Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Johnstad Di Maria untuk pengurus 27 Desember 2016/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2016 yang kedua, Johnstad Di Maria (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth.

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 10 Desember 2016 hingga 23 Desember 2016. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Saya memiliki beberapa pertanyaan:

  • Menurut anda apa keuntungan menjadi sebagai seorang Pengurus Wikipedia?
Jawaban: Walaupun pengurus diberikan akses "istimewa", tetapi seperti kata Paman Ben dalam film Spider-Man, "With great power comes great responsibility.". Jadi, tidak ada keuntungan. Justru pengurus adalah "pelayan" bagi pengguna dan "penjaga" dari Wikipedia.
  • Lalu kontribusi apa yang bisa anda berikan kepada Wikipedia?
Jawaban: Saya membuat beberapa artikel di Wikipedia, sedikit menyunting, dan memeriksa artikel tertinjau usang. Saya juga menginisiasi ProyekWiki Hippokrates. Silakan jika ingin bergabung!
  • Dalam membantu pengguna baru, apa yang bisa anda lakukan sebagai pengurus?
Jawaban: Saya akan senang jika ada pengguna baru yang bertanya. Saya juga sempat menjadi pelatih dalam WikiLatih setiap bulannya untuk mengajarkan pengguna baru agar dapat berkontribusi di Wikipedia. Jangan lupa mendaftar WikiLatih ya! promosi
  • Lalu apabila anda terpilih sebagai pengurus apa yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah artikel dan kualitas artikel yang ada di Wikipedia?
Jawaban: Terinspirasi dari Bonaditya, saya ingin mengajak kerja sama dengan beberapa organisasi atau lembaga untuk bersama-sama mengembangkan Wikipedia. Target pribadi saya adalah organisasi sayap kiri, feminis, dan LGBT, karena 3 hal itu merupakan topik sensitif di Indonesia dan saya rasa perlu untuk ada suatu rujukan pengantar yang dapat dipercaya yakni Wikipedia. Selain itu, tidak banyak pengguna yang akan (dan dapat) berkontribusi di 3 bidang tersebut (dan tolong jangan tangkap saya).
  • Menurut anda berapa jumlah ideal pengurus di Wikipedia Bahasa Indonesia?
Jawaban: 70 pengurus. Jadi setiap 1 pengurus akan bertanggung jawab untuk sekitar 5.000 artikel. Sekadar perbandingan, di WPEN setiap 1 pengurus akan bertanggung jawab untuk 4.100 artikel.
  • Dan juga menurut anda apa saja tanggungjawab sebagai seorang pengurus?
Jawaban: Pengurus bertanggung jawab untuk:
  1. Memberikan proteksi terhadap suatu halaman
  2. Menghapus artikel yang dirasa tidak sesuai dan mengembalikan artikel jika telah sesuai
  3. Memblokir pengguna yang melakukan aksi vandalisme, sockpuppet, pembalikan berkepanjangan, serangan pribadi, dan lainnya
  4. Membantu pengguna baru jika ada kesulitan (walau pengguna biasa pun juga bisa melakukannya)
  • Serta apabila anda tidak aktif dalam waktu yang lama apakah anda bersedia untuk mengundurkan diri?
Jawaban: Bersedia

Sekian pertanyaan saya untuk saat ini. Baviena (bicara) 10 Desember 2016 02.31 (UTC)[balas]

Semoga cukup menjawab . John 11 Desember 2016 02.33 (UTC)[balas]

Saya awalnya ingin memberikan pertanyaan tambahan tetapi setelah saya melihat kembali jawaban anda saya merasa anda sudah cukup layak untuk menjadi seorang pengurus. Baviena (bicara) 11 Desember 2016 03.57 (UTC)[balas]

Menurut Anda, secara mendasar, kira-kira mengapa artikel bertopik desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan pejabat, yang miskin referensi kok masih dipertahankan alias tidak diajukan pengusulan ke halaman penghapusan?

Jawaban: Menurut saya, pertanyaan ini ada dua jawaban

  1. Artikel wilayah administratif Indonesia merupakan ciri khas dari Wikipedia bahasa Indonesia yang tentunya tidak akan dimiliki oleh Wikipedia bahasa lainnya.
  2. Tulisan rintisan mengenai wilayah tersebut akan menjadi suatu sarana untuk memperkenalkan WBI ke pengguna pemula. Tentunya pemula akan lebih memilih untuk membuat artikel yang berada di sekitarnya, contohnya ya tempat ia tinggal. Dan tentunya pengguna pemula akan kesulitan untuk membuat artikel yang memenuhi persyaratan. Ini tugas kita untuk membantu mereka, seperti memperbaiki halaman daripada menghapusnya untuk mempertahankan semangat ia ber-Wikipedia.

