Harukana Receive

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Harukana Receive
Sampul manga volume pertama yang menampilkan Haruka Ozora
はるかなレシーブ
(Harukana Reshību)
GenreOlahraga
Manga
PengarangNyoijizai
PenerbitHoubunsha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahManga Time Kirara Forward
DemografiSeinen
Terbit24 Agustus 201524 September 2020
Volume10
Seri anime
SutradaraToshiyuki Kubooka
ProduserShintarō Yoshitake
Hiroyuki Kobayashi
Hidehisa Nagasawa
Noritomo Isogai
Mitsuhiro Ogata
SkenarioTouko Machida
MusikRasmus Faber
StudioC2C
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, TVA, Sun TV, RBC, KBS Kyoto, TVQ, BS11
Tayang 6 Juli 2018 21 September 2018
Episode12
 Portal anime dan manga

Harukana Receive (Jepang: はるかなレシーブ, Hepburn: Harukana Reshību) adalah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Nyoijizai. Manga ini diterbitkan di majalah Manga Time Kirara Forward milik Houbunsha dari edisi Oktober 2015 hingga edisi November 2020. Lisensi manga ini telah didapatkan oleh Seven Seas Entertainment di Amerika Utara dengan dua volume pertama masing-masing dirilis pada bulan Juli dan Oktober 2018.[1] Adaptasi seri televisi anime diproduksi oleh C2C dan ditayangkan mulai tanggal 6 Juli hingga tanggal 21 September 2018.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berlatar di Okinawa, seorang gadis SMA kota yang bernama Haruka Ozora memiliki kekhawatiran tentang perbandingan tinggi badannya, sedangkan sepupunya, Kanata Higa, yang berasal dari Okinawa, sangat sadar diri tentang tubuhnya yang pendek dan dadanya yang rata. Kanata juga mulai berpikir dua kali untuk berhenti bermain voli bersama-sama. Namun, karena pengalaman mereka, Haruka dan Kanata memutuskan untuk membentuk klub bola voli di sekolah mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Klub voli pantai SMA Uruma[sunting | sunting sumber]

Awalnya, klub ini beranggotakan si kembar Thomas, Emily dan Claire dan hanya diakui sebagai perpanjangan dari klub bola voli dalam ruangan SMA Uruma, membuat Claire terganggu karena Emily sehingga artinya klub tidak bisa menjadi klub resminya sendiri hingga klub mendapat minimal lima anggota. Setelah menyaksikan pertandingan ulang Haruka dan Kanata dengan Narumi dan Ayasa, mereka terinspirasi untuk merekrut mereka berdua ke klub, dengan Haruka bersemangat untuk bergabung, sementara Kanata khawatir. Setelah turnamen junior lokal, Akari terinspirasi untuk bergabung dengan klub dan setelah ditantang oleh Kanata, olahraga voli pantai tersebut menginspirasinya untuk bergabung dengan klub, sehingga menjadi anggota kelima yang meresmikan klub. Meski tidak memiliki pasangan, sikap Akari menginspirasi Kanata untuk mencalonkannya sebagai manajer klub. Setelah berbicara dengan Claire, ibu Claire dan Emily, Marissa, bergabung dengan klub sebagai pelatih tim selama libur musimnya. Secara tidak resmi, nenek Haruka dan Kanata bertindak sebagai maskot tim.

Tim Harukana[sunting | sunting sumber]

Pasangan sepupu dari pihak ibu, Haruka Ozora dan Kanata Higa. Kanata awalnya berpasangan dengan Narumi dan berharap mendapatkan juara nasional sebagai tim. Tetapi, karena kematian orang tuanya, tim mereka bubar dengan Narumi bergabung dengan Ayase Tachibana, sedangkan Kanata meninggalkan voli pantai. Adapun Haruka, ia secara teknis masih pemula dalam olahraga, tetapi memiliki bakat alami untuk mengambil permainan.

