Bang Ye-dam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bang Ye-dam
Nama asal방예담
LahirBang Ye-dam
7 Mei 2002 (umur 21)
Seoul, Korea Selatan
Nama lainKyle Bang
Pekerjaan
Karier musik
Genre
InstrumenVokal • Harmonica
Tahun aktif2012–sekarang
LabelYG Entertainment
Artis terkaitTreasureAkdong MusicianWinner (grup musik)
Nama Korea
Hangul
Hanja
方艺潭
Alih AksaraBang Yedam
McCune–ReischauerFang Yitan

Bang Ye-dam (방예담; lahir 7 Mei 2002) adalah seorang penyanyi asal Korea Selatan, sebelumnnya dia merupakan anggota grup vokal Treasure yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Ia mulai dikenal setelah mengikuti kompetisi bernyayi yang ditayangkan stasiun televisi SBS pada tahun 2012, K-pop Star 2, dan berhasil meraih gelar runner-up dibawah AKMU yang kini menjadi rekan satu agensinya.[1] Pada Juni 2013, Yedam menandatangi kontrak dengan YG Entertainment sebagai trainee.[2] Saat final "YG Treasure Box" pada Januari 2019, ia berhasil masuk menjadi salah satu anggota grup vokal laki-laki YG yang baru, yang kemudian dinamakan Treasure.[3] Sebelum melakukan debutnya bersama Treasure, Yedam terlebih dahulu merilis lagu singlenya pada bulan Juli yang berjudul "WAYO" (왜요) pada 5 Juni 2020.[4] Setelah memutuskan keluar sebagai anggota Treasure pada 8 November 2022, Yedam memfokuskan dirinya sebagai produser.

Biografi

Masa kecil

Bang Ye-dam dilahirkan pada 7 Mei 2002 di Mapo, Seoul, Korea Selatan, sebagai anak tunggal dari keluarga musisi. Ayahnya Bang Dae-sik telah dikenal sebagai musisi yang telah merilis lebih dari 40 lagu untuk iklan dan animasi termasuk lagu pembuka untuk versi alih suara Korea untuk anime Jepang, seperti Pokemon dan Dragon Ball serta yang lainnya.[5][6] Ibunya, Jung Mi-young adalah penyanyi yang terkenal untuk membawakan lagu latar drama-drama Korea, diantaranya Friends dan After the Show End.[5] Pamannya, Bang Yong-seok, dikenal sebagai komposer dan sutradara di industri film.[7]

Sejak usia 5 tahun, Yedam sudah berpartisipasi mengisi lagu pembuka untuk serial televisi EBS, Bboong bboong-E (방귀대장 뿡뿡이) dan versi alih suara Korea untuk anime Jepang Onegai! Samia-don (모래요정 바람돌이).[8] Pada Maret 2007, dia tampil di televisi untuk pertama kalinya melalui acara dokumenter EBS berjudul 15 Second Fever, Hold the World bersama orang tuanya.

2012-2017: K-pop Star dan masa pelatihan YG

Bang Yedam melanjutkan sekolahnya di SD Sinseok, lalu masuk SMP Kwang-sung. Inilah masa-masa dimana dia mulai memasuki SBS K-pop Star Musim 2 dan mendapatkan pujian dari BoA, sebagai juri, akan suaranya yang dibandingkan dengan Michael Jackson.[9] Park Jinyoung memujinya ritme bernyanyinya dan Yang Hyunsuk terpukau akan kemampuan suaranya menjangkau jiwa penonton.[10] Ia pada akhirnya menduduki peringkat kedua setelah duo bersaudara Akdong Musician (AKMU). Pada bulan Juni 2013, YG Entertainment mengumumkan bahwa kedua juara acara tersebut telah menandatangani kontrak dengannya, meskipun Yedam masih harus mengikuti pelatihan sebelum akhirnya debut.

Ditahun yang sama, ia tampil di malam final program survival YG WIN: Who Is Next, bersama Lee Hi dan AKMU menyanyikan lagu Officialy Missing You. Dalam ajang tersebut interaksinya bersama Lee Seunghoon yang merupakan alumni K-pop Star Musim 1 menarik perhatian penonton, bahkan setelah Seunghoon memenangkan program tersebut dan debut sebagai WINNER, Yedam tampil sebagai cameo di Winner TV pada tahun 2014.

