Wikipedia:Pemandu pembuatan artikel/Konten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Konten
Selesai
Hak cipta
Nuvola apps important.svg
Peraturan terpenting adalah, JANGAN PERNAH SALIN TEMPEL TULISAN DARI SITUS LAIN. (Namun ada beberapa pengecualian,[1][2] dan menambahkan beberapa kata untuk kepentingan mengutip diperbolehkan.)

Artikel yang ingin Anda buat tidak boleh melenggar hak cipta.

Jangan salin tempel tulisan. Artikel yang melanggar hak cipta akan dihapus.[1] Menulis artikel pribadi dalam sudut pandang sendiri.[2] Tidak masalah jika tulisan Anda tidak sempurna — biasanya akan segera diperbaiki beberapa saat kemudian.


Artikel yang ingin Anda buat harus dapat dibuktikan kebenarannya.

Pada halaman sebelumnya, Anda diberikan panduan untuk membuat subjek yang ditulis menjadi lebih layak untuk masuk ke Wikipedia. Pastikan para pembaca artikel paham jika subjek yang ditulis memang layak.


Artikel yang Anda buat harus memiliki gaya bahasa yang baik.

Artikel di Wikipedia menjunjung tinggi prinsip sudut pandang netral, yang berarti tidak memperbolehkan adanya unsur pribadi dalam artikel. Tulis hanya fakta! — diperbolehkan untuk menambahkan opini, namun jangan berasal dari diri sendiri dan harus ada sumbernya. Artikel harus proporsional, netral, dan tidak mengandung bias. Artikel yang berisi serangan terhadap subjek akan segera dihapus, dan artikel yang berisi junjungan terhadap subjek akan dihapus atau disunting oleh pengguna lain.


Artikel yang ingin Anda buat tidak boleh mengandung unsur promosi/iklan.

Iklan dapat merendahkan kualitas suatu artikel, jika ditemukan maka akan segera dihapus.


Apakah artikel yang ingin Anda buat sudah memiliki konten yang baik?

Artikel yang ingin saya buat memiliki kelayakan dan tidak salin tempel dari sumber lain secara sembarangan

Artikel yang ingin saya buat tidak layak dan cenderung salin tempel secara sembarangan


Catatan
  1. ^ a b Di luar sana banyak sekali situs (dan sumber lainnya) yang dapat disalin-tempel tanpa melanggar hak cipta — dalam kasus ini jika teks berada dalam domain publik. Jika Anda berpikir sumber tersebut layak, silakan ajukan pertanyaan di Wikipedia:Warung Kopi dan tunggu balasan dari Wikipediawan lain.
  2. ^ a b Jika Anda memiliki publikasi yang sudah diterbitkan sebelumnya atau memiliki izin untuk memperbanyak, izin harus dapat dibuktikan.