Haruka Ozora (大空 遥, Ōzora Haruka)[2]
Pengisi suara: Kana Yūki[3]
Sepupu Kanata dari pihak ibunya. Ia datang ke Okinawa karena pekerjaan orang tuanya dan meskipun awalnya Kanata jauh darinya, mereka cepat menjadi teman berkat voli pantai. Ia adalah orang yang agak pendiam dan terbuka sehingga ia sering bereaksi emosional terhadap orang lain dan situasi di sekitarnya. Ia juga cenderung mengagumi Kanata dan dari waktu ke waktu memberikan pujian ambigu, tetapi sifat ini telah dihapus di anime.
Kanata Higa (比嘉 かなた, Higa Kanata)
Pengisi suara: Saki Miyashita[3]
Sepupu Haruka dari pihak ibunya sekaligus pasangan dalam voli pantai. Ia bergabung dalam voli pantai karena motivasi ibunya dan ingin berteman dengan Narumi. Meskipun ia sudah menjadi atlet bola voli berpengalaman, ia terpaksa meninggalkan voli pantai karena kematian orang tuanya dan trauma psikologis beberapa tahun yang lalu. Ia adalah gadis yang agak pemalu dan pendiam, tetapi dalam situasi yang tidak biasa, ia bisa berperilaku eksentrik. Seperti Narumi, ia dalam depresi panjang karena ketidakkompakkan mereka dalam permainan. Oleh karena itu, Ayasa dan Haruka kemudian membandingkan mereka dengan mantan kekasih. Namun demikian, di masa mendatang, ia mendapatkan kembali kepercayaan pada kemampuannya berkat ikatannya yang semakin kuat dengan Haruka. Ia percaya pada moto "No Such Thing as Aces" karena ia percaya bahwa dibutuhkan tim untuk menang daripada bermain sendiri, suatu keyakinan yang diturunkan kepada mantan pasangannya, Narumi.

Tim Eclair[sunting | sunting sumber]

Pasangan si kembar Thomas, Claire dan Emily, yang merupakan putri dari Marissa Thomas, mantan atlet profrsional Amerika Serikat dan pelatih saat ini. Nama tim mereka berasal dari éclair. Mereka menempati peringkat kedua sebagai pasangan terbaik setelah Narumi dan Ayasa. Awalnya, ketika Kanata dan Narumi satu tim, pasangan kembar itu dikalahkan oleh mereka hingga Claire menganggap tim Kanata dan Narumi sebagai saingan (dan teman) mereka. Akhirnya, ibu mereka menjadi pelatih Narumi dan Ayasa, dengan keluarga Thomas menjadi dekat dengan keluarga Kanata. Namun, ketika orang tua Kanata meninggal, mereka melihat semangat Kanata yang patah karena si kembar menyadari bahwa bukan Kanata yang berapi-api yang mengalahkan mereka sebelumnya. Marissa menawarkan dirinya sebagai orang tua Kanata setelah mengetahui kembalinya Kanata ke olahraga voli pantai.

Claire Thomas (トーマス 紅愛, Tomasu Kurea)
Pengisi suara: Atsumi Tanezaki[4]
Seorang siswa pertukaran Amerika Serikat di SMA Uruma. Bersama dengan adik kembarnya, Emily, ia adalah salah satu atlet voli pantai junior terbaik di dunia. Ia memiliki kepribadian seperti Haruka dan Ayasa, menunjukkan kecerobohan, keceriaan dan gurauan. Ia dekat dengan Haruka karena kesamaan kepribadian mereka dan mereka sering terlihat bersama jika Kanata tidak ada.
Emily Thomas (トーマス 恵美理, Tomasu Emiri)
Pengisi suara: Rie Suegara[4]
Adik kembar sekaligus pasangan Claire dalam voli pantai. Ia juga pemimpin klub dan bagian dari OSIS. Meskipun mereka sering berdebat satu sama lain dan ia secara sarkastik mengomentari kejenakaan kekanak-kanakan Claire, mereka tetap menjadi pasangan yang baik dan ia menolak untuk bermain dengan siapapun selain Claire.

Akademi Fukuchiyama[sunting | sunting sumber]

Terletak di wilayah Kyoto, sekolah ini dikenal memiliki program bola voli pantai dan voli biasa yang kuat. Anggota paling menonjol dari kelompok itu adalah tim Valkyrie, Narumi Tōi dan Ayasa Tachibana.

