Bayezid II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bayezid II [1]

Bayezid II (lahir, 3 Desember 1447, wafat, 26 Mei 1512) adalah Sultan Ottoman yang memerintah tahun 1481-1512. Dia adalah anak tertua dari Mehmed II , memerintah sebagai Sultan dari Kekaisaran Ottoman 1481-1512.[2] Selama pemerintahannya, Bayezid II menguatkan Kekaisaran Ottoman dan menggagalkan Pemberontakan Safawi.

Setelah kematian Mehmed II, Bayezid II bertengkar dengan saudaranya Cem yang juga anak Mehmed II, yang mengklaim tahta dan mencari dukungan militer dari Mamluk di Mesir. Setelah Cem dikalahkan oleh pasukan Bayezid II, Cem lari dan mencari perlindungan ke Knights St John di Rhodes . Akhirnya, Ksatria Cem diserahkan kepada Paus Innocent VIII (1484-1492). Paus pikir menggunakan Cem sebagai alat untuk mengusir Turki keluar dari Eropa, tapi, seperti Perang Salib Paus upya tersebut gagal, Cem dibiarkan merana dan mati di penjara Neapolitan.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Bayezid II naik tahta sebagai Sultan Ottoman pada tahun 1481. Seperti ayahnya Mehmed II, Bayezid II adalah pelindung budaya barat dan timur dan tidak seperti sultan lainnya, bekerja keras untuk memastikan kelancaran politik domestik, yang membuatnya mendapatkan julukan "Yang Adil".

Sepanjang pemerintahannya, Bayezid II terlibat dalam berbagai kampanye untuk menaklukkan Venesia despotate , yang mendefinisikan daerah ini sebagai kunci untuk masa depan kekuatan angkatan laut Ottoman di Timur Mediterania apabila berhasil ditaklukkan . Yang terakhir dari perang-perang ini berakhir pada 1501 dengan Bayezid II di kontrol dari benteng utama Mistra dan Monemvasia . Bayezid juga bertanggung jawab untuk diri tertentu menimbulkan luka intelektual dalam peradaban Islam, seperti melarang semua percetakan di Arab dan Turki, larangan abadi dalam dunia Islam ini sampai tahun 1729. Pada akhir pemerintahannya sekali lagi terjadi perebutan kekuasaan di antara anaknya sendiri yaitu antara Selim I dan Ahmet.


Didahului oleh:
Mehmed I
Kesultanan Utsmaniyah
1512–1520
Diteruskan oleh:
Selim I

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]