Internet Explorer Mobile

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Internet Explorer Mobile
Internet Explorer 10 start icon.svg
250px
Internet Explorer Mobile 10 in Windows Phone 8 showing Wikipedia main page
Pengembang Microsoft
Sistem operasi Windows CE, Windows Phone
Jenis Mobile browser
Lisensi Proprietary

Internet Explorer Mobile (sebelumnya bernama Pocket Internet Explorer; biasa disingkat IE Mobile)[1] adalah sebuah mobile browser yang sudah dihentikan yang dikembangkan oleh Microsoft, berdasarkan versi Trident layout engine . IE Mobile adalah browser default di Windows Phone dan Windows CE. Versi terbaru dari Internet Explorer Mobile (sejak Windows Phone 8) didasarkan pada versi desktop Internet Explorer. Namun, versi yang lebih tua yang bernama Pocket Internet Explorer (ditemukan pada Windows Phone 7 dan Windows Mobile), tidak didasarkan pada layout engine yang sama.

Internet Explorer Mobile 11 didasarkan pada versi desktop Internet Explorer 11 yang datang secara pre-install pada Windows Phone 8.1. Browser baru, Microsoft Edge menggantikan Internet Explorer Mobile di Windows 10 Mobile.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Versi terbaru dari Internet Explorer Mobile memiliki tabbed browsing. Browser juga mendukung gestur multisentuh, termasuk gestur "pinch untuk perbesar" dan "tap untuk memperbesar", walaupun tidak adanya Sentuh API yang tersedia. Pencarian Bing terintegrasi dengan Internet Explorer Mobile dan juga dapat menampilkan situs-situs dengan versi "mobile" dan "desktop" .

Platform[sunting | sunting sumber]

Internet Explorer Mobile 6 disertakan dengan Windows Mobile 6.5 dan Zune HD. Internet Explorer Mobile 7 disertakan dengan Windows CE 7. Internet Explorer Mobile 9 disertakan dengan Windows Phone. Masing-masing memiliki versi Trident rendering engine yang sama seperti rekan desktop, tapi dengan tambahan perbaikan.

Riwayat versi[sunting | sunting sumber]

Pocket Internet Explorer[sunting | sunting sumber]

Versi 1[sunting | sunting sumber]

Pocket Internet Explorer pertama kali diperkenalkan di Windows CE 1.0, dirilis pada November 1996.[2]versi ini tidak berasal dari kode Internet Explorer desktop dan ditulis dari awal seringan mungkin. PIE 1.1 kemudian dirilis dan mendukung cookies, HTTPS, dan SSL.

Versi 2 dan 3[sunting | sunting sumber]

Pocket Internet Explorer 2.0, dirilis pada bulan September 1997 dengan Windows CE 2.0, menambahkan banyak fitur baru, yaitu: browsing offline, mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan layar, dan dukungan HTML yang lebih banyak, termasuk frameset dan tabel. PIE 3.0, yang diperkenalkan pada bulan juli 1998 dengan Windows CE 2.10, menambahkan dukungan untuk JScript dan berbagai protokol yang aman.

Versi 4[sunting | sunting sumber]

Pocket Internet Explorer 4 adalah versi pertama yang mendukung ActiveX, CSS, VBScript dan memperbesar dukungan  HTTPS dan fitur HTML yang lebih tinggi. Versi PIE untuk PocketPC 2002 membawa dukungan terbatas untuk DHTML dan XML, dan juga menambahkan dukungan untuk menjelajahi situs WAP – Sebuah fitur yang tidak ada untuk Internet Explorer versi desktop, Internet Explorer 6.0 menambahkan dukungan untuk IFrames. Penjelajah web juga mendukung FTP, XSLT, kuki, dan gambar animasi GIF.