Narumi Tōi (遠井 成美, Tōi Narumi)
Pengisi suara: Miyuri Shimabukuro[1]
Mantan pasangan Kanata dalam voli pantai yang plegmatis dan serius. Meskipun sebelumnya mereka menjadi teman dan berbagi ikatan yang kuat berkat voli pantai, mereka saat ini berada dalam hubungan yang agak tegang dan tidak bermain bersama lagi dan ia masih merasa bersalah karena tidak ada untuk Kanata saat Kanata sangat membutuhkannya. Ia mengambil filosofi "No Such Thing As Aces" dari Kanata. Pada saat yang sama, ia terus mengkhawatirkan Kanata dan dengan tulus senang ketika ia menemukan Haruka sebagai pasangan baru dan tetap berhubungan dengan Emily dan Akari untuk melaporkan status mereka. Bersama Ayasa, ia adalah juara ganda kompetisi lokal voli pantai dan bahkan menyandang gelar "idola" olahraga ini.
Ayasa Tachibana (立花 彩紗, Tachibana Ayasa)
Pengisi suara: Kanae Itō[1]
Sahabat dan pasangan terbaik Narumi. Ia adalah orang pertama yang berteman dengan Haruka di Okinawa selain sepupunya. Meskipun ia adalah orang yang cukup ramah, ia sangat terikat emosional dengan Narumi dan bahkan dibandingkan dengan kekasihnya yang cemburu ketika ia menggunakan metafora romantis untuk hubungan mereka dalam voli pantai. Awalnya, ia adalah pemain bola voli dalam ruangan dengan beasiswa, tetapi setelah menantang Narumi, ia terinspirasi untuk beralih dari voli biasa ke voli pantai dan akhirnya menjadi pasangan Narumi. Hubungannya dengan Haruka hampir mirip dengan bagaimana Claire memperlakukan Emily. Ia juga menyarankan Kanata untuk terlalu bergantung pada Haruka.

Anggota lain[sunting | sunting sumber]

Akari Ōshiro (大城 あかり, Ōshiro Akari)
Pengisi suara: Chisa Kimura[1]
Dijuluki "Shii-Chan" oleh Haruka dan Claire yang membuatnya malu, ia adalah seorang gadis baru yang awalnya ingin bermain voli pantai agar menjadi terkenal sebagai idola setelah terinspirasi oleh majalah foto Narumi dan Ayasa, tetapi ia akhirnya memutuskan untuk menjadi manajer klub voli pantai. Akari adalah seorang tsundere sehingga ia selalu malu dan gugup ketika gadis-gadis lain memanggilnya atau ketika Claire mengingat partisipasinya dalam iklan minuman di masa lalu sebagai Shequasar Girl. Menjadi lebih jago daripada Haruka, ia masih berlatih dengan tim dalam latihan. Kekuatannya dalam voli pantai adalah daya tahan dan staminanya yang tinggi meskipun ia masih pemula, yang dikaitkan dengan tugasnya sebagai idola. Ia memberikan ikat kembang sepatu kepada setiap anggota klub, yang melambangkan persahabatan mereka meskipun sesama anggota klub akan saling berhadapan dalam kompetisi.
Marissa Thomas (トーマス マリッサ, Tōmasu Marissa)
Pengisi suara: Umeka Shōji
Ibu Claire dan Emily serta mantan pelatih Kanata dan Narumi. Ia adalah mantan atlet voli pantai Amerika Serikat dan pelatih saat ini di Pro Circuit di negara bagian, tetapi saat musim sepi, ia memutuskan untuk menjadi pelatih klub atas permintaan Claire, kembalinya Kanata dan minat khusus pada Haruka. Ia mengejutkan Haruka, karena ia jauh lebih tinggi dan lebih kuat. Akari datang untuk mengaguminya karena tubuhnya yang sempurna. Ia juga memanggil Akari dengan "Shii-Chan", tetapi ia menunjukkan rasa frustrasi terhadap Claire karena mengatakan hal itu padanya. Ia menjadi sosok orang tua terhadap Kanata bahkan lebih setelah mengetahui Kanata kembali sebagai atlet voli pantai.

