Gereja Katolik di Makedonia Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Hati Kudus Yesus, (Skopje)

Gereja Katolik di Makedonia Utara adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual Paus di Roma dan merupakan salah satu komunitas agama besar yang ada di wilayah Republik Makedonia Utara. Penganut Katolik dari Makedonia Utara sebagian besar termasuk Albania, Makedonia dan Kroasia dan paling terkonsentrasi di Wilayah Statistik Skopje dan Wilayah Statistik Tenggara Makedonia Utara.[1] Ada sekitar 20.000 umat Katolik di negara ini — sekitar 1% dari total populasi.

Awal mula Katolik di Makedonia Utara[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-6, Kaisar Yustinian I (lahir di Tauresium, sekarang Gradište di Makedonia Utara) meningkatkan status kekristenan di seluruh Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium), dan dihormati di Gereja Ortodoks Timur dan Gereja Katolik Roma. Setelah Justinian I, siklus berikutnya di mana agama Kristen mulai menyebar dimulai pada abad ke-9, ketika Clement of Ohrid dan Santo Naum melembagakan Sekolah Sastra Ohrid selama Kristenisasi Bulgaria. Pada saat itu, ada pembentukan paroki yang sejalan dengan Keuskupan Agung Kuno Ohrid yang autocephaly dipertahankan sampai 1767, ketika Turki, dipengaruhi oleh Patriarkat Ekumenikal Konstantinopel, tangguhkan.

Uskup Katolik Skopje[sunting | sunting sumber]

Keuskupan Skopje, di bawah yurisdiksinya penganut ritus Barat atau Romawi adalah salah satu keuskupan tertua di Balkan dan wilayahnya secara historis tidak cukup diselidiki. Banyak fakta sejarah yang penting dan belum terpecahkan saat ini. Untuk gambaran yang lebih baik, sejarah gereja di wilayah ini dapat dibagi menjadi tiga periode utama

Periode Awal[sunting | sunting sumber]

Gereja Asumsi Bunda Maria, di Strumica.

Periode pertama kekristenan di Makedonia Utara dimulai dengan munculnya kekristenan di Eropa. Rasul Paulus adalah misionaris saat ini. Kekristenan hadir di wilayah ini diilustrasikan oleh fakta bahwa Konsili Nicea (325), ditandatangani antara para bapa Majelis, dan Uskup Dacosta Scupi (Skopje ) disebutkan sebagai uskup yang membawahi provinsi Dardania (Eropa), yang beribukota di Skopje, dan terbentang dari Niš sampai Veles (kota). Keberadaan Keuskupan tidak mengacu pada organisasi keagamaan yang jelas di provinsi yang dipimpin oleh Uskup dan beberapa uskup. Periode ini disebut "periode emas" untuk provinsi tersebut. Penyebutan penulis selanjutnya menunjukkan lima keuskupan di dalam provinsi Dardania. Paus Gelasius I mengirim surat kepada enam uskup Dardania saat itu.

Periode kedua[sunting | sunting sumber]

Periode kedua ditandai dengan kondisi yang bergejolak dan peralihan ke ujung-ujung senjata tersebut di tangan berbagai penguasa baru. Dengan kedatangan orang Turki, masa sulit bagi orang Kristen di daerah ini muncul. Perbudakan Ottoman selama lima abad menimbulkan konsekuensi yang parah di keuskupan. Namun dalam sebuah laporan di Roma pada tahun 1584, Skopje disebutkan sebagai Pusat Agama Katolik.

Periode ketiga[sunting | sunting sumber]

Periode ini bertepatan dengan berdirinya Congregation de Propaganda Fide pada tahun 1622. Pada periode ini, Gereja Katolik memberikan perhatian lebih pada bidang-bidang ini. Suksesi apostolik Uskup Agung Katolik Skopje sejak Andrea Bogdani, seorang Albania yang lahir di zaman modern Kosovo (1651-1656) hingga saat ini terus berlanjut. Umumnya semua perumahan uskup Katolik di Skopje adalah pemukiman, meskipun berkali-kali terpaksa, karena kenakalan Turki, untuk berpindah tempat tinggal, bersembunyi di tempat-tempat yang tidak dapat diakses. Hingga tahun 1914 para uskup Skopje bergelar "uskup agung". Namun dalam Konkordat antara Tahta Suci dan Kerajaan Serbia, gelar Uskup Agung dipindahkan ke uskup Keuskupan Agung Shkodër-Pult.[2] Uskup Agung terakhirnya adalah Lazër Mjeda (juga seorang Albania) di 1921 ketika diangkat menjadi Uskup Agung Keuskupan Agung Shkodër-Pult. Pada tahun 1924, setelah kehancuran Perang Dunia I, keuskupan agung tersebut diturunkan menjadi sebuah keuskupan, dan menjadi suffragan bagi Keuskupan Agung Vrhbosna. Pada tahun 2000 Paus Yohanes Paulus II membagi Skopje dari Administrasi Apostolik Prizren dan saat ini yurisdiksinya meluas ke seluruh wilayah Makedonia Utara.