Internet Explorer Mobile[sunting | sunting sumber]

Version 6[sunting | sunting sumber]

Pada 8 Juli 2008 di Microsoft Worldwide Partner Conference, Microsoft mengumumkan Internet Explorer versi 6 untuk Windows Mobile. Andy Lees, Microsoft's senior vice president untuk komunikasi bisnis mobile, mengatakan bahwa Internet Explorer Mobile 6 akan menjadi versi penuh Internet Explorer 6 untuk Windows Mobile.[3][4] Hal ini ditampilkan  secara singkat pada Microsoft's 2009 CES Keynote di sebuah Palm Treo Pro,[5] dan ditampilkan pada video milik Toshiba di handphone TG01, yang memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon.[6]

Internet Explorer Mobile 6 dirilis sebagai bagian dari Windows Mobile 6.5, dan sebagian diinstal pada perangkat OEM standar Windows Mobile 6.[7] Fitur baru ditambahkan seperti dukungan lebih pada Javascript dan AJAX  (Jscript v5.7  padaInternet Explorer 8) dan menambahkan dukungan untuk Adobe Flash Lite 3.1. Desain aplikasi juga diubah agar Graphical user interfacenya lebih mudah dipakai oleh jari.[8] Secara keseluruhan, kualitas dan kecepatan render ditingkatkan di versi ini;[9][10]walaupun menurut Gizmododan Engadget kualitas merender halaman tidak sebaik Opera Mobile dan peramban lain berbasis Webkit.[11]

Version 7[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Februari 2010, Microsoft meluncurkan mobile operating system generasi terbaru, Windows Phone yang datang dengan peramban versi terbaru Internet Explorer Mobile. Fitur terbarunya termasuk Multisentuh, browsing dengan tab, UI yang baru, animasi pembesaran keluar dan masuk yang lebih halus, dan rendering engine gabungan dari Internet Explorer 7 dan Internet Explorer 8 versi desktop.[12]Mengacu pada Engadget dan Gizmodo, kecepatan dan kualitas rendering sudah ditingkatkan secara signifikan dan sekarang bisa disandingkan dalam kompetesi peramban yang berbasis WebKit.[13][14][15][16]

Version 9[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2011 di Mobile World Congress 2011  Microsoft meluncurkan update besar pada Internet Explorer Mobile berdasarkan pada rendering engine Internet Explorer 9.[17] Seperti pada versi desktop, pada versi mobile jua mendukung penuh akselerasi perangkat keras. Perubahan pada versi ini salah satunya memindahkan bar alamat ke bawah layar dan membuatnya tetap pada orientasi lanskap.[18] Microsoft menunjukkan beberapa demonstrasi HTML5 pada browser. Versi ini adalah versi terakhir yang didukung pada Windows Phone 7.

Version 10[sunting | sunting sumber]

Pada Windows Phone Developer Summit di Juni 2012, Microsoft meluncurkan versi terbaru dari Windows Phone, Windows Phone 8, yang akan datang dengan engine peramban web yang sama yang digunakan di Windows 8 PC dan tablet.[19] IE10 Mobile akan lebih cepat dan lebih aman, dengan fitur anti-phising terbaru seperti SmartScreen Filter yang memblokir situs-situs berbahaya dan malware. Dengan inti bersama pada IE10 Desktop dan IE10 Mobile, Internet Explorer 10 Mobile mendukung kapabilitas HTML5 yang lebih luas (termasuk pointer events)[20]dan mempercepat  performa aplikasi/website. 

Versi 11[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Juli 2014, Microsoft merilis Windows Phone 8.1, yang meliputi Internet Explorer baru Mobile 11 browser. Versi ini akan lebih mirip dengan versi desktop, dengan membawa lebih banyak perbaikan.

  • dukungan untuk WebGL;
  • pemetaan normal;[butuh klarifikasi]
  • Mode InPrivate Browsing;
  • Modus membaca;
  • kemungkinan untuk menggeser laman web ke kiri ataupun kanan untuk membuka halaman selanjutnya dan sebelumna;
  • upload file;
  • fitur baru pemutar media berbais HTML5 dengan dukungan untuk pemutaran inline ;
  • Gaya situs Windows 8 dengan Live tiles;
  • kemampuan untuk menyimpan password;
  • kemampuan untuk membuka jumlah yang tidak terbatas tab (sebelumnya pengguna bisa membuka enam tab).