Kompetitor lain[sunting | sunting sumber]

Ai Tanahara (棚原 愛衣, Tanahara Ai)
Pengisi suara: Akari Kitō[5]
Mai Sunagawa (砂川舞, Sunagawa Mai)
Pengisi suara: Riko Koike[5]
Youna Aragaki (新垣 陽菜, Aragaki Youna)
Pengisi suara: Satomi Akesaka
Kanna Aragaki (新垣 柑菜, Aragaki Kanna)
Pengisi suara: Minami Takahashi

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Sora Higa (比嘉ソラ, Higa Sora)
Pengisi suara: Eiko Yamada
Nenek Haruka dan Kanata. Ia dan suaminya membesarkan Kanata setelah kematian orang tuanya. Ia kemudian mengasuh Haruka ketika orang tuanya harus pergi karena bekerja. Ia mendukung kedua cucunya dan bertindak sebagai semacam maskot untuk klub mereka.
Kakek Higa
Kakek Haruka dan Kanata dan suami Sora. Wajahnya tidak diperlihatkan di sepanjang waktu. Ia cenderung linglung karena Sora harus terus mencarinya. Hobinya adalah memancing.
Kamekichi (亀吉)
Kura-kura peliharaan Kanata, yang tampaknya malu-malu di sekitar Haruka saat ia bersembunyi ketika Haruka mencoba untuk mengelusnya. Ada implikasi bahwa ia mungkin lebih pintar dari Haruka.
Akane Ozora (大空 茜, Ōzora Akane)
Pengisi suara: Nao Fujita
Ibu Haruka dan bibi Kanata.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Harukana Receive adalah seri manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Nyoijizai. Manga ini memulai serialisasi di majalah Manga Time Kirara Forward milik Houbunsha edisi Oktober 2015,[6] dan berakhir pada edisi November 2020 pada tanggal 24 September 2020.[7] Masing-masing bab dirilis dan diterbitkan dalam format tankōbon oleh Houbunsha. Pada tanggal 12 Oktober 2020, sepuluh volume telah dirilis. Seven Seas Entertainment telah mendapatkan lisensi manga ini untuk wilayah Amerika Utara.[8]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 12 Maret 2016[9]ISBN 978-4-83-224675-13 Juli 2018[10]ISBN 978-1-62-692905-0
2 12 Oktober 2016[9]ISBN 978-4-83-224754-323 Oktober 2018[10]ISBN 978-1-62-692921-0
3 11 Maret 2017[9]ISBN 978-4-83-224814-412 Maret 2019[10]ISBN 978-1-64-275023-2
4 12 September 2017[9]ISBN 978-4-83-224870-030 Juli 2019[10]ISBN 978-1-64-275117-8
5 12 April 2018[9]ISBN 978-4-83-224938-73 Desember 2019[10]ISBN 978-1-64-275683-8
6 9 Agustus 2018[9]ISBN 978-4-83-224970-724 November 2020[10]ISBN 978-1-64-505234-0
7 11 April 2019[9]ISBN 978-4-83-227082-413 April 2021[10]ISBN 978-1-64-505775-8
8 9 Agustus 2019[9]ISBN 978-4-83-227113-510 Agustus 2021[10]ISBN 978-1-64-827907-2
9 12 Maret 2020[9]ISBN 978-4-83-227175-325 Januari 2022[10]ISBN 978-1-64-827357-5
10 12 Oktober 2020[9]ISBN 978-4-83-227218-75 April 2022[10]ISBN 978-1-63-858224-3