Saya sejujurnya penganut deletionism, namun untuk masalah ini daripada menghapus halaman, lebih baik kita mengembangkan artikel ini. Saya menyarankan untuk menggandeng LSM yang bergerak di bidang pembangunan desa yang tentunya akan lebih mengetahui profil desa tersebut.

Terima kasih. Salam. Igho (balas) 11 Desember 2016 - 12:30 WIB

Sama-sama. John 11 Desember 2016 06.51 (UTC)[balas]

Bagas Chrisara[sunting sumber]

Halo, mas @Johnstad Di Maria: Saya adalah salah satu pengguna yang mengusulkan Anda. Saya ingin bertanya untuk membulatkan pilihan saya. Tren yang ada sekarang di WPID adalah menerjemahkan artikel dari bahasa lain (terutama dari WPEN) dalam rangka membuat artikel baru, dan masih kurang pengguna yang mengembangkan artikelnya sendiri. Yang saya maksud adalah, artikel yang benar-benar tidak ada di Wikipedia bahasa lain. Misalnya, katakanlah saya membuat artikel baru mengenai skandal politik di Indonesia yang saya kembangkan sendiri sedemikian rupa, atau artikel mengenai budaya dan sejarah yang belum ada di Wikipedia bahasa lainnya (Di WPEN banyak sekali artikel yang dikembangkan sendiri). Karena dari pandangan awam saya, komunitas WPID yang ada sekarang ini menitikberatkan pada kualitas daripada kuantitas artikel, dan saya sendiri setuju dan sering mengembangkan artikel sendiri. Bagaimana pendapat Anda tentang hal tersebut dan apakah Anda mendukung pengguna yang membuat dan mengembangkan artikelnya sendiri? Salam. --Bagas Chrisara (bicara) 11 Desember 2016 07.19 (UTC)[balas]

Jawaban: Terima kasih atas usulan dan dukungan Mas Bagas . Saya salut dengan pengguna yang mampu membuat artikel baru dari awal yang bukan berasal dari terjemahan, jadi salut buat Mas Bagas . Menurut analisis saya, alasan mengapa kita lebih sering menerjemahkan artikel daripada membuat sendiri karena:

  1. Praktis. Rata-rata pengguna juga mempunyai kesibukan di dunia nyata, jika membuat artikel sendiri akan memakan waktu yang lama. Selain itu, penerjemahan artikel cukup memerlukan satu pengguna. Bandingkan jika mengembangkan artikel sendiri seperti di WPEN yang memerlukan kolaborasi pengguna yang berkompeten di bidangnya (saya merasa tidak banyak pengguna di WPID yang berkompeten di bidang tertentu yang spesifik seperti kesehatan, ekonomi, filsafat, dll).
  2. Artikel dari bahasa lain sudah lengkap dan memenuhi persyaratan yang ada di Wikipedia seperti NPOV (yang itu akan sulit dilakukan oleh pengguna WPID)
  3. Tidak semua pengguna (atau mungkin rakyat Indonesia) bisa menulis. Menulis yang dimaksud adalah menulis yang terstruktur dan dilengkapi dengan analisis dari berbagai sumber (bahkan saya sendiri sering mengalami kesulitan untuk menulis tugas kuliah yang juga seperti itu). Serta sadar mengenai pentingnya sitasi dan sumber yang dapat dipercaya (dan itu dapat dibuktikan dengan mudahnya hoax menyebar).

Dengan kondisi tersebut, maka menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa lain menjadi solusi paling praktis tanpa perlu mengorbankan kualitas artikel. Saya 1001% mendukung pengguna yang mengembangkan artikelnya sendiri. Salut setinggi-tingginya. Kalau perlu saya menginginkan agar pengguna tersebut menjadi pelatih WikiLatih kedepannya, terutama untuk mengajarkan kaidah menulis di Wikipedia dan juga mengajarkan saya. Semoga cukup menjawab . John 11 Desember 2016 08.09 (UTC)[balas]

