Gang Dong-won

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kang Dong-won)

Gang Dong-won
Lahir18 Januari 1981 (umur 43)
Korea Selatan Changwon, Korea Selatan
PekerjaanAktor
Gang Dong-won
Hangul
강동원
Hanja
姜棟元
Alih AksaraGang Dongwon
McCune–ReischauerGang Tong-wǒn


Gang Dong-won (lahir 18 Januari 1981) adalah seorang aktor film dan televisi asal Korea Selatan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Busan, keluarga Gang pindah ke Changwon ketika ia berusia 7 tahun. Ketika menuntut ilmu di Technological Engineering di Universitas Hanyang, ia bertemu dengan agen modeling pada tahun 2000. Setelah bekerja sebagai seorang model, ia memulai karier aktingnya di dalam dua drama televisi, dan pada tahun 2004 ia memulai film perdananya, sebuah komedi romantik Too Beautiful to Lie. Namun peran yang menampilkan bakat aktingnya yang sesungguhnya terjadi di dalam film Temptation of the Wolves, sebuah film adaptasi dari novel internet Guiyeoni. Dengan wajahnya yang menawan, kepopuleran Gang meningkat, dan merambah sampai ke negara-negara Asia lainnya terutama Jepang.

Daripada membintangi peran yang lebih utama, Gang mengejutkan pemirsa dengan peran selanjutnya di Maundy Thursday dan peran antagonis Voice of a Murderer. Kedua kerjasamanya dengan auteur Lee Myung-se di dalam Duelist dan M mengokohkan status Gang lebih lanjut sebagai salah satu aktor muda di dalam perfilman Korea. Ia mendapat pengakuan dari kritik-kritik untuk bakat dan pilihan beragam atas peran-perannya.

Gang menyatakan bahwa ia memutuskan untuk berperan sebagai karakter nakal di dalam aksi fantasi Jeon Woo Chi karena "ia ingin menjadi seorang aktor yang dicintai oleh berbagai generasi. Dengan aktor pendukung yang kuat dan anggaran yang cukup tinggi, film yang diarahkan oleh Choi Dong-hun menjadi sebuah acara liburan blockbuster yang menjual lebih dari 6 juta tiket pada musim dingin meskipun film tersebut baru muncul di bioskop hanya seminggu setelah Avatar di Korea.

Ia kemudian mencetak aktingnya dengan menjadi lawan main aktor veteran yang terkenal, Song Gang-ho di dalam film mata-mata Secret Reunion, Jang Hoon. Film tersebut menjadi salah satu box office terbesar pada tahun 2010 di Korea, dengan penjualan lebih dari 5 juta tiket.

Setelah membintangi film Haunters, Gang memulai tugas militernya pada tanggal 18 November, 2010.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2004 Too Beautiful to Lie Choi Hee-cheol
Temptation of Wolves Jeong Tae-seong
2005 Duelist Sad Eyes
2006 Maundy Thursday Jeong Yun-soo
2007 Voice of a Murderer Kidnapper Suara
M Han Min-woo
2009 Jeon Woo-chi: The Taoist Wizard Jeon Woo-chi
2010 Secret Reunion Song Jee-won
Haunters Cho-in
2011 Camellia Jay Segment: "Love for Sale"
2013 The X X Film pendek
2014 Kundo: Age of the Rampant Jo Yoon
My Brilliant Life Dae-su
2015 The Priests Deacon Choi
2016 A Violent Prosecutor Han Chi-won
Vanishing Time: A Boy Who Returned Sung-min dewasa
Master Kim Jae-myung
2017 1987: When the Day Comes Lee Han-yeol Penampilan khusus
2018 Golden Slumber Kim Gun-woo
Illang: The Wolf Brigade Im Joong-kyung
2020 Peninsula Jeong-seok
2022 Broker Dong-soo [1]
2023 Dr. Cheon and Lost Talisman Dr. Cheon [2]
TBA The Accident Brain [3]
War and Revolt Cheonyeong [4]

Seri televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran
2003 Country Princess Min Ji-hoon
Something About 1% Lee Jae-in
2004 Magic Cha Gang-jae

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeon Hyung-Hwa (February 1, 2021). "[단독]아이유, 송강호·강동원·배두나와 '브로커' 호흡..고레에다 히로카즈 감독 내한 [종합]" [Solo IU, Song Kang-ho, Kang Dong-won and Bae Doona, 'broker' director Hirokazu Koreeda. Respiration cold [General]]. star.mt (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 31, 2021. Diakses tanggal February 1, 2021 – via Naver. 
  2. ^ Kang Hyo-jin (September 19, 2022). "빙의' 강동원·허준호·이솜·이동휘, 캐스팅 완료 '14일 크랭크인" [Possession' Kang Dong-won, Heo Jun-ho, Esom, and Lee Dong-hwi, casting completed 'Crank-in on the 14th'] (dalam bahasa Korea). spoTV News. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2020. Diakses tanggal September 19, 2022 – via Naver. 
  3. ^ Yoo Ji-hye (August 26, 2021). "[단독] 강동원, 영화 '엑시던트' 리메이크작 주연" [[Exclusive] Dongwon Kang, starring in the remake of the movie 'The Incident']. Sports Donga (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 26, 2021. Diakses tanggal August 26, 2021 – via Naver. 
  4. ^ Cho Ji-young (June 7, 2023). "[공식] 강동원X박정민, 박찬욱 제작 넷플릭스 영화 '전,란' 캐스팅 확정" [[Official] Kang Dong-Won X Park Jung-Min, Park Chan-Wook Produced Netflix Movie 'Jeon, Ran' Casting Confirmed] (dalam bahasa Korea). Sports Chosun. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 10, 2023. Diakses tanggal June 7, 2023 – via Naver. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]