Ginkgo biloba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ginkgo biloba

Status konservasi
Genting
IUCN32353
Taksonomi
DivisiGinkgophyta
KelasGinkgoopsida
FamiliGinkgoaceae
GenusGinkgo
SpesiesGinkgo biloba
Linnaeus, 1771

Ginkgo biloba, yang dikenal sebagai ginkgo atau gingko dan juga dikenal sebagai pohon rambut gadis, adalah satu-satunya spesies yang masih hidup di divisi Ginkgophyta, semua spesies lainnya telah punah. Pohon ini dikenali mirip dengan fosil 270 juta tahun lalu. Berasal dari Tiongkok,[1] pohon ginkgo secara luas dibudidayakan dan diperkenalkan pada awal sejarah manusia. Pohon ini juga memiliki berbagai kegunaan dalam pengobatan tradisional dan sebagai sumber makanan.

Ginkgo biloba mengandung banyak senyawa bioaktif seperti terpenoid, flavonoid, biflavonoid, asam organik, poliprenol. Ginkgo biloba termasuk dalam daftar pengobatan tradisional Cina, yang telah digunakan selama bertahun-tahun untuk pengobatan asma, bronkitis, TBC, disfungsi kognitif, sakit perut[2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Jantan
Betina

Kerabat[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama iucn
  2. ^ Belwal, Tarun; Giri, Lalit; Bahukhandi, Amit; Kewlani, Pushpa; Bhatt, Indra; Rawal, Ranbeer (2018-11-28). Ginkgo biloba. 
  3. ^ a b c Approximate reconstructions by B. M. Begović Bego and Z. Zhou, 2010/2011. Source: B.M. Begović Bego, (2011). Nature's Miracle Ginkgo biloba, Book 1, Vols. 1–2, pp. 60–61.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]