Yurikuma Arashi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yurikuma Arashi
Poster promosi
ユリ熊嵐
Genre
PenciptaKunihiko Ikuhara
Ikuni Gomamonaka
Manga
Yuri Bear Storm
PengarangKunihiko Ikuhara
IlustratorAkiko Morishima
PenerbitGentosha
Penerbit bahasa Inggris
Tokyopop
MajalahComic Birz
DemografiSeinen
Terbit28 Februari 201430 April 2016
Volume3
Seri anime
SutradaraKunihiko Ikuhara
ProduserToshihiro Maeda
Oshi Yoshinuma
Yōhei Hayashi
Hayato Kaneko
Satoshi Fukao
Mari Okamoto
SkenarioKunihiko Ikuhara
Takayo Ikami
MusikYukari Hashimoto
StudioSilver Link
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, MBS, TVA, BS11, AT-X
Tayang 5 Januari 2015 30 Maret 2015
Episode12
Novel ringan
PengarangKunihiko Ikuhara
Takayo Ikami
IlustratorAkiko Morishima
PenerbitGentosha Comics
Terbit19 Januari 201531 Maret 2015
Volume2
 Portal anime dan manga

Yurikuma Arashi (Jepang: ユリ熊嵐), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Lily Bear Storm,[2][3] adalah seri televisi anime yuri Jepang yang diproduksi oleh Silver Link dan disutradarai oleh Kunihiko Ikuhara. Seri tersebut mulanya diumumkan melalui sebuah situs web pada bulam Agustus 2012 di mana karya tersebut disebut sebagai "Kunihiko Ikuhara/Penguinbear Project". Seri tersebut mulanya disiarkan di Jepang mulai tanggal 5 Januari hingga tanggal 30 Maret 2015, dan mendapatkan lisensi di Amerika Utara oleh Funimation. Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Akiko Morishima diterbitkan di majalah Gentosha, Comic Birz, edisi Februari 2014 hingga April 2016 dan mendapatkan lisensi dalam bahasa Inggris oleh Tokyopop dengan judul Yuri Bear Storm. Namanya tampak merupakan rujukan kepada novelisasi Akira Yoshimura dari insiden beruang coklat Sankebetsu, The Bear Storm (羆嵐, Kuma Arashi), meskipun hubungan keberadaan beruang yang menyerang manusia hanyalah spekulasi.[4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Versi manga dan anime memiliki alur cerita yang sangat berbeda.

Dalam versi manga, Kureha yang pemalu bertemu dengan murid pindahan Ginko, yang muncul dalam mimpinya sebagai putri beruang. Saat Kureha berteman dengan Ginko dan mengenalnya, ia mengetahui bahwa Ginko terbungkus dalam dunianya sendiri di mana ia percaya semuanya terdiri dari beruang.

Dalam versi anime, manusia telah menciptakan tembok pemisah untuk memisahkan diri dari beruang, yang tumbuh ganas dan menyerang manusia setelah sebuah planet jauh yang dikenal sebagai Kumaria meledak, berubah menjadi hujan meteor yang jatuh ke bumi. Dua beruang, Ginko Yurishiro dan Lulu Yurigasaki, menyelinap melalui tembok pemisah dan menyamar sebagai manusia, mendaftar di Akademi Arashigaoka yang bergengsi dan tertarik pada Kureha Tsubaki, seorang gadis manusia yang membenci beruang setelah ibunya dibunuh dan dimakan oleh beruang.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Ginko Yurishiro (百合城 銀子, Yurishiro Ginko)
Pengisi suara: Miho Arakawa
Karakter utama dan beruang yang mengambil bentuk manusia dan pindah ke Akademi Arashigaoka di mana ia mengarahkan pandangannya pada Kureha. Kemudian terungkap bahwa saat ia menjadi beruang, ia pernah berteman dengan Kureha dan ibunya. Di akhir cerita, Kureha memberi Ginko jani ciumannya, lalu mereka berdua melakukan perjalanan melampaui batas. Lulu menyatakan bahwa tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada mereka setelah itu.
Dalam manga, ia melihat setiap makhluk hidup sebagai beruang, percaya Kureha menjadi takdirnya, karena Kureha adalah satu-satunya yang tampak seperti manusia baginya. Ia berasumsi karena seluruh dunia terdiri dari beruang dan hanya ia, ibunya dan Yurika yang dapat melihat dunia apa adanya sebagai keturunan dari keluarga kerajaan di hutan. Namun, kemudian terungkap bahwa "alam semesta beruang" hanyalah khayalan yang ditanamkan ke dalam dirinya oleh ibunya, Kale. Ia kemudian mendapatkan kembali ingatannya, mengingat bahwa Kale bertanggung jawab atas kematian Reia dan mencoba menjauhkan diri dari Kureha.
Lulu Yurigasaki (百合ヶ咲 るる, Yurigasaki Ruru)
Pengisi suara: Yoshiko Ikuta
Karakter utama kedua dan beruang lain yang pindah bersama Ginko. Ia pernah menjadi putri kerajaan beruang, tetapi setelah kecemburuannya mendorong adik laki-lakinya hingga meninggal, ia memutuskan untuk membantu Ginko memenuhi pencariannya untuk janji ciuman. Ia dibunuh oleh "Badai Tak Terlihat" saat membela Ginko dan bersatu kembali dengan adiknya di akhirat.
Dalam manga, ia memperkenalkan dirinya sebagai teman masa kecil Ginko dan dugaan "kekasih" yang pernah melayani di bawahnya sebagai asisten, tetapi Ginko tampaknya tidak mengingat hal ini. Ia jauh lebih eksentrik di manga dan memandang Kureha sebagai saingan cinta Ginko, meskipun mereka berdua tetap berteman. Mirip dengan rekan animenya, ia merasa menderita atas kematian adiknya.
Kureha Tsubaki (椿輝 紅羽, Tsubaki Kureha)
Pengisi suara: Nozomi Yamane
Protagonis utama dan siswa tahun kedua di Akademi Arashigaoka, yang jatuh cinta dengan temannya Sumika dan hancur ketika dia dimakan beruang. Bahkan sebelum kejadian ini, Kureha menyimpan kebencian yang kuat terhadap beruang, setelah ibunya, Reia, juga dibunuh oleh beruang. Dia berteman dengan Lulu dan Ginko, akhirnya jatuh cinta dengan yang terakhir. Dia dan Ginko akhirnya berbagi Ciuman Janji dan melakukan perjalanan melampaui pesangon; Lulu menyatakan bahwa tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada mereka setelah itu.
