Domestic na Kanojo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Domestic na Kanojo
Gambar sampul manga volume pertama
ドメスティックな彼女
(Domesutikku na Kanojo)
GenreRomantis[1]
Manga
PengarangKei Sasuga
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa InggrisKodansha USA
MajalahWeekly Shōnen Magazine
DemografiShōnen
Terbit23 April 201410 Juni 2020
Volume28 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraShōta Ihata
SkenarioTatsuya Takahashi
MusikMasato Kōda
StudioDiomedéa
PelisensiSentai Filmworks
Saluran
asli
MBS, TBS, BS-TBS. AT-X, ATV
Tayang 11 Januari 2019 30 Maret 2019
Episode12 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Domestic na Kanojo (Jepang: ドメスティックな彼女, Hepburn: Domesutikku na Kanojo), yang dirilis dalam bahasa Inggris dengan judul Domestic Girlfriend, adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sasuga. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak bulan April 2014 dan telah diterbitkan menjadi dua puluh delapan volume tankōbon. Manga ini dirilis secara digital dalam bahasa Inggris oleh Kodansha USA di bawah imprint Kodansha Comics milik mereka. Adaptasi anime yang diproduksi oleh Diomedéa ditayangkan sejak tanggal 11 Januari hingga 30 Maret 2019 pada blok pemrograman Animeism. Sentai Filmworks telah melisensi seri anime tersebut di Amerika Utara dan negara-negara lainnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Natsuo Fujii, seorang pelajar SMA berusia 17 tahun, tengah jatuh cinta dengan salah seorang guru di sekolahnya, Hina. Ingin menghilangkan perasaannya terhadap sang guru, ia kemudian mengikuti "kencan buta" bersama teman - temannya dan bertemu dengan seorang gadis aneh bernama Tachibana Rui. Mereka pun dengan "tanpa sengaja" melakukan hubungan intim meskipun mereka tidak memiliki perasaan satu sama lain.

Tidak lama setelah kejadian tersebut, ia mengetahui bahwa ayahnya akan menikah dengan orang lain dan dirinya akan mempunyai 2 saudari angkat perempuan yang ternyata sangat dia kenal, yaitu Tachibana Rui dan Tachibana Hina.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Natsuo Fujii (藤井 夏生)
Pengisi suara: Taku Yashiro[2] (Jepang); Austin Tindle (Inggris)[3]
Natsuo adalah seorang siswa SMA yang bercita-cita menjadi seorang novelis. Dia dipenuhi dengan ide kreatif, tetapi memilih untuk menyembunyikannya dari semua orang, termasuk teman sekelasnya. Ia terlibat hubungan cinta dengan guru SMA-nya, Hina Tachibana, begitu pula dengan teman sekelas sekaligus adik tirinya, Rui Tachibana.
Rui Tachibana (橘 瑠衣)
Pengisi suara: Maaya Uchida[1] (Jepang); Natalie Rial (Inggris)[3]
Rui adalah seorang siswi SMA yang kemudian menjalin hubungan dengan Natsuo. Rui pertama kali bertemu dengan Natsuo saat acara kencan buta bersama teman-teman mereka. Mereka kemudian menyelinap keluar demi menghilangkan keperawanan serta keperjakaan mereka bersama-sama. Setelah ibunya menikah lagi, dia tidak menyangka akan menjadi adik tiri Natsuo.
Hina Tachibana (橘 陽菜)
Pengisi suara: Yōko Hikasa[1] (Jepang); Patricia Duran (Inggris)[3]
Hina adalah seorang guru bahasa Inggris SMA yang kemudian menjalin hubungan dengan Natsuo, salah satu murid sekaligus adik tirinya.
