Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/SpartacksCompatriot untuk pengurus 1 Februari 2013/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman Sesi Tanya Jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2013, SpartacksCompatriot (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung sejak 16 Januari 2013 hingga 30 Januari 2013. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani di bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Pertanyaan dari Aldo Samulo[sunting sumber]

  • Menurut pendapat anda bagaimana dengan para pengguna anonim yang sering melakukan vandalisme di Wikipedia dan bagaimana cara menangani mereka dengan cepat? Selain itu apakah Wikipedia perlu mengeluarkan suatu kebijakan tertentu untuk melawan aksi vandalisme para pengguna anonim? Dan menurut anda siapa pengurus paling baik saat ini dan siapa pula pengurus yang paling buruk kinerjanya selama ini? Dan juga menurut anda berapa sih idealnya jumlah pengurus di Wikipedia Bahasa Indonesia dan siapa saja yang layak menjadi pengurus? Aldo samulo (bicara) 16 Januari 2013 03.44 (UTC)[balas]
    • Baik, terima kasih pertanyaannya Mas Aldo. Saya uraikan dalam beberapa jawaban, ya.
  1. Menurut saya, untuk menangani pengguna anonim yang sering melakukan vandalisme, dan bagaimana cara menindaknya dengan cepat, cukup mudah. Kita bisa memperbanyak pengguna berstatus editor untuk menandai artikel-artikel tertentu yang rawan divandalisme, memperbanyak para pengembali revisi yang terus memantau perubahan terbaru dengan sekali klik. Bisa pula dengan memasang fitur-fitur teknis lain seperti di Wikipedia bahasa Inggris, seperti Twinkle atau NewPagesFeed yang memantau setiap halaman baru dan dengan mudah melacak suntingan anonim di dalamnya.
  2. Untuk kebijakan melawan pengguna anonim yang senang merusak, saya pikir Wikipedia bahasa Indonesia seharusnya mempermudah kebijakan persyaratan editor yang menjadi syarat utama menjadi pengembali revisi. Saya melihat beberapa pengurus menolak permohonan status editor oleh beberapa pengguna yang (menurut saya) sudah layak mendapatkannya dengan alasan-alasan kurang logis. Ini justru cenderung menyurutkan niat para pemohon yang berniat baik memberantas vandal, terutama vandal anonim. Jadi, saya mengusulkan agar kita merevisi kebijakan yang sudah ada, bukannya menciptakan kebijakan baru yang permohonnannya kadang berbelit-belit, memakan waktu lama dan tak efektif.
  3. Bagus dan buruknya seorang pengurus itu relatif; siapapun yang diberi amanah tongkat pel jelas merupakan seorang pengguna yang bagus. Saya hanya menyayangkan ada beberapa pengurus yang lama tak aktif; tapi kita tentu tidak bisa pula memaksa seseorang untuk terus aktif. Mereka juga punya kehidupan sendiri, kan?
  4. Aha, jumlah pengurus. Pertanyaan yang sering dipertikaikan. Menurut saya, jumlah pengurus memang tergantung dari sudut mana kita memandang. Tak perlu banyak-banyak, mungkin 30 orang cukup sehingga 1 pengurus dapat menjadi komandan regu mengawasi beberapa ribu artikel di bidang yang ia geluti. Tapi kita juga harus memperhatikan keaktifannya. Sayang punya 100 pengurus kalau datangnya sebulan sekali cuman satu hari. Lebih baik punya pengurus 5 orang saja tapi bisa daring tiap hari. Hehehehehe.
  5. Siapa saja yang layak menjadi pengurus? Ada 428.905 pengguna terdaftar di sini (dan terus bertambah tiap detiknya) dan ada hampir 2.000 pengguna aktif. Semua dari mereka layak, asal memenuhi kriteria. :D SpartacksCompatriot lapak stensil 16 Januari 2013 07.41 (UTC)[balas]
  • Ada pertanyaan lagi:
  1. Menurut anda apakah para pengurus layak untuk digaji?
  2. Kalau pengurus tidak aktif selama sebulan apakah tidak sebaiknya status pengurusnya dicabut saja?
  3. Bagaimana pendapat anda seorang pengurus yang sudah mengudurkan diri lalu menjadi pengurus lagi?
  4. Menurut anda, apakah anda sangat layak untuk menjadi pengurus?
  5. Menurut anda, diantara semua calon pengurus saat ini apakah semuanya layak jadi pengurus?
  6. Menurut anda, syarat-syarat pemecatan bagi seorang pengurus harus dipermudah atau dipersulit lagi?

