Mitsuboshi Colors

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mitsuboshi Colors
Gambar sampul manga volume pertama menampilkan Kotoha (kiri), Yui (tengah), dan Sat-chan (kanan)
三ツ星カラーズ
(Mitsuboshi Karāzu)
GenreKomedi, penggalan kehidupan
Manga
PengarangKatsuwo
PenerbitASCII Media Works
MajalahMonthly Comic Dengeki Daioh
DemografiShōnen
Terbit20142020
Volume8
Seri anime
SutradaraTomoyuki Kawamura
Produser
  • Mitsuhiro Ogata
  • Fuminori Yamazaki
  • Shinpei Yamashita
  • Mitsuhiro Nanbara
  • Yumiko Kobayashi
  • Isao Ishikawa
SkenarioShōgo Yasukawa
MusikMichiru
StudioSilver Link
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, BS11, Tokyo MX, Sun TV, KBS Kyoto
Saluran bahasa Inggris
Tayang 7 Januari 2018 25 Maret 2018
Episode12
 Portal anime dan manga

Mitsuboshi Colors (Jepang: 三ツ星カラーズ, Hepburn: Mitsuboshi Karāzu, terj. har. "Trio Bintang, Colors") adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Katsuwo. Seri manga ini telah dimuat berseri dalam majalah Monthly Comic Dengeki Daioh terbitan ASCII Media Works sejak tahun 2014. Sebuah adaptasi seri anime yang disutradarai oleh Tomoyuki Kawamura dan diproduksi oleh Silver Link[1] telah ditayangkan sejak bulan Januari hingga Maret 2018.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berlatar di Ueno, menceritakan tentang tiga gadis sekolah dasar, Yui, Sat-chan, dan Kotoha. Mereka bertiga membentuk sebuah grup yang dikenal sebagai Colors. Bersama-sama, mereka melakukan berbagai kegiatan dan tugas untuk melindungi perdamaian di kota mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Yui Akamatsu (赤松 結衣, Akamatsu Yui)
Pengisi suara: Yūki Takada[1] (Jepang); Luci Christian (Inggris)[3]
Pemimpin grup Colors yang sangat pemalu. Kelebihannya adalah "fungsi trigonometri".
Saki Kise (Sat-chan) (黄瀬 沙希 (さっちゃん), Kise Saki)
Pengisi suara: Marika Kouno[1] (Jepang); Monica Rial (Inggris)[3]
Anggota grup Colors yang energik dan memiliki ide-ide gila. Slogannya adalah "extra virgin oil".
Kotoha Aoyama (青山 琴葉, Aoyama Kotoha)
Pengisi suara: Natsumi Hioka[1] (Jepang); Brittney Karbowski (Inggris)[3]
Anggota grup Colors yang santai dan terus-menerus bermain permainan video, meskipun tidak terlalu bagus dalam hal itu. Yui sering memanfaatkan fakta ini untuk menggoda Kotoha. Ia memiliki kecenderungan sadis.
Saitō (斎藤, Saitō)
Pengisi suara: Atsushi Tamaru[4] (Jepang); Blake Weir (Inggris)[3]
Seorang polisi yang mengawasi kota dan terus-menerus menentang grup "Colors".
Daigoro Kujiraoka (鯨岡 大吾郎, Kujiraoka Daigorō)
Pengisi suara: Tessho Genda[4] (Jepang); Mark X. Laskowski (Inggris)[3]
Seorang pria tua yang menjalankan toko Whale Factory dan dijuluki "Pops" (おやじ, Oyaji) oleh grup Colors. Ia membawa berbagai perangkat yang digunakan oleh grup "Colors" untuk bermain dan selalu terlihat mengenakan kacamata hitam baru yang berbeda.
Saori Kise (黄瀬 沙織, Kise Saori)
Pengisi suara: Kaori Nazuka[4] (Jepang); Patricia Duran (Inggris)[3]
Ibu Sat-chan yang mengelola toko buah.
Nonoka "Nono" Sasaki (笹木 ののか, Sasaki Nonoka)
Pengisi suara: Ayaka Asai[4] (Jepang); Eileen Montgomery (Inggris)[3]
Siswa SMA yang dijuluki "Nono".
Momoka "Moka" Sasaki (笹木 ももか, Sasaki Momoka)
Pengisi suara: Hisako Tōjō[4] (Jepang); Kara Edwards (Inggris)[3]
Kakak Nonoka yang dijuluki "Moka".