Dalam manga, ia adalah seorang gadis pemalu yang memakai kacamata dan kuncir kuda. Ia lebih terbuka dan meninggalkan kacamata dan kuncir kuda setelah bertemu Ginko, yang sering muncul dalam mimpinya sebagai manusia beruang setelah ia pindah ke Akademi Arashigaoka. Ia segera jatuh cinta dengan Ginko dan bertekad membantu menemukan penyebab penderitaan Ginko serta mencari tahu bagaimana ibunya meninggal.
Life Sexy (ライフ·セクシー, Raifu Sekushī)
Pengisi suara: Junichi Suwabe
Ketua hakim Life Judgment Guys, sekelompok beruang yang tinggal di Pengadilan Pemutusan (断絶のコート, Danzetsu no Kōto) antara dunia manusia dan beruang di mana mereka mengadakan persidangan yuri (ユリ裁判, yuri saiban) untuk Ginko dan Lulu, yang memungkinkan mereka menjalani persetujuan yuri. Ia selalu berbicara dengan cara yang menggoda dan slogan favoritnya adalah "That is sexy. Shabadadoo." (それがセクシー。シャバダドゥ。, Sore ga sekushī. Shabadadu.)
Dalam manga, ia adalah ketua OSIS Akademi Arashigaoka yang merupakan seorang wanita terkenal dan jatuh cinta dengan Ginko. Ia, bersama dengan anggota Life Judgement Guys lainnya, juga muncul dalam bentuk beruang, pertama dalam mimpi Kureha dan Ginko, kemudian ia menjadi rumah Sumika. Menurut manga volume kedua, ia dan anggota lainnya memiliki nama yang sama dengan rekan anime mereka.
Life Cool (ライフ·クール, Raifu Kūru)
Pengisi suara: Mitsuki Saiga
Jaksa berkacamata Life Judgment Guys. Ia selalu berbicara dengan tenang, tetapi ia sering bingung dengan perilaku Life Beauty. Slogannya adalah "[That is] cool." (何てクール, Nante kūru.)
Life Beauty (ライフ·ビューティー, Raifu Byūtī)
Pengisi suara: Kazutomi Yamamoto
Kuasa hukum pembela Life Judgement Guys. Terlihat lebih muda dari yang lain, ia berbicara dengan sikap kekanak-kanakan dan menghargai kelucuan di atas segalanya. Slogannya adalah "Sparkle!" (キラキラァ〜, Kirakiraa~).
Sumika Izumino (泉乃 純花, Izumino Sumika)
Pengisi suara: Yui Ogura
Teman sekelas dan kekasih Kureha. Penolakannya mengeluarkan Kureha bersama dengan anggota "Badai Tak Terlihat" lainnya, sekelompok siswi yang mengecualikan mereka yang tidak mengikuti isyarat sosial yang mereka anggap jahat, membuatnya dikeluarkan juga. Ia dimakan oleh Mitsuko di awal cerita, lalu Mitsuko mencuri kacamatanya sebagai suvenir. Kemudian, ia muncul di hadapan Kureha sebagai Lady Kumaria untuk mengubah Kureha menjadi beruang dan mengirim Kureha dan Ginko dalam perjalanan melampaui batas.
Dalam manga, Sumika adalah seorang gadis dengan koleksi boneka beruang yang memiliki perasaan romantis untuk Kureha, tetapi memutuskan untuk tetap menjadi temannya dan membantunya dalam membantu Ginko. Dia dikabarkan menjadi "penyihir beruang" yang diduga memanggil jiwa orang mati untuk menciptakan beruang hidup. Ketika Lulu mengunjunginya, dia menggunakan beberapa bentuk sihir untuk memungkinkan Lulu berdamai dengan Milne.
Yurika Hakonaka (箱仲 ユリーカ, Hakonaka Yurīka)
Pengisi suara: Kikuko Inoue
Seorang guru di Akademi Arashigaoka, yang merupakan teman dekat Reia. Ia adalah beruang yang dibesarkan di Akademi Arashigaoka dan berteman dengan Reia, tetapi ia merasa dikhianati oleh Reia yang memberikan cinta kepada orang lain, terutama Kureha, lalu ia memakan Reia karena marah dan cemburu setelah Reia meminjamkan liontin bintangnya, simbol persahabatan mereka, untuk Ginko. Karena memakan Reia tidak memuaskannya, ia saat ini berencana untuk menjadikan Kureha sebagai "pengantin perempuan" serta memakannya, lalu ia memanipulasi beberapa siswa untuk mencapai tujuan ini. Meskipun ia hampir sukses, ia akhirnya digagalkan pada menit terakhir, dibunuh oleh "Badai Tak Terlihat".
Dalam manga, ia adalah bibi dari pihak ayah Ginko, lalu mereka berdua tinggal bersama. Ia sangat peduli pada ibu Ginko dan meskipun ia frustrasi oleh kelupaan dan keeksentrikannya, ia akan menggunakan alasan apapun untuk pergi dan mengunjunginya. Ia juga dalam hubungan seksual dengan ibu Ginko.
Mitsuko Yurizono (百合園 蜜子, Yurizono Mitsuko)
Pengisi suara: Aoi Yūki
Wali kelas Kureha dan Sumika sekaligus anggota "Badai Tak Terlihat". Kenyataannya, ia adalah beruang sekaligus pemakan Sumika, mencuri kacamatanya sebagai pengingat pembunuhannya. Ia sangat manipulatif dan sering menggunakan dominasi seksual untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Ia mencoba untuk memakan Kureha, tetapi ia ditembak dan dibunuh oleh Kureha. Ia kemudian muncul di hadapan Ginko sebagai personifikasi dari keinginannya dan mencoba merayunya untuk memakan Kureha, tetapi ia ditolak.
Ia juga merupakan perwakilan kelas dalam manga. Ia berada di sekolah menengah dengan Sumika dan percaya rumor bahwa ia adalah penyihir beruang setelah temannya menghilang saat mengunjungi rumahnya.