Setelah lama tidak muncul, Yedam hadir di acara survival JYP Mnet Stray Kids bersama trainee lain seperti Doyoung, Jihoon, dan Raesung (Millenium). Park Jinyoung yang hadir sebagai juri sempat tidak mengenali kehadiran Yedam karena telah lama tidak bertemu. Karena acara itu, ia kembali menjadi pemuncak tren pencarian di Naver sementara videonya menyanyikan lagu "There's Nothing Holdin' Me Back" dari Shawn Mendes menjadi peringkat 1 di daftar Top 100 Video Naver TV,[11] sementara di YouTube video tersebut telah ditonton sebanyak 3 juta kali dalam 24 jam dan sebanyak 48 juta kali pada Desember 2021.[12][13]

2018-2019: TREASURE BOX

Selain menjadi trainee dan melanjutkan SMA nya di School of Performing Arts Seoul (SOPA), pada tahun 2018 ia muncul di serial Netflix YG Future Strategy Office memerankan dirinya sendiri. Dan di tahun yang sama, YG Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan grup pria baru melalui program survival YG Treasure Box bersama 29 trainee lainnya dari Korea Selatan dan Jepang. Ia bergabung dalam Tim A bersama dengan Choi Hyunsuk, Kim Junkyu, Kim Doyoung, Lee Byonggun, Kim Seunghun, dan Lee Midam.

Sebagai peserta terkuat di ajang ini, Yedam tidak pernah keluar dari line-up debut meskipun jumlah anggota pada setiap putaran dikurangi. Pada putaran pertama, Yedam masuk line-up debut bersama, Haruto, Jeongwoo, Junghwan, Junkyu, dan Mashiho. Dia berhasil mempertahankan tempatnya yang coba ditantang oleh Wang Jyunhao menyanyikan lagu 'Love Yourself' milik Justin Bieber. Pada seleksi tahap kedua, line-up debut dipasangkan sebagai unit dengan dua anggota, dia membentuk unit bersama Keita dan membawakan lagu 'Really' milik Blackpink berhadapan dengan unit Kim Doyoung dan Kil Dohwan. Diputaran ketiga ia masih berada di line-up debut, bersama Keita, Haruto, Jeongwoo, dan Seunghun, mereka membawakan lagu 'DNA' milik BTS, namun harus berada diperingkat kedua sehingga Keita dan Seunghun harus di eliminasi.

Pada putaran final, ia bersama Park Jeongwoo dan Kim Junkyu menyanyikan lagu 'Last Dance' dan BIG BANG[14] dan akhirnya masuk ke line-up debut diposisi kedua sebagai vokalis pertama untuk grup yang kemudian diperkenalkan sebagai TREASURE 7.[15] Pada malam puncak itu hanya diumumkan 4 dari 7 anggota yang direncanakan, sementara sisanya secara bertahap akan diumumkan melalui aplikasi V Live. Setelah semua anggota TREASURE 7 diperkenalkan di Januari 2019, agensi mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan grup lain dari hasil seleksi YG Treasure Box yang diberi nama MAGNUM 6, beranggotakan 6 orang dengan 3 anggota asal Jepang di dalamnya. Kedua grup akan aktif bersama dalam nama TREASURE 13.[16]

2020-2022: Debut solo dan kebersamaan dengan TREASURE

Pada 21 Mei 2020, YG Entertainment mengumumkan bahwa Yedam akan mengeluarkan singel sebagai pendahuluan untuk debut Treasure.[17] Pada 5 Juni diumumkan sebuah singel berjudul 'WAYO' yang ditulis oleh senior satu agensi Yedam, Kang Seungyoon dari WINNER dan Lee Chanyuk dari AKMU.[18] Meski tidak dipromosikan melalui acara musik karena ia sedang bersiap untuk debut bersama Treasure,[19] lagu ini disertai dengan sebuah video musik yang didedikasikan kepada para penggemarnya sejak K-pop Star Musim 2.

Setelah tujuh tahun menjadi trainee di YG Entertainment, pada 7 Agustus 2020 akhirnya Yedam debut bersama 11 orang anggota lainnya melalui lagu 'Boy' dari album The The First Step: Chapter One. Melalui rangkaian album The First Step ini, Treasure telah menjadi 'Million Seller' yang menjual jutaan kopi album, dan 'Monster Rookie' karena memenangkan 9 penghargaan sebagai pendatang baru. Selain musik, bersama anggota lainnya Yedam aktif muncul di acara ragam mereka sendiri, Treasure Map dan Treasure Studio bersama LINE FRIEND dan melakukan debut akting melalui web-drama 'It's Okay, That's Friendship' yang disiarkan melalui kanal YouTube TREASURE (트레저). Kemampuan aktingnya semakin terbukti setelah tampil di web-drama The Mysterious Class yang diproduksi YG Entertainment bersama Bamboo Network.