Assalamualaikum

Jawaban: Wa'alaikummussalam Mas Ilham

Saya merupakan pengguna baru, jadi mungkin belum banyak pengalaman yang melatarbelakangi pertanyaan saya. Oleh karena itu saya ingin menanyakan hal-hal lebih mendasar atau umum. Untuk kakak-kakak ini pertanyaan saya:

  • Pada awalnya, bagaimana anda kenal dengan wikipedia dan mengapa ingin bergabung untuk berkontribusi ?
Jawaban: Jadi ceritanya kenal Wikipedia ketika pertama kali kenal dengan internet. Mungkin pas itu saya masih kelas 8 SMP. Saya sering baca-baca artikel yang ada dan mempelajari sesuatu yang baru. Namun ketika SMA, saya beralih ke WPEN karena dirasa jauh lebih lengkap dari WBI. Saya belum terpikir untuk mengembangkan WBI karena sintaks yang mumet dan sangat tidak ramah bagi pengguna baru, selain itu juga saya merasa ketika SMA, saya kurang pantas untuk berkontribusi di WBI karena tidak mempunyai kompetensi di bidang tertentu. Saya mulai tergelitik untuk berkontribusi di WBI Juni lalu, ketika saya menyambangi WBI dan ternyata pertumbuhan artikel yang lamban dan banyak artikel yang saya rasa kurang penting dan justru artikel yang saya anggap penting untuk ada malah masih pranala merah. Saya lebih tertarik lagi untuk berkontribusi setelah adanya fitur Visual Editor dan ContentTranslation yang sangat memudahkan pengguna pemula. Jadi 30 Juni 2016 saya mulai membuat artikel perdana saya. Dan juga saya ingin berkontribusi lebih karena saya ingin membayar rasa terima kasih saya dulu ketika SMP yang senang membaca WBI.
  • Bagi anda, apakah itu Wikipedia ?
Jawaban: Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan. Saya menegaskan di bagian bebas karena itu yang membedakan dengan ensiklopedia lainnya. Wikipedia dapat bebas dibangun oleh siapapun baik kaum borjuis dan proletar, dari yang masih SMP sampai yang sudah profesor, tidak terbatas ruang dan waktu. Wikipedia merupakan contoh dari masyarakat tanpa kelas dengan prinsip Egalitarianisme yang cukup baik. Namun kebebasan itu seperti pedang bermata dua. Dan muncullah pertanyaan Mas Ilham berikutnya.
  • Apa tanggapan anda terhadap kalimat "Wikipedia tidak dapat dijadikan acuan atau refrensi ilmiah, karena anak kecilpun dapat menyuntingnya" ?
Jawaban: Karena prinsip kebebasan itulah yang membuat kredibilitas Wikipedia diragukan. Kebebasan tersebut dapat membuat orang yang kurang mempunyai kompetensi di suatu bidang dapat ikut serta menyunting, kebebasan untuk bertindak secara anonim, sehingga membuat sebagian orang akan memandang Wikipedia tidak memiliki konten yang dapat dipertanggungjawabkan (walau sudah ada penyangkalan umum dari pihak Wikipedia). Selain itu, pengguna mungkin bisa saja memalsukan identitasnya seperti Kontroversi Essjay yang semakin membuat khalayak umum meragukan kredibilitas Wikipedia. Bapak Ivan Lanin juga pernah mengangkat pertanyaan ini dalam tesisnya. Jadi dapat disimpulkan, saat ini WBI masih belum memenuhi kriteria sebagai referensi ilmiah, tetapi dapat digunakan sebagai pengantar dari suatu pembahasan sebelum dibawa lebih mendalam lagi.
  • Apa keuntungan anda berkontribusi untuk Wikipedia ?
Jawaban: Berbagi pengetahuan kepada orang lain. Ibaratnya ini seperti melakukan kegiatan bakti sosial namun tidak terlalu melelahkan. Ada kepuasan batin tersendiri yang dapat diperoleh (umm.... agak susah sih menjelaskannya) .
  • Bagaimana anda menanggapi pengguna baru ?
Jawaban: Saya sebisa mungkin untuk selalu bersikap ramah dan menjawab pertanyaan pengguna serta tidak menggigit pengguna baru. Mungkin kalau pengguna baru ikut WikiLatih bisa tahu betapa ramahnya saya . promosi lagi
  • Bagaimana anda dapat mengatur waktu berkontribusi dengan kehidupan nyata ?
Jawaban: Biasanya saya akan memanfaatkan waktu malam hari saya untuk Wikipedia. Ketika libur kuliah, saya bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk Wikipedia.
  • Menurut perkiraan anda, berapakah waktu yang dibutuhkan Wikipedia Bahasa Indonesia untuk mencapai jumlah artikel 1 juta ?
Jawaban: Jika diasumsikan rata-rata artikel baru per tahun adalah 22.995 artikel (dari hasil perhitungan artikel baru per bulan dari Januari 2014 sampai Oktober 2016 berdasarkan situs ini), maka agar WBI dapat mencapai 1 juta artikel dibutuhkan waktu 26,5 tahun (Maaf, agak kurang teliti. Jadi sempat salah baca data. Hehe)! Ya, kita perlu mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk bersama mengembangkan WBI dengan cara berkolaborasi dengan pihak lain seperti organisasi, LSM, akademikus. Dan ya kita perlu memberikan pelatihan mengenai literasi dan kesadaran hak cipta pada masyarakat agar mereka bisa berkontribusi di WBI!

