Zune Software

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Zune Software
Pengembang Microsoft
Sistem operasi Windows XP SP3
Windows Vista SP2
Windows 7
Windows 8[1]
Jenis Utility software
Lisensi Proprietary software
Situs web www.microsoft.com/fr-fr/download/details.aspx?id=27163

Zune adalah sebuah aplikasi pengelola media yang dapat berjalan pada Windows XP, Vista, 7, dan 8[1] yang memiliki fungsi seperti pemutar media dengan Pustaka (Library), dan antarmuka Zune Marketplace, dan sebagai penyedia layanan streaming media.[2] Aplikasi ini digunakan untuk menyelaraskan semua perangkat dengan fungsionalitas Zune termasuk Zune 4, 8, 16, 30, 80, 120, Windows Phone 7, dan Microsoft Kin. Perangkat-perangkat Zune bekerja secara eksklusif dengan aplikasi Zune dan Marketplace.

Walaupun pengembangan aplikasi tersebut telah dihentikan sejak 16 Oktober 2012, Zune tetap dapat diunduh melalui situs resmi Windows Phone sebagai penyelaras perangkat-perangkat Windows Phone 7 dengan komputer. Perangkat yang menggunakan Windows Phone 8 menggunakan Windows Phone App untuk menyelaraskan berkas-berkas pengguna. Aplikasi Zune juga dapat menjadi pemutar musik dan video serta layanan streaming yang telah digantikan oleh Xbox Music dan Xbox Video.

Isi[sunting | sunting sumber]

Sebagai pemutar media, aplikasi Zune mendukung format-format berkas berikut.

multimedia format yang didukung
Audio MP3, AAC (Kompleksitas rendah), .mp4, .m4b, .mov, WMA (standar, pro, dan lossless)
Video MPEG4 (in .mp4, .m4v and .mov containers), H.264 (in .mp4, .m4v and .mov containers), WMV, ASF, AVI (in .avi container)
Gambar JPEG

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Aplikasi Zune versi 1.0 adalah hasil perubahan Windows Media Player 11 sedangkan sejak versi 2.0 dan seterusnya dikembangkan secara terpisah dengan tambahan dekoder DirectShow untuk AAC, MPEG-4 dan H.264. Versi saat ini adalah 4.08.2345 yang dirilis pada 22 Agustus 2011.

Zune Marketplace[sunting | sunting sumber]

Zune Marketplace adalah sebuah kios daring yang menawarkan musik, podcast, acara TV, film, video, dan aplikasi seluler. Isinya dapat dilihat atau dibeli di komputer Windows dengan aplikasi Zune, perangkat Zune, Xbox 360, perangkat Windows Phone, atau ponsel Microsoft Kin.[3]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada mulanya menawarkan 2 juta lagu, Zune Marketplace telah berkembang dan sekarang tersedia 14 juta lagu[4] dan semuanya tersedia dalam format MP3 sampai 320kbit/s serta bebas DRM. Musik pada Zune Marketplace ditawarkan oleh big four music groups (EMI, Warner Music Group, Sony BMG dan Universal Music Group), serta label-label lainnya.[4]

Beranda Zune Marketplace menunjukkan musik-musik pilihan Microsoft dan yang paling populer. Pengguna dapat mencari dan menyaring berdasarkan aliran (rock, pop, dance, urban, dan lainnya).

Zune Music Marketplace telah diganti oleh Xbox Music.

Video[sunting | sunting sumber]

Zune Marketplace menawarkan acara-acara televisi dengan saluran-saluran A&E, Anime, Bravo, Cartoon Network, CBS, Discovery Communications, E!, Fox, G4, GamerTV, History Channel, Marvel, MLB, NBC, Paley Center, PBS, Spike, Starz, SyFy, TNA, USA Network, dan Viacom.

Film dari Paramount, Universal, Warner Brothers, 20th Century Fox dan studio-studio lainnya ditawarkan sebagai film berbayar atau penyewaan dengan waktu terbatas. Beberapa film tersedia dalam HD. Isi terpilih yang dibeli melalui Zune Marketplace pada Xbox 360 menawarkan tambahan 5.1 surround sound.[5]

Zune Video Marketplace telah digantikan oleh Xbox Video.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]