Melalui popularitas lagu "DARARI" dari album The Second Step: Chapter One, Bang Yedam membuktikan kemahirannya sebagai produser. Yedam juga berkontribusi sebagai produser untuk lagu bagi rekan satu agensi sekaligus seniornya WINNER untuk lagu "I LOVE U" dan Kang Seungyoon, untuk lagu "Born To Love You".

2022-sekarang: Meninggalkan Treasure

Setelah perilisan The Second Step: Chapter One pada April 2022, pada Mei 2022 Yedam dikabarkan hiatus dari segala aktifitas Treasure karena untuk fokus pada pendidikan musiknya sampai persiapan album selanjutnya. Juli 2022, masa hiatus Yedam dikabarkan dilanjutkan sampai akhir tahun. November 2022, sebulan setelah perilisan The Second Step: Chapter Two, Yedam memutuskan mengakhiri kerjasamanya sebagai anggota Treasure dan artis dari YG Entertainment, dan akan fokus sebagai produser.

Diskografi

Sebagai Penyanyi Utama

Judul Penulis Tahun Posisi Puncak Albun
KOR USWorld[20]
Gaon[21] Hot[22]
"Wayo" (왜요) Kang Seung-yoon, Lee Chan-hyuk, Future Bounce 2020 [A] 94 10 Singel

Non-Album

"—" menandakan perilisan yang tidak masuk chart atau tidak dirilis di wilayah tersebut.

Lagu lainnya

Judul Tahun Posisi Puncak Penjualan Album
KOR[24]
"Sir Duke" 2013 42 K-pop Star S2 TOP8
"When a Man Loves a Woman" 61 K-pop Star S2 TOP5
"Karma Chameleon" 70 K-pop Star S2 TOP2
"—" menandakan perilisan yang tidak masuk chart atau tidak dirilis di wilayah tersebut.

Kredit Produksi

Tahun Artis Lagu Album Lirik Musik
2022 TREASURE "Darari" (다라리) The Second Step: Chapter One Ya Ya
Kang Seungyoon "Born to Love You" Digital Single Ya Ya
WINNER "I LOVE U" Holiday Ya Ya

Filmografi

Serial televisi

Tahun Judul Saluran Catatan Ref.
Bahasa Inggris Bahasa Korea
2018 YG Future Strategy Office YG 전략자료본부 Netflix Cameo [28]
2020 It's Okay, That's Friendship 괜찮아, 우정이야 YouTube
2021 The Mysterious Class 남고괴담 weverse
Youtube

Acara televisi

Tahun Judul Saluran Peran Catatan Ref.
Bahasa Inggris Bahasa Korea
2012–2013 K-pop Star 2 K팝스타 2 SBS Peserta Runner-up [29]
2014 K-pop Star 3 K팝스타 3 Cameo Episode 14 [30]
Winner TV 위너 TV Mnet Rapper cilik Episode 8 [31]
2017 Stray Kids 스트레이 키즈 Trainee YG Episode 6–7 [32]
2018 YG Treasure Box YG 보석함 JTBC2YouTube Peserta Program

pembentukan

Treasure

[33]
2020 King of Mask Singer 복면가왕 MBC Episode 283 – 284 [34]