Konomi Yurikawa (百合川 このみ, Yurikawa Konomi)
Pengisi suara: Ami Koshimizu
Teman sekelas Kureha, seekor beruang lain yang menjalin hubungan dengan Mitsuko sekaligus anggota dan pemimpin pertama "Badai Tak Terlihat". Slogannya, hanya diucapkan saat ia menjadi beruang, adalah "Nasty!" Ia mencoba menyerang Kureha karena cemburu, tetapi ia terbunuh setelah Mitsuko menembak kepalanya. Mayatnya kemudian diubah menjadi cyborg oleh "Badai Tak Terlihat" untuk menyalakan meriam besar. Setelah pelarian Kureha dan Ginko, ia ditolak oleh "Badai Tak Terlihat" dan dicap sebagai "cacat", tetapi ia ditemukan oleh Uchiko dan membentuk persahabatan bersama.
Kachūsha Akae (赤江 カチューシャ, Akae Kachūsha)
Pengisi suara: Miku Itō
Teman sekelas Kureha, seorang anggota dan salah satu pemimpin "Badai Tak Terlihat". Ia terlihat meletakkan tanda peringatan beruang saat peringatan di episode pertama. Ia kemudian dibunuh dan dimakan oleh Ginko dan Lulu, dengan ikat kepala ikoniknya diawetkan dan digunakan untuk memikat Eriko ke petak bunga untuk dimakan. Ia adalah pemimpin "Badai Tak Terlihat" yang mengalahkan Sumika karena menolak mengecualikan Kureha.
Di manga, ia bekerja di bawah Yurika sebagai asisten.
Eriko Oniyama (鬼山 江梨子, Oniyama Eriko)
Pengisi suara: Mariya Ise
Teman sekelas Kureha, seorang anggota dan pemimpin kedua "Badai Tak Terlihat", ditunjuk sebagai pemimpin setelah kematian Konomi. Ia dirayu dan dimanipulasi oleh Mitsuko menjadi pemimpin untuk memastikan pengecualian Kureha sehingga Mitsuko dapat menargetkan dan memakannya, tetapi Ginko dan Lulu memikatnya ke petak bunga dan memakannya sebagai bagian dari rencana untuk melindungi Kureha.
Ia membuat penampilan kecil di manga, melakukan percakapan ramah dengan Kureha setelah perubahan.
Kaoru Harishima (針島 薫, Harishima Kaoru)
Pengisi suara: Yōko Hikasa
Teman sekelas Kureha, seorang anggota dan pemimpin ketiga dari "Badai Tak Terlihat". Ia ingin menjadi orang penting yang tidak akan dikucilkan. Setelah pelantikan sebagai pemimpin, ia merumuskan rencana untuk memanipulasi dan menyiksa Kureha, lalu ia kemudian terungkap telah memanipulasi Sumika sebagai bagian dari rencana ini, tetapi rencananya digagalkan oleh campur tangan Ginko. Kemudian terungkap bahwa Yurika memanipulasinya demi tujuan Yurika sendiri, lalu mereka berdua tampaknya juga terlibat dalam aktivitas seksual. Yurika akhirnya memakannya setelah ia hidup lebih lama dari kekuatan Yurika.
Sejauh ini, ia hanya muncul di manga sebagai kameo bersama Mitsuko.
Chōko Ōki (大木 蝶子, Ōki Chōko)
Pengisi suara: Rie Murakawa
Teman sekelas Kureha sekaligus pemimpin keempat dan terakhir dari "Badai Tak Terlihat", yang memimpin organisasi anti-beruang yang dikenal sebagai KMTG untuk memusnahkan para beruang. Ia tidak berbohong untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Ia memiliki kecenderungan untuk menekankan kata-katanya menggunakan "upaya" di tempat "sangat" atau "benar-benar".
Uchiko Ai (亜依 撃子, Ai Uchiko)
Pengisi suara: Aina Yasukuni
Teman sekelas Kureha dan anggota "Badai Tak Terlihat", yang mempersenjatai dan mengendalikan meriam balok yang digunakan untuk menembak beruang. Di akhir seri, ia menyaksikan pelarian Kureha dan Ginko ke luar batas sehingga ia keluar dari "Badai Tak Terlihat" setelah Choko berbohong dan memberitahu anggota "Badai Tak Terlihat" lainnya tentang kematian mereka. Ia menemukan Konomi ditolak dan diberi label "cacat", lalu mereka berdua menjalin persahabatan.
Reia Tsubaki (椿輝 澪愛, Tsubaki Reia)
Pengisi suara: Aya Endō
Ibu Kureha yang telah meninggal dan pernah bersekolah di Akademi Arashigaoka. Ia adalah wanita baik yang berbagi cintanya dengan beruang juga dan mendorong putrinya untuk melakukan hal yang sama. Ia dibunuh oleh Yurika setelah memberikan Ginko liontin bintang yang diberikan oleh Yurika padanya sebagai simbol ikatan mereka. Kematiannya adalah penyebab Kureha semakin benci terhadap beruang saat ini. Ia juga seorang penulis buku bergambar, salah satunya memainkan peran penting dalam cerita dan hubungan Kureha dan Ginko.
Dalam manga, ia rupanya dibunuh dan dimakan oleh ibu Ginko.
Milne (みるん, Mirun)
Pengisi suara: Rie Kugimiya
Adik laki-laki Lulu dan pangeran dari Kerajaan Beruang. Ia otomatis menggantikan Lulu sebagai pewaris kerajaan setelah kelahirannya, membuat Lulu terkejut dan benci padanya sehingga menyebabkan Lulu membuat beberapa upaya sepanjang hidupnya untuk merebut kembali perhatian kerajaan dan gelar sebagai pewaris langsung demi dirinya sendiri. Ia akhirnya sekarat setelah disengat lebah ketika mencoba mendapatkan janji ciuman untuk Lulu, tetapi meskipun Lulu mendapatkan semua yang diinginkannya, Luli merasa kosong dan menderita.
Dalam manga, ia tinggal bersama Lulu, yang selalu berusaha melindunginya, tetapi ia terbunuh dalam kecelakaan lalu lintas saat mencoba mengikutinya suatu malam. Ia kemudian muncul kembali di hadapan Lulu lagi sebagai akibat dari sihir Sumika.
Kumaria (クマリア)
Pengisi suara: Yui Ogura
Seorang dewi yang memimpin manusia dan beruang, mengambil rupa meteor. Ketika meteor dihancurkan, para beruang bangkit melawan manusia dan perannya diambil alih oleh Life Judgment Guys. Ia sekali lagi lahir baru ketika Kureha menegaskan cintanya pada Ginko, mengambil rupa Sumika dan mengubah Kureha menjadi beruang, sebelum mengirim Kureha dan Ginko ke perjalanan melampaui batas.