Aldo samulo (bicara) 16 Januari 2013 08.18 (UTC)[balas]

    • Terima kasih (lagi) sudah bertanya (lagi). Hehehe.
  1. Tidak. Sangat tidak setuju. Wikimedia Foundation adalah sebuah yayasan nirlaba. Jimmy Wales pernah berkata bahwa "adminship is not a big deal". Pengurus adalah para pengguna yang melaksanakan tanggung jawab tambahan secara sukarela. Pengurus bukanlah karyawan yang dibayar sebagai pekerja di Wikimedia Foundation. Nanti kalau pengurus digaji, pemungutan suaranya bisa jadi kayak lamaran kerja lagi.
  2. Lihat kebijakan kepengurusan mengenai pencabutan status pengurus karena ketidakaktifan. Saya tak berpikir kita harus merevisinya. Kita tak boleh terlalu kejam kepada para pengurus yang terkadang tak aktif; mereka jelas punya kehidupan sendiri di dunia nyata.
  3. Ya, itu tak menyalahi peraturan ini. Itu hak mereka dan sudah diatur oleh kebijakan kepengurusan. Mengenai keetisannya, terserah pengurus yang mengajukan pengangkatan kembali.
  4. Saya mungkin hanya satu dari sedikit dari beberapa ribu kontributor Wikipedia ini yang dicalonkan menjadi pengurus. Jelas saya bukan yang paling layak menjadi pengurus; ada beberapa yang menurut saya sangat layak tapi menolak dicalonkan. Setidaknya, Insya Allah saya dapat menanggung amanah ini.
  5. Itu tergantung hasil pemungutan suaranya nanti. Apakah komunitas menilai mereka semua layak sebagai pengurus, terserah. Yang pasti, mereka adalah sedikit dari pengguna yang berani maju demi Wikipedia ini.
  6. Dipertahankan. Tak ada yang salah soal syarat-syarat pencabutan hak kepengurusan sekarang ini. Sudah bagus, kok. Btw, saya kok kurang sreg dengan kata "pemecatan". Saya lebih memilih frasa "pencabutan hak kepengurusan", karena kata memecat sangat kasar. Hehehe. SpartacksCompatriot lapak stensil 16 Januari 2013 08.45 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Hariadhi[sunting sumber]

Satu pertanyaan aja, tapi jawabnya detail ya:

  • Kalau ada pengguna baru yang ngutilin terus di Halaman pembicaraan lu. Tiap hari minta bantuan, bahkan untuk hal remeh dan sampe berkali-kali menjelaskan hal yang sama. Apa yang bakal lu lakuin? Hariadhi - Ngobrol 16 Januari 2013 17.21 (UTC)[balas]
    • Hmm, menarik. Ini pernah terjadi (kepada saya sendiri), dan sangat sering terjadi. Hal pertama yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi permintaannya. Misalnya, kalau minta divalidasi artikel yang dia bikin, maka saya akan validasi (kalau layak). Kalau bertanya kedua kalinya, akan saya jelaskan mengenai aturan yang disederhanakan yang berlaku, sesuai konteks pertanyaannya. Kalau masih nanya lagi (mengenai hal yang sama), hmm, akan saya beri hadiah ikan trout.... hehehehehe. SpartacksCompatriot lapak stensil 17 Januari 2013 10.25 (UTC)[balas]

Pertanyaan Andreas Sihono[sunting sumber]

Satu pertanyaan saja dari saya bung. Hal-hal apa saja yang bisa dilakukan oleh pengurus untuk meningkatkan jumlah penyunting aktif di wikipedia? Itu saja pertanyaannya. --   ΑΠδΓɛ   ✉  18 Januari 2013 01.54 (UTC)[balas]

