Love Lab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Love Lab
Sampul volume manga pertama
恋愛ラボ
(Rabu Rabo)
GenreKomedi romantis, potongan kehidupan[1]
Manga
PengarangRuri Miyahara
PenerbitHoubunsha
ImprintManga Time Comics
MajalahManga Home → Manga Time Special
DemografiSeinen
Terbit20062019
Volume15 (Daftar volume)
Anime
SutradaraMasahiko Ohta
ProduserYosuke Toba
Tsuguharu Sakurai
Hiromasa Minami
Tetsuya Endo
Kozue Kaneniwa
Hajime Kamata
Hiroo Maruyama
SkenarioTakashi Aoshima
MusikYasuhiro Misawa
StudioDoga Kobo
Pelisensi
Tayang 05 Juli 2013 27 September 2013
 Portal anime dan manga

Love Lab (恋愛ラボ: Rabu Rabo, bahasa Indonesia: Laboratorium Cinta) adalah seri manga empat panel Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Ruri Miyahara. Adaptasi anime dari manga ini dibuat oleh Doga Kobo dan ditayangkan di Jepang dari Juli hingga September 2013.

Alur[sunting | sunting sumber]

Love Lab ada di Sekolah Perempuan Fujisaki, yang terkenal karena OSIS mereka yang dipenuhi oleh siswa yang sangat baik. Yang paling menonjol dari mereka adalah Natsuo Maki, ketua OSIS yang dikagumi oleh teman-teman sekelasnya karena sikapnya yang tenang dan sopan. Di sisi lain, Riko Kurahashi juga dikagumi karena memiliki kepribadian yang tomboi meski agak kekanak-kanakan. Riko secara tidak sengaja masuk ke Maki ketika dia mencium bantal dengan gambar seorang pria untuk latihan, dan mengetahui bahwa Maki sebenarnya memiliki perasaan panik, tidak seperti yan dipikirkan semua orang. Riko dipaksa untuk menjaga rahasia Maki dan bergabung ke OSIS dengan tujuan untuk melakukan aktivitas asmara seperti berpegangan tangan dan masih banyak lagi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Riko Kurahashi (倉橋 莉子, Kurahashi Riko)
Pengisi suara: Rie Kugimiya (drama CD)[2] / Manami Numakura (anime)[3]
Riko (リコ) adalah seorang gadis populer yang memiliki kepribadian yang tomboi dan agak kekanak-kanakan. Dia bergabung dengan OSIS sebagai ajudan ketua OSIS Maki setelah dia direkrut karena pengalaman asmara yang dirasakannya, meskipun dia memiliki sedikit pengalaman praktis dalam cinta. Dia dikenal di sekolahnya sebagai "Wild Kid" (ワイルドの君, Wairudo no Kimi), sebuah julukan yang sama sekali tidak ia sukai. Namun, meskipun dia memiliki kepribadian kekanak-kanakan, dia diam-diam berharap bahwa dia bisa memiliki nama panggilan yang lebih manis daripada "Anak Liar" dan ingin melakukan sesuatu yang romantis tetapi mengalami kesulitan melakukannya karena betapa malunya dia setiap kali dia mencoba untuk melakukannya, ia akan melakukan sesuatu yang bersifat kekanak-kanakan. Riko tidak tahan dengan pria tampan. Kemudian di manga, dia menyadari bahwa dia memiliki perasaan untuk Nagi.
Natsuo Maki (真木 夏緒, Maki Natsuo)
Pengisi suara: Yui Horie (drama CD)[2] / Chinatsu Akasaki (anime)[3]
Maki (マキ) adalah ketua OSIS yang terkenal memiliki sikap yang sopan dan tenang. Dia dikagumi oleh sebagian besar siswa di sekolahnya. Terlepas dari reputasinya sebagai siswa teladan, sebenarnya Maki bertujuan untuk belajar mengenai romansa. Terkadang, dedikasinya dalam mempelajari romansa secara ekstrem membuat dia akhirnya memiliki bantal guling bernama "Huggy" (ダッキー, Dakkī),[4] yang kadang-kadang dia gunakan sebagai latihan untuk berciuman. Fakta lainnya adalah bahwa, terlepas dari kecerdasannya dan "kesempurnaan" yang sebagaimana orang lain mengenalnya, Maki seringkali tidak memiliki akal sehat ketika ia hanya berdua dengan Riko. Kurangnya Maki dalam berlogika sangat menonjol dalam hal topik romansa yang sangat dia sukai. Tidak hanya itu, persepsi Maki tentang romansa yang ideal tampaknya sebagian besar berasal dari adegan anime yang klise, seperti dialog yang sangat melodramatis dan adegan menabrak seseorang sambil membawa roti di mulutnya. Ayahnya adalah seorang produsen pakaian dalam yang terkenal. Dia kadang-kadang mendandani dirinya sendiri sehingga mirip dengan lelaki (Makio) untuk membantu Riko. Selain itu, Maki selalu memiliki kesalahpahaman dengan Yan.
Suzune Tanahashi (棚橋 鈴音, Tanahashi Suzune)
Pengisi suara: Ryōko Shintani (drama CD)[2] / Inori Minase (anime)[3]
Suzu (スズ) adalah seorang gadis mungil dan pemalu yang menjabat sebagai sekretaris OSIS. Di dalam ruangan OSIS, dia biasanya bertugas membuat kipas penampar yang digunakan anggota lain untuk menghukum sesama anggota juga. Dia memiliki kakak laki-laki dan perempuan yang menyayanginya.
Yuiko Enomoto (榎本 結子, Enomoto Yuiko)
Pengisi suara: Ryō Hirohashi (drama CD)[2] / Ayane Sakura (anime)[3]
Eno (エノ) adalah seorang gadis kaya yang memiliki alis tebal. Dia menjabat sebagai wakil ketua OSIS, meski sebelumnya ia menjabat sebagai ketua OSIS. Dia mengundurkan diri sebagai ketua OSIS karena Maki tidak pernah bergantung atau mengandalkan dirinya. Dia dan Sayori adalah teman dekat. Eno juga memiliki saudara laki-laki yang agak labil dan menyatakan dirinya sebagai masokis sehingga membuat Eno kecewa. Eno sebenarnya jatuh cinta dengan ketua OSIS SMP Minami yang bernama Toda Haruka.
Sayori Mizushima (水嶋 沙依理, Mizushima Sayori)
Pengisi suara: Akeno Watanabe (drama CD)[2] / Yō Taichi (anime)[3]
Sayo (サヨ) adalah gadis yang memakai kacamata dan menjadi bendahara OSIS. Dikenal sebagai orang yang agak jahat dan kikir, Sayo sebenarnya memiliki pacar yang tinggal di blok sebelah rumahnya. Karena keserakahannya atas anggaran OSIS, Sayo dipecat dari dewan oleh Maki, tetapi kemudian diangkat kembali bersama dengan Eno.

