Line

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
LINE
Pengembang LINE Corporation
Rilis stabil
Sistem operasi iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Microsoft Windows, Mac OS X
Ketersediaan bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Korea, Malaysia, Mandarin, Perancis, Spanyol, Thai, Turki, Vietnam
Jenis Pengirim pesan instan
Lisensi Perangkat lunak milik perorangan
Situs web resmi line.naver.jp/en/

LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti smartphone, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android.[2] Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalau pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.
Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia.[3] LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain.

LINE akan membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012, dan lokalisasi konten aplikasi Indonesia direncanakan akan selesai tahun 2013.[4]

Pendaftaran[sunting | sunting sumber]

Untuk dapat menggunakan LINE, Anda harus melewati beberapa tahap sebagai berikut :

  1. Mendownload aplikasi dari situs resmi LINE atau melalui application store pada masing-masing platform seperti BlackBerry App World, Google Play, Apple Store, atau Windows Marketplace.
  2. Instal aplikasi yang telah di download
  3. Setelah instalasi, untuk kode aktivasi ID LINE anda, akan dikirim SMS melalui nomor Handphone anda.
  4. Selanjutnya kode aktivasi dapat anda masukkan kedalam kolom yang tersedia untuk aktivasi LINE.
  5. LINE segera aktif dan mendata kontak di phonebook anda yang menggunakan aplikasi LINE dan sekaligus menjadi teman anda.
  6. Untuk memulai chat dengan teman anda, klik pada nama di tab friends anda.
  7. Anda dapat melakukan pengaturan LINE tab setting sesuai dengan keinginan anda mulai dari notifikasi, ukuran font, hingga profil anda. Pengaturan terdiri dari dua yaitu Basic Setting dan Privacy Setting.
  8. Anda dapat mencari teman dengan menggunakan QR code atau dengan menggunakan nama ID pengguna.[5]

Sistem Operasi Pendukung :[sunting | sunting sumber]

  1. iOS
  2. Android
  3. Windows Phone
  4. BlackBerry OS
  5. Mac OS X
  6. Windows 8

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

LINE dapat digunakan pada berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry OS bahkan Computer Mac OS X dan Microsoft Windows. LINE hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna LINE. Aplikasi dapat di download pada situs resmi LINE, BlackBerry App World, Google Play, App Store, atau Windows Marketplace .
LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang anda. Anda juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi anda. LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan anda.

Koneksi[sunting | sunting sumber]

Koneksi LINE dilakukan dengan menggunakan jaringan internet apapun yang digunakan perangkat host, .

Nomor HP dan User ID sebagai PIN[sunting | sunting sumber]

LINE menggunakan nomor handphone sebagai teman kontak di LINE. Semua nomor handphone dalam kontak smartphone anda akan langsung menjadi teman anda. Chat dapat dilakukan dengan sesama teman yang menggunakan aplikasi LINE ini.
Selain menggunakan nomor, user ID juga disediakan oleh LINE untuk memudahkan pencarian teman LINE anda.

Tambah Teman[sunting | sunting sumber]

Untuk menambah teman LINE, selain dengan cara menyimpan nomor handphone teman Anda, penambahan teman dapat dilakukan dengan fitur Shake It. Cara menggunakan fitur ini hanya dengan menggoyangkan smartphone anda dan teman anda dengan jarak yang dekat.
Selanjutnya, menambahkan teman LINE dengan cara mengetikkan user ID teman Anda yang telah dibuatnya. Dengan user ID, anda tidak perlu menambahkan menambahkan teman LINE dengan menyimpan nomor handphone teman Anda.

Tampilan[sunting | sunting sumber]

Untuk tampilan LINE, anda dapat mengganti tampilan chat room sesuai dengan selera di anda.

Pengaturan[sunting | sunting sumber]

Pada bagian Setting, anda dapat mengatur Basic Setting dan Privacy Setting. Pada Basic Setting anda dapat mengatur notifikasi pesan baru dan undangan masuk group. Notifikasi dapat dipilih berupa Pop-up, suara saja, atau keduanya. Terdapat tiga pilihan ukuran huruf, pilihan kecil, sedang, dan besar. Pada bagian privacy settings, anda dapat menggunakan pseudonim atau nama panggilan untuk ditampilkan pada profil anda.

Group Chat[sunting | sunting sumber]

LINE juga menyediakan fitur group chat yang dapat anda buat sendiri. Dengan kapasitas hingga mencapai 200 orang, anda dapat leluasa mengundang teman-teman anda untuk masuk dalam group chat. Melalui group chat anda dapat mengirim pesan secara serentak kepada teman-teman anda yang terdaftar dalam group.

Fitur-fitur[sunting | sunting sumber]

LINE menawarkan fitur-fitur unggulan, yaitu:

  1. Sticker, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker. Terdapat 255 sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
  2. Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll.
  3. Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
  4. Dapat menggunakan QR code. anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga sebaliknya.

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

  1. Line menyediakan Blocked List sehingga anda dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam Line kontak anda.
  2. Merupakan aplikasi lintas platform.
  3. Dapat diinstall pada computer.
  4. Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan anda, dan bisa digunakan.

Pelayanan Konsumen[sunting | sunting sumber]

  1. Melalui website resmi.
  2. Melalui twitter.
  3. Melalui facebook.[6]

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

  1. Aplikasi gratis nomor 1 di 42 negara.[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Aplikasi pengirim pesan sejenis:


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]