Terima kasih sudah bertanya, Mas Andreas. Menurut saya, apa yang bisa dilakukan pengurus untuk meningkatkan jumlah penyunting aktif:
  1. Bersikap ramah pada pendatang baru baru. Setiap detik paling tidak ada 1 pengguna baru mendaftar di WPID, dan salah satu dari mereka berpotensi menjadi seorang pengguna aktif yang mempunyai ribuan suntingan konstruktif. Maka dengan itu, para pengurus harus sabar menghadapi pengguna baru; atas alasan yang saya kemukakan di atas tadi.
  2. Promosi di jejaring sosial. Facebook dan Twitter adalah lahan yang potensial sekali untuk mengajak masyarakat luas dan para pakar dalam sesuatu bidang untuk berkontribusi di Wikipedia. Pengurus bisa mempromosikan WPID di akun jejaring sosial pribadinya. Namun harus berhati-hati pula mengambil kebijakan promosi ini; jangan sampai kejadian perdebatan soal sitenotice kemarin terulang lagi....
  3. Bersikap adil dan berani mengambil keputusan. Para pengurus harus tegas menerapkan kebijakan yang ada kepada para pengguna, tanpa pandang bulu. Pengurus harus berani mengambil keputusan cepat untuk menyelesaikan suatu konflik yang bisa saja mengusir beberapa kontributor aktif yang terlibat dari Wikipedia ini. Namun pada masa yang sama, bisa juga datang pengguna baru yang sedang belajar tentang Wikipedia, membaca tentang konflik tersebut dan merasa tertarik dengan cara kerja para kontributor, memutuskan untuk berkontribusi aktif di WPID. Itu hipotesis saya, hehehe.
  4. Cepat menanggapi permohonan. Pengurus harus selalu memantau permintaan perhatian pengurus dan beberapa tempat yang biasa dikunjungi pengguna baru untuk bertanya-tanya tentang Wikipedia, seperti Warkop dan halaman pembicaraannya sendiri. Kalau merasa ragu, diskusikan dengan pengurus lain. Dengan cepat menanggapi suatu permohonan, seorang pengguna merasa diperhatikan oleh para pengurus dan semakin aktif menyunting.
  5. Saat mereka sudah layak, berikan mereka kepercayaan. Saat seorang kontributor aktif menginginkan status editor atau pengembali revisi, tanggapilah dengan elegan dan sesuai kebijakan yang berlaku. Diskusikan dengan pengurus/editor lain mengenai permohonannya, agar pengurus tidak terkesan polisi peraturan yang saklek. Saat mereka sudah diberikan sapu untuk membersihkan Wikipedia, mereka akan semakin termotivasi dalam menyunting dan siapa tahu akan menjadi pengurus berikutnya. Hehehehe. SpartacksCompatriot lapak stensil 18 Januari 2013 09.50 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Dede2008[sunting sumber]

  • Jika Anda nantinya terpilih menjadi pengurus, apa yang akan Anda lakukan?
  • Jika Anda menemukan aksi vandal, apa yang Anda lakukan?

Terima kasih. --Dede2008 (bicara) 18 Januari 2013 13.02 (UTC)[balas]

  1. Saya akan melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh pengurus. Berada di garis depan memerangi vandalisme, mengunci halaman-halaman yang divandalisme, memblokir para vandal dan troll, dan sebagainya. Mungkin saya juga akan mempelajari mengenai skrip MediaWiki.
  2. Vandal? Aha, masalah lama. Kalau jabatan tukang sapu ini diberikan komunitas kepada saya, saya akan mengembalikan revisi yang divandalnya. Kalau itu pengguna anonim, saya beri peringatan sekaligus anjuran untuk mendaftar (siapa tahu dia akan jadi kontributor aktif). Kalau pengguna terdaftar, akan saya peringatkan dan saya beri tahu apa saja yang telah dilanggarnya, sekaligus menasihatinya. Kalau masih bandel juga, baru diberi peringatan yang sedikit lebih keras; kali ketiga mungkin saya akan mempertimbangkan untuk memblokirnya. SpartacksCompatriot lapak stensil 18 Januari 2013 13.23 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Kenrick95[sunting sumber]

