Demolishor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Demolishor adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Dalam Unicron Trilogy, Demolishor merupakan salah satu anggota Decepticons sub-grup Constructicons. Model alternatifnya adalah sebuah dump truck. Pengisi suaranya untuk bahasa Inggris adalah Alvin Sanders, dan untuk bahasa Jepang adalah Koji Yusa.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Demolishor merupakan Decepticons pertama yang datang ke Bumi dari planet asalnya, Cybertron. Dalam Armada, ia merupakan karakter regular yang nyaris tampil setiap episode, dan merupakan salah satu anak buah kepercayaan Megatron sebelum kedatangan Thrust. Ia memiliki partner Mini-Con bernama Blackout.

Dalam episode 43, Puppet, Demolishor nyaris saja tewas oleh serangan Nemesis Prime. Ia nampaknya harus berterima kasih kepada Mini-Con atas bantuan powerlinx, yang membuatnya bisa memulihkan kekuatan supernya. Dalam dua episode terakhir, ia bergabung dengan tim kombinasi Autobots dan Decepticons dalam melawan Unicron, dan Demolishor merupakan salah satu yang beruntung bisa terus hidup setelah pertarungan tersebut usai.

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Setelah pertarungan dengan Unicron berakhir, selama sepuluh tahun, Demolishor kemudian bekerja untuk Autobots. Tetapi karena ia sering bermasalah dengan beberapa Autobots yang lain, terutama Ironhide, akhirnya Demolishor kemudian dipecat oleh Optimus Prime, dan ia kemudian kembali ke Decepticons.

Ketika ia kembali ke Decepticons, Megatron sempat menanyakan sisi baik yang ia dapatkan bersama Autobots dan manusia. Demolishor juga sempat bimbang atas perjalanan hidupnya tersebut, dimana ia memang aslinya adalah seorang Decepticons, tetapi ia merasakan hak hidup manusia dan indahnya kedamaian bersama Autobots. Lantas Megatron kemudian mencuci otak Demolishor, dan kemudian Demolishor tampil seperti dahulu kala, bengis dan jahat.

Transformers: Cybertron[sunting | sunting sumber]

Dalam versi Jepang dari Transformers: Cybertron, Mudflap merupakan nama yang diberikan untuk karakter Demolishor. Demolishor disini tidak ada kaitannya dengan yang di Armada atau yang di Energon.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam trailer film Revenge of the Fallen, salah satu anggota Decepticons ditampilkan berulang kali dengan model Terex RH400 Excavator. Terungkap jelas di bulang Februari 2009 bahwa namanya adalah Demolishor.

Demolishor sering beranggapan bahwa ia tidak punya pemimpin dan pikirannya juga tidak jelas arahnya, tetapi ia memilik tenaga ekstra untuk bertarung dalam kondisi apapun. Ia dapat menggunakan model excavator-nya untuk berjalan dan mengelilingi dunia, serta untuk menyerang apapun yang menghalanginya dengan cara memukulkan bagian depan excavatornya tersebut. Ia merupakan pelindung sebuah komunitas kecil Decepticons di China ketika Megatron meninggal. Demolishor berbagi model alternative bersama Scavanger, sempat jadi kontroversi apakah Demolishor dan Scavenger itu karakternya sama atau bukan, dan akhirnya terungkap jelas bahwa mereka berdua adalah dua karakter yang berbeda, setelah nama mereka berdua tersebut dalam novel. Dalam film diungkap dengan jelas bahwa Demolishor dan Scavenger tersebut masih satu saudara dan sama-sama anggota Constructicons.

Pengisi suara Demolishor adalah Calvin Wimmer dalam versi film dan Fred Tatasciore dalam versi video game.

Revenge of the Fallen 2009[sunting | sunting sumber]

Ketika tim NEST dan tim Autobots datang ke Shanghai, China untuk mencari Decepticons yang bersembunyi, mereka kemudian pertama kali menemukan Demolishor dan Sideways. Demolishor kemudian berubah menjadi kecil dan bersembunyi di dalam helikopter NEST. Ia kemudian kembali menjadi besar ketika heli tersebut berada di sebuah jalan bebas hambatan. Lantas ia menyerang Optimus Prime, dimana baik Prime dan Demolishor sama-sama terjatuh ke tanah. Perkataan terakhir Demolishor adalah "The Fallen shall rise again" (The Fallen akan bangkit kembali, sebelum kemudian Prime menembaknya tepat di kepalanya.