Selain itu, tombol untuk me-refresh halaman sekarang ditempatkan pada address bar, dan tab yang terbuka dapat ditampilkan pada Microsoft perangkat lainnya selain di smartphone yang sedang digunakan: jika pengguna login dengan akun Microsoft pada kedua Windows 8.1 perangkat dan perangkat Windows Phone, tab di Internet Explorer 11 akan melakukan sinkronisasi secara otomatis.

Versi 11 Pembaruan[sunting | sunting sumber]

Microsoft membuat beberapa perubahan untuk Internet Explorer Mobile untuk membuat browser lebih kompatibel dengan situs yang dirancang untuk mobile Safari (iOS) dan Chrome (Android). Untuk mencapai hal ini, Microsoft mengadopsi fitur yang digunakan di Safari dan Chrome, mengemulasi fitur WebKit, dan menyatakan kepada web server bahwa itu adalah iOS atau Android yang kompatibel. Versi baru dari Internet Explorer Mobile dirilis dengan Windows Phone 8.1 Update.[21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ramig, Randy (October 4, 2005). "IE Mobile blog". Microsoft Developer Network. Microsoft. Diakses tanggal 2010-02-28. 
  2. ^ Garaffa, Dave (19 November 1996). "Hey, Is That A Browser In Your Pocket Or..." Internet.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 May 1999. 
  3. ^ "Andy Lees: Worldwide Partner Conference 2008". Microsoft. July 8, 2008. Diakses tanggal 2010-02-28. 
  4. ^ Hess, Arne (2008-09-25). "BROWSER: Microsoft's Internet Explorer Mobile 6 aka 6 on 6 is real and shows its face". the unwired. Diakses tanggal 2010-02-28. 
  5. ^ Bohn, Dieter (Jan 8, 2009). "Microsoft Keynote Outs Sprint Treo Pro on the Sly". WPCentral. Diakses tanggal 2011-09-25. 
  6. ^ "Official Toshiba TG01 promotional video". WMPower User. February 4, 2009. Diakses tanggal 2010-02-28. 
  7. ^ for example, the HTC S710 shipped with a browser that identified itself as "IEMobile 6.12" in the User-Agent header
  8. ^ "IE 6 for Windows phones: Interface improved". CNet. 6 October 2009. 
  9. ^ "Windows Mobile 6.5 Review: There's No Excuse For This". Gizmodo. 6 October 2009. Diakses tanggal 13 January 2010. 
  10. ^ "Windows Mobile 6.5 review". Engadget. 6 October 2009. Diakses tanggal 13 January 2010. 
  11. ^ "Windows Mobile 6.5 Review:It Still Sucks". MobileCrunch. 6 October 2009. Diakses tanggal 13 January 2010. 
  12. ^ Fried, Ina (2010-02-15). "Microsoft hits redial in phone effort (Q&A)". CNet. Diakses tanggal 2010-02-28. 
  13. ^ Windows Phone 7 review – Engadget
  14. ^ Windows Phone 7 browser surprisingly good | WMPoweruser
  15. ^ Exclusive: Windows Phone 7 Web Browser Comparison (Video)
  16. ^ Windows Phone 7 In Depth: A Fresh Start
  17. ^ Microsoft shows off WP7's future with multitasking, Twitter integration, and IE9, all coming this year – Engadget
  18. ^ IE9 For Windows Phone Is “Code Complete” – everythingWM Archived July 1, 2011, di WebCite
  19. ^ wfa31sk (20 June 2012). "Microsoft unveils Windows Phone 8 at the Windows Phone Developer Summit in San Francisco". Akibatech31 (blog). WordPress. 
  20. ^ Rossi, Jacob (21 September 2012). "Touch Input for IE10 and Metro style Apps". IEBlog (blog). MSDN. 
  21. ^ Aug 1, 2014 Microsoft (2014-08-01). "The Mobile Web should just work for everyone". msdn.com. Diakses tanggal 2015-09-02.