Yunus Husein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yunus Husein
220px
Lahir (1968-08-20)20 Agustus 1968
Bendera Indonesia Mataram, Nusa Tenggara Barat
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Pendidikan - Fakultas Hukum Universitas Indonesia
- Master of Science (MSc) Washington College of Law, The American University, Washington D.C., Amerika Serikat
- PhD Universitas Indonesia.
Dikenal atas - Ahli Hukum Perbankan
- Penulis
- Ketua PPATK
Situs web http://yunushusein.wordpress.com

Yunus Husein (lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 29 Desember 1956; umur 62 tahun) adalah ahli hukum perbankan asal Indonesia dan kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang pertama.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Yunus Husein lahir dari pasangan Minangkabau asal Guguak Malalo, Tanah Datar, Sumatera Barat. Pendidikan SD, SMP dan SMA diselesaikannya di kota kelahiran Mataram, NTB. Kemudian ia memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Master of Laws (LL.M) dalam International Legal Studies dari Washington College of Law, The American University, Washington D.C., Amerika Serikat, dan doktor dalam bidang Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia.

Ia memulai karier di Bank Indonesia sebagai staf pemeriksa keuangan (1982-1985) hingga memimpin Direktorat Hukum BI (2002). Pada tahun 2002 ia diangkat sebagai kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Salah satu prestasi Yunus saat menjabat PPATK ialah berhasil mengungkap pencucian uang kasus penggelapan pajak yang dilakukan oleh Gayus Tambunan. Setelah dua kali menjabat sebagai kepala PPATK, kini ia kembali bekerja di Bank Indonesia sebagai staf ahli Direktorat Sumber Daya Manusia.[1] Selain itu, Yunus juga mengajar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia serta menjadi dosen tidak tetap di beberapa universitas swasta.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Rahasia Bank: Privasi Versus Kepentingan Umum, 2003
  • Bunga Rampai Anti Pencucian Uang, 2007
  • Negeri Sang Pencuci Uang, 2008
  • Rahasia Bank dan Penegakan Hukum, 2010

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]