YG Entertainment

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
YG Entertainment, Inc.
YG 엔터테인먼트
Jenis Publik
Simbol saham KRXS: 122870
Industri Musik dan hiburan
Genre K-pop
R&B Kontemporer
Hip hop
Rock
Dance
Pop
Electronic
klasik
Didirikan 24 Februari, 1996
Pendiri Yang Hyun Suk
Kantor pusat

Seoul, Korea Selatan

YG Entertainment Hosung Building, 349-10, Sangsu-Dong, Mapo-Gu, Seoul 109-819 (Korea Selatan)
Tokoh penting Yang Hyun Suk (CEO) dan Yang Min Suk (CEO)
Produk Album, Konser
Jasa Publikasi rekaman,
Agensi hiburan
Pendapatan 62.5 miliar won (2011)[1]
Pemilik Yang Hyun Suk
Anak perusahaan YG Entertainment Japan
YG Underground
YGEX
Situs web http://www.ygfamily.com

YG Entertainment adalah label rekaman dan agen bakat yang dirikan oleh anggota band Korea Seo Taiji & boys, Yang Hyun Suk dan berbasis di Seoul, Korea Selatan. Ia mengkhususkan diri dalam memproduksi R&B dan hip hop musik. Berdiri YG untuk Yang Indung dan juga inisial dari CEO, Yang Hyun Suk.[2]

Label ini merupakan salah satu dari "tiga besar" perusahaan rekaman Korea bersama dengan SM Entertainment dan JYP Entertainment karena pangsa pasar yang kuat dan operasi internasional. Catatan rilis melalui distributor YG Entertainment, Mnet Media. Avex Entertainment dan YG Entertainment baru-baru ini membentuk proyek baru di Jepang disebut YGEX.

Setelah menjadi rumah bagi kelompok hip-hop Jinusean dan 1TYM, daftar saat ini dari artis rekaman termasuk K-Pop idola seperti Big Bang, 2NE1, Big Mama, Masta Wu, Perry, PSY, Seven, Epik High, Lee Hi dan Gummy. Artis di bawah lembaga itu berkembang menjadi pelari depan dan pemimpin Hallyu dan musik Korea sendiri di seluruh dunia. Video dari YG Entertainment dan seniman yang telah kumulatif lebih dari 3 miliar pandangan dan berlangganan oleh lebih dari 5 juta pengguna di YouTube saja, membuat mereka seniman yang paling dilihat dan ditempatkan dan agen hiburan di Asia-Pasifik.

Sejak 2010-an akhir, YG Entertainment telah mendapat pengakuan di seluruh dunia setelah BigBang menyisihkan Britney Spears untuk memenangkan Act Seluruh Dunia Terbaik di 2011 Europe Music Awards MTV, dan PSY Gangnam Style mencapai lebih dari 1 miliar kali dilihat di YouTube setelah berhasil bersaing dengan video musik oleh Lady Gaga dan Katy Perry untuk memenangkan Best Video di MTV Music Awards Eropa 2012 Sebagai hasil dari prestasi seniman musik, harga saham dari label rekaman. telah melihat tahun-ke-tahun meningkat lebih dari 50%.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Maret 1998, Yang Hyun-suk, mantan anggota band yang legendaris Seo Taiji dan Korea Boys, didirikan YG Entertainment. Kelompok pertama untuk debut pada label itu adalah Keep Six, dengan album hanya mereka Enam di Chamber tha dirilis Mei tahun yang sama. Jinusean adalah seniman berikutnya untuk debut pada label dan adalah yang pertama untuk mencapai kesuksesan mainstream. Grup 1TYM diikuti bersama dengan merilis album CEO Yang Hyun Suk. 1TYM dan Jinusean sering dikreditkan dengan membawa hip hop ke penonton Korea mainstream. Pada tahun 1999, seniman perusahaan membuat album kolaborasi di bawah nama keluarga YG.

Label segera merilis album oleh artis Perry, Swi.T, Wheesung, dan kolaborasi kedua YG Keluarga pada tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2003, Big Mama memulai debutnya sebagai kelompok pertama terkenal karena suara mereka sebagai lawan penampilan. Tujuh debutnya setelah, bersama dengan Lexy dan Gummy. Pada tahun 2005, label Underground YG diciptakan dan tumbuh mengandung seniman 45rpm dan Skunk Stony. Selain itu, Se7en mulai pergi ke luar negeri untuk menjual rekaman di Jepang dalam upaya bersama antara YG Entertainment dan Rekaman NexStar. Big Bang debutnya pada tahun 2006 dan merupakan grup idola pertama perusahaan.

Big Bang meroket dalam popularitas dari waktu debut mereka dengan merilis album kedua mereka di Korea, Ingat. 2008 juga ditandai dengan rilis baru dari Gummy dan Uhm Jung Hwa. Pada tahun 2009, 2NE1 debut dan juga dengan cepat menjadi salah satu K-pop pemimpin industri. Big Bang bercabang ke Jepang selama ini dan merilis album pertama mereka bahasa Jepang, Big Bang. G-Dragon, pemimpin Big Bang, merilis album solonya di Korea dan menjadi album dengan penjualan tertinggi tahun 2009.

