2NE1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
2NE1
Mama-2013-32.jpeg
2NE1 di Mnet Asian Music Awards pada November 2013
dari kiri ke kanan Dara CL Bom Minzy
Latar belakang
Asal Seoul, South Korea
Genre K-pop, electronic, dance, urban, electropop
Tahun aktif 2009-sekarang
Label YG Entertainment (South Korea)
Avex Group (Japan)
Warner Music (Taiwan)
will.i.am Music Group (USA)
Artis terkait Teddy, YG Family, will.i.am, Big Bang, PSY
Situs web Official Website
Official Facebook
Official Youtube
Anggota CL
Dara
Bom
Minzy
Artikel ini memuat Teks Korea. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau simbol lain, selain Hangul atau Hanja.
Artikel ini memuat tulisan Jepang. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau simbol lain, selain huruf kanji dan kana.

2NE1 (dibaca: To Anyone atau Twenty One) merupakan grup hip hop/pop wanita populer di Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment pada tahun 2009. 2NE1 beranggotakan empat orang: CL, Bom, Dara, dan Minzy. Nama 2NE1 sendiri merupakan gabungan dari frase "21st century" dan "new evolution"[1]

2NE1 pertama kali muncul di lagu "Lollipop", sebuah kampanye komersial dengan Big Bang untuk LG Electronics. Singel pertama mereka "Fire" dirilis pada 6 Mei 2009. Sampai saat ini, mereka telah mengeluarkan dua mini album, satu album studio To Anyone dan satu album Jepang "Collection". Pada album pertama mereka, 2NE1 (EP) mengeluarkan hit single "I Don't Care", yang mengantarkan mereka meraih penghargaan sebagai Song of the Year pada Mnet Asian Music Awards tahun 2009. Dilanjutkan single mereka, seperti "Go Away", "Lonely" dan"I Am The Best" yang juga sukses di pasaran, single "I Am The best" kembali mengantarkan 2NE1 memenangkan kategori "Song of the Year" untuk kedua kalinya pada ajang yang sama pada tahun 2011.

2NE1 resmi memulai kariernya di Jepang pada bulan September 2011 dengan mengeluarkan mini album NOLZA, yang berisi lagu-lagu hits mereka pada album versi Korea sebelumnya yang di aransemen ulang. Sejak saat itu, kelompok ini telah merilis satu album studio, "Collection", dan dua single di Jepang. 2NE1 juga merencanakan memulai karier mereka di Amerika Serikat pada 2013, dengan bekerja sama dengan will.i.am.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pra Debut[sunting | sunting sumber]

Grup Musik ini pertama kali dikenalkan kepada pers pada akhir tahun 2005. YG Entertainment mengumumkan bahwa kelompok itu terdiri dari empat anggota dan akan memulai debut single-nya sekitar bulan Mei 2009. Perusahaan juga menyatakan bahwa anggota kelompok tersebut telah dilatih selama 4 tahun, mereka juga menjelaskan pada debut album tersebut berisikan lagu-lagu yang dihasilkan oleh 1TYM pemimpin Teddy Park. Grup ini awalnya akan di beri nama "21", namun karena adanya penyanyi dengan nama yang sama, grup ini segera berganti nama menjadi "2NE1" yang mempunyai arti 21th Century New Evolution (Revolusi abad 21).

2009: Debut dan Korea EP[sunting | sunting sumber]

Bekerja sama dengan BigBang , 2NE1 pertama mengeluarkan single " Lollipop ", yang dirilis secara digital pada 27 Maret 2009. Lagu ini diciptakan untuk LG guna mempromosikan "Cyon phone". Video musiknya dirilis pada tanggal 28 Maret 2009. Meskipun tidak secara langsung dipromosikan karena single ini murni untuk kepentingan iklan, "Lollipop" menjadi hits pada tangga lagu di berbagai media online dan menduduki puncak tangga lagu online di jaringan televisi Mnet selama empat minggu berturut-turut.

Pada tanggal 30 April CEO YG Entertainment, Yang Hyun Suk mengungkapkan bahwa lagu 2NE1 akan menjadi jenis lagu hip-hop dan reggae, dan lagu itu akan dirilis secara digital pada tanggal 6 Mei 2009 dengan judul "Fire", lagu itu ditulis dan diproduksi oleh Teddy Park.

"Fire" direncanakan rilis pada 6 Mei, dengan dua versi video musik - versi " studio" dan versi "jalan". Dirilis pada hari yang sama dan dalam waktu 24 jam pertama, video ini ditonton lebih dari satu juta pengunjung. Grup ini membawakan single "Fire" pertama kali di jaringan SBS TV dalam acara SBS Inkigayo pada tanggal 17 Mei 2009.

"I Don't Care " dirilis sebagai single kedua pada tanggal 1 Juli 2009 bersamaan dengan dikeluarkannya mini album pertama mereka. Promosi untuk single baru mereka dimulai pada awal Juli.

Setelah menyelesaikan Promosi "I don't Care", 2NE1 mengambil cuti sementara dan setiap anggota merilis single solo mereka. Sandara Park merupakan anggota pertama yang merilis single digital sendiri, single itu berjudul "Kiss", pada bulan September 2009. Lagu ini menampilkan sesama anggota 2NE1 yakni CL sebagai rapper dan digunakan dalam sebuah iklan untuk bir CF. Park Bom merilis single "You and I" yang dirilis pada bulan Oktober 2009. CL berkolaborasi dengan Minzy untuk single mereka "Please Don't Go". Pada baru baru ini 2NE1 mengeluarkan album "Come Back Home" ,"H.A.P.P.Y" dan CL mengeluarkan single terbaru yaitu "MTBD".

Bersama tiga grup musik lain yang mewakili Korea Selatan, 2NE1 mengikuti ajang "Asia Song Festival" ke-6 pada bulan September 2009, di mana mereka menerima penghargaan sebagai "Asian Newcomer's Award."

Setelah mengeluarkan album baru yang berjudul CRUSH, 2NE1 akan menjalani tur keliling dunia yang kedua, yang bertajuk AON All or Nothing World Tour, yang dimulai dari negara: Korea Selatan, Hong Kong, Tiongkok, Taiwan, Filipina, Malaysia, Indonesia, Singapura, Jepang, dan Vietnam.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Nama panggilan Nama lahir Tanggal lahir[2] Posisi[3]
Romanisasi Hangul Romanisasi Hangul
CL 씨엘 Lee Chaerin 이채린 26 Februari 1991 (umur 23) Leader,Main Rapper,Vocal
Bom Park Bom 박봄 24 Maret 1984 (umur 30) Lead Vocal
Dara 다라 Sandara Park 박산다라 12 November 1984 (umur 30) Vocal, Visual
Minzy 민지 Gong Minji 공민지 18 Januari 1994 (umur 20) Lead Dancer,Vocal,Maknae (anggota termuda)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Tour[sunting | sunting sumber]

  • NOLZA (2011)
  • NOLZA in Japan (2011)
  • New Evolution World Tour (2012)
  • YG Family Concert (2010)
  • YG Family 15th Anniversary Concert (2011-2012)
  • AON: All or Nothing World Tour (2014)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

  • 2009 Style (cameo)
  • 2009 Girlfriends (cameo)
  • 2009 2NE1TV
  • 2010 2NE1TV Season 2
  • 2011 2NE1TV Live: Worldwide (season 3)
  • 2013 Ssang Park (Double Park)TV
  • 2014 My Love From The Star (Dara, Cameo)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]