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diproduksi oleh C2C dan ditayangkan mulai tanggal 6 Juli hingga tanggal 21 September 2018, di AT-X dan saluran lainnya.[1][11] Seri ini disutradarai oleh Toshiyuki Kubooka, dengan komposisi seri oleh Touko Machida dan desain karakter oleh Takeshi Oda.[12] Lagu pembukanya adalah "FLY two BLUE" oleh Kana Yūki dan Saki Miyashita, sedangkan lagu penutupnya adalah "Wish me luck!!!" oleh Kana Yūki, Saki Miyashita, Atsumi Tanezaki dan Rie Suegara.[13] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini dengan teks bahasa Inggris, sedangkan Funimation mendapatkan lisensi seri ini dengan dubbing bahasa Inggris.[14] Seri ini berjalan selama 12 episode.[15]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli
1"We Don't Need Aces"
Transkripsi: "Ēisu Nante Hitsuyō Nai no" (エースなんて必要ないの)
6 Juli 2018 (2018-07-06)
Haruka Ozora pergi ke Okinawa untuk tinggal bersama sepupunya, Kanata Higa, dan nenek mereka. Saat menjelajahi pantai, Haruka bertemu dengan Narumi Tōi dan Ayasa Tachibana yang sedang berlatih voli pantai. Tersinggung dengan komentar langsung dari Haruka tentang menjadi jagoan masa depan, Narumi, yang tampaknya memiliki masa lalu dengan Kanata, menantang mereka berdua untuk mencetak satu poin melawannya dan Ayasa. Meskipun Haruka akhirnya kalah, ia belajar arti di balik kata-kata Narumi, karena voli pantai membutuhkan koordinasi penuh dengan pasangannya. Saat Haruka bersemangat untuk belajar lebih tentang voli pantai, ia membuat rencana untuk bertanding lagi dengan Narumi dan Ayasa setelah beberapa latihan lagi, tetapi ia mengetahui setelah itu bahwa Narumi dan Ayasa adalah juara SMA.
2"Believe in Me"
Transkripsi: "Watashi o Shinjite" (私を信じて)
13 Juli 2018 (2018-07-13)
Dengan satu minggu sampai pertandingan ulang mereka dengan Narumi dan Ayasa, Kanata melatih Haruka agar ia lebih mudah bergerak di pasir sebelum pindah ke latihan bola, mengajarinya cara melakukan cut shot. Di pagi hari pertandingan, Haruka bertemu dengan Ayasa, yang mengungkapkan bahwa Kanata adalah mantan pasangan voli pantai Narumi yang memiliki kebiasaan menghindari bola. Merasa senang karena mendengar Haruka membelanya, Kanata memakai seragam lamanya untuk pertandingan. Setelah Narumi melihat taktik cut shot Haruka dan Kanata, Haruka mendorong Kanata untuk mengatasi rasa takutnya dan menerima bola, mengetahui Narumi yang lengah dan membiarkan Haruka memenangkan satu poin. Setelah itu, Narumi merasa menyesal atas caranya memperlakukan Kanata, sementara Haruka menjelaskan bagaimana perilaku Narumi terhadap Kanata membantunya menemukan taktik kemenangan.
3"I Want to Regain My Former Self"
Transkripsi: "Mukashi no Jibun o Torimodoshitaitte Omotteru" (昔の自分を取り戻したいって思ってる)
20 Juli 2018 (2018-07-20)
Setelah pindah ke SMA Uruma, Haruka bertemu dengan teman bola voli Kanata, Claire dan Emily Thomas, dan bergabung dengan mereka untuk latihan bola voli. Saat Thomas bersaudara mendapatkan keunggulan yang luar biasa, Emily menjadi kesal saat Kanata tidak menggunakan pokey spike. Karena Kanata tetap ragu-ragu untuk melawan gaya permainannya dengan menggunakan pokey untuk mengimbangi tinggi badannya yang pendek, Haruka menggunakannya sendiri, mendorong Kanata untuk melakukan hal yang sama dan mengatasi bloknya. Setelah itu, gadis-gadis memutuskan untuk memasuki turnamen voli, dengan Kanata bertekad untuk mendapatkan kembali dirinya yang dulu. Kemudian, Kanata menjelaskan kepada Haruka tentang bagaimana ia berteman dengan Narumi melalui voli pantai.
4"Isn't This Perfect For Us?"
Transkripsi: "Watakushi-tachi ni Pittari da to Omowanai?" (私達にぴったりだと思わない?)
27 Juli 2018 (2018-07-27)
Karena Haruka berharap ia bisa lebih informal dengan Kanata, Claire, yang telah mengajarinya cara memblok, melihat baju renang Haruka longgar dan menyarankan semua orang pergi untuk membeli baju renang baru. Saat mencoba menemukan beberapa pakaian renang yang cocok, Haruka dan Kanata bertemu dengan Ai Tanahara dan Mai Sunagawa, yang mengikuti turnamen junior mendatang. Haruka memilih sepasang pakaian renang dan menyesuaikannya dengan pola, tidak menyadari makna tersembunyi yang dibawanya. Keesokan harinya, Emily memberitahu Kanata tentang janji yang dibuatnya dengan Narumi ketika ia pergi ke Kyoto sebelum membawanya ke tempat latihan Haruka di mana mereka berdua menjadi semakin dekat.
