memiliki kebijakan untuk tidak berteman karena ia ingin menjadi cukup kuat untuk hidup sendiri. Namanya berasal dari kurai kako (暗い過去, "masa lalu yang kelam").
Kai Yawara (八原 かい, Yawara Kai)
Pengisi suara: Konomi Kohara[5]
Sahabat Bocchi sejak SD. Prihatin dengan kecemasan sosial yang dimiliki Bocchi setelah mereka bersekolah di tempat yang berbeda, ia memutuskan persahabatannya dengan Bocchi untuk mendorongnya berteman. Namanya berasal dari yawarakai (やわらかい, "lembut").
Ito Kurie (栗枝 衣抄, Kurie Ito)
Pengisi suara: Honoka Kuroki
Teman sekelas Bocchi yang menjadi pustakawan. Ia pemalu seperti Bocchi. Namanya berasal dari kurieito (クリエイト, "membuat").
Peko Onaka (尾中 ペコ, Onaka Peko)
Pengisi suara: Nana Harumura
Teman sekelas Bocchi yang menyukai manisan. Namanya berasal dari onaka pekopeko (お腹ペコペコ, "sangat lapar").
Hanako Yamada (山田 花子, Yamada Hanako)
Pengisi suara: Rika Nagae
Teman sekelas Bocchi yang merupakan anggota klub tenis sekolah.
Ino Kawai (河合 依乃, Kawai Ino)
Wali kelas Bocchi. Namanya berasal dari kawaii no (かわいいの, "yang imut").
Mayo Ojōsa (小篠咲 真世, Ojōsa Mayo)
Pengisi suara: Saki Miyashita
Teman sekelas Bocchi yang berasal dari keluarga kaya. Namanya berasal dari ojō-sama yo (お嬢さまよ, "Aku adalah gadis kaya").
Nosaki Futago (二子 乃咲, Futago Nosaki)
Pengisi suara: Takako Tanaka
Teman sekelas Bocchi yang merupakan saudara kembar Notsugi. Notsugi memanggilnya Saki. Namanya berasal dari futago no saki (双子の先, "si kembar yang lebih tua").
Notsugi Futago (二子 乃継, Futago Notsugi)
Pengisi suara: Hiyori Kono
Teman sekelas Bocchi yang merupakan saudara kembar Nosaki. Nosaki mengatakan suaranya terlalu keras. Nosaki memanggilnya Tsugu. Namanya berasal dari futago no tsugi (双子の次, "si kembar yang lebih muda").
Rau Minagawa (美奈川 らう, Minagawa Rau)
Pengisi suara: Ribu Mukai
Teman sekelas Bocchi yang merupakan siswa paling populer di kelas. Teman-teman sekelasnya memanggilnya Mina. Ia menyanyikan lagu-lagu buruk dengan suara keras. Ia dulu bersekolah di SD yang sama dengan Kō Futō dan Kō Futō adalah satu-satunya temannya saat itu. Karena Kō menolak pergi ke sekolah, ia berperilaku menyenangkan di kelas sehingga Kō tidak merasa gugup. Namanya berasal dari mina ga warau (皆が笑う, "semua tertawa").
Kō Futō (布藤 香, Futō Kō)
Teman sekelas Bocchi yang menolak pergi ke sekolah. Namanya berasal dari futōkō (不登校, "truancy").
Teruyo Oshie (押江 照代, Oshie Teruyo)
Pengisi suara: Minami Takahashi[6]
Wali kelas Bocchi yang dipanggil "Teru-chan" oleh murid-muridnya. Ia memiliki ketakutan yang tidak masuk akal terhadap Nako. Namanya berasal dari oshieteru yo (教えてるよ, "aku akan mengajarimu").
Kakeru Omoi (恩井 翔琉, Omoi Kakeru)
Namanya berasal dari Omoi Kakeru (おもいかける, "menyebarkan perasaan").
Mari Inakana (稲金 真理, Inakana Mari)
Namanya berasal dari inaka namari (田舎訛り, "aksen pedesaan").