Momo Kashiwabara (柏原 もも, Kashiwabara Momo)
Pengisi suara: Haruka Yoshimura[2] (Jepang); Hilary Haag (Inggris)[3]
Momo adalah teman sekelas Rui dan Natsuo. Ia terkenal karena genit dan rumor miring (ketika ditanya, dia memperkirakan telah bergaul dengan lebih dari 30 anak laki-laki, termasuk salah satu teman Natsuo), selain memiliki hobi membuat boneka mewah yang aneh. Ia berteman dengan Rui, yang telah diperingatkan untuk tidak berurusan dengannya. Momo kemudian tertarik pada Natsuo. Ia berasal dari keluarga yang hancur dan pernah mencoba bunuh diri. Terlepas dari penampilannya, dia rupanya cukup pintar karena pernah masuk peringkat sepuluh besar selama ujian sekolah.
Miu Ashihara (葦原 美雨, Ashihara Miu)
Pengisi suara: Konomi Kohara[2] (Jepang); Luci Christian (Inggris)[3]
Miu adalah satu-satunya anggota Klub Sastra sekolah sampai kedatangan Natsuo, Rui, dan Momo. Ia digambarkan sebagai gadis pemalu dan bersuara lembut dengan sifat tegas ketika mereka berada di perpustakaan. Ia menaksir guru bahasa Jepang-nya di SMA, Kiriya, tetapi dia terlalu malu untuk mengakui perasaannya kepadanya.
Akihito Fujii (藤井 昭人, Fujii Akihito)
Pengisi suara: Nobuo Tobita (Jepang); Mark X. Laskowski (Inggris)[3][4]
Ia adalah ayah Natsuo. Ia mulai berkencan dengan Tokiko Tachibana setelah istrinya meninggal. Ia kemudian menjadi ayah tiri dari Hina dan Rui setelah menikahi ibu mereka.
Tokiko Tachibana (橘 都樹子, Tachibana Tokiko)
Pengisi suara: Yurika Hino (Jepang); Carli Mosier (Inggris)[3][4]
Ia adalah ibu Hina dan Rui. Ia mulai berkencan dengan Akihito Fujii setelah suaminya meninggalkannya demi wanita lain. Ia menjadi ibu tiri Natsuo setelah menikahi ayahnya.
Fumiya Kurimoto (栗本 文哉, Kurimoto Fumiya)
Pengisi suara: Takuya Eguchi (Jepang); Andrew Love (Inggris)[3][4]
Ia adalah sahabat baik sekaligus penasihat Natsuo. Ia bekerja paruh waktu di bar.
Yūya Masaoka (柾岡 悠弥, Masaoka Yūya)
Pengisi suara: Takeaki Masuyama (Jepang); Courtland Johnson (Inggris)[3][4]
Ia adalah salah satu teman Natsuo di sekolah.
Kazuyuki Kine (木根 和志, Kine Kazushi)
Pengisi suara: Gakuto Kajiwara (Jepang); Mike Haimoto (Inggris)[3][4]
Ia adalah salah satu teman Natsuo di sekolah.
Reiji Kariya (桐谷 怜士, Kiriya Reiji)
Pengisi suara: Hikaru Midorikawa (Jepang); David Wald (Inggris)[3][5]
Seorang pengarang terkenal yang mempublikasikan bukunya menggunakan nama samaran, You Hasukawa. Ia juga berperan sebagai penasihat Klub Sastra di sekolah.
Shū Hagiwara (萩原 柊, Hagiwara Shū)
Pengisi suara: Daisuke Hirakawa (Jepang); Adam Gibbs (Inggris)[3][5]
Ia adalah seorang pria berusia 32 tahun yang telah menikah sekaligus peneliti di laboratorium biologi di sebuah universitas.