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Mika Kiriyama (桐山 美花, Kiriyama Mika)
Pengisi suara: Ayaka Suwa
Mika (ミカ) adalah teman sekelas Riko.
Satoshi Nagino (凪野 智史, Nagino Satoshi)
Pengisi suara: Takahiro Mizushima
Nagi (ナギ) adalah teman masa kecil Riko dan mantan rekan satu tim sepak bola. Dia memiliki penampilan yang sangat feminin ketika dia masih muda, yang menyebabkan Riko awalnya tidak mengenalinya. Saat masih SD, dia pernah menyatakan cinta pada Riko, tapi dia ditolak, meskipun Riko tidak ingat kejadian ini dan Nagi berharap dia tidak pernah melakukannya. Nagi benci disebut imut dan memukul kepala Riko setiap kali dia memanggilnya imut, begitu pula Riko melakukan hal yang sama padanya ketika dia memanggilnya sebagai laki-laki. Di manga, dia salah mengira Makio sebagai pacar Riko yang sebenarnya adalah Maki yang sedang berpakaian seperti laki-laki. Ada petunjuk di manga yang mungkin menunjukkan bahwa dia sebenarnya masih memiliki perasaan untuk Riko.
Masaomi Ikezawa (池澤 雅臣, Ikezawa Masaomi)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka
Yan (ヤン) adalah teman Nagi. Yan adalah wakil ketua OSIS SMP Minami. Dia terus-menerus terlibat konflik dan kesalahpahaman dengan Maki.
Momoka Minami (南 桃香, Minami Momoka)
Pengisi suara: Chuna
Momo (モモ) adalah anggota Klub Surat Kabar. Sementara Nana bertanggung jawab atas foto, Momo menangani penulisan artikel.
Nana Ichikawa (市川 奈々, Ichikawa Nana)
Pengisi suara: Rina Hidaka
Nana (ナナ) adalah anggota lain dari Klub Surat Kabar. Dia kikuk dan takut ketinggian. Namun, dia terampil dalam menangani kamera. Suzu mengakui kemampuannya dalam mengambil foto yang bagus.
Yumiko Kurahashi (倉橋 由美子, Kurahashi Yumiko)
Pengisi suara: Yoshiko Kamei
Ia adalah ibu kandung Riko.
Rentarō Kurahashi (倉橋 蓮太郎, Kurahashi Rentarō)
Pengisi suara: Yuka Terasaki
Ren (レン) adalah adik laki-laki Riko. Dia populer di kalangan gadis-gadis. Dia juga sepertinya naksir kepada Maki.
Yū Yamazaki (山崎 佑, Yamazaki Yū)
Pengisi suara: Ayumu Murase
(ユウ) adalah pacar Sayori. Ketika ia masih ada di sekolah dasar, dia sering memandang Sayori sebagai orang yang agak aneh, meski kesalahpahaman ini dapat diselesaikan. Setelah kecelakaan saat membersihkan lantai, Yū mulai menyimpan perasaan untuk Sayori.
Bu Katsuragi (葛城 先生, Katsuragi-sensei)
Pengisi suara: Ikuko Tatsu
Seorang guru sekolah yang tampak tua di Akademi Fujisaki. Dia sering mengenakan gaun hitam panjang dengan blus berleher tinggi putih di bawahnya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Serial ini telah dirilis dalam lima belas volume tankōbon .[5]

