Date Masamune

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Date Masamune
Penguasa Sendai
Masa jabatan
1600–1636
Didahului oleh Date Terumune
Digantikan oleh Date Tadamune
Informasi pribadi
Lahir Yonezawa, Jepang
Kebangsaan Jepang
Suami/istri Date Megohime

Date Masamune (伊達 政宗?) (lahir 5 September 1567 – meninggal 27 Juni 1636 pada umur 68 tahun) adalah samurai Jepang dari periode Azuchi-Momoyama dan awal periode Edo. Ia mendirikan kota Sendai. Masamune merupakan ahli taktik yang baik.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Lambang Klan Date.

Date Masamune merupakan anak tertua dari Date Terumune, lahir di Kastil Yonezawa (di Prefektur Yamagata modern). Pada usia 14 pada 1581 Masamune memimpin kampanye pertama, membantu ayahnya melawan keluarga Soma. Pada 1584, pada usia 18, Masamune menggantikan ayahnya, Terumune, yang memilih untuk pensiun dari jabatannya sebagai daimyo [2]. Keluarga Date didirikan pada awal periode Kamakura oleh Isa Tomomune, yang awalnya berasal dari distrik Isa di Provinsi Hitachi (sekarang Prefektur Ibaraki). Keluarga mengambil nama dari distrik Date (sekarang Prefektur Fukushima) dari Provinsi Mutsu, yang telah diberikan kepada Isa Tomomune oleh Minamoto no Yoritomo, shogun pertama Kamakura, untuk bantuan dalam Perang Genpei (1180-1185) dan di Minamoto no Yoritomo perjuangan untuk kekuasaan dengan saudaranya, Minamoto no Yoshitsune. Pasukan Date Masamune dikenali dengan baju besi hitam dan tutup kepala emas.

Riwayat Pribadi[sunting | sunting sumber]

Sebuah surat yang ditulis oleh Masamune untuk Paus Paulus V .

Masamune dikenal untuk beberapa hal yang membuatnya menonjol dari daimyo lainnya. Secara khusus, helm bantalan bulan sabit terkenal membuatnya memiliki reputasi yang menakutkan. Sebagai seorang anak, cacar merampas pandangan di mata kanannya, meskipun tidak jelas persis bagaimana ia kehilangan organ seluruhnya. Pada tahun 1974, sebuah tim penelitian Jepang pulih tubuhnya dari kuburan nya Zuihoden, yang dihancurkan oleh Tentara AS pada tahun 1945. Menurut laporan penelitian, mata kanannya mempertahankan beberapa organ. Ada juga gambar kayu Masamune di Zuiganji-kuil, Matsushima, dibuat pada tahun 1652 pada instruksi istrinya Megohime nya. Patung ini memiliki mata kanan, meskipun lebih kecil dari satu kirinya. Beberapa sumber mengatakan ia mencungkil matanya sendiri ketika seorang anggota senior dari klan menunjukkan bahwa musuh bisa mengambilnya dalam perkelahian. Yang lain mengatakan bahwa pengikutnya yang terpercaya Katakura Kojūrō mencungkil mata baginya [1];. Beberapa penulis merujuk untuk episode ini sebagai titik balik bagi Masamune, seperti Masashi Hosaka dalamGaryu-tidak-sepuluh, ISBN 978-4-396-63290-8. Karena matanya hilang, ibunya sendiri dikutuk dia sebagai tidak layak untuk mengambil alih sebagai pemimpin klan dan mulai mendukung adiknya sebagai pewaris Keinosuke Nagaoka,'Date Masamune,

Klan Date telah membangun aliansi dengan klan tetangga melalui pernikahan dari generasi ke generasi. Namun, ada banyak perselisihan atas tanah selama abad 15 dan 16. Tak lama setelah suksesi Masamune, seorang punggawa Date bernama Ouchi Sadatsuna membelot ke klan Ashina dari Aizu wilayah. Masamune menyatakan perang pada Ashina untuk pengkhianatan ini, namun pasukannya dihentikan oleh Ashina umum Iwashiro Morikuni, yang memaksa Masamune untuk pensiun dari kampanye. Masamune mengambil alih Obama Puri setelah ini.

Dengan meningkatnya Masamune, hubungan sebelumnya damai dilemparkan samping sambil mulai menyerang dan menaklukkan semua tanah di sekitarnya, bahkan mereka kerabatnya di Provinsi Mutsu dan Dewa. Terkejut dengan kekejaman, sebuah keluarga tetangga, Hatakeyama, putus asa meminta Date Terumune untuk mengendalikan kampanye militer putranya. Diundang makan malam oleh Hatakeyama, Terumune mengatakan bahwa ia mampu mengendalikan anaknya. Dalam keterlaluan-tindakan putus asa, keluarga diculik Terumune dan berusaha untuk membawanya kembali bersama mereka. Masamune, yang sedang berburu, menerima kabar dari penculikan itu. Ketika ia dan orang-orangnya tertutup dalam pada penculik saat mereka hendak menyeberang sungai, Terumune memerintahkan orang anaknya untuk membunuh semua musuh, bahkan pada biaya hidupnya sendiri. Laki-laki yang tidak Masamune yang diperintahkan dan membunuh semua orang, termasuk Terumune. </ref Nama="Yamaoka"/> Masamune melanjutkan perang dan disiksa dan dibunuh keluarga penculik ayahnya.

Setelah mengalahkan Ashina tahun 1589, ia membuat domain Aizu pangkalan operasi.

Sementara itu, hubungan dengan ibunya, Yoshihime, terus memburuk. Yoshihime bersikeras mengundurkan diri suksesi anaknya yang kedua, Kojiro. Menurut beberapa sejarawan, ia mencoba untuk meracuni dia suatu malam sambil melayaninya makan malam. Masamune akibatnya membunuh saudaranya sendiri untuk datang ke kekuasaan baru.Sohachi Yamaoka itu "Date Masamune" menekankan episode ini.. </Ref> Setelah tragedi ini, ibunya melarikan diri ke rumah kakaknya, klan Mogami. Namun, hubungan mereka kemudian dikembalikan. Menurut penelitian Ken-ichi Sato, Masamune menulis surat yang menyatakan penghargaannya untuk bantuan keuangan pribadi ibunya selama Kampanye Korea Jepang 1593. Ken-ichi Sato,Date Masamune tidak ada Tegami (Surat Date Masamune) ISBN 978-4-10-600479-7

Pada tahun 1590, Toyotomi Hideyoshi disita Odawara Puri dan memaksa wilayah Tohoku daimyos untuk berpartisipasi dalam kampanye. Meskipun Masamune menolak tuntutan Hideyoshi pada awalnya, ia tidak punya pilihan nyata dalam hal sejak Hideyoshi penguasa virtual Jepang. Masamune masih tertunda, Hideyoshi menyebalkan. Mengharapkan akan dieksekusi, Masamune, mengenakan pakaian terbaik dan menunjukkan rasa takut, menghadapi tuan nya marah. Tidak ingin masalah lebih lanjut, Hideyoshi terhindar hidupnya, mengatakan bahwa "Dia bisa menggunakan beberapa".

Setelah melayani Hideyoshi untuk sementara waktu, ia diberi Iwatesawa istana dan tanah di sekitarnya sebagai domain rumahnya. Masamune pindah ke sana pada 1591, dibangun kembali kastil, menamainya Iwadeyama, dan mendorong pertumbuhan kota pada dasarnya. Masamune tinggal di Iwadeyama selama 13 tahun dan berubah daerah menjadi pusat politik dan ekonomi utama. Dia dan anak buahnya disajikan dengan perbedaan dalam invasi Korea di bawah Hideyoshi, dan setelah kematian Hideyoshi, ia mulai mendukung Tokugawa Ieyasu - tampaknya pada nasihat Katakura Kojūrō.

Tokugawa Ieyasu diberikan Masamune ketuhanan dari besar dan menguntungkan Sendai Domain, yang membuat Masamune salah satu daimyo Jepang yang paling kuat. Tokugawa telah berjanji Masamune satu juta koku domain, tetapi, bahkan setelah perbaikan substansial dibuat, tanah hanya diproduksi 640.000 koku, yang sebagian besar digunakan untuk memberi makan wilayah Edo. Pada 1604, Masamune, disertai 52.000 pengikut dan keluarga mereka, pindah ke apa yang kemudian desa nelayan kecil Sendai. Dia meninggalkan anak keempat, Tanggal Muneyasu, untuk memerintah Iwadeyama. Masamune akan berubah Sendai menjadi kota besar dan makmur.

Meskipun Masamune adalah pelindung seni dan bersimpati dengan penyebab asing, dia juga seorang daimyo agresif dan ambisius. Ketika pertama kali mengambil alih klan Tanggal, ia menderita beberapa kekalahan besar dari klan yang kuat dan berpengaruh seperti Ashina. Ini kekalahan yang disebabkan oleh kecerobohan bisa dibilang pada bagian Masamune itu.

Menjadi kekuatan utama di Jepang utara, Masamune tentu dipandang dengan curiga, karena setiap saingan potensial akan dilihat. Toyotomi Hideyoshi mengurangi ukuran kepemilikan tanah setelah keterlambatan dalam datang ke [Pengepungan [dari Odawara (1590) | Pengepungan Odawara]] terhadap Hojo Ujimasa. Belakangan dalam hidupnya, Tokugawa Ieyasu meningkatkan ukuran tanah lagi, tapi selalu curiga terhadap Masamune dan kebijakan. Dia sangat mencurigai misionaris asing, yang ia dianggap sebagai ancaman terhadap kekuasaannya.