5"Until You Break"
Transkripsi: "Anta no Kokoro ga Oreru made" (アンタの心が折れるまで)
3 Agustus 2018 (2018-08-03)
Turnamen junior dimulai dengan Haruka dan Kanata melawan Ai dan Mai. Saat Haruka dan Kanata memimpin lebih awal berkat strategi yang terakhir, Ai dan Mai segera melawan balik dengan strategi mereka sendiri, berhasil memprediksi tipuan Kanata.
6"I Won't Break"
Transkripsi: "Orenai yo, Watakushi wa" (折れないよ、私は)
10 Agustus 2018 (2018-08-10)
Penggunaan pokey yang berulang-ulang oleh Kanata segera terbukti efektif karena jangkauannya yang luas menyebabkan Ai dan Mai semakin lelah, membantunya dan Haruka menyamakan skor. Menyempurnakan bloknya, Haruka mencetak poin kemenangan untuk memenangkan pertandingan, meskipun mereka akhirnya kalah di babak berikutnya. Setelah itu, Haruka dan Kanata mendengar tentang piala Valkyrie nasional dari Emily dan Claire dan bertekad untuk mencapainya bersama-sama.
7"We're Already Friends"
Transkripsi: "Mō Tomodachi de sho" (もう友達でしょ)
17 Agustus 2018 (2018-08-17)
Akari Ōshiro, yang bercita-cita menjadi idola populer seperti Narumi dan Ayasa, berencana untuk bergabung dengan klub voli pantai, tetapi menyerah ketika Emily dan Claire menolak untuk menjadi pasangannya. Sambil mencari untuk mengembalikan tas yang ia lupa, Haruka dan Kanata mengetahui bahwa Akari tidak punya teman karena statusnya sebagai selebriti lokal. Setelah mendengar ini, Kanata menantang Akari untuk pertandingan satu lawan satu, memprediksi setiap gerakannya. Meski gagal mengalahkan Kanata, Akari menikmati pengalaman tersebut dan secara resmi bergabung dengan klub bola voli sekaligus berteman dengan semua orang. Keesokan harinya, mereka bertemu ibu Emily dan Claire, Marissa.
8"I'll Keep Our Promise"
Transkripsi: "Yakusoku Mamotte Miseru Kara" (約束守ってみせるから)
24 Agustus 2018 (2018-08-24)
Marissa mulai melatih Haruka dan Kanata dengan melatih mereka untuk memblok dan menerima spike kuat miliknya, mengajari mereka untuk berpikir sebagai sebuah tim. Kemudian, pada awal tahun baru, Narumi dan Ayasa singgah di Okinawa, mendorong Haruka untuk membawa Kanata ke bandara, di mana ia menegaskan kembali janji yang dibuatnya dengan Narumi untuk memenangkan nasional.
9"This Is How I Feel"
Transkripsi: "Kore ga Watakushi no Kimochi desu" (これが私の気持ちです)
31 Agustus 2018 (2018-08-31)
Akari menjadi cemas ketika ia mengetahui bahwa hanya satu tim dari Okinawa yang dapat lolos ke nasional, yang berarti Haruka dan Kanata harus bersaing dengan Thomas bersaudara untuk memperebutkan tempat tersebut. Setelah berbicara dengan Narumi dan Ayasa, Akari mengungkapkan perasaannya dengan membuat semua orang memasangkan "ikat pinggang" untuk mewakili persahabatan mereka meskipun terpisah. Selama kualifikasi, Haruka dan Kanata berhadapan dengan Kanna dan Youna Arikawa, berhasil mengalahkan serangan topspin mereka dan mencapai babak final, di mana mereka menghadapi Emily dan Claire.
10"The One I Wanted to Fight"
Transkripsi: "Atashi ga Tatakaitakatta no wa" (アタシが戦いたかったのは)
7 September 2018 (2018-09-07)
Babak final antara Haruka-Kanata dan Emily-Claire dimulai, dengan tim terakhir menunjukkan keseriusan mereka. Namun, Haruka dan Kanata segera memulai rencana mereka untuk membuat kedua kakak beradik itu kehilangan keseimbangan. Emily, mengingat bagaimana ia dan Claire pernah kalah melawan Kanata dan Narumi, menunjukkan tekadnya untuk menjadi lebih kuat dan mendukung Claire, memenangkan set pertama.
11"At This Point, We're Basically Playing Head-to-Head"
Transkripsi: "Koko Made Kitara Makkō Shōbu" (ここまできたら真っ向勝負)
14 September 2018 (2018-09-14)
