G-Dragon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


G-Dragon
G-Dragon in Thailand.jpg
G-Dragon pada tahun 2007
Latar belakang
Nama lahir 권지용 Kwon Ji Yong
Nama lain G-Dragon, GD
Lahir 18 Agustus 1988 (umur 26)
Seoul, Korea Selatan
Asal Republik Korea
Genre Hip hop, K-pop
Pekerjaan Rapper, penyanyi, komposer, penulis lirik, produser rekaman, model
Tahun aktif 2001–sekarang
Label YG Entertainment
Artis terkait Big Bang, GD & TOP
G-Dragon
Hangeul
Hanja
Alih Aksara yang Disempurnakan Gwon Ji-yong
McCune–Reischauer Kwŏn Chiyong
Nama panggung
Hangeul 지드래곤
Alih Aksara yang Disempurnakan Ji deuraegon
McCune–Reischauer Chi Tŭraegon
Artikel ini memuat Teks Korea. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau simbol lain, selain Hangul atau Hanja.

Kwon Ji Yong (bahasa Korea: 권지용, lahir 18 Agustus 1988; umur 26 tahun), lebih dikenal dengan nama panggungnya, G-Dragon (bahasa Korea: 지드래곤), adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, produser dan model Korea Selatan.

Setelah 6 tahun sebagai trainee di bawah label rekaman YG Entertainment, G-Dragon resmi memulai debutnya sebagai pemimpin dan salah satu dari dua rapper untuk kelompok Korea Big Bang. G-Dragon telah terlibat dengan menulis, menyusun dan memproduksi banyak tracks Big Bang, termasuk "Lies", "Last Farewell", dan "Haru Haru".

Dia merilis album debut solonya, Heartbreaker (2009), yang menghasilkan nomor satu singel dengan nama yang sama. Album ini kemudian menjadi salah satu album paling sukses tahun ini, mengumpulkan penjualan lebih dari 200.000 eksemplar dan memenangkan Mnet Asian Music Awards for Album of the Year. Heartbreaker juga memicu kontroversi besar bagi artis, termasuk tuduhan plagiarisme. Setelah hampir setahun absen, G-Dragon dan teman sebandnya, T.O.P berkolaborasi untuk merekam dan merilis album GD & TOP (2010). Album ini merilis tiga singel: "High High," "Oh Yeah," dan "Knock Out," yang semuanya telah memetakan dalam tiga posisi teratas dari Gaon chart, dengan "High High" menjadi chart-topper.

Pengaruh G-Dragon's melampaui industri musik, memiliki tren utama berbentuk di Korea Selatan. Kontrol ketat atas gambar dan seni telah memenangkan dia memuji atas kontribusinya untuk fashion, dan isi lirik dan komposisi telah mengumpulkan penghargaannya.

Skandal Marijuna[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 5 Oktober 2011 itu dilaporkan bahwa G-Dragon telah diuji positif untuk merokok ganja Tes urine-nya kembali negatif tetapi positif lemah untuk ganja terdeteksi dari pengujian isi rambutnya.

Tes dilakukan pada awal Juni dan hasilnya kembali pada bulan Agustus. Karena hasil tes menunjukkan jumlah yang sangat kecil dan itu adalah pelanggaran pertama, hal itu mengakibatkan dakwaan dan ia tidak dikenakan biaya.

Ia diduga menghirup obat dari sebatang rokok yang ditawarkan kepadanya oleh seorang penggemar di Jepang selama pesta kembali pada bulan Mei Ia adalah satu-satunya di partai yang kemudian diinformasikan kepada pihak berwenang Korea.

Ia mengaku bahwa ia mengisap rokok yang ditawarkan kepadanya, namun setelah menyadari itu bukan rokok biasa, ia langsung pergi.Skandal itu menyebabkan penghentian promosi, dan YG Entertainment mengeluarkan pernyataan bahwa ia sedang diberi waktu untuk merenungkan kesalahannyaKarena ia tidak dikenakan biaya, ia tidak kehilangan endorser dan kemudian membuat penampilan publik pertamanya setelah skandal pada 2011 MTV EMAS dengan kelompoknya Big Bang.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio
Album Kolaborasi
Live Albums
  • Shine a Light (2010)
Mini Album
  • One Of A Kind (2012)
  • Crayon (2012)
  • Missing You feat Kim Yuna Jaurim (2012)
  • That XX (2012)
  • Coup D'etat (2013)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Music Videos
Tahun Judul Peran
2001 Jinusean - "AYO" Younger version of Jinu
2003 1TYM - "Hot" Himself
2004 Jinusean - "Telephone number" Himself
2009 Seungri - "Strong Baby" Himself
2010 Taeyang - "I Need A Girl" Himself
2012 SE7EN - "When I Can't Sing" Himself

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan
2007
2009
2010
2012
2013

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:G-Dragon