Christian Klien

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Christian Klien
Christian Klien 2007.jpg
Klien dalam inaugural Honda F1 Charity Open Day
Lahir 7 Februari 1983 (umur 31)
Sejarah karier dalam ajang Formula Satu
Kebangsaan Bendera Austria Austria
Tahun aktif 2004-2006, 2010
Tim Jaguar, Red Bull, Hispania
Jumlah lomba 51 (49 starts)
Juara dunia 0
Menang 0
Podium 0
Total poin 14
Posisi pole 0
Lap tercepat 0
Lomba pertama Grand Prix Australia 2004
Lomba terakhir Grand Prix Abu Dhabi 2010
Klasemen 2010 27th (0 pts)

Christian Klien (lahir di Hohemens, 7 Februari 1983; umur 31 tahun) adalah seorang mantan pembalap mobil Formula 1 berkebangsaan Austria. Saat ini ia membalap di ajang ChampCar Amerika.

Profil[sunting | sunting sumber]

Saat Christian Klien memperoleh kesempatan menjajal Jaguar R4 pada November 2003 silam, banyak orang bertanya-tanya.Tak seperti pembalap muda masa kini yang bisa dengan mudah memasuki dunia F1 setelah melewati serangkaian kecil balapan, Christian beda. Di umurnya yang baru 20 tahun, Christian Klien sudah melewati banyak pengalaman single-seater untuk benar-benar dapat merasakan tantangan yang sesungguhnya.

Menyusul karier kartingnya yang bagus, pembalap muda Austria ini mulai masuk di ajang single-seater pada 1999, saat umurnya baru 16 tahun. Ia tampil di Formula BMW ADAC Junior Cup, dan menjadi juara di debutnya. Dan kembali merebut tiga kemenangan, serta bertengger di posisi ke-4 klasemen akhir. Pada tahun 2000, ia menapak ke ajang Formula BMW ADAC, dan mencatat posisi rata-rata kesepuluh dan pembalap rookie terbaik ketiga.

Pada tahun berikutnya ia meraih posisi klasemen akhir ketiga di kejuaraan yang sama dengan lima kemenangan yang sangat meyakinkan. Tahun 2002, Christian pindah ke balapan Formula Renault dan berlaga di kejuaraan Jerman dan Eurocup. Dengan lima kemenangan dan lima pole position, dirinya semakin mantap untuk merebut gelar juara Jerman. Ia menempati posisi kelima di Eurocup dan tercatat sebagai best rookie. Pada 2003, kariernya berlanjut di kejuaraan F3 Euro. Empat kemenangan, tujuh pole position, empat fastest lap dan sembilan kali podium membuatnya menjadi runner-up klasemen pembalap. Ia kembali dianugerahi gelar 'Rookie of the year'.

Pada tahun yang sama, ia sempat tampil di event Marlboro Masters yang prestisius di trek legendaris, Zandvoort. Dukungan perusahaan minuman berenergi Red Bull membuat Klien dianggap sebelah mata. Ia dicap pembalap 'pay drive' dan belum membuktikan banyak hal. Namun, dari serangkaian pengalaman yang diraihnya, bukan tidak mungkin Christian dapat menjadi sesuatu yang istimewa. Yang pasti ia akan mendukung Mark Webber mencapai hasil yang lebih baik lagi di musim 2004. Namun ternyata, harapan adalah sebuah harapan. Di musim debutnya ini, Klien hanya mampu meraih 3 poin, tepatnya di GP Belgia. Ia beruntung kontraknya dengan Red Bull diperpanjang selama dua tahun karena Red Bull mengakusisi tim Jaguar pada 2005.

Pada tahun 2005, Klien tampil membela Red Bull bergantian dengan Vitantonio Liuzzi. Namun ternyata performa Klien lebih bagus ketimbang Liuzzi yang cuma mampu meraih satu poin. Red Bull pun tetap memasang Klien sebagai pembalap pada 2006 walaupun disisa balapan akhir musim posisi ia digantikan oleh Robert Doornbos dari Belanda.

Pada 2007 Klien memutuskan untuk pindah ke tim Honda F1 sebagai test driver. Namun hanya berlangsung selama setahun, dan kini Klien melanjutkan karier balapannya di Amerika Serikat, dengan menjadi salah satu pembalap IndyCar Championship.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) Situs resmi Christian Klien