Kale Yurishiro (百合城 カレ, Yurishiro Kare)
Pengisi suara: Mamiko Noto
Ibu Ginko dalam versi manga. Ia adalah seorang wanita eksentrik dan pelupa yang tinggal di negara asing karena kesehatannya yang buruk. Ia menjalin hubungan dengan Yurika. Ia juga penulis The Moon Girl and Forest Bear dalam versi manga. Ia menanamkan gagasan "beruang alam semesta" di dalam kepala Ginko untuk alasan yang tidak diketahui dan mencoba mendorong Ginko untuk memakan Kureha, setelah memakan Reia sendiri. Ia rupanya jatuh cinta dengan Reia, diduga membunuhnya setelah Reia menikah dengan seorang pria.
Dalam anime, ia adalah karakter pria yang diduga diperankan oleh aktris wanita, disebut hanya sebagai "Dia" (, Kare) oleh Yurika, yang merawat Yurika ketika Yurika masih kecil dan dibunuh olehnya saat ia masih kecil saat ia mencoba meninggalkannya.

Media[sunting | sunting sumber]

Media cetak[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga dari seri ini diilustrasikan oleh Akiko Morishima memulai serialisasi di majalah Comic Birz milik Gentosha pada tanggal 28 Februari 2014, menampilkan alur cerita yang sama sekali berbeda dengan seri anime dan berakhir pada tanggal 30 April 2016.[5][6][7] Seri ini dikompilasi menjadi tiga volume tankōbon yang dirilis pada tanggal 21 November 2014 hingga tanggal 24 Mei 2016.[1][8][9] Tokyopop akan merilis adaptasi manganya di Amerika Utara mulai tanggal 22 Januari 2019.[10]

Pembuatan novel dari seri ini ditulis oleh Kunihiko Ikuhara, Takayo Ikami dan Kei Takahashi serta diilustrasikan oleh Akiko Morishima, lalu novel ini telah diterbitkan oleh Gentosha Comics. Novel pertama dirilis pada tanggal 19 Januari 2015, sedangkan novel kedua dirilis pada tanggal 31 Maret 2015.[11]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 21 November 2014[1]ISBN 978-4-34-483256-5
Kureha Tsubaki memiliki mimpi aneh tentang teman sekelas barunya, Ginko Yurishiro, yang awalnya diyakininya sebagai beruang tetapi terbukti salah. Saat Ginko berusaha melakukan apa saja untuk menjaga Kureha tetap aman, Kureha mendapat teman sekamar baru, Lulu Yurigasaki, yang mengaku sebagai teman masa kecil dan kekasih Ginko, meskipun Ginko tampaknya tidak mengingat apa pun tentang hal itu. Kemudian, Ginko, yang percaya bahwa seluruh dunia terdiri dari beruang dengan Kureha sebagai satu-satunya gadis manusia, ditekan oleh ibunya untuk mencoba memakan Kureha, tetapi ia mendapati dirinya tidak dapat melakukannya. Setelah Ginko menjelaskan situasinya kepada Kureha, Lulu mengungkapkan kepada Kureha bahwa "dunia beruang" adalah khayalan yang ditempatkan ke Ginko oleh ibunya.
2 24 Juli 2015[8]ISBN 978-4-34-483480-4
Saat mencari melalui kamar tidur ibunya, Ginko menemukan liontin yang menyebabkan ingatannya yang tidak aktif terbangun kembali. Khawatir dengan apa yang telah dipelajarinya, Ginko memutuskan untuk menjauhkan diri dari Kureha, yang mengungkapkan bahwa ia jatuh cinta pada Ginko. Kureha segera bertemu dengan seorang beruang fanatik bernama Sumika Izumino, terlepas dari perasaannya sendiri terhadap Kureha, ia memutuskan untuk membantunya melihat boneka beruang yang diberikan kepada Ginko oleh ibunya untuk menemukan penyebab penderitaannya. Sementara itu, Lulu mencoba mendekati Ginko tetapi dihentikan saat ia mengingat adiknya Milne, yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Lulu segera menemukan Sumika, yang menggunakan semacam sihir untuk menyatukannya kembali dengan Milne dan mengingatkannya akan masa kecilnya bersama Ginko. Didorong oleh pertemuan ini, Lulu pergi untuk menghadapi ibu Ginko, Kale, yang diduga bertanggung jawab atas kematian ibu Kureha, Reia.
3 24 Mei 2016[9]ISBN 978-4-34-483711-9
Lulu memutuskan untuk membawa Yurika dan Kale kembali ke Jepang untuk bertemu dengan Sumika. Sepanjang jalan, Yurika dan Kale ingat bagaimana mereka berdua mencintai Reia, tetpi ia akhirnya menikahi pria yang baru saja ditemuinya. Setelah tiba di rumah Sumika, Yurika dan Kale bertemu dengan visi Reia, yang mengingatkan mereka untuk terus hidup, mengungkapkan bahwa Kale sebenarnya tidak bertanggung jawab atas kematian Reia. Kemudian, Mitsuko Yurizono kesal terhadap Sumika tentang hilangnya temannya, mengetahui bahwa sikapnya sendiri yang mengusirnya. Sementara itu, terungkap bahwa saat Kureha dan Ginko pertama kali bertemu, Ginko menembak Reia setelah mengiranya sebagai penyerang. Tidak dapat menarik Ginko keluar dari dunia beruangnya, Kureha memutuskan untuk bergabung dengan Ginko dalam khayalannya. Setelah mengetahui bahwa Reia mungkin masih hidup di suatu tempat, Kureha dan Ginko memulai petualangan baru.

