European Organisation for the Safety of Air Navigation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
European Organisation for the Safety of Air Navigation
Eurocontrol logo 2010.svg
European Organization for the Safety of Air Navigation members.svg
Pembentukan 1963
Kantor pusat Brussels, Belgia
Keanggotaan 39 negara anggota
Situs web

European Organisation for the Safety of Air Navigation (EUROCONTROL) merupakan sebuah organisasi internasional, didirikan tahun 1963, yang mana tujuan utamanya adalah pembangunan sebuah sistem Pengelolaan Lalu Lintas Udara (ATM) pan-Eropa. Organisasi sipil ini memiliki 38 negara anggota; pusatnya di kota Brussels.

EUROCONTROL membangun, mengkoordinasikan dan merecakanan implementasi strategi pengelolaan lalu lintas udara pan-Eropa dan rencana aksi terkait mereka dalam usaha yang melibatkan pihak berwenang nasional, penyedia layanan navigasi udara, pengguna wilayah udara sipil dan militer, bandar udara, industri, organisasi profesional dan institusi Eropa terkait. Aktivitas utamanya melibatkan semua operasi layanan navigasi udara gerbang-ke-gerbang: pengelolaan arus strategi dan taktik, pelatihan pengontrol, pengaturan wilayah udara regional, pembangunan teknologi teraman dan terdepan dan prosedur, dan kumpulan navigasi udara.

Menyediakan berbagai layanan luar, termasuk EUROCONTROL Maastricht Upper Area Control Centre (MUAC), yang menjadi pusat pengaturan lalu lintas udara tersibuk kedua di Eropa, setelah London. Telah menjadi perintis sistem dan teknologi baru dan telah membuat contoh kerjasama antara penyedia layanan ATC sipil dan militer. Organisasi ini mencapat produktivitas tinggi melalui penggunaan infrastruktur teknik terbaru (MADAP), perekrutan pan-Eropa, program sumber daya manusia dan budaya organisasional. MUAC membuat teknologi inovatif dan penjagaan produktivitas: Peringatan Konflik Jangka Pendek, Peringatan Konflik Jangka Menengah, Pelacak Konflik Jangka Menengah, Pesan Aktivasi Penerbangan Otomatis (ACT), Komunikasi Hubungan Data Pilot Pengontrol (CPDLC) dan berbagai posisi pekerjaan pengontrol. Menggunakan Sistem Tampilan Operator (ODS) inovatif yang menambah produktivitas, pengontrol lalu lintas udara yang bekerja di MUAC memberikan keamanan dan efisiensi layanan pengaturan di berbagai negara Eropa seperti Belgia, Luksemburg, Belanda, dan Jerman.

Biasanya, Sektor Pengaturan Lalu Lintas Udara di MUAC dapat menangani 50 penerbangan atau lebih per jam di Upper Control Area di atas 24500 kaki. Waktu tempuh penerbangan rata-rata 18 menit dan 60% lalu lintas meningkat atau menurun di bandara-bandara besar Eropa di London, Paris, Frankfurt, Amsterdam dan Berlin.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

EUROCONTROL

Anggota EUROCONTROL, UE dan ECAC:

Anggota EUROCONTROL dan ECAC di luar UE:

Non-anggota:
Anggota UE:

Anggota ECAC:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]