Weirdmageddon 3: Take Back the Falls

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Weirdmageddon 3: Take Back the Falls
Episode Gravity Falls
Nomor episodeMusim 2
Episode 20
SutradaraStephen Sandoval
Penulis
MusikBrad Breeck
PenyuntingKevin Locarro
Kode produksi
  • 618G-220
  • 618G-221
Tanggal siar15 Februari 2016 (2016-02-15)
Durasi44 menit
Bintang tamu
Daftar lengkap
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Weirdmageddon 2: Escape From Reality"
Selanjutnya →

"Weirdmageddon 3: Take Back the Falls" adalah episode terakhir dari seri Gravity Falls, yang dibuat Alex Hirsch. Episode ini ditulis Shion Takeuchi, Mark Rizzo, Josh Weinstein, Jeff Rowe, dan Alex Hirsch, yang disutradarai oleh Stephen Sandoval. Dalam episode ini, saudara Stan, Ford (disuarakan J. K. Simmons) menelisik sejauh mana rencana Bill Cipher, sedangkan kru Mystery Shack menyusun rencana untuk merebut kembali kotanya. Konfrontasi terakhirnya dengan Bill membawa pada nasib dan tanggungjawab besar dari keluarga Pines.

"Weirdmageddon 3: Take Back the Falls" disiarkan pertama kalinya di Disney XD pada 15 Februari 2016. Ditonton lebih dari 2,47 juta pemirsa di Amerika Serikat. Menjadikannya episode paling banyak ditonton di Disney XD, setelah menyalip "A Tale of Two Stans", episode lain Gravity Falls.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Dipper, Mabel, Soos, dan Wendy kembali ke Mystery Shack untuk menemukan Stan, beberapa penduduk kota, dan beberapa makhluk paranormal yang berteman dan bertemu dengan mereka berlindung di sana. Setelah melarikan diri dari salah satu kelelawar mata Bill, Stan memberi tahu geng bahwa rambut unicorn Ford yang melapisi dasar Gubuk melindungi mereka dari kekuatan Bill. Stan percaya mereka harus menunggu, tetapi yang lain setuju untuk melakukan misi penyelamatan setelah menemukan bahwa penduduk kota sedang membatu oleh kelelawar mata dan ditumpuk menjadi singgasana darurat untuk Bill. Pak Tua McGucket memimpin para penyintas untuk mengubah Gubuk menjadi mekanisme raksasa. Mereka melakukan perjalanan ke markas operasi Bill dan dengan mudah mengalahkan antek-anteknya. Bill sendiri keluar untuk bertarung, tetapi matanya dicabut dari rongganya oleh mekanisme, membutakannya untuk sementara.

Dipper dan Mabel memimpin kelompok kecil di atas pangkalan Bill. Mereka membongkar takhta Bill, memulihkan warga yang membatu. Ford menyemprotkan roda Zodiak di tanah, setelah melihat gambar yang digambarkan sebagai sarana untuk mengalahkan Bill. Roda membutuhkan sepuluh orang tertentu, yang ditandai dengan simbol di atasnya yang baru-baru ini disimpulkan oleh Ford, untuk berdiri di atasnya dan berpegangan tangan di atas ring. Stan menolak untuk bergabung sampai Ford keduanya meminta maaf karena secara tidak sengaja membiarkan Bill mencapