Takenaka Shigeharu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Takenaka Shigeharu

Takenaka Shigeharu(竹中 重治, 27 september, 1544-16 juli, 1579), yang juga dikenal sebagai Hanbei (半兵 atau 半衛), ia adalah seorang samurai jepang pada periode sengoku pada abad ke 16. ia awalnya melayani klan Saito dari Provinsi Mino, tetapi kemudian merencanakan pemberontakan dan mengambil alih kastil klan Saito di gunung Inaba. Toyotomi Hideyoshi begitu terkesan dengan taktik Shigeharu dan dia mengundang Shigeharu untuk bergabung dengan klannya sebagai ahli strategi. Shigeharu banyak membuat Kontribusi untuk Hideyoshi dalam bakatnya yang luar biasa cemerlang.

dia meninggal karena penyakit selama Hideyoshi menyerang wilayah Klan Mori di wilayah Chugoku, jepang. Takenaka Shigekado, putra dan penerus Shigeharu, terus melayani klan Hideyoshi setelah kematian ayahnya. pada pertempuran sekigahara, ia berjuang di pihak Tokugawa Ieyasu, dan Shigekado dijamin memiliki wilayah Bodaisan. Keluarga Takenaka menjadi sebuah keluarga Hatamoto(penguasa kastil Iwate), dan akan segera pindah dari Kastil tua mereka ke kastil Iwate. Klan Takenaka juga penguasa desa Sekigahara.

pada pertengahan abad ke 19, keturunan Takenaka Shigeharu yaitu Shigekata menjabat sebagai Komandan pasukan tokugawa di fushimi pada pertempuran Toba-Fushimi.