Felipe, Pangeran Asturias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Felipe
Felipe, Prince of Asturias.jpg
Pangeran Asturias
Pasangan Letizia, Putri Asturias
Anak
Infanta Leonor dari Spanyol
Infanta Sofía dari Spanyol
Nama lengkap
bahasa Inggris: Philip John Paul Alphonse of All the Saints
bahasa Spanyol: Felipe Juan Pablo Alfonso de Todos los Santos
Gelar dan jabatan
HRH The Prince of Asturias
HRH Infante Felipe of Spain
Wangsa Dinasti Borbon[1][2]
Ayah Juan Carlos I dari Spanyol
Ibu Sofía of Greece and Denmark
Lahir 30 Januari 1968 (umur 46)
Madrid, Spanyol

Felipe, Pangeran dari Asturias (dibaptis sebagai Juan Pablo Felipe Alfonso de Todos los Santos (et omnes Sancti) de Borbón y de Grecia; lahir di Madrid, 30 Januari 1968; umur 46 tahun), adalah anak ketiga dari Raja Juan Carlos dan Ratu Sofia dari Spanyol. Ketika Pangeran dari Asturias ia adalah pewaris tahta Spanyol.

Sebagai pewaris tahta Spanyol ia menyandang gelar resmi Pangeran Asturias, Pangeran Viana, Pangeran Girona, Adipati Montblanc, Count Cervera dan Tuhan Balaguer.

Kelahiran dan Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Felipe lahir di Madrid. Kelahirannya, setelah itu dari kakak kedua, Infantas Elena dan Christina, memastikan seorang laki-laki penerus Takhta Spanyol.Ketiga orang itu disampaikan Ratu Sophia,kemudian Putri,dan dibantu oleh dokter don Manuel Maria de Mendizabal. {El Mundo 11 Februari 1996 El ginecologo de la Reina} Nama lengkapnya adalah Felipe Juan Pablo Alfonso de Todos los Santos de Borbón y de Grecia. Nama-nama simbolis yang diberikan di pembaptisan, oleh Uskup Agung Madrid Casimiro Morcillo González termasuk nama-nama pertama Bourbon untuk memerintah di Spanyol; kakeknya (Infante Juan, Pangeran dari Barcelona dan Paulus dari Yunani); kakek buyutnya Raja Alfonso XIII dari Spanyol;dan All Saints (Todos los atau et omnes Sancti) seperti adat di antara Bourbon. Pada saat kelahirannya, ia berjudul sebagai Infante dari Spanyol, karena ayahnya belum Raja dan Felipe belum pewaris. Wali Baptisnya adalah kakeknya Infante Juan, Pangeran dari Barcelona dan nenek buyut Ratu Victoria Euginia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.casareal.es/sm_rey/index-iden-idweb.html
  2. ^ The English language version of the Official Royal Family website is rendered as Borbon while in Spanish it is rendered as Borbón

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Felipe, Prince of Asturias