PSY, seorang seniman rap yang sudah terkenal, ditandatangani ke label pada tahun 2010 dan merilis album Psy Lima. Selain itu, perusahaan yang diterapkan untuk bursa saham, tetapi ditolak. Hal ini diduga bahwa alasan adalah karena YG Entertainment memiliki kelompok musik terlalu sedikit dan arus kas yang tidak stabil, meskipun peningkatan pendapatan di Korea dan Jepang pada tahun 2009. YG Entertainment akhirnya melewati penyaringan Bursa Efek Komisi untuk go public di KOSDAQ. Harga saham diperkirakan akan ditetapkan sekitar 24.600 ~ 28.800 WON (sekitar $ 22 - $ 26 USD dengan nilai nominal 500 WON). Sekitar 35 miliar won (sekitar $ 33.000.000 USD) akan untuk perdagangan pada penawaran umum perdana.

Pada 27 September 2011, YG Entertainment mengumumkan bahwa Tablo dari kelompok hip-hop Epik high populer Tinggi menandatangani kontrak 4 tahun eksklusif dengan mereka.Pada tahun 2012 Epik High juga bergabung YG.

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Di dalam negeri, YG memiliki kerjasama dengan M-Boat Entertainment dan EunGun Hiburan, Musik Yamazone, dan Suara Booda. Setelah kontrak untuk Big Mama dan Soul Star berakhir, EunGun dan M-Boat telah berakhir kegiatan mereka dengan YG Entertainment.

Mulai tahun 2005, YG diperluas ke pasar luar negeri. Se7en adalah artis YG pertama untuk memperluas ke seluruh Asia. YG memiliki kemitraan dengan NexStar Records, sebuah Nippon Columbia label, untuk mengelola rilis Jepang untuk Se7en.kegiatan Jepang Universal Music Japan mengelola Big Bang,dan catatan Jepang Avex Grup mengelola 2NE1 YG Entertainment. Melepaskan Koreanya album di bawah 21 East Entertainment di Cina, GMM Internasional di Thailand, dan Universal Records di Filipina.

Pada tahun 2011, YG Entertainment bermitra dengan SM Entertainment, JYP Entertainment, KeyEast, Ament, dan Star J Entertainment untuk menciptakan Serikat Management Asia dalam upaya untuk mempromosikan musik pop Korea internasional.

Dengan munculnya hallyu dan popularitas Big Bang, YG mengumumkan pada 2012 bahwa mereka bekerja sama dengan eBay Korea untuk meluncurkan toko YG di eBay untuk pelanggan asing.

KMP Holdings[sunting | sunting sumber]

Maret 2010 lalu, KMP Holdings didirikan melalui kerjasama antara YG, SM, JYP, Star Empire, dan perusahaan lainnya. KMP adalah distributor resmi rilis dari perusahaan-perusahaan. KMP singkatan dari Power Music Korea.

Persatuan Asia Manajemen[sunting | sunting sumber]

SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, KeyEast, Ament dan Star J Entertainment akan bergabung untuk menciptakan sebuah badan manajemen besar Asia bernama 'United Asia Manajemen'! Tubuh ini perusahaan investasi bersama diciptakan dalam upaya untuk mengembangkan industri yang akan mendorong 'Hallyu' ke 'Asianlyu'. United Asia Manajemen bertujuan untuk merintis pasar global, dan semua artis di bawah enam lembaga akan berada di bawah sebuah sistem database yang mengelola hak kekayaan intelektual. Sebuah sistem isi produksi baru akan digunakan juga untuk film, drama, dan media lainnya. UAM juga akan bertindak sebagai agen global untuk seniman perencanaan untuk memajukan, atau saat ini mempromosikan, di luar negeri. UAM telah resmi didirikan pada April 2011.

YGEX[sunting | sunting sumber]

YGEX didirikan sebagai suatu kemitraan antara Grup Avex dan YG Entertainment untuk promosi dan pelepasan bahan seniman YG 'di Jepang. Seniman saat ini di bawah YGEX mencakup semua seniman Entertainment aktif YG.YGEX beroperasi sebagai perusahaan patungan-label antara dua perusahaan.

Penawaran Umum Saham Perdana[sunting | sunting sumber]

YG sedang mencari sebanyak 35900000000 ₩ ($ 31 juta), kurang dari ₩ 39900000000 itu sebelumnya dicari sebagai Big Bang bermain untuk stadion penuh di Jepang dan penggemar berbondong-bondong ke 2NE1 kuartet perempuan, yang juga dikelola oleh perusahaan. YG telah memutuskan untuk mengurangi ukuran IPO itu menyatakan itu sebagai risiko untuk operasi mereka.