Masaki Kobayashi (小林 昌樹, Kobayashi Masaki)
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda (Jepang); John Gremillion (Inggris)[3][5]
Alex J. Matsukawa (松川・J・アレックス, Matsukawa J. Alex)
Pengisi suara: Tasuku Hatanaka (Jepang); Blake Shepard (Inggris)
Alex adalah siswa SMA yang merupakan anggota dari Klub Sastra. Ia adalah orang keturunan Amerika. Ia memiliki perasaan terhadap Rui.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sasuga, manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak tanggal 23 April 2014.[6] Bab-babnya telah dibundel dan diterbitkan dalam format tankōbon oleh Kodansha sejak tanggal 17 Juli 2014.[7] Hingga tanggal 17 Februari 2020, dua puluh enam volume telah diterbitkan.[8] Pada bulan April 2020, diumumkan bahwa manga ini akan berakhir pada volume 28 yang diterbitkan pada tanggal 17 Agustus 2020.[9] Pada bulan Mei 2020, diumumkan bahwa manga ini akan berakhir pada edisi ke-28 dari majalah Weekly Shōnen Magazine yang diterbitkan pada tanggal 10 Juni.[10]

Kodansha USA menerbitkan versi terjemahan bahasa Inggris dari manga ini melalui unduhan digital.[11]

Video web[sunting | sunting sumber]

Sebuah video web dirilis pada bulan Mei 2016 di YouTube, bertepatan dengan penerbitan volume kesembilan dari manga ini. Dimaksudkan untuk "jenis demo drama simulasi cinta", video tersebut memungkinkan para pemirsa untuk memengaruhi jalan cerita secara interaktif dengan cara memilih antara dua anotasi yang mengarah ke video terpisah. Video tersebut dibintangi oleh Anna Konno sebagai Hina dan Hanami Natsume sebagai Rui.[12][13]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime-nya diumumkan pada tanggal 12 Juli 2018.[1] Seri ini disutradarai oleh Shōta Ihata sementara skenarionya ditulis oleh Tatsuya Takahashi, dengan animasi karya studio Diomedéa. Naomi Ide mendesain karakter untuk seri ini. Anime-nya ditayangkan sejak tanggal 12 Januari hingga 30 Maret 2019,[a] dan disiarkan pada blok pemrograman Animeism di MBS, TBS, dan BS-TBS.[2][16] Lagu tema pembukanya adalah "Kawaki wo Ameku" (カワキヲアメク) yang dibawakan oleh Minami, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Wagamama" (わがまま) yang dinyanyikan oleh Arisa Takigawa.[4] Seri ini ditayangkan secara simulcast di Australia dan Selandia Baru melalui AnimeLab.[17] Sentai Filmworks memperoleh hak distribusi untuk seri ini di Amerika Utara, Kepulauan Britania, Australasia, Afrika Selatan, dan wilayah lainnya, serta menayangkan seri ini secara simulcast pada platform terpilih.[18] HIDIVE mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi sulih suara bahasa Inggris untuk seri anime-nya.[19] MVM Entertainment telah memperoleh hak distribusinya melalui Sentai Filmworks untuk wilayah Britania Raya dan Irlandia.[20]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Hingga bulan April 2020, manga ini telah terjual sebanyak lebih dari 3 juta kopi dalam sirkulasi.[9] Volume pertamanya diulas di Anime News Network oleh tiga kritikus. Nik Freeman merasa bahwa cinta segitiga antarsaudara tiri dalam Domestic na Kanojo merupakan elemen yang dibuat dengan hati-hati dan terencana. Ia juga menilai bahwa unsur-unsur seksual dalam manga ini membuang-buang bakat Sasuga, tetapi memuji nuansa drama dan komedi, bersama dengan penokohannya. Rebecca Silverman menyebut bahwa latar Domestic na Kanojo merupakan versi yang lebih dewasa dari manga Marmalade Boy, tetapi menambahkan bahwa manga ini kurang melodramatik karena sifat Natsuo yang lebih membumi dan sensitif. Amy McNulty menyadari bahwa manga ini memiliki lapisan realitas dan melodrama ekstra. Ia menilai Rui sebagai karakter yang paling berkesan sementara Natsuo merupakan sosok yang realistis. McNulty menyimpulkan bahwa manga ini memiliki latar yang lebih jujur dari kiasannya.[21]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Domestic Girlfriend tayang perdana pada tanggal 11 Januari 2019 pada pukul 25.55 (01.55am), dan secara efektif sudah termasuk tanggal 12 Januari 2019.[14][15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Domestic Girlfriend Romance Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 11 Juli 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juli 2018. Diakses tanggal 12 Juli 2018. 