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Seri manga ini ditulis dan digambar oleh Katsuwo. Manga ini memulai serialisasi di majalah terbitan ASCII Media Works Comic Dengeki Daioh "g" pada tanggal 27 September 2013.[1] Seri ini telah terkumpul dalam 8 volume tankōbon.[7]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 27 November 2014[8]ISBN 978-4-04-866984-9
2 27 Januari 2016[9]ISBN 978-4-04-865646-7
3 27 Januari 2017[10]ISBN 978-4-04-892567-9
4 26 Februari 2018[11]ISBN 978-4-04-893641-5
5 27 Maret 2019[12]ISBN 978-4-04-912430-9
6 25 Februari 2020[13]ISBN 978-4-04-913033-1
7 27 Januari 2021[14]ISBN 978-4-04-913610-4
8 25 Juni 2021[15][16]ISBN 978-4-04-913850-4
ISBN 978-4-04-913851-1 (SE)

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime diumumkan pada episode terakhir Mitsuboshi Colors, adaptasi anime dari mannga laiinya yang dibuat oleh penulis yang sama, pada 25 Maret 2018.[1] Seri ini disutradarai oleh Takebumi Anzai dan ditulis oleh Jukki Hanada, dengan animasi oleh C2C. Kii Tanaka menjadi perancang karakter sutradara animasi utama. Ryuichi Takada dan Hidekazu Tanaka menjadi penyusun musik dalam seri anime ini.[17] Seri anime ini ditayangkan mulai tanggal 6 April hingga tanggal 22 Juni 2019 dalam program Animeism di stasiun televisi MBS, TBS, BS-TBS dan AT-X.[3] Lagu tema pembukanya adalah "Hitori Bocchi no Monologue" (ひとりぼっちのモノローグ, Monolog Kesendirian) oleh Chisaki Morishita, Minami Tanaka, Akari Kitō dan Yūko Kurose, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Ne, Issho ni Kaero" (ね、いっしょにかえろ。, Ayo Pulang Bersama) oleh Chisaki Morishita.[6]

No.Judul [18][a]Tanggal tayang asli
1"My First Confession"
Transkripsi: "Hajimete no Kokuhaku" (はじめての告白)
6 April 2019 (2019-04-06)
Gadis pemalu yang bernama Bocchi Hitori akhirnya memulai SMP barunya sendirian setelah sahabat satu-satunya, Kai Yawara, bersumpah untuk memutuskan persahabatan mereka sampai Bocchi berteman dengan semua orang di kelasnya. Setelah upaya yang gagal untuk meniadakan kelas dan pengenalan diri yang berakhir dengan bencana, Bocchi berbicara dengan teman sekelas yang duduk di depannya, Nako Sunao, yang menyukainya meskipun ada beberapa kesalahpahaman awal. Saat mereka berdua mengobrol dan bertukar pesan satu sama lain, Nako resmi menjadi teman baru pertama Bocchi.
2"Actually, Thank You"
Transkripsi: "Hontō wa Arigatō" (本当はありがとう)
13 April 2019 (2019-04-13)
Ketika Nako tiba-tiba kesal dengan Bocchi, wakil ketua kelas Aru Honshou mencoba membantu Bocchi mencari tahu apa penyebabnya. Setelah mengetahui bahwa Nako menjadi marah setelah Bocchi memberitahunya alasan ia ingin berteman dengan Nako, Aru mendorong Bocchi untuk mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya kepada Nako dan berbaikan dengannya. Keesokan harinya, ketika Bocchi dan Nako menemukan Aru yang agak disayangkan, meskipun penampilan Aru saat itu ceria, Bocchi berhasil berteman dengannya.
3"Getting it Across by Spinning Your Wheels"
Transkripsi: "Tsutawaru Karamawari" (つたわる空回り)
20 April 2019 (2019-04-20)
Dengan bantuan Nako, Bocchi berhasil meminta Aru untuk pulang bersama mereka berdua, membuat mereka bertiga menjadi lebih dekat. Kemudian, Nako datang ke rumah Bocchi di mana tekad Bocchi untuk menjadi tuan rumah yang baik membuatnya demam. Setelah mengetahui bahwa guru Teruyo Oshie menganggap Nako menakutkan, Nako mendapat saran dari Aru tentang cara agar terlihat lebih ramah saat mereka mengunjungi Bocchi.