Filantropi[sunting | sunting sumber]

YG Entertainment sangat terlibat dalam kegiatan amal, menciptakan kampanye layanan masyarakat mereka DENGAN. Mereka menyumbangkan 100 won untuk setiap album yang dijual, 1% dari seluruh penjualan barang dagangan, dan 1.000 won untuk setiap tiket konser untuk amal. Pada tahun 2009, mereka mengumpulkan US $ 141.000. Mereka melampaui itu pada tahun berikutnya dengan US $ 160.000. Dari jumlah itu, US $ 87.000 sedang menuju beasiswa untuk Layanan Holt Anak sementara US $ 69.000 itu terhadap anak-anak dengan penyakit langka. Keluarga YG juga telah disampaikan secara langsung US $ 4.400 senilai arang untuk keluarga yang membutuhkan selama musim dingin. Perusahaan ini juga telah mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan sekitar US $ 500.000 untuk bantuan bencana ke Jepang setelah gempa Tohoku 2011 dan tsunami.


Keluarga YG[sunting | sunting sumber]

Artis Rekaman[sunting | sunting sumber]

Debut Artis Jenis Kelamin Anggota Pemimpin Dibubarkan Nama Fanclub Warna resmi
1996 Keep Six Laki-laki 3 - 1996 - -
1997 Jinusean Laki-laki 2 - - - Merah
1998 Yang Hyun Suk Laki-laki Solo - - - -
1998 1TYM Laki-laki 4 Teddy Park - Hip Hop Village Hitam
2001 Perry Laki-laki Solo - 2001 - -
2002 Swi.T Wanita 3 - 2005 - -
2002 Wheesung Laki-laki Solo - Meninggalkan Perusahaan - -
2003 Big Mama Wanita 4 - Meninggalkan Perusahaan - -
2003 Masta Wu Laki-laki Solo - - - -
2003 Seven Laki-laki Solo - - Lucky 7 Lime Green
2003 Lexy Wanita Solo - Meninggalkan Perusahaan - -
2003 Gummy Wanita Solo - Meninggalkan Perusahaan Gummybear Hitam/Putih
2005 45RPM Laki-laki 3 Smash Meninggalkan Perusahaan - -
2005 Stony Skunk Laki-laki 2 - 2010 - -
2006 Big Bang Laki-laki 5 G-Dragon - VIP Kuning/Hitam
2006 Moo Ga Dang Mixed 4 Song Baekkyoung 2007 - -
2007 Kim Ji Eun Female Solo - Meninggalkan Perusahaan - -
2009 2NE1 Wanita 4 CL - Blackjack Hot Pink
2010 PSY Laki-laki Solo - - PSYcho Hitam
2011 Tablo Laki-laki Solo - - - -
2011 Epik High Laki-laki 3 Tablo High Skool Hitam
2012 Lee Hi Wanita Solo - Hiheel/Harp Purple
2013 Kang Seung-yoon Laki-Laki Solo - - -

Pada tahun 2014 ini, idol group baru YG entertainment akan segera debut yaitu WINNER, yang beranggotakan Kang Seung Yoon sebagai leader, Song Minho (Mino) rapper, Nam Taehyun vokal, Lee Seung Hoon rapper dan Kim Jinwoo vokal.

Produser[sunting | sunting sumber]

Aktor/Aktris[sunting | sunting sumber]

Mantan[sunting | sunting sumber]

Penari[sunting | sunting sumber]

  • Crazy Girls Dance Team: Kim Ji Hye, Yun Hee Jin, Yun Hee So, Bok Mi Ran, Won A Yeon, Kim Min Jung, Oh Hye Ryeon, Park Eun Young
  • Hi-Tech Dance Team : Kwon Young Deuk and Kwon Young Don (Kwon Twins), Park Jung Heon, Seo Ki Chul, Jo Sung Min, Kim Byung Gon, Kwon Cheol Jun, Kim Kwang Won, Kim Hee Yun, Hansol Lee, Song Won Ki

Mantan peserta latihan terkenal[sunting | sunting sumber]

  • May Doni (sekarang dibawah LOEN Entertainment)
  • Jang Hyun-Seung (sekarang dibawah Cube Entertainment sebagai anggota B2ST)
  • Park Bohyung (sekarang dibawah B2M entertainment sebagai anggota SPICA)
  • Kim Junsu (sekarang dibawah JYP Entertainment sebagai anggota 2PM)

YG Family Concerts and Tours[sunting | sunting sumber]

  • One Concert 2003 (Korea Selatan)
  • Color of the Soul Train (Korea Selatan)
  • One Concert 2004 (Korea Selatan)
  • Thank U Concert 2005 (Korea Selatan)
  • One Concert 2005 (Korea Selatan)
  • 10th Anniversary World Tour 2006 (Korea Selatan, Jepang, dan USA)
  • One Concert 2007 (Korea Selatan)
  • Concert 2010 (Korea Selatan)
  • YG Family Concert 2011 (Olympic Gymnastics Arena, Korea Selatan) - 3 dan 4 Desember 2011[3] YG Family Concert 2011 Pictures

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kim, Da-ye (January 5, 2011). "Korean entertainment firms fail to go public". The Korea Times. The Korea Times. Diakses January 22, 2011. 
  2. ^ http://www.youtube.com/user/YGEntertainment
  3. ^ Cha, Frances "YG Family Concert: Best end-of-year blowout bash" CNN Go. 23 November 2011. Retrieved 2012-03-03

Pranala luar[sunting | sunting sumber]