Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dekan Safri Nugraha
Didirikan 18 September 1950
Situs www.law.ui.ac.id
Warna Merah

Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia yang dikenal dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang pada dasarnya memiliki kurikulum dan sistem pendidikan yang berlaku dari Faculteit der Rechtsgeleerdheid en Sociale Wetenschappen dengan modifikasi-modifikasi yang menyesuaikan atas keputusan-keputusan Konperensi Dinas Antara Fakultas Hukum Pembina se-Indonesia di Yogyakarta pada 29-31 Agustus 1968 dan kemudian penyesuaian dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0198/U/1972.

Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah sekolah hukum yang pertama di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembukaan Rechtshogeschool tanggal 28 Oktober 1924 di Batavia

Awalnya Fakultas Hukum didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk mencetak tenaga hukum Indonesia di luar pengadilan, karena dalam permasalahan hukum melalui pengadilan harus menggunakan tenaga hukum dari Belanda. Pada tanggal 28 Oktober 1924 diresmikan sekolah hukum dengan nama Rechthogeschool dengan dua bidang studi yang diajarkan, yaitu ilmu hukum dan ilmu kemasyarakatan.

Rechthogeschool kemudian digabungkan dengan Universitas Indonesia pada tahun 1955 yang kemudian berubah nama menjadi Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan. Pada tahun 1968, Ilmu Kemasyarakatan dipisahkan dari Fakultas Hukum dan dibentuk menjadi fakultas baru dengan nama Fakultas Ilmu Kemasyarakatan (FISIP). Saat ini Fakultas Hukum Universitas Indonesia dipimpin oleh Prof. Safri Nugraha, SH., LL.M., PhD untuk masa periode jabatan 2008-2012.

Fakultas Hukum menyediakan berbagai fasilitas bagi mahasiswanya seperti Perpustakaan Soediman Kartohadiprodjo, Auditorium/balai sidang, Badan penerbit, Pusat dokumentasi hukum, Moot court (ruang simulasi sidang), Student Internet Centre, Ruang multimedia, dan Student Centre

Jenjang studi[sunting | sunting sumber]

  1. Program Pendidikan Jenjang S1 terdiri dari: Program Sarjana Hukum Reguler, Program Sarjana Hukum kelas Pararel, dan Program Sarjana Hukum Kelas Internasional
  2. Program Pasca Sarjana, terdiri dari jenjang S2 Program Magister Ilmu Hukum dengan peminatan:
    1. Magister Ilmu Hukum Pidana
    2. Magister Ilmu Hukum Ekonomi
    3. Magister Ilmu Hukum Islam
    4. Magister Ilmu Hukum Negara
    5. Jenjang S2 Program Profesi Kenotariatan.
    6. Jenjang S3 Program Doktor Ilmu Hukum

Program studi[sunting | sunting sumber]

Di Fakultas Hukum Universitas Indonesia terdapat 7 (tujuh) program kekhususan (PK) yang merupakan penjurusan atau keahlian secara spesifik yang dapat dipilih oleh mahasiswa jenjang S1, yaitu:

  1. hukum perdata
  2. hukum pidana
  3. hukum acara
  4. hukum ekonomi
  5. hukum tata negara dan hukum administrasi negara
  6. hukum internasional
  7. hukum dan masyarakat

Pranala luar[sunting | sunting sumber]