Singkat saja, jelaskan apa kelebihan dan kekurangan Anda dalam komunitas Wikipedia bahasa Indonesia. ·· KℇℵℭK 20 Januari 2013 16.27 (UTC)[balas]

Kelebihan saya barangkali, cepat dalam mengambil keputusan, tidak segan mendiskusikan hal-hal yang tidak saya tahu kepada pengguna yang lebih senior, lebih ramah dalam menyikapi pendatang baru, lebih sabar menghadapi kaum vandal, dan juga terkadang dapat keras apabila diperlukan, hehehe. Kekurangan saya ada di segi yang lebih teknis, saya tidak terlalu mengerti mengenai skrip MediaWiki, tetapi Insya Allah saya akan mempelajarinya lebih lanjut. Oh ya, saya mungkin juga tidak bisa daring setiap waktu, karena beberapa kesibukan lainnya. SpartacksCompatriot lapak stensil 22 Januari 2013 11.27 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Sagita Melati[sunting sumber]

  1. Menurut anda, apakah kebijakan tentang pengangkatan editor yang ada saat ini sudah tepat, atau perlu revisi?
  2. Kalau anda sudah menjadi pengurus, tiba-tiba ada pengguna lain yang mengubah artikel secara total dimana artikel tersebut merupakan artikel yang anda sunting dari awal, apa yang akan anda lakukan?

Terima kasih. Sagita Melati (bicara) 21 Januari 2013 03.58 (UTC)[balas]

  1. Memerlukan revisi. Saya ada melihat beberapa pengguna yang saya pikir sangat layak mendapatkan status tersebut, seperti Willybold yang aktif di bidang biologi, yang selalu ditolak permohonannya oleh pengurus dengan berbagai alasan.
  2. Saya akan melihat kelayakannya terlebih dulu. Sekiranya vandal atau hasil terjemahan mesin, saya kembalikan ke revisi sebelumnya. Sekiranya suntingannya baik, justru saya akan berterimakasih kepadanya dan memperbaiki sedikit. SpartacksCompatriot lapak stensil 22 Januari 2013 11.27 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Farras[sunting sumber]

Bung Ramzy, jawab singkat-dan-padat ya, apa yang mau diurus setelah jadi pengurus? Terima kasih. FarrasLa Poste 21 Januari 2013 04.42 (UTC)[balas]

Yang akan saya urus setelah jadi pengurus itu ya seperti memerangi vandalisme, merapikan artikel, membantu pengguna lain, memperbaiki templat, merapikan artikel, menjaga kualitas dan meningkatkan jumlah artikel di Wikipedia. Kemungkinan juga mengurus beberapa pengguna yang keras kepala, dan hal-hal tak terduga lainnya. SpartacksCompatriot lapak stensil 22 Januari 2013 11.27 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari M. Adiputra[sunting sumber]

  1. Menurut Anda, pengguna Wikipedia yang bersikap dewasa itu yang bagaimana?
  2. Menurut Anda, apakah memerangi vandalisme, merapikan artikel, membantu pengguna lain, memperbaiki templat, merapikan artikel, menjaga kualitas dan meningkatkan jumlah artikel di Wikipedia merupakan pekerjaan seorang pengurus?
  3. Apa yang bakal sering Anda lakukan jika mendapatkan hak akses sebagai pengurus (yang tidak bisa dilakukan non-pengurus)?
  4. Jika Anda menjadi pengurus, suntingan Anda akan terkonsentrasi pada ruang nama/artikel topik mana saja? Atau semua ruang nama/topik?
  5. Apakah Anda menganut deletionisme?

Demikian. Berikan jawaban yang tepat sasaran setelah membaca pertanyaan dengan cermat. Salam. :) -- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2013 08.17 (UTC)[balas]