Volume kelima belas yang tak lain adalah yang terakhir dirilis pada 7 Januari 2020.[6][7]

Volume kelima belas yang tak lain adalah yang terakhir dirilis pada 7 Januari 2020.[8][9]

No.Tanggal rilis ISBN
1 07 Maret 2008ISBN 978-4-8322-6619-3
2 07 Januari 2009ISBN 978-4-8322-6706-0
3 07 Juli 2009ISBN 978-4-8322-6757-2
4 26 Desember 2009ISBN 978-4-8322-6807-4
5 06 November 2010ISBN 978-4-8322-6904-0
6 07 Oktober 2011ISBN 978-4-8322-5008-6
7 22 November 2012ISBN 978-4-8322-5134-2
8 05 Juli 2013ISBN 978-4-8322-5202-8
9 06 September 2013ISBN 978-4-8322-5221-9
10 06 September 2014ISBN 978-4-8322-5318-6
11 07 Agustus 2015ISBN 978-4-8322-5407-7
12 07 November 2016ISBN 978-4-8322-5531-9
13 07 September 2017ISBN 978-4-8322-5621-7
14 07 November 2018ISBN 978-4-8322-5727-6
15 07 Januari 2020ISBN 978-4-8322-5776-4

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi serial televisi anime ditayangkan di Jepang di saluran MBS dari 5 Juli hingga 27 September 2013. Serial ini dianimasikan oleh Doga Kobo, diproduksi oleh Aniplex dan disutradarai oleh Masahiko Ohta, dengan komposisi seri oleh Takashi Aoshima, desain karakter asli oleh Chiaki Nakajima dan musik oleh Yasuhiro Misawa.[10][11] Serial ini disiarkan di Niconico, setelah tayang perdana pada 14 Juli 2013, dan di Crunchyroll, dimulai dengan episode ke-9 pada 30 Agustus 2013.[12] Sentai Filmworks melisensikan serial ini untuk dirilis di Amerika Utara.[1]

Lagu pembuka dan penutupnya adalah "Love Shitai—!" (恋愛(ラブ)したいっ!) dan "Best Friends". Keduanya dinyanyikan oleh pemeran utama: Manami Numakura, Chinatsu Akasaki, Inori Minase, Ayane Sakura, dan Yō Taichi.[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Carl Kimlinger dari Anime News Network memberi Love Lab nilai B− secara keseluruhan.[4] Dia menulis bahwa serial ini bekerja lebih baik sebagai komedi langsung ketika sutradara Masahiko Ohta memiliki pemeran yang menyampaikan humor tamparan daripada momen emosional sepanjang tiga alur cerita yang masing-masing membawa akhir dramatis yang berbobot seperti Kotoura-san. Carl menyimpulkan bahwa: "Meskipun berbobot, anime ini adalah anime komedi yang sangat lucu: mudah dipahami dan dinikmati. Dari sini kita mengetahui bahwa belajar mencintai tidak semudah yang dibayangkan." [4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Love Lab - Sentai Filmworks". Sentai Filmworks. Diakses tanggal September 24, 2014. 
  2. ^ a b c d e "ドラマCD 恋愛ラボ" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal October 17, 2013. 
  3. ^ a b c d e Loo, Egan (May 17, 2013). "Schoolgirl Comedy Anime Love Lab's 1st TV Ad Aired". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 3, 2020. Diakses tanggal October 16, 2013. 
  4. ^ a b c Kimlinger, Carl (October 11, 2013). "Love Lab Episodes 1-13 Streaming – Review". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2018. Diakses tanggal October 16, 2013.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "1-13" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  5. ^ 恋愛ラボ (12) (まんがタイムコミックス) (dalam bahasa Jepang). ASIN 4832255312. 
  6. ^ "コミックス | まんがタイムWeb 芳文社の月刊誌 新刊案内 芳文社". manga-time.com. Diakses tanggal November 14, 2019. 
  7. ^ Pineda, Rafael Antonio (October 21, 2019). "Manga Time Special Magazine Ends Publication". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 26, 2020. Diakses tanggal January 1, 2021. 
  8. ^ "コミックス | まんがタイムWeb 芳文社の月刊誌 新刊案内 芳文社". manga-time.com. Diakses tanggal November 14, 2019. 
  9. ^ Pineda, Rafael Antonio (October 21, 2019). "Manga Time Special Magazine Ends Publication". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 26, 2020. Diakses tanggal January 1, 2021. 
  10. ^ "スタッフ・キャスト | TVアニメ「恋愛ラボ」公式サイト". love-lab.tv (dalam bahasa Jepang). Aniplex. Diakses tanggal August 30, 2013. 
  11. ^ a b Loo, Egan (June 23, 2013). "Schoolgirl Anime Love Lab's Promo Previews Cast's Opening Song". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2020. Diakses tanggal August 30, 2013. 
  12. ^ "Crunchyroll to Stream "Love Lab", "Rozen Maiden", and "Jubei Chan"". Crunchyroll. August 29, 2013. Diakses tanggal August 30, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]