Meskipun Tokugawa Ieyasu dan sekutu Tanggal lainnya selalu curiga padanya, Date Masamune untuk sebagian besar melayani Tokugawa dan Toyotomi setia. Dia mengambil bagian dalam kampanye Hideyoshi di Korea, dan di [Pengepungan [Osaka | Osaka kampanye]]. Ketika Tokugawa Ieyasu adalah di ranjang kematiannya, Masamune mengunjunginya dan membacakan sepotong Zen puisi. Masamune sangat dihormati karena-Nya etika; masih dikutip pepatah ini,"kejujuran dilakukan secara berlebihan mengeras menjadi kaku;. Kebajikan memanjakan melampaui ukuran tenggelam dalam kelemahan"

Pelindung budaya dan Kekristenan[sunting | sunting sumber]

Masamune mengembangkan perdagangan di daerah Tōhoku yang terpencil. Meskipun mulanya menghadapi tantangan dari klan-klan yang bermusuhan, ia berhasil mengalahkan mereka, setelah beberapa kali mengalami kekalahan. Akhirnya ia menguasai seluruh Domain Sendai, salah satu fiefdom terbesar di masa depan dalam periode Tokugawa shogunate. Ia membangun banyak istana dan bekerja dalam banyak proyek untuk mempercantik daerah tersebut. Ia juga dikenal menghimbau orang-orang asing untuk datang ke tanahnya. Ia membiayai dan mengirim utusan untuk membina hubungan dengan Paus di Roma, meskipun dianggap hal ini dimotivasi oleh keinginannya untuk mempelajari teknologi asing, sebagaimana tuan-tuan tanah lain, seperti Oda Nobunaga. Selama 270 tahun, Tōhoku menjadi tempat turis, perdagangan dan kemakmuran. Matsushima, suatu rangkaian pulau-pulau kecil yang termasuk wilayah ini, dipuji karena keindahan dan kesyahduannya oleh penyair haiku kelana Matsuo Bashō.

Masamune menunjukkan simpati pada misionaris dan pedagang Kristen di Jepang. Selain mengizinkan mereka datang dan mengabarkan Injil di provinsinya, ia melepaskan tahanan misionaris Luis Sotelo (Padre Sotelo) dari tangan Tokugawa Ieyasu. Date Masamune membiarkan Sotelo dan misionaris lain untuk menjalankan agamanya dan menerima orang yang beralih agama di Tōhoku.

Replika galleon Date Maru, atau San Juan Bautista, di Ishinomaki, Jepang.

Prestasi terbesar Masamune adalah membiayai salah satu perjalanan Jepang yang tidak banyak jumlahnya, untuk membina hubungan diplomatik dan eksplorasi, pada periode ini. Ia memerintahkan pembuatan kapal eksplorasi Date Maru atau San Juan Bautista, menggunakan teknik pembuatan kapal Eropa. Ia mengirimkan salah satu anak buahnya, Hasekura Tsunenaga, Sotelo, dan rombongan duta berjumlah 180 orang, melakukan perjalanan yang sukses dalam membina hubungan dengan Paus di Roma. Ekspedisi ini juga mengunjungi tempat-tempat seperti Filipina, Meksiko, Spanyol dan Roma, menjadi perjalanan Jepang pertama yang berlayar mengelilingi dunia. Sebelumnya, tuan-tuan tanah di Jepang tidak pernah mau membiayai petualangan semacam itu, sehingga ini mungkin adalah yang pertama kalinya berhasil.[1] Paling sedikit, lima anggota ekspedisi tinggal di Coria del Río (Seville) di Spanyol untuk menghindari penganiayaan orang Kristen di Jepang. 600 keturunan mereka, dengan nama keluarga Japón (Jepang), sekarang hidup di Spanyol.

Ketika kemudian Tokugawa Ieyasu menetapkan Kekristenan tidak sah, Masamune harus menuruti peraturan ini, dan meskipun tidak senang, membiarkan Ieyasu menganiaya orang Kristen di daerahnya. Namun, beberapa sumber menyatakan bahwa putri tertua Masamune, Iroha, adalah seorang Kristen. Ia diharuskan menceraikan suaminya, Matsudaira Tadateru, yang diasingkan karena bersikap melawan terhadap ayahnya, Ieyasu Tokugawa. Setelah bercerai, Iroha tidak pernah menikah kembali, meskipun orang tuanya , Masamune dan Mego mendorongnya untuk menikah kembali. Beberapa sejarawan mengira sikap itu disebabkan oleh kepercayaan Kristennya.

Silsilah keluarga[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Kobayashi Seiji 小林清治. Date Masamune 伊達政宗. Tokyo: Yoshikawa Kōbunkan 吉川弘文館, 1959.
  • Owada Tetsuo 小和田哲男. Date Masamune: shiden 伊達政宗: 史伝. Tokyo: Gakken 学研, 2000.
  • Ken-ichi Sato 佐藤憲一. Date Masamune's letters 伊達政宗の手紙. Tokyo: Sinchosensho 新潮選書, 1995.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]