  1. Pengguna yang dewasa itu yang selalu berkepala dingin dalam diskusi, tidak memaksakan kehendak, menghormati EtikaWiki, selalu mengasumsikan niat baik, dan berlapang dada ketika artikelnya dihapus/diperbaiki/diubah-ubah.
  2. Ya, hal-hal yang Anda sebutkan itu adalah tugas utama para pengurus. Tugas utama.
  3. Saya akan lebih berkonsentrasi pada war against vandalism, pertempuran melawan kaum vandal. Saya akan lebih banyak mengembalikan revisi-revisi yang divandal, memperingati (dan memblokir, ketika mereka sudah kelewatan) kaum vandal, menghapus artikel tak layak dan juga segudang hal lainnya.
  4. Saya biasanya lebih fokus ke sepak bola, tetapi setelah jadi pengurus, saya kira akan mulai memerhatikan artikel-artikel dari topik lainnya. Semua ruang nama akan saya urus, termasuk berkas (penghapusan, lisensi, dsb.), portal-portal yang terbengkalai, kebijakan-kebijakan dan templat-templat.
  5. Jujur, saya lebih cenderung ke inklusionisme. Apa yang saya anggap layak sebagai sebuah artikel ensiklopedia, akan saya masukkan. SpartacksCompatriot lapak stensil 22 Januari 2013 11.27 (UTC)[balas]

Menimbang-nimbang pertanyaan nomor 2, bukankah pengguna non-pengurus juga bisa melakukannya. Lalu, di mana letak perbedaan pengguna biasa dengan pengurus? Terkait dengan pertanyaan itu, apakah Anda siap menjadi pengurus semata-mata karena menginginkan fitur yg dimiliki pengurus? Salam. -- Adiputra बिचर -- 22 Januari 2013 14.31 (UTC)[balas]

Benar. Saya memandang perbedaan pengguna biasa dengan pengurus dari segi teknis dan nonteknis. Pengurus dapat menghapus halaman dan memblokir kaum vandal. Pengguna biasa paling tinggi hanya bisa mendapat status pengembali revisi dan editor untuk mengembalikan revisi dan menandai artikel. Terkait pertanyaan terakhir, saya tidak hanya menginginkan status pengurus hanya karena keistimewaan hak aksesnya, tetapi juga karena ingin menjadikan Wikipedia bahasa Indonesia sebagai tempat yang nyaman untuk berkontribusi. Salam, SpartacksCompatriot lapak stensil 22 Januari 2013 14.42 (UTC)[balas]

Pertanyaan dari Bozky[sunting sumber]

Selamat Pagi Uda Spartacks, ada beberapa pertanyaan dari saya :

  1. Sebagai pengurus, apa yang akan anda lakukan jika anda menerima ancaman hukum dari pengguna lain ?
  2. Mohon dijelaskan lebih lanjut, apa yang dimaksud dengan Jangan mengacau untuk pembuktian ?

Terima kasih. Salam, -- Bozky (bicara) 28 Januari 2013 01.13 (UTC)[balas]

Terima kasih sudah bertanya, Mas Bozky.
  1. Ancaman hukum saya anggap sebagai kasus khusus dengan kebijakan penyelesaian yang khusus. Sebelum proses hukum berjalan, biasanya ada proses mediasi yang memungkinkan semuanya diselesaikan baik-baik. Kalau mediasi berhasil, maka berakhir pulalah kasus itu, dan saya memaafkannya, juga mengevaluasi kontribusi saya. Jika tidak, pengguna yang memberikan ancaman hukum akan saya blokir selamanya. Saya juga akan melaporkannya ke Wikimedia Foundation sekiranya ancaman hukum tersebut terkait Wikipedia.
  2. Seseorang yang tidak setuju dengan suatu kebijakan yang ada, tidak boleh mencoba untuk membuktikan bahwa kebijakan itu bermasalah dengan mencoba melakukannya di Wikipedia. Saya menafsirkannya sebagai mempermainkan sistem. Misalnya, seorang pengguna tidak setuju dengan aturan tiga kali pengembalian. Lalu ia tiga kali mengembalikan revisi di suatu artikel setiap hari dan kemudian menyatakan tidak ada yang dilanggar. Komunitas Internet generasi awal menyebutnya sebagai troll, orang yang berusaha memutarbalikkan penafsiran sebuah kebijakan dan menyerempet batas-batas aturan. SpartacksCompatriot lapak stensil 30 Januari 2013 04.39 (UTC)[balas]

Terima kasih atas jawabannya Uda Spartacks, Mantap! Success 4U dan Salam Sejehtera Bozky (bicara) 30 Januari 2013 09.16 (UTC)[balas]

Lihat juga[sunting sumber]