Gereja Katolik di Bahrain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Katolik di Bahrain adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual dari Paus di Roma.

Gereja Katolik pertama yang dibangun di Teluk Persia pada zaman modern dibangun pada tahun 1939 di atas tanah yang diberikan oleh Emir Bahrain.[1] Gereja Hati Kudus melayani sekitar 140.000 umat Katolik. Bahrain menjalin hubungan diplomatik dengan Vatikan pada tahun 1999.[2]

Katedral Bunda Maria dari Arabia yang berlokasi di Awali adalah gereja Katolik terbesar di Semenanjung Arab. Tanah untuk gereja disediakan oleh Raja Hamad bin Isa Al Khalifa karena permintaan dari Paus Benediktus XVI pada bulan Desember 2008, dan akan mencakup 9.000 meter persegi.

Bahrain merupakan bagian dari Vikariat Apostolik Arab Utara. Takhta vikariat berada di Katedral Bunda Maria dari Arabia. Uskup Vikaris Apostolik saat ini ialah Aldo Berardi.

Abad ke-21[sunting | sunting sumber]

Protes dari berbagai kelompok Islam telah terjadi atas sumbangan tanah untuk pembangunan gereja.[1] Meskipun Bahrain memang memiliki populasi Kristen pribumi yang kecil, sebagian besar umat Katolik di Bahrain adalah ekspatriat dari India, Filipina, Sri Lanka, Lebanon, dan negara-negara Barat.[2] Banyak umat paroki melintasi perbatasan dari Arab Saudi , di mana tidak ada gereja dan mempraktikkan agama Kristen di depan umum dilarang.[2] Gereja-gereja di negara ini termasuk Gereja Hati Kudus, Al-Manamah, dan Katedral Bunda Maria dari Arabia di Awali di pusat Bahrain.[3] Juga, ada dua komunitas untuk gereja Katolik Timur, Syro Malankara Komunitas Katolik dan Syro-Malabar Masyarakat.[4][5]

Kunjungan kepausan[sunting | sunting sumber]

Paus Fransiskus mengunjungi Kerajaan Bahrain dari 3 November hingga 6 November 2022, pada kesempatan "Forum Bahrain untuk Dialog: Timur dan Barat untuk Koeksistensi Manusia", kunjungan paus pertama ke Bahrain.[6] Kunjungan empat hari tersebut mencakup beberapa peristiwa penting, dimulai pada tanggal 3 November dengan keberangkatan Paus dari Bandara Internasional Fiumicino ke Awali, Bahrain. Kedatangannya di Pangkalan Udara Sakhir di Awali disambut dengan upacara penyambutan resmi. Dari sana, dia melanjutkan ke Istana Kerajaan Sakhir, di mana dia melakukan kunjungan kehormatan kepada raja, diikuti dengan upacara penyambutan dan pertemuan dengan pihak berwenang, masyarakat sipil, dan korps diplomatik.

Pada tanggal 4 November, Paus memimpin upacara penutupan "Forum Dialog Bahrain: Timur dan Barat untuk Hidup Berdampingan" di Lapangan Al-Fida' Istana Kerajaan Sakhir. Dia kemudian mengadakan pertemuan pribadi dengan Imam Agung Al-Azhar di Kediaman Kepausan di halaman Istana Kerajaan Sakhir, diikuti dengan pertemuan dengan anggota Dewan Tetua Muslim di Masjid Istana Kerajaan Sakhir. Kemudian pada hari itu, dia berpartisipasi dalam pertemuan ekumenis dan doa untuk perdamaian di Katedral Bunda Maria dari Arab.[7]

Pada tanggal 5 November, Paus merayakan Misa Kudus di Stadion Nasional Bahrain dan mengadakan pertemuan bersama remaja di Sekolah Hati Kudus.

Hari terakhir kunjungan, 6 November, termasuk pertemuan doa dan Angelus dengan para uskup, imam, kaum hidup bakti, seminaris, dan pekerja pastoral di Gereja Hati Kudus di Manama. Kunjungan diakhiri dengan upacara perpisahan di Pangkalan Udara Sakhir di Awali sebelum Paus berangkat melalui udara ke Roma.[8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Rencana untuk Gereja Katolik membuat gelombang di Bahrain". Associated Press. 2012-10-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2013 -02-11. 
  2. ^ a b c Habib Toumi (2008-12-26). -akan-menyumbang-tanah-untuk-membangun-gereja-katolik-baru-1.150537 "Bahrain akan menyumbangkan tanah untuk membangun gereja Katolik baru" Periksa nilai |url= (bantuan). Berita Teluk. Diakses tanggal 2013-02-11. 
  3. ^ Habib Toumi (2011-11-17). 19-churches-1.932485 "Bahrain adalah rumah bagi 19 gereja" Periksa nilai |url= (bantuan). Gulf News. Diakses tanggal 2013-02-11. 
  4. ^ "SMCC – Bahrain – Komunitas Katolik Siro Malankara" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-26. 
  5. ^ / "Entrance" Periksa nilai |archive-url= (bantuan) (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-30. Diakses tanggal 2021-10-26. 
  6. ^ "PROGRAM KUNJUNGAN PAUS FRANCIS KE BAHRAIN". Diakses tanggal 17 Februari 2023. 
  7. ^ "Paus Fransiskus tiba di Bahrain dalam perjalanan pertama ke negara Teluk". Aljazeera.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 November 2022. Paus disambut oleh Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa. 
  8. ^ "Sorotan pidato Paus Francis di Forum Dialog Bahrain". Teluk News.com. Diarsipkan dari highlight-of-the-pope-franciss-address-at-the-bahrain-forum-for-dialogue-1.1667570634114 versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 5 November 2022. Paus Fransiskus menghadiri sesi penutupan "Forum Bahrain untuk Dialog: Timur dan Barat untuk Koeksistensi Manusia", di alun-alun Al Fida di Istana Kerajaan Sakhir, di Bahrain, pada Jumat, 4 November 2022.