Anime[sunting | sunting sumber]

Yurikuma Arashi, dikenal sebagai "Penguinbear Project", pertama kali diungkapkan oleh Kunihiko Ikuhara di sebuah acara yang diadakan pada tanggal 23 Maret 2013, di mana cuplikan singkat ditampilkan di balik pintu tertutup.[12] Pada tanggal 24 Agustus 2014, situs resmi mengungkapkan bahwa anime ini akan diproduksi oleh Silver Link, dengan desain karakter yang diadaptasi oleh Etsuko Sumimoto dari karya asli Akiko Morishima.[13] Seri ini ditayangkan di Jepang mulai tanggal 5 Januari hingga tanggal 30 Maret 2015.[14][15] Seri ini mendapatkan lisensi di Amerika Utara dan Britania Raya oleh Funimation, yang menyiarkan versi terjemahan bahasa Inggris saat ditayangkan dan menyiarkan versi dubbing mulai tanggal 16 Maret 2015.[16][17] Lagu tema pembukanya adalah "Ano Mori de Matteru" (あの森で待ってる, I've Been Waiting in that Forest) oleh Bonjour Suzuki, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Territory" oleh Miho Arakawa, Yoshiko Ikuta dan Nozomi Yamane. Soundtrack anime dirilis pada tanggal 24 April 2015. Semua episode seri ini ditulis oleh Kunihiko Ikuhara dan Takayo Ikami, yang sebelumnya pernah berkolaborasi di seri televisi anime Mawaru Penguindrum.

No.JudulStoryboardSutradaraSupervisor animasiKepala supervisor animasiTanggal tayang asli
1"Never Back Down on Love"
Transkripsi: "Watashi wa Suki o Akiramenai" (私はスキをあきらめない)
Kunihiko Ikuhara, Tomohiro FurukawaTakao AboMasahiro AizawaEtsuko Sumimoto5 Januari 2015 (2015-01-05)
Dahulu kala, sebuah planet jauh yang dikenal sebagai Kumaria meledak, mengakibatkan pecahannya jatuh ke bumi dan menyebabkan beruang menyerang manusia, mengakibatkan tembok besar didirikan untuk memisahkan mereka dari manusia. Pada hari ini, dua beruang, Ginko Yurishiro dan Lulu Yurigasaki, menyamar sebagai manusia dan mendaftar di Akademi Arashigaoka, di mana Ginko tertarik pada seorang gadis bernama Kureha Tsubaki, menjadi cemburu hubungannya dengan Sumika Izumino. Ketika taman bunga bakung favorit mereka dibantai, ketua kelas Mitsuko Yurizono menawarkan untuk membantu Kureha dan Sumika, yang semuanya menjadi berhati-hati ketika mereka diserang oleh batu bata entah dari mana. Keesokan harinya, saat Sumika menghilang secara misterius, Kureha menerima panggilan anonim menanyakan apakah cintanya pada Sumika itu nyata, membawa Kureha ke atap tempat ia diserang oleh beruang. Sementara itu, Ginko dan Lulu menjalani "persidangan yuri" yang diadakan oleh Life Judgment Guys dari Pengadilan Pemutusan yang misterius, yang memberi mereka "persetujuan yuri", di mana mereka berubah menjadi bentuk setengah beruang setengah manusia dan menjilat nektar dari bunga bakung yang tumbuh dari dada Kureha. Saat Kureha pulih, ia bertanya-tanya apakah yang dilihatnya adalah mimpi, lalu Mitsuko menemukan Ginko dan Lulu dalam bentuk beruang sedang memakan seorang gadis di belakang taman bunga bakung.
2"I Will Never Forgive You"
Transkripsi: "Kono Mi ga Tsukitemo Yurusanai" (このみが尽きても許さない)
Kunihiko Ikuhara, Tomohiro FurukawaYorihisa KoyadaSatomi KuritaEtsuko Sumimoto12 Januari 2015 (2015-01-12)
Sumika dinyatakan meninggal, sangat mengejutkan Kureha, sementara Mitsuko tetap curiga pada Ginko dan Lulu. Kemudian, Ginko dan Lulu muncul di rumah Kureha, di mana Ginko mulai menyerang Kureha sampai Mitsuko muncul, mengarahkan senjatanya ke Ginko dan Lulu. Saat Mitsuko mengejar mereka, Kureha menerima panggilan anonim lain yang memanggilnya ke atap, di mana beruang lain — yang diam-diam adalah teman sekelasnya Konomi Yurikawa — menyerangnya, cemburu dengan kedekatan Mitsuko dengan Kureha. Setelah percobaan yuri lainnya, di mana Ginko dan Lulu sekali lagi menjilat nektar dari bunga bakung Kureha, Mitsuko muncul untuk menembak beruang yang menyerang. Sementara Kureha beristirahat dari insiden itu, terungkap bahwa Mitsuko sebenarnya adalah beruang itu sendiri, orang yang membunuh Sumika, dan sekarang menargetkan Kureha.
3"Invisible Storm"
Transkripsi: "Tōmei na Arashi" (透明な嵐)
Kazuo SakaiAyako KawanoMika Saitō, Yayoi TakanoMasahiro Aizawa19 Januari 2015 (2015-01-19)
Kureha berbicara dengan gurunya, Yurika Hakonaka, yang merupakan teman mendiang ibunya, Reia, menyatakan kekhawatirannya bahwa ada beruang lain di sekitarnya. Sementara itu, Mitsuko membujuk gadis lain, Eriko Oniyama, untuk menjadi pemimpin sekelompok siswa yang dikenal sebagai "Badai Tak Terlihat" untuk melanjutkan rencananya untuk menjerat Kureha. Saat Kureha bertekad untuk tidak melupakan cintanya pada Sumika, ia menerima panggilan lagi ke atap sekolah. Di sana, ia dihadapkan oleh Mitsuko, yang mengungkapkan identitasnya sebagai beruang yang membunuh Sumika. Dengan Kureha terpojok, Ginko dan Lulu menjalani percobaan yuri lagi untuk menyelamatkannya dari Mitsuko, memberinya kekuatan untuk menembak jatuh Mitsuko. Malamnya, Ginko dan Lulu membawa Eriko ke taman bunga bakung untuk memakannya.
4"I Can't Get a Kiss"
Transkripsi: "Watashi wa Kisu ga Moraenai" (私はキスがもらえない)
Katsunori ShibataMitsue YamazakiSatomi Kurita, Kaori, Kazuyuki Yamayoshi, Kazuya Hirata, Yuki SawariMasahiro Aizawa26 Januari 2015 (2015-01-26)
Life Judgment Guys dari Pengadilan Pemutusan menjelaskan bagaimana Lulu pernah menjadi putri kerajaan beruang. Suatu hari, ketika hujan meteor Kumaria jatuh ke bumi, Lulu mendapatkan seorang adik laki-laki bernama Milne yang menggantikannya sebagai pewaris takhta pertama. Ingin menjadi favorit kerajaan lagi, Lulu membuat beberapa upaya untuk menyingkirkan Milne, tetapi Milne kembali setiap kali, membawakannya "janji ciuman" dalam bentuk toples madu, yang kemudian akan dibuangnya. Namun, suatu hari, Milne meninggal setelah disengat lebah ketika mencoba mendapatkan lebih banyak madu, yang membuat Lulu tidak senang meskipun mendapatkan apa yang diinginkannya. Beberapa tahun kemudian, Ginko muncul di hadapan Lulu, membawakannya madu yang sebelumnya coba diberikan Milne dan mengingatkannya untuk tidak melupakan apa yang telah hilang darinya. Mendengar tentang misinya untuk melintasi tembok pemisah dan menyampaikan cintanya kepada seseorang, Lulu memutuskan untuk membantu Ginko memenuhi janji ciumannya dan menemaninya dalam perjalanannya. Kembali di masa sekarang, Kureha menolak tawaran Lulu untuk menjaganya, menyatakan satu-satunya temannya adalah Sumika, sementara Ginko terlihat dengan kalung milik Reia.