Claire ingat bagaimana dia bertekad untuk mengalahkan Kanata setelah kekalahan pertamanya melawannya, tetapi berpikir ia tidak akan pernah mendapatkan kemenangan yang memuaskan setelah Kanata dilanda ketakutan. Setelah Haruka dan Kanata berhasil memenangkan set kedua, pasangan itu menggunakan apa yang mereka pelajari dari pertandingan mereka dengan Arikawa bersaudara untuk memanfaatkan angin. Saat pertandingan mencapai klimaksnya, Emily dan Claire mencapai titik pertandingan, tetapi terlepas dari kelelahan semua orang, Kanata tetap fokus, memungkinkan ia dan Haruka mencapai deuce.
12"And That's Why We Choose Our Irreplaceable Partners"
Transkripsi: "Dakara Watakushi-tachi wa, Kakegae no Nai Hitori o Erabu" (だから私たちは、かけがえのない一人を選ぶ)
21 September 2018 (2018-09-21)
Setelah deuce yang intens, Haruka berhasil memblok spike Claire, memenangkan pertandingan dan turnamen. Saat Emily menghibur Claire atas kekalahan mereka, Haruka dan Kanata menerima pesan dari Narumi yang memberitahu mereka untuk bahagia dengan kemenangan mereka. Kemudian, saat mereka merayakan dengan barbekyu, Emily dan Kanata berterima kasih kepada Akari karena membantu semua orang tetap bersama sementara Claire mempercayakannya dan Emily dengan Haruka, mendesaknya dan Kanata untuk memenangkan nasional menggantikan mereka.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Pineda, Rafael Antonio (23 Maret 2018). "Harukana Receive Anime's Additional Cast, July Premiere Revealed". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2020. Diakses tanggal 23 Maret 2018. 
  2. ^ "Anime Spotlight - HARUKANA RECEIVE". Anime News Network. 10 Juli 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 April 2019. Diakses tanggal 4 September 2019. 
  3. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (23 Januari 2018). "Harukana Receive Beach Volleyball Anime Casts Kana Yūki, Saki Miyashita". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2020. Diakses tanggal 23 Januari 2018. 
  4. ^ a b Loo, Egan (24 Februari 2018). "Harukana Receive Beach Volleyball Anime Casts Atsumi Tanezaki, Rie Suegara". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 November 2019. Diakses tanggal 24 Februari 2018. 
  5. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (23 Juni 2018). "Harukana Receive Anime Reveals Cast, Visual for New Pair". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Oktober 2019. Diakses tanggal 23 Juni 2018. 
  6. ^ "如意自在「はるかなレシーブ」沖縄×ビーチバレーのフォワード新連載". Natalie (dalam bahasa Jepang). 24 Agustus 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Juli 2017. Diakses tanggal 21 Juli 2017. 
  7. ^ Pineda, Rafael Antonio (24 Agustus 2020). "Nyoijizai's Harukana Receive Beach Volleyball Manga Ends on September 24". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Januari 2021. Diakses tanggal 24 Agustus 2020. 
  8. ^ "Seven Seas Lands a Sexy Spike With License of Harukana Receive Beach Volleyball Manga Series". Seven Seas Entertainment. 13 November 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 November 2017. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  9. ^ a b c d e f g h i j "はるかなレシーブ" (dalam bahasa Jepang). Houbunsha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Mei 2018. Diakses tanggal 28 Mei 2018. 
  10. ^ a b c d e f g h i j "Harukana Receive". Seven Seas Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-03. Diakses tanggal 28 Maret 2018. 
  11. ^ Sherman, Jennifer (8 Juni 2018). "Harukana Receive Anime's Video Previews July 6 Premiere". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Oktober 2020. Diakses tanggal 9 Juni 2018. 
  12. ^ Ressler, Karen (23 November 2017). "Harukana Receive Anime Reveals Teaser Visual, Main Staff". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 November 2017. Diakses tanggal 23 November 2017. 
  13. ^ Hodgkins, Crystalyn (9 Juni 2018). "Harukana Receive Anime's Cast Perform Opening, Ending Theme Songs". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2020. Diakses tanggal 17 Juni 2018. 
  14. ^ Ressler, Karen (28 Juni 2018). "Crunchyroll, Funimation to Stream Chio's School Road, Harukana Receive, Hanebad Anime (Update)". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 November 2020. Diakses tanggal 28 Juni 2018. 
  15. ^ "BD/DVD" (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-27. Diakses tanggal 6 Juli 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]