Subaru (すばる, Subaru)
Pengisi suara: Manami Numakura[5] (Jepang); Kira Vincent-Davis[3] (Inggris)
Teman sekelas Nonoka yang memiliki banyak pekerjaan paruh waktu. Nonoka sering bercanda memberitahu grup "Colors" bahwa temannya mungkin mengulang satu tahun di SMA karena itu.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Seri manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Katsuwo. Seri manga ini telah dimuat berseri dalam majalah Monthly Comic Dengeki Daioh terbitan ASCII Media Works sejak tahun 2014[6] dan telah dibundel menjadi delapan volume tankōbon pada tanggal 26 Oktober 2019.[7] Seri tersebut selesai setelah 72 bab dan berakhir dalam Dengeki Daioh edisi Agustus 2020 yang dirilis pada bulan Juni 2020.[8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi seri anime telah diumumkan dalam Festival Dengeki Comic 2017 pada tanggal 12 Maret 2017.[1] Seri anime ini disutradarai oleh Tomoyuki Kawamura dan diproduksi oleh Silver Link. Kemudian skenario seri anime ini ditulis oleh Shogo Yasukawa, sementara perancangan desain karakternya dikerjakan oleh Takumi Yokota, dan musiknya diciptakan oleh Michiru. Seri anime ini berlangsung selama 12 episode yang ditayangkan di Jepang sejak bulan Januari hingga Maret 2018.[2][9] Lagu tema pembuka seri anime ini berjudul "Colors Power ni Omakasero!" (カラーズぱわーにおまかせろ!), sementara lagu tema penutupnya berjudul "Miracle Colors☆Honjitsu Mo Ijō Nashi! (ミラクルカラーズ☆本日も異常ナシ!) yang keduanya dibawakan oleh Colors☆Slash (Yūki Takada, Marika Kouno dan Natsumi Hioka).[10] Seri anime ini telah dilisensi di Amerika Utara oleh Sentai Filmworks dan ditayangkan secara streaming di Hidive .[11]

No.Judul [12][a]Tanggal tayang asli
1"Colors"
Transkripsi: "Karāzu" (カラーズ)
7 Januari 2018 (2018-01-07)
Yui, Sat-chan dan Kotoha bersama-sama membentuk Colors, sebuah grup yang didedikasikan untuk melindungi perdamaian di kota mereka. Mengetahui tentang kucing dua warna yang menyebabkan masalah di kota dari polisi setempat Saitō, grup Colors memutuskan untuk mencoba menangkapnya. Setelah menemukan petunjuk penting, grup Colors menemukan kucing itu di tempat persembunyian mereka dan setuju untuk menjaganya, lalu mereka menamainya Kolonel Monochrome. Kemudian, mereka membeli peluncur roket sendiri yang ditujukan untuk meledakkan Saitō, sebelum mencoba membuka brankas.
2"Hide-and-Seek"
Transkripsi: "Kakurenbo" (かくれんぼ)
14 Januari 2018 (2018-01-14)
Sementara Yui mencari mereka dalam permainan petak umpet, Sat-chan dan Kotoha menyelinap untuk mengumpulkan beberapa permainan "Road Pass" untuk Kotoha dan berakhir di Akihabara. Kemudian, grup Colors menemukan beberapa gang tertutup dan menjadi penasaran mengapa tempat itu benar-benar tertutup, akhirnya menemukan bahwa tempat itu tertutup cat basah. Setelah itu, mereka berkonsultasi dengan siswa SMA Nonoka tentang bagaimana menjaga kolam tetap bersih, yang mengarah pada keyakinan bahwa "umat manusia harus dihancurkan untuk menjaganya tetap bersih".
3"Do The Chu-Cabu"
Transkripsi: "Chukaburu" (チュカブル)
21 Januari 2018 (2018-01-21)
Grup Colors diminta oleh ibu Sat-chan untuk membantu menjual beberapa pisang yang tidak terjual di tokonya. Setelah itu, saat mereka ditugaskan untuk menjinakkan bom, petunjuk yang berkaitan dengan kawat apa yang harus mereka potong mengarahkan mereka pada pencarian bola mata.
4"Summer Festival"
Transkripsi: "Natsumatsuri" (夏祭り)
28 Januari 2018 (2018-01-28)
Nonoka mencoba melindungi toko roti keluarganya dari kakak perempuannya, Momoka, yang ingin berubah menjadi toko onigiri saat ia mewarisinya, tetapi ia gagal memperdebatkan kualitas rotinya. Kemudian, Yui berpartisipasi dalam parade jalanan sebelum bergabung dengan yang lain untuk pergi ke festival musim panas di sekolahnya.
5"Zoo"
Transkripsi: "Dōbutsuen" (どうぶつえん)
4 Februari 2018 (2018-02-04)
Grup Colors menerima sekotak mainan lama dari pemilik Whale Factory dan bermain-main dengannya bersama Saitō. Setelah membaca buku sedih tentang gajah yang mati kelaparan, mereka memutuskan untuk pergi ke kebun binatang untuk memeriksa apakah hewan-hewan itu diberi makan dengan benar.
6"Weakness Identification Meeting"
Transkripsi: "Jakuten Sagashi Kaigi" (弱点さがし会ぎ)
11 Februari 2018 (2018-02-11)
Grup Colors mencari tanaman yang dapat dimakan di lingkungan mereka, hanya untuk menemukan bahwa rasanya tidak terlalu enak. Kemudian, mereka mengadakan pertemuan untuk mengidentifikasi kelemahan masing-masing dan menunjukkan bahwa Kotoha buruk dalam video game, meskipun ia memainkannya sepanjang waktu. Setelah itu, mereka berkeliling kota mengambil foto dengan harapan diabadikan sebagai patung.