Terima kasih atas jawabannya, jikalau kakak terpilih, Saya do'akan dapat membuat wikipedia berkembang jauh lebih pesat dan akurat

Wassalam Ilhamjangjaya1 (bicara) 11 Desember 2016 07.32 (UTC)[balas]

Sama-sama, Aamiin. Dan semoga di pemilihan pengurus berikutnya Mas Ilham bisa ikut serta juga John 11 Desember 2016 17.03 (UTC)[balas]

Kenrick95[sunting sumber]

Jawab dengan singkat: apa yang mau diurus saat jadi pengurus? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11 Desember 2016 15.30 (UTC)[balas]

Jawaban: Empat kata. Artikel, Pengguna, Hubungan Eksternal. John 12 Desember 2016 11.44 (UTC)[balas]

Aldnonymous[sunting sumber]

Anda saya lihat lebih newbie daripada ketiga calon pengurus lainnya, saya akan berikan pertanyaan yang sedikit lebih mudah, semoga Anda bisa jawab.

Tanggapan: Terima kasih atas pertanyaannya. Saya tidak terlalu paham masalah teknis, tetapi saya berusaha untuk mempelajarinya. Semoga jawaban ini cukup menjawab

Pertanyaan Birokrasi peraturan Wikipedia/Wikimedia :

  • Dua atau lebih orang memiliki klaim bahwa suntingan mereka benar biarpun saling bertentangan satu sama lainnya, namun hasil penelusuran Anda mengatakan dan menyatakan bahwa klaim kedua belah pihak adalah benar, apa yang akan Anda lakukan?
Jawaban: Dua suntingan tersebut harus dimasukkan keduanya (sesuai dengan kaidah NPOV). Kedua pengguna harus diberikan penjelasan jika kedua suntingan tersebut benar dan disertai dengan sumber dari kedua suntingan.
  • Apa perbedaan Block dan Ban?
Jawaban: Mungkin lebih mudah pakai tabel
  Block Ban
Definisi? Mencegah pengguna untuk menyunting Wikipedia karena alasan pengguna melakukan suntingan yang mengganggu Pelarangan penyunting untuk menyunting Wikipedia (atau Wikimedia) dan menggunakan fasilitas yang ada di Wikimedia karena telah melanggar peraturan yang serius dan berkepanjangan.
Masih merupakan anggota komunitas? Ya, walau tidak bisa menyunting Tidak (site banned), ya (page/topic banned)
Dapat mengakses halaman pembicaraan Bisa, kecuali jika melanggar peraturan di halaman pembicaraan Tidak (site), ya (page/topic)
Memberikan block dan ban Dapat dilakukan oleh pengurus Hanya dapat dilakukan oleh Komite Arbitrase, Jimmy Wales, Wikimedia Foundation, atau konsensus dari komunitas.

Pertanyaan Teknis Wikipedia :

Jawaban: Jika memungkinkan, filter tersebut diperbaiki terlebih dahulu, tetapi jika filter tersebut lebih banyak merusak (bahkan ketika sudah diperbaiki) lebih baik dihapus. John 13 Desember 2016 04.49 (UTC)[balas]

Singkat saja: apa yang membedakan Anda dari calon pengurus yang lain? Muhraz (bicara) 12 Desember 2016 04.35 (UTC)[balas]