  2. ^ a b c d "Domestic Girlfriend TV Anime Reveals More Cast, January 2019 Premiere". Anime News Network. 11 Oktober 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Oktober 2018. Diakses tanggal 11 Oktober 2018. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m ""Domestic Girlfriend" English DUBCAST℠ Edition Cast List on HIDIVE". HIDIVE. Diakses tanggal 14 September 2019. 
  4. ^ a b c d e f "Domestic Girlfriend TV Anime Reveals 1st Promo Video, Theme Song Artists, More Cast Members". Anime News Network. 9 November 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2018. Diakses tanggal 21 Desember 2018. 
  5. ^ a b c "Domestic Girlfriend TV Anime's New Promo Video Previews Ending Theme (Updated)". Anime News Network. 14 Desember 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Desember 2018. Diakses tanggal 21 Desember 2018. 
  6. ^ "「GE」の流石景、週マガに凱旋!三角関係を描く新連載". Natalie (dalam bahasa Jepang). 23 April 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Januari 2018. Diakses tanggal 5 Januari 2019. 
  7. ^ ドメスティックな彼女(1). Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 April 2020. 
  8. ^ ドメスティックな彼女(26). Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 April 2020. 
  9. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (8 April 2020). "Domestic Girlfriend Manga Ends With 28th Volume in August". Anime News Network. Diakses tanggal 8 April 2020. 
  10. ^ Mateo, Alex (19 Mei 2020). "Domestic Girlfriend Manga Ends in 3 Chapters". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Mei 2020. 
  11. ^ "Kodansha USA Publishes Domestic Girlfriend, GTO Paradise Lost Manga Digitally". Anime News Network. 11 April 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 April 2017. Diakses tanggal 13 April 2017. 
  12. ^ "『ドメスティックな彼女』今野杏南&夏目花実で実写化 WEB動画公開". Oricon (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Agustus 2017. Diakses tanggal 31 Juli 2017. 
  13. ^ "「ドメカノ」がWebドラマに!今野杏南と夏目花実が過激なシーンに体当たり". Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Agustus 2017. Diakses tanggal 31 Juli 2017. 
  14. ^ Hodgkins, Crystalyn (30 Desember 2018). "Domestic Girlfriend TV Anime's 2nd Promo Video Previews Both Opening, Ending Themes". Anime News Network. Diakses tanggal 2 Maret 2019. 
  15. ^ "INFORMATION". Domestic na Kanojo Official Website (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Maret 2019. Diakses tanggal 2 March 2019. 
  16. ^ "Domestic Girlfriend TV Anime Reveals January 11 Premiere". Anime News Network. 4 Desember 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Desember 2018. Diakses tanggal 4 Desember 2018. 
  17. ^ @AnimeLab (2 Januari 2019). "💞 Schoolboy Natsuo finds out that his soon to be step-siblings are none other than his teacher crush, Hina and the girl with whom he has his 'first time', Rui. Experience the unexpected love triangle of Domestic Girlfriend on AnimeLab soon! 💞" (Tweet). Diakses tanggal 2 Januari 2019 – via Twitter. 
  18. ^ Hodgkins, Crystalyn (6 Januari 2019). "Sentai Filmworks Licenses Domestic Girlfriend Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Januari 2019. Diakses tanggal 6 Januari 2019. 
  19. ^ "HIDIVE Confirms English Dub for Domestic Girlfriend Anime". Anime News Network. 19 Mei 2019. Diakses tanggal 25 Juni 2019. 
  20. ^ MVMEntertainment [@MVM_UK] (25 Mei 2019). "Heads up! Here's our first five new licenses. As always it's too early to say dates, price, CE or not etc. But we'll be releasing Anohana: Flowers We Saw That Day, Asura Cryin' S1&2, Domestic Girlfriend, Girl in Twilight and Mysteria Friends!" (Tweet). Diakses tanggal 25 Mei 2019 – via Twitter. 
  21. ^ McNulty, Amy (31 Mei 2017). "Domestic Girlfriend Vol. 1". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Agustus 2017. Diakses tanggal 31 Juli 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]