7"Trick or Treat"
Transkripsi: "Torikku oa Torīto" (トリック・オア・トリート)
18 Februari 2018 (2018-02-18)
Yui dan Kotoha melakukan percakapan canggung sambil menunggu Sat-chan datang. Setelah itu, mereka berkeliling mengumpulkan sampah. Kemudian, mereka menyelidiki bau aneh dan akhirnya mengumpulkan kacang gingko yang bau. Dengan perayaan Halloween, grup Colors memutuskan untuk memainkan Game Zombie di mana Yui harus mencegah Kotoha dan Sat-chan memenuhi taman dengan zombie.
8"Museum"
Transkripsi: "Hakubutsukan" (はくぶつかん)
25 Februari 2018 (2018-02-25)
Merasa grup Colors membutuhkan anggota pria, grup itu pergi ke museum untuk mencari anggota baru. Kemudian, mereka mencoba mendapatkan beberapa tiket undian lotere tanpa harus membeli apapun.
9"One-Coin Sat-chan"
Transkripsi: "Wan Koin Satchan" (ワンコインさっちゃん)
4 Maret 2018 (2018-03-04)
Grup Colors mencari senjata yang bisa mereka beli dengan uang perayaan Tahun Baru mereka dan mereka akhirnya memilih beberapa walkie-talkie. Setelah itu, mereka mengikuti Kolonel Monochrome untuk melihat ke mana ia pergi sepanjang waktu dan akhirnya kembali ke tempat persembunyian mereka. Kemudian, mereka memutuskan untuk membuat kapsul waktu yang diisi dengan segala hal yang diberikan kepada diri mereka di masa depan sebelum mencoba mencari tempat untuk menguburnya.
10"Snowing Too Far"
Transkripsi: "Yuki Sugiru" (雪すぎる)
11 Maret 2018 (2018-03-11)
Pada hari bersalju, grup Colors menerima pesan di ema tentang sebuah rahasia, mendorong mereka pergi ke kuil untuk mencari tahu siapa yang menulisnya. Kemudian, Sat-chan ditugaskan untuk tetap diam, sementara para gadis mencari patung kucing keberuntungan yang diduga dicuri.
11"Hyper Hide and Seek"
Transkripsi: "Haipā Kakurenbo" (ハイパーかくれんぼ)
18 Maret 2018 (2018-03-18)
Nonoka terkena demam selama musim serbuk sari, mendorong grup Colors untuk mencoba mencabut semua pohon di kota sebagai balas dendam. Di hari lain, Yui ditugaskan menggunakan walkie talkie-nya untuk menemukan anggota lain dalam permainan "Hyper Hide and Seek".
12"Colors, the Town, and the People"
Transkripsi: "Karāzu to Machi to Hitobito" (カラーズと街とひとびと)
25 Maret 2018 (2018-03-25)
Grup Colors membuat video tentang kota dan penduduknya. Kemudian, mereka berangkat untuk menangani sebuah kasus tetapi terganggu oleh taman bermain di sepanjang jalan. Setelah itu, saat musim semi, mereka mencoba menjual stroberi kepada para pengunjung saat piknik untuk mendapatkan uang dan membeli beberapa kue.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Hidive.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "Katsuwo's Mitsuboshi Colors Manga Gets Anime Project". Anime News Network. 12 Maret 2017. Diakses tanggal 12 Maret 2017. 
  2. ^ a b "Mitsuboshi Colors Anime Premieres on TV in January". Anime News Network. 26 Juli 2017. Diakses tanggal 27 Juli 2017. 
  3. ^ a b c d e f g h i "MITSUBOSHI COLORS OFFICIAL ENGLISH CAST LIST". Sentai Filmworks. Diakses tanggal 3 April 2019. 
  4. ^ a b c d e "Mitsuboshi Colors Anime's Promo Video Reveals 5 More Cast Members". Anime News Network. 9 Desember 2017. Diakses tanggal 9 Desember 2017. 
  5. ^ Mitsuboshi Colors Episode 8 Credits
  6. ^ 電撃大王 2014年9月号 (dalam bahasa Japanese). TOHAN Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Oktober 2014. Diakses tanggal 18 Juni 2017. 
  7. ^ "三ツ星カラーズ7 (電撃コミックスNEXT)" (dalam bahasa Jepang). Amazon Japan. Diakses tanggal 23 Oktober 2019. 
  8. ^ "Katsuwo's Mitsuboshi Colors Comedy Manga to End in 2 Chapters". Anime News Network. 27 April 2020. Diakses tanggal 5 Mei 2020. 
  9. ^ "Mitsuboshi Colors Listed with 12 Episodes". Anime News Network. 12 Desember 2017. Diakses tanggal 12 Desember 2017. 
  10. ^ "Main Cast Performs Mitsuboshi Colors Anime's Theme Songs". Anime News Network. 27 September 2017. Diakses tanggal 27 September 2017. 
  11. ^ "Sentai Filmworks to Stream Mitsuboshi Colors Anime in January". Anime News Network. 23 Desember 2017. Diakses tanggal 23 Desember 2017. 
  12. ^ "Story" (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 10 Maret 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]