Vikariat Apostolik Makedonia[sunting | sunting sumber]

Di Makedonia Utara terdapat umat Katolik ritus Bizantium-Katolik yang berada di bawah yurisdiksi Vikariat Apostolik Makedonia.

Vikariat Apostolik Makedonia dari Bulgaria[sunting | sunting sumber]

Gerakan untuk pembebasan dan kemerdekaan mendapatkan momentumnya di pertengahan abad ke-19, ketika seluruh Eropa terbangun dengan kesadaran nasional. Gerakan ini mengambil Makedonia Utara. Dalam perjuangan kebebasan beragama dari pengaruh Hellenic, semangat kebangsaan rakyat Makedonia terbangun dan semangat kemerdekaan gerejawi dari Patriarkat Konstantinopel muncul. Kemudian, permintaan kesetiaan yang gagal di berbagai gereja independen, mencoba membebaskan dari yurisdiksi Patriark Konstantinopel berakhir dengan penggabungan orang Bulgaria setempat dengan Gereja Katolik pada tahun 1859. Pusat dari gerakan ini adalah kota Kilkis, yang dikenal sebagai "Persatuan Kukush".[3] Pada tahun 1861, Vikariat Apostolik Konstantinopel Katolik Bulgaria didirikan untuk orang-orang Bulgaria Katolik Timur dari Ritus Bizantium di provinsi-provinsi Eropa di Kekaisaran Ottoman, termasuk wilayah Makedonia saat itu. Pada tahun 1883 sebagai cabangnya didirikan sebuah Vikariat Apostolik Makedonia Bulgaria yang berbasis di Thessaloniki. Vikaris Apostolik pertama yang diangkat adalah Lazar Mladenov.

Vikariat Pastoral[sunting | sunting sumber]

Dengan pembentukan Vikariat Apostolik Bulgaria di Makedonia Utara, struktur hukum Gereja Katolik Ritus Bizantium di Makedonia Utara didirikan. Uskup Mladenov menunjukkan arah yang jelas bagi perkembangan Gereja Katolik Ritus Timur. Tetapi keadaan yang tidak menguntungkan memengaruhi wilayah ini: Pemberontakan Ilinden, Perang Balkan, dan Perang Dunia I berdampak negatif bagi umat Katolik. Setelah Perang Dunia Pertama, umat Katolik ritus Timur ditemukan di wilayah Vardar Makedonia dan Strumica, dan Paus menempatkan mereka di bawah asuhan Uskup Agung Katolik Skopje saat itu. Pada tanggal 19 Oktober 1923 dengan ketentuan Vatikan mereka menjadi bagian integral dari Eparki Križevci dan tetap demikian hingga tahun 2001.

Eksarkat Apostolik[sunting | sunting sumber]

Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 11 Januari 2001 di Vatikan menandatangani dekrit untuk mendirikan Eksark Apostolik bagi umat Katolik ritus Timur di Makedonia Utara. Eksark Apostolik pertama yang diangkat adalah Monsinyur Joakim Herbut, uskup dari Keuskupan Skopje. Kedudukan eksarkat adalah kota Strumica, dan Gereja Asumsi di kota ini menyandang gelar Katedral.

Eparki[sunting | sunting sumber]

Paus Fransiskus pada tanggal 31 Mei 2018 mengangkat Eksarkat Apostolik ke peringkat Eparki sebagai Eparki Katolik Makedonia dari Asumsi Santa Perawan Maria di Strumica-Skopje.[4]

Kedua institusi Katolik di Makedonia Utara berada di bawah kepemimpinan satu orang, Kiro Stojanov, mungkin satu-satunya kasus di dunia.

Bangunan keagamaan[sunting | sunting sumber]

Keuskupan Skopje[sunting | sunting sumber]

Eparki Gereja Katolik Yunani Makedonia[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Makedonski katolici - malobrojna, ali ?iva i kompaktna zajednica". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016 -03-04. 
  2. ^ "Konkordat antara Tahta Suci dan Kerajaan Serbia pada tahun 1914". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-04. Diakses tanggal 2023-06-09. 
  3. ^ Frazee, Charles A. (2006). Katolik dan Sultan: Gereja dan Kekaisaran Ottoman 1453-1923. Cambridge University Press, hlm. 243-244.
  4. ^ va/content/salastampa/it/bollettino/pubblico/2018/05/31/0399/00874.html#el "Elevazione dell'Esarcato Apostolico per i fedeli cattolici di rito bizantino residenti nella ex-Repubblica Jugoslava di Makedonia ad Eparchia e nomina del primo Vescovo Eparchiale" Periksa nilai |url= (bantuan). Layanan Pers Takhta Suci (dalam bahasa Italia). 2018-05-31. 
  5. ^ "U Makedoniji tri nove katoličke crkve - Europa - Svijet - Dalje.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-17. Diakses tanggal 2014-12-17. 
  6. ^ "U Makedoniji tri nove katoličke crkve - Europa - Svijet - Dalje.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-17. Diakses tanggal 2014-12-17. 
  7. ^ "U Makedoniji tri nove katoličke crkve - Europa - Svijet - Dalje.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-17. Diakses tanggal 2014-12-17.