4"I'll be Your Apprentice"
Transkripsi: "Deshi ni Narimasu" (弟子になります)
27 April 2019 (2019-04-27)
Bocchi didekati oleh siswa dari negara lain yang bernama Sotoka Rakita, yang putus asa ketika Bocchi memberitahunya bahwa ia bukan seorang ninja. Bocchi mencoba untuk menghibur Sotoka dengan membuat senjata rahasia origami, menawarkan untuk berteman dengannya, tetapi keterampilannya ini membuat Sotoka percaya bahwa Bocchi adalah master ninja yang menyamar dan meminta untuk menjadi muridnya sebagai gantinya. Terlepas dari rintangan ini, Bocchi mulai melatih Sotoka, meminta untuk berteman dengannya setelah mereka selesai berlatih.
5"Happens All the Time"
Transkripsi: "Aruaru Aruaru" (アルアルあるある)
4 Mei 2019 (2019-05-04)
Aru berusaha menyelamatkan muka di depan temannya, Hanako Yamada, setelah ia secara tidak sengaja membawa ransel SD ke sekolah bersamanya. Hal-hal menjadi lebih sulit baginya keesokan harinya ketika ia akhirnya mengenakan seragam sekolah dasar lengkap. Kemudian, Aru ditantang ke pertandingan tenis oleh Nako, merasa kesulitan karena ia sering bolos klub tenis.
6"Summer Comes in 5-7-5"
Transkripsi: "Go-Shichi-Go de Natsu ga Kuru" (五七五で夏が来る)
11 Mei 2019 (2019-05-11)
Bocchi menjadi gugup saat ia menyajikan haiku di depan kelasnya, sementara Nako akhirnya harus mengambil pelajaran tambahan setelah gagal dalam ujian matematikanya. Sementara itu, Teruyo, yang mencoba mengatasi rasa takutnya pada Nako, berasumsi bahwa Bocchi adalah ketua geng rahasia.
7"Gentle Tears"
Transkripsi: "Yawarakai Namida" (やわらかい涙)
18 Mei 2019 (2019-05-18)
Merasa ia perlu berteman dengan satu orang lagi sebelum liburan musim panas, Bocchi mencoba berteman dengan anggota komite disiplin Kako Kurai, tetapi gagal total. Selama liburan musim panas, mereka pergi ke kolam renang di mana Bocchi mengajari Nako cara berenang. Ketika mereka pergi ke karaoke setelah itu, Bocchi bertemu dengan Kai, yang lega melihat bahwa Bocchi telah berteman dengan beberapa gadis dan mengingat janjinya padanya. Dalam perjalanan pulang, Sotoka mengungkapkan keinginannya untuk berteman dengan Bocchi kepada yang lain.
8"Welcome Back from Elsewhere"
Transkripsi: "Soto kara Okaeri" (外からおかえり)
25 Mei 2019 (2019-05-25)
Setelah banyak rintangan, Bocchi berhasil berbicara dengan Kako, tetapi ia mengetahui bahwa Kako memiliki kebijakan untuk tidak berteman. Keesokan harinya, saat Bocchi membantu Kako membersihkan kelas, Kako menjelaskan bahwa kebijakannya adalah membuktikan dirinya cukup kuat untuk hidup sendiri. Sementara itu, Sotoka khawatir meminta menjadi teman Bocchi sambil tetap menjadi muridnya. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk fokus pada pelatihan magangnya untuk menunjukkan penghargaannya terhadap Bocchi.
9"Perfect Curry Pancakes"
Transkripsi: "Zekkō no Karē Pankēki" (絶好のカレーパンケーキ)
1 Juni 2019 (2019-06-01)
Saat kelas memasak, Bocchi akhirnya harus bekerja dengan sekelompok teman sekelas yang tidak dikenalnya. Dengan bantuan dari Aru, Bocchi berhasil membuat kelompoknya terkesan dengan membuatkan mereka krim kocok untuk panekuk mereka. Setelah itu, Bocchi memberanikan diri untuk memperkenalkan teman-temannya ke Kako sebelum meminta Kako untuk bergabung dengan kelompok Bocchi untuk membuat kari saat kelas di luar ruangan. Setelah pembuatan kari sukses, Kako mengakui tekad Bocchi untuk menjadi lebih kuat dan menyatakan dirinya sebagai saingannya.