5"I Want to Have You All to Myself"
Transkripsi: "Anata o Hitorijime shitai" (あなたをヒトリジメしたい)
Tōru TakahashiTōru TakahashiTaketomo Ishikawa, Wakako YoshidaEtsuko Sumimoto2 Februari 2015 (2015-02-02)
Saat Kureha terus menolak tawaran persahabatan dari Ginko dan Lulu, yang pindah ke rumahnya, Yurika, yang menolak untuk mempercayai ceritanya bahwa Mitsuko adalah beruang, memberitahunya tentang kalung yang pernah diberikannya kepada Reia. Kemudian, seperti yang Ginko ingat bahwa 11 tahun yang lalu, ia diselamatkan oleh Kureha muda, Kureha menolak tawaran persahabatan lain dari teman sekelasnya, Kaoru Harishima. Keesokan harinya, Kaoru menawarkan untuk memperbaiki keadaan Kureha dengan meminta semua teman sekelasnya untuk memperbaiki taman bunga bakung untuk ulang tahunnya. Namun, Ginko dan Lulu mendengar Kaoru dan anggota "Badai Tak Terlihat" lain sekali lagi berkomplot melawan Kureha. Setelah menjalani persetujuan yuri lagi, Ginko dan Lulu mengejar Kaoru, tetapi Ginko terjebak oleh perangkap beruang yang telah disiapkan Kaoru sebelumnya.
6"The Moon Girl and the Forest Girl"
Transkripsi: "Tsuki no Musume to Mori no Musume" (月の娘と森の娘)
Takao AboRisako YoshidaMiki TakiharaEtsuko Sumimoto9 Februari 2015 (2015-02-09)
Dalam kilas balik, Sumika terlihat menulis surat yang akan dibuka oleh Kureha pada hari ulang tahunnya, mengingat hubungan mereka bersama dan sebuah buku yang ditulis Reia sebelum ia meninggal. Setelah dikeluarkan dari kelompok "Badai Tak Terlihat" setelah tidak memilih Kureha untuk dikeluarkan, Sumika dipaksa oleh Kaoru untuk menulis surat kepada Kureha yang mengumumkan Kaoru sebagai teman barunya untuk melindunginya dari kelompok "Badai Tak Terlihat". Kembali di masa sekarang, Lulu membantu Ginko melarikan diri dari Kaoru, yang terlihat berkolaborasi dengan rekan rahasia yang telah memberitahunya tentang identitas beruang. Keesokan harinya, di pesta ulang tahun Kureha, Kaoru mengungkapkan bahwa ia telah menipu Kureha dan Sumika, membakar petak bunganya dan melemparkan surat Sumika ke dalamnya. Namun, Ginko, meskipun masih terluka, mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi surat itu dari api. Setelah membaca surat yang Ginko selamatkan karena cinta, Kureha menemukan makna baru dalam kata-kata Sumika yang mengatakan bahwa orang-orang di depannya adalah teman barunya. Di akhir, kilas balik menunjukkan bahwa Ginko ada ketika Mitsuko menyerang Sumika dan tidak membantunya.
7"The Girl that I Forgot"
Transkripsi: "Watashi ga Wasureta Ano Musume" (私が忘れたあの娘)
Kunihiko Ikuhara, Tomohiro FurukawaYoshiko MikamiYayoi Takano (manusia), Yuri Nakajima (beruang)Masahiro Aizawa16 Februari 2015 (2015-02-16)
Pasangan Kaoru ternyata beruang yang mengkhianati dan membunuhnya. Sementara itu, saat Kureha merawat Ginko yang terluka, ia mendapat penglihatan aneh tentangnya, yang membuatnya teringat memiliki seorang teman yang benar-benar dilupakannya. Kureha mencoba bertanya pada Yurika tentang hal itu, mengetahui bahwa teman inilah yang menginspirasi buku Reia. Sementara itu, Ginko mengingat masa lalunya, di mana ia adalah anak yatim piatu yang direkrut untuk berperang melawan manusia. Setelah terluka parah oleh tembakan dan ditinggalkan oleh sesama beruang, ia diselamatkan oleh Kureha muda, yang dipanggil Lady Kumaria, nama yang juga digunakan dalam buku Reia. Saat Kureha menyadari bahwa Ginko adalah temannya yang telah dilupakannya, Lulu menemukan surat ancaman yang ditujukan kepada Ginko yang menjelaskan kejahatan apa yang telah dilakukannya.
8"Bride-in-the-Box"
Transkripsi: "Hako no Hanayome" (箱の花嫁)
Shingo KanekoShingo KanekoMutsumi SasakiEtsuko Sumimoto23 Februari 2015 (2015-02-23)
Dua puluh tahun yang lalu, Yurika, yang diturunkan menjadi beruang, dikenal sebagai anak kecil oleh seorang pria yang hanya dikenal sebagai "Dia", yang mengajarinya bahwa ia harus mengemasi barang-barang penting agar tidak ternoda. Akhirnya, Yurika membunuhnya ketika ia mencoba meninggalkannya untuk hal lain yang tidak ternoda. Setelah tinggal sendirian di Akademi Arashigaoka sejak itu, Yurika akhirnya berteman dengan Reia, menjadi dekat dengannya dan memberinya liontin sebagai tanda cinta mereka. Namun, ia merasa dikhianati ketika Reia akhirnya melahirkan Kureha dan beberapa tahun kemudian, Yurika membunuh dan memakan Reia setelah ia memberikan liontinnya kepada Ginko, merasa bahwa Reia telah membuang cintanya. Kembali ke masa sekarang, Kureha, yang pernah mendengar liontin Reia diambil oleh beruang yang membunuhnya, terkejut menemukan Ginko memakainya. Keesokan harinya, Yurika mengungkapkan kepada Kureha bahwa Ginko dan Lulu adalah beruang, mengklaim bahwa merekalah yang membunuh Reia. Kemudian, Life Judgement Guys memanggil Kureha, Ginko dan Yurika ke atap, di mana Yurika mencoba memaksa Kureha untuk membunuh Ginko, yang menyangkal membunuh Reia tetapi bersedia ditembak jika hal itu akan memuaskan Kureha, berpikir bahwa ia akan menerima hadiah Kureha, yaitu cinta. Saat Kureha akan menyerah untuk menembak Ginko, memikirkan semua hal yang telah dilakukan Ginko untuknya, Lulu muncul dan memberitahu Kureha tentang kejahatan yang telah dilakukan Ginko terhadap Sumika, mendorong Kureha untuk menembak Ginko.