Jawaban: Yang membedakan saya dari calon pengurus lainnya adalah

  1. Saya calon pengurus termuda disini. Menunjukkan kalau saya dapat mempelajari sesuatu yang baru dengan cepat dan memiliki semangat baru.
  2. Platform yang saya bawa berbeda. Saya sangan menekankan pentingnya hubungan eksternal Wikipedia dengan masyarakat. Kerja sama dengan organisasi atau LSM atau inteligensia merupakan kunci untuk pengembangan WBI kedepannya. John 13 Desember 2016 04.58 (UTC)[balas]

Apakah menurut Anda syarat untuk menjadi pengurus dengan minimal 500 suntingan dan sudah bergabung selamat minimal 3 bulan, sudah menjadi standar yang sesuai untuk pemilihan calon pengurus? Serta syarat sebagai pemilih yang minimal satu minggu menyunting dengan jumlah 30 suntingan, sudah sesuaikah? Silakan berikan alasannya, jika Anda menjawab belum maupun sudah.--Beeyan (bicara) 13 Desember 2016 06.16 (UTC)[balas]

Jawaban: Untuk standar WBI, saya rasa sudah cukup. Tidak banyak pengguna WBI yang mampu menyunting sebanyak 500 kali dengan baik dan benar. Lain halnya jika di WPEN yang kesadaran penggunanya jauh lebih tinggi, maka 500 suntingan merupakan suatu hal yang lumrah. Namun saya menyarankan untuk menambah persyaratan dengan minimal telah membuat 10 artikel dengan ukuran di atas 10.000 bita. Hal ini akan menunjukkan seberapa mampu pengguna untuk membuat artikel secara baik dan benar. Untuk pemilih, saya rasa naikkan persyaratannya menjadi telah terdaftar minimal 1 bulan dengan 100 suntingan. Karena selain untuk mencegah sock puppet, pengguna dengan persyaratan itu telah memahami peraturan yang ada di WBI. John 14 Desember 2016 05.20 (UTC)[balas]

RaymondSutanto[sunting sumber]

Halo, Dimas! (tak panggil nama asli aja ya, udah kenal juga ). Karena anda minta ditanya, nih saya tanya.

Jawaban: Untuk Kelayakan Artikel Musisi perlu ditambahkan poin berikut:
  1. Label indie harus memiliki reputasi yang baik selama beberapa tahun.
  2. Tambahan mengenai persyaratan perusahaan rekaman, singel, album, dan untuk karya yang belum dirilis.
Untuk Kelayakan Artikel Artis perlu ditambahkan poin berikut:
  1. Sebenarnya penggunaan istilah artis = selebritas agak kurang tepat, karena pada dasarnya orang yang membuat karya seni juga adalah artis (yang berarti termasuk pelukis, penyair, penari, dll). Namun itu akan menjadi perdebatan lain yang penting juga karena akan berdampak mengenai aturan tentang persyaratan pembuat film, sutradara, penulis skenario, dll.
  2. Persyaratan artis yang terkenal di dunia maya.
  3. Persyaratan komika.
Untuk Kelayakan Artikel Desa (jujur ini yang tersulit) mungkin perlu ditambahkan peraturan bahwa desa dan kelurahan yang dibuat haruslah mempunyai signifikansi di daerahnya atau mempunyai sejarah yang signifikan terhadap perkembangan Indonesia. Sejujurnya untuk masalah mengenai desa agak rumit karena menurut saya pribadi agak tidak penting, tetapi lihat kembali jawaban saya terhadap pertanyaan Mas Igho bahwa artikel kategori ini unik yang hanya ada di Indonesia dan sebagai gerbang pengguna pemula untuk membuat artikel pertamanya.
  • Apakah menurut anda, kebijakan-kebijakan yang ada di WPID saat ini sudah lengkap, jelas; atau ada yang perlu diamandemen/ditambah? Mengingat, jika anda lihat di Wikipedia:Daftar kebijakan dan pedoman, banyak kebijakan di WPID yang terhitung "usang" (lama tidak diupdate).
Jawaban: Perlu ditambah dan diperbarui. Sebaiknya diprioritaskan untuk menambah peratuan dulu karena jika kita melihat halaman daftar kebijakan yang ada di WPEN maka kebijakan kita masih banyak kurangnya (terlalu banyak sampai tidak bisa disebut, hehehe).

Demikian pertanyaan saya. Salam, RaymondSutanto (bicara) 22 Desember 2016 22.50 (UTC)[balas]

Terima kasih atas pertanyaannya John 23 Desember 2016 09.08 (UTC)[balas]

Lihat pula[sunting sumber]