10"No One Said That Before"
Transkripsi: "Hajimete Iwareta Koto" (はじめて言われたこと)
8 Juni 2019 (2019-06-08)
Semester kedua berakhir dengan Sotoka yang tetap bingung antara menjadi murid Bocchi dengan menjadi temannya. Saat kunjungan ke kuil dicTahun Baru, Bocchi berhasil berteman dengan gadis-gadis dari kelompok kelas memasaknya, Peko Onaka dan Ito Kurie, dengan Aru melaporkan kemajuannya kepada Kai. Saat Sotoka cemburu dengan kedekatan Bocchi dengan teman-teman barunya, Aru dan Nako mendorong Sotoka untuk akhirnya berteman baik dengan Bocchi.
11"From Tap-Tap to Print-Print"
Transkripsi: "Taputapu kara Puripuri made" (たぷたぷからプリプリまで)
15 Juni 2019 (2019-06-15)
Saat Bocchi khawatir tentang kemungkinan pindah kelas tahun depan, seorang gadis kaya yang bernama Mayo Ojōsa memberinya pekerjaan membuat bangau kertas dengan pura-pura berpenghasilan cukup untuk membeli sekolah. Akhirnya, Mayo mengungkapkan bahwa sekolah tidak mengubah kelasnya, mengungkapkan bahwa ia diam tentang hal itu karena ia merasa kesepian karena orang tuanya selalu tidak ada untuknya. Bocchi dan teman-teman lainnya memutuskan untuk membawa Mayo ke arkade untuk mengambil foto di photo booth di mana Bocchi mengungkapkan keinginannya untuk berteman dengannya.
12"Maybe I Just Might"
Transkripsi: "Moshikashitara Kitto" (もしかしたらきっと)
22 Juni 2019 (2019-06-22)
Bocchi akhirnya mendapatkan smartphone sebelum bertemu dengan Kako yang bertingkah ceria seperti biasanya, tetapi ia ternyata berusaha menyembunyikan fakta bahwa ia demam tinggi. Pada hari terakhir tahun pertama, Bocchi menyematkan korsase pada siswa tahun ketiga yang lulus sebelum berjalan pulang dengan semua teman yang dikenalnya sejauh ini.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Mitsuboshi Colors Creator's Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Comedy Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 26 Maret 2018. Diakses tanggal 25 Maret 2018. 
  2. ^ "Hitoribocchi no Marumaruseikatsu - The Spring 2019 Anime Preview Guide". Anime News Network. 5 April 2019. Diakses tanggal 14 Juli 2019. 
  3. ^ a b "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime Reveals More Cast, Staff, Spring 2019 Debut". Anime News Network. 26 Agustus 2018. Diakses tanggal 26 Agustus 2018. 
  4. ^ a b "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime Casts Akari Kitō, Yūko Kurose". Anime News Network. 26 November 2018. Diakses tanggal 26 November 2018. 
  5. ^ a b "Kana Ichinose, Konomi Kohara Join Cast of Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime". Anime News Network. 27 Januari 2019. Diakses tanggal 27 Januari 2019. 
  6. ^ a b "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu Anime's Video Reveals More Cast, Songs, April 5 Debut". Anime News Network. 26 Februari 2019. Diakses tanggal 26 Februari 2019. 
  7. ^ "ひとりぼっちの○○生活(6) (電撃コミックスNEXT)" (dalam bahasa Japanese). Amazon Japan. Diakses tanggal 26 Februari 2020. 
  8. ^ ひとりぼっちの○○生活(1) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 16 Februari 2020. 
  9. ^ ひとりぼっちの○○生活(2) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 16 Februari 2020. 
  10. ^ ひとりぼっちの○○生活(3) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 16 Februari 2020. 
  11. ^ ひとりぼっちの○○生活(4) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 16 Februari 2020. 
  12. ^ ひとりぼっちの○○生活(5) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 16 Februari 2020. 
  13. ^ ひとりぼっちの○○生活(6) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 16 Februari 2020. 
  14. ^ ひとりぼっちの○○生活(7) (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 25 Januari 2021. 
  15. ^ "ひとりぼっちの○○生活 (8)" (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 3 Juni 2021. 
  16. ^ "ひとりぼっちの○○生活 (8) 特装版" (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 22 Maret 2021. 
  17. ^ "Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu School Comedy Anime Posts 1st Promo, More Staff". Anime News Network. 26 Desember 2018. Diakses tanggal 26 Desember 2018. 
  18. ^ "Story". hitoribocchi.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 21 September 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]