Referensi

  1. ^ "'K팝스타2' 악동뮤지션, 방예담 누르고 최종 우승(종합)". SBS funE. 14 April 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 4 April 2013. 
  2. ^ "'K팝스타2' 방예담 YG 계약, '지원 아끼지 않을 것'". eDaily. 28 June 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-04. Diakses tanggal 11 December 2017. 
  3. ^ "방예담-김준규-하루토-소정환, YG 차세대 보이그룹 낙점". n.news.naver.com (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2020-06-23. 
  4. ^ "Bang Ye-dam to drop single in June". koreajoongangdaily.joins.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-23. 
  5. ^ a b "'스트레이 키즈' 방예담, 집안 내력 보니? '엄청난 스펙' - 문화뉴스". web.archive.org. 2021-01-04. Archived from the original on 2021-01-04. Diakses tanggal 2021-12-12. 
  6. ^ "방대식 :: 네이버 인물검색". web.archive.org. 2021-01-04. Archived from the original on 2021-01-04. Diakses tanggal 2021-12-12. 
  7. ^ "[Why] '달려라 하니' '포켓몬스터'… 애니메이션 음악 작곡가 방용석씨 - 조선일보". web.archive.org. 2021-01-04. Archived from the original on 2021-01-04. Diakses tanggal 2021-12-12. 
  8. ^ 서울경제 (2017-11-14). "방예담 귀요미 시절 울먹울먹, 이젠 다 컸네? 누나들 심쿵 '방귀대장 뿡뿡이' 녹음 현장". 서울경제 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  9. ^ "'K팝스타2' 천재 소년 방예담 극찬 "마이클잭슨 떠오르게 하는 목소리"". web.archive.org. 2021-01-04. Archived from the original on 2021-01-04. Diakses tanggal 2021-12-12. 
  10. ^ "'K팝스타' 11살 방예담, 특유의 미성과 리듬감에 심사위원 흡족". web.archive.org. 2021-01-04. Archived from the original on 2021-01-04. Diakses tanggal 2021-12-12. 
  11. ^ tenasia.hankyung.com, Digital (2017-11-22). "[TEN 초점] 방예담, 잘 자란 'K팝스타' | 텐아시아". 텐아시아 연예뉴스 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  12. ^ 이데일리 (2017-11-25). "YG 방예담, 300만뷰 돌파…최래성도 온다". 이데일리 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  13. ^ OSEN (2020-05-08). "[단독] YG 트레저 방예담, 역대급 생일 광고이벤트..中 대형빌딩 장식 '리사 이어 두번째'". mosen.mt.co.kr (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  14. ^ Ent, Y. G. "YG보석함 – ※파이널※ 보컬 포지션 'Last Dance'". YG LIFE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  15. ^ Ent, Y. G. "FINAL TREASURE MEMBER #2 'BANG YE DAM'". YG LIFE (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  16. ^ Ent, Y. G. "YANG HYUN SUK, "TREASURE 7+MAGNUM 6='TREASURE 13', Will Debut as 13-Member Group" [FULL TEXT]". YG LIFE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  17. ^ Ent, Y. G. "TREASURE 데뷔 소식에 관하여". YG LIFE (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  18. ^ Ent, Y. G. "When BANG YE DAM, the 'Genius Vocalist', Meets YOON·LEE CHAN HYUK, the 'No. 1 Songwriters'… 'WAYO'". YG LIFE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  19. ^ 이데일리 (2020-05-27). "트레저 방예담, 6월 5일 솔로 출격 [공식]". 이데일리 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 2021-12-12. 
  20. ^ Billboard World Digital Songs:
  21. ^ Gaon Weekly Chart:
  22. ^ Billboard Korea K-pop 100:
  23. ^ Gaon Download Chart:
  24. ^ "Gaon Digital Chart". Gaon Chart (dalam bahasa Korea). Korea Music Content Industry Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2017. Diakses tanggal December 17, 2017. 
    • "Sir Duke". Diarsipkan dari versi asli tanggal March 4, 2016. Diakses tanggal December 17, 2017. 
    • "When a Man Loves". Diakses tanggal December 17, 2017. 
    • "Karma Chameleon". Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2021. Diakses tanggal December 17, 2017. 
  25. ^ "2017 Download Chart – March". Gaon Chart. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2018. Diakses tanggal December 17, 2017. 
  26. ^ "2017 Download Chart – Week 13". Gaon Chart. Diakses tanggal December 17, 2017. 
  27. ^ "2017 Download Chart – Week 16". Gaon Chart. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2021. Diakses tanggal December 17, 2017. 
  28. ^ "'YG전자' 승리가 이끈 YG 셀프디스, B급유머 폭발..박봄·남태현 등장(종합)[Oh!쎈 리뷰]". Osen. October 5, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2021. Diakses tanggal August 5, 2020. 
  29. ^ "YG 측 "새 보이그룹 7월께 데뷔 목표 준비..방예담 포함"". Herald Pop. March 13, 2017. Diakses tanggal July 30, 2018. 
  30. ^ "k팝스타3' 방예담 맞아? 폭풍 성장 꽃미남 포스에 깜짝". Sports Chosun. February 23, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2021. Diakses tanggal November 30, 2020. 
  31. ^ "'위너TV' 방예담, 꼬마래퍼로 깜짝 출연…문워크 까지". tvreport. January 31, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2021. Diakses tanggal August 5, 2020. 
  32. ^ "YG 측 "방예담·최래성 등 내년 데뷔 목표로 준비 중"". Star News. November 22, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 25, 2019. Diakses tanggal March 4, 2019. 
  33. ^ "방예담→최현석 7인, YG 새 보이그룹 이름은 '트레저' [공식]". sports dongha. January 28, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 29, 2019. Diakses tanggal January 28, 2019. 
  34. ^ "'복면가왕' 고3, 정체는 트레저 방예담 "강승윤이 용기 줬다"". MBN. December 6, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2021. Diakses tanggal December 6, 2020. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "upper-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="upper-alpha"/> yang berkaitan