Gereja Katolik di Uni Emirat Arab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik di Dubai (Desa Jebel Ali) tanpa menara lonceng atau salib

Gereja Katolik di Uni Emirat Arab adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma.

Ada hampir 1.000.000 orang di UEA yang beragama Katolik, mewakili sekitar 11% dari total populasi, sebagian besar dari Filipina, India, Amerika Selatan, Lebanon, Afrika , Jerman, Italia, Ukraina, Portugal, Spanyol, Prancis dan bagian lain dari Eropa, Pakistan, Bangladesh dan Sri Lanka.

UEA merupakan bagian dari Vikariat Apostolik Arab Selatan. Kedudukan vikariat ada di Katedral Santo Yosef, Abu Dhabi. Vikaris Apostolik Uskup adalah Paulo Martinelli.[1]

Kunjungan Paus Fransiskus ke Uni Emirat Arab[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2016, Paus Fransiskus menerima dan menghadiri undangan untuk mengunjungi Uni Emirat Arab. Pada 6 Desember 2018, dipastikan bahwa Paus akan mengunjungi UEA untuk berpartisipasi dalam Pertemuan Antaragama Internasional tentang "Persaudaraan Manusia" di Abu Dhabi.

Pada tanggal 3 Februari 2019, Paus Fransiskus mendarat di Abu Dhabi[2] dan disambut oleh Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA dan kemudian Ahmad al-Tayyeb, Imam Agung Universitas Al Azhar, yang berfungsi sebagai sumber utama pendidikan Islam Sunni dan Ketua Muslim Dewan Sesepuh. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kepausan yang pertama di Semenanjung Arab.[2]

Pada tanggal 4 Februari, Paus menghadiri Pertemuan Antaragama,[3] di mana ia dan Al-Tayyeb menandatangani “Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama". Pada hari yang sama, Paus berbicara di Peringatan Pendiri Abu Dhabi, mengadakan pertemuan dengan Al-Tayyeb dan para tetua Muslim lainnya di Masjid Agung Sheikh Zayed, dan mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan.

Pada tanggal 5 Februari 2019, Paus Fransiskus mengakhiri perjalanannya setelah memimpin Misa di depan banyak orang, yang diperkirakan berjumlah 135.000 orang, di Zayed Sports City.[4] Elemen Misa 90 menit dilakukan dalam bahasa Italia, Inggris, Arab, Tagalog, Urdu, Malayalam, Konkani dan Korea. Misa Kepausan dihadiri oleh hampir 20% dari perkiraan satu juta Umat Katolik yang tinggal dan bekerja di UEA. Misa kepausan di Abu Dhabi bersejarah bukan hanya karena menjadi misa pertama di kawasan Arab namun juga karena keberagaman pesertanya yang unik.

Bangunan gereja[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa gereja Katolik yang saat ini telah berdiri di Uni Emirat Arab, yaitu:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ {{cite web|date=21 Maret 2005 |title=Vikaris Apostolik Baru untuk Arab Diangkat |work=[[Kantor Berita Zenit] ] |url=http://www.zen it.org/article-12565?l=english |access-date=2008-11-21 |url-status=dead |archive-url=https://web.archive.org/web/20110607230554/http://www.zenit.org/article-12565?l=indonesia |archive-date=2011-06-07 }}
  2. ^ a b Situs web BBC, artikel tertanggal 3 Februari 2019, ' 'Paus Fransiskus tiba dalam kunjungan bersejarah ke UEA
  3. ^ situs web Al Jazeera, artikel tertanggal 5 Februari 2019
  4. ^ Situs web Vox, artikel tertanggal 5 Februari 2019