8.5"I Want To Meet You Right Now! Growl!"
Transkripsi: "Ima Sugu, Anata ni Aitai! Gau Gau!~" (今すぐ、あなたに会いたい!ガウガウ!)
2 Maret 2015 (2015-03-02)[18]
Program spesial yang dibawakan oleh pengisi suara Miho Arakawa (sebagai Ginko), Yoshiko Ikuta (sebagai Lulu), dan Nozomi Yamane (sebagai Kureha) saat mereka mendiskusikan momen favorit mereka dari episode sebelumnya. Program ini juga menampilkan wawancara antara sutradara Kunihiko Ikuhara dan artis lagu tema Bonjour Suzuki serta ulasan episode 9.
9"The Future of the Girls"
Transkripsi: "Ano Musume-tachi no Mirai" (あの娘たちの未来)
Mitsue YamazakiMitsue YamazakiMiki Takihara, Yuka KudōMasahiro Aizawa9 Maret 2015 (2015-03-09)
Mitsuko, yang mengaku sebagai hantu, muncul di hadapan Ginko di tempat yang dikenal sebagai Pintu Persahabatan. Di sana mereka menceritakan peristiwa seputar kematian Sumika, di mana Ginko memiliki kesempatan untuk memperingatkan Sumika tentang serangan Mitsuko yang akan datang, tetapi ditahan oleh kecemburuan setelah mendengar tentang hubungannya dengan Kureha dan membiarkannya mati. Setelah memberitahunya tentang bagaimana Yurika memanipulasi Lulu untuk mengkhianatinya dan berencana untuk menargetkan Kureha, Mitsuko menggabungkan dirinya ke dalam tubuh Ginko, mengambil kendali atas dirinya. Sementara itu, kelompok "Badai Tak Terlihat", yang mengetahui bahwa Konomi adalah beruang dan menerima Kureha ke dalam kelompok mereka, mencurigai ada beruang lain di antara kelas mereka. Saat Kureha, yang menembak Ginko setelah Lulu mengungkapkan bahwa ia adalah kaki tangan Mitsuko, tidak yakin apakah Ginko mengatakan yang sebenarnya tentang membunuh Sumika, Yurika menyamar sebagai Life Judgment Guys untuk memanggil Kureha ke petak bunga, di mana ia mencoba memakan Kureha untuk mengisi kekosongan. tertinggal di dalam dirinya setelah memakan Reia, hanya untuk ditembak oleh anggota "Badai Tak Terlihat". Mengira ia sebagai Reia dalam napasnya yang sekarat, Yurika menunjuk Kureha ke halaman buku bergambar Reia yang hilang yang dicuri sebelumnya.
10"The Door to Friendship"
Transkripsi: "Tomodachi no Tobira" (ともだちの扉)
Koji SawaiKoji SawaiSatomi Kurita, Mutsumi Sasaki, Kazuyuki Yamayoshi, Kazuya Hirata, Yuki Sawari, Kaori SatōEtsuko Sumimoto16 Maret 2015 (2015-03-16)
Saat kelompok "Badai Tak Terlihat" mengubah tubuh Konomi menjadi cyborg untuk membantu perburuan beruang mereka, Kureha membaca sisa cerita Reia, di mana gadis bulan dan gadis hutan berhasil bertemu dan memenuhi cinta mereka satu sama lain. Kemudian, Lulu datang untuk membawa Kureha liontin ibunya dan menjelaskan mengapa Ginko menyalahkan dirinya sendiri atas kematian Sumika, menyatakan itu karena kecemburuannya sendiri bahwa ia mengkhianati Ginko. Liontin itu ternyata adalah kunci yang mengungkapkan foto Kureha, Reia dan Ginko bersama. Saat Kureha merenungkan mengapa ia tidak ingat pernah berteman dengan Ginko dan apakah ia bisa memaafkannya atau tidak, ia dan Lulu terpaksa melarikan diri saat kelompok "Badai Tak Terlihat" mengetahui bahwa Lulu adalah beruang dan memburunya. Sepanjang jalan, Lulu menjelaskan sifat ujian yuri kepada Kureha, menjelaskan bahwa ingatan Kureha tentang dirinya adalah harga yang harus dibayar Ginko untuk menjalani persetujuan yuri. Sebagai hukuman karena mengungkapkan rahasia di balik transformasinya, Life Judgment Guys menghentikan persetujuan yuri Lulu, mengubahnya kembali menjadi beruang, tetapi Kureha tetap bertekad untuk melindunginya. Mengingat Pintu Persahabatan di taman bunga bakung, yang merupakan caranya pertama kali bertemu Ginko beberapa tahun yang lalu, Kureha membantu Lulu melarikan diri kembali ke dunia beruang sebelum ditangkap oleh anggota "Badai Tak Terlihat".
11"What We Hope For"
Transkripsi: "Watashi-tachi no Nozomu Koto wa" (私たちの望むことは)
Masayuki KurosawaYūki YaseYuri Nakajima, Yū Shindō, Yayoi Takano, Masahiro AizawaMiki Takihara23 Maret 2015 (2015-03-23)
Ginko ingat ketika ia pertama kali bertemu Kureha. Ketika Kureha pingsan karena dingin, makhluk misterius memberinya bunga bakung, mendorong Ginko untuk membawanya sisa jalan. Sebagai Kureha dan Ginko menghabiskan hari-hari mereka menjadi teman satu sama lain, Kureha diganggu oleh teman-temannya untuk afinitasnya terhadap beruang. Ingin melindungi Kureha, Ginko membuat kesepakatan untuk menjadi seorang gadis manusia dalam pertukaran untuk kenangan Kureha tentang dirinya. Setelah dikirim kembali ke dunia beruang oleh Reia, Ginko diasingkan oleh teman-temannya untuk jatuh cinta dengan manusia dan menunggu sampai hari ia bertemu Lulu dan menyeberangi tembok pemisah dengannya. Kembali di masa sekarang, kelompok "Badai Tak Terlihat" masih menahan Kureha untuk memancing Ginko keluar, yang didorong oleh pengaruh Mitsuko untuk memakan Kureha. Namun, Ginko berhasil menolak Mitsuko dan ia dengan demikian memiliki keinginan untuk memakan Kureha, mendukung cinta sejati. Di atap, Kureha mencoba untuk mengubah Ginko pergi untuk melindunginya dari penembak jitu, tetapi saat penembak jitu menembaknya, Lulu melangkah dan mengorbankan dirinya untuk melindungi Ginko.
12"Yurikuma Arashi"
Transkripsi: "Yurikuma Arashi" (ユリ熊嵐)
Kunihiko Ikuhara, Tomohiro Furukawa, Kōichi KikutaTomohiro FurukawaEtsuko Sumimoto, Masahiro Aizawa, Satomi Kurita, Daisuke EndōEtsuko Sumimoto30 Maret 2015 (2015-03-30)
Kelompok "Badai Tak Terlihat" mempersiapkan eksekusi publik Ginko menggunakan meriam balok mereka sebagai cara untuk menghukum Kureha. Kureha, memahami bahwa Ginko adalah temannya selama ini, dipanggil ke Pengadilan Pemutusan, mengingat bahwa ialah yang meminta agar Ginko diubah menjadi manusia dengan syarat ia melepaskan cintanya pada Ginko dengan mengalami amnesia sementara untuk membuktikan bahwa kejahatannya menjadi sombong adalah salah selama ini. Saat Kureha mendekati Ginko dan bersiap untuk memberinya janji ciuman, Lady Kumaria muncul dari khayangan dan ternyata benar-benar Sumika, yang mengajarkan cinta sejatinya pada Ginko yang memungkinkannya untuk menahan upacara pengasingannya. Menyadari cinta sejatinya untuk Ginko, Kureha memanggil Lady Kumaria, yang mengakui cinta Kureha sebagai hal yang benar dan mengubahnya menjadi beruang sehingga ia bisa mengakui cintanya kepada Ginko. Kelompok "Badai Tak Terlihat" mencoba menembaki mereka, tetapi mereka melarikan diri ke luar tembok pemisah. Setelah mengamati apa yang terjadi, kepala meriam balok, Uchiko, memutuskan untuk melawan kelompok "Badai Tak Terlihat" dan berteman dengan Konomi yang ditinggalkan. Terlihat bahwa Lulu dan Milne telah bersatu kembali di alam baka, lalu Lulu menjelaskan kepada Milne akhir ceritanya, kemudian, yang mengejutkannya, Milne memberinya janji ciuman di pipi. Tidak ada yang melihat Kureha dan Ginko sejak mereka memulai hidup baru mereka bersama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d ユリ熊嵐 (1) (dalam bahasa Jepang). Gentosha. Diakses tanggal 5 Maret 2015. 
  2. ^ a b "The Winter 2015 Anime Preview Guide - Yurikuma Arashi". Anime News Network. 7 Januari 2015. Diakses tanggal 1 November 2017. 
  3. ^ "Yurikuma Arashi ‒ Episode 1-3". Animenewsnetwork.com. Diakses tanggal 1 November 2017. 
  4. ^ 青柳, 美帆子 (8 Januari 2015). "「ユリ熊嵐」に隠された「三毛別羆事件」との関連を海外ファンが発見?→真偽を確かめてみた". ねとらぼ (Netlab) (dalam bahasa Jepang). ITmedia. Diakses tanggal 3 Januari 2017. 
  5. ^ "Yuri Kuma Arashi Project by Utena/Penguindrum's Ikuhara Gets Manga". Anime News Network. 30 Januari 2014. Diakses tanggal 24 Agustus 2014. 
  6. ^ [1] [pranala nonaktif]
  7. ^ "Yuri Kuma Arashi Manga Ends on April 30". Anime News Network. 12 April 2016. Diakses tanggal 12 April 2016. 
  8. ^ a b ユリ熊嵐 (2) (dalam bahasa Jepang). Gentosha. Diakses tanggal 13 September 2018. 
  9. ^ a b イクニゴマ, キナコ; 森島, 明子 (24 Mei 2016). ユリ熊嵐. 幻冬舎コミックス. ASIN 4344837118. 
  10. ^ Ressler, Karen (28 Juni 2018). "Tokyopop Licenses Yuri Kuma Arashi Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Juni 2018. 
  11. ^ "ユリ熊嵐:作品・シリーズ - 幻冬舎コミックス GENTOSHA COMICS". Gentosha-comics.net. Diakses tanggal 1 November 2017. 
  12. ^ "Utena, Penguindrum's Ikuhara To Debut New Anime Promo Video". Anime News Network. 16 Februari 2013. Diakses tanggal 8 Maret 2015. 
  13. ^ "Silver Link Makes Yuri Kuma Arashi TV Anime by Utena/Penguindrum's Ikuhara". Anime News Network. 24 Agustus 2014. Diakses tanggal 24 Agustus 2014. 
  14. ^ "Yuri Kuma Arashi By Utena, Penguindrum's Ikuhara Slated For January". Anime News Network. 14 September 2014. Diakses tanggal 8 Maret 2015. 
  15. ^ "Yuri Kuma Arashi Anime's 3rd Promo Introduces Story". Anime News Network. 25 Desember 2014. Diakses tanggal 8 Maret 2015. 
  16. ^ "Funimation to Stream Yuri Kuma Arashi Anime". Anime News Network. 1 Januari 2015. 
  17. ^ "Funimation Dubs Assassination Classroom, Death Parade, Tokyo Ghoul √A, 7 More Winter Shows". Anime News Network. 13 Februari 2015. Diakses tanggal 8 Maret 2015. 
  18. ^ 特別番組のお知らせ (dalam bahasa Jepang). Silver Link. 24 Februari 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Maret 2015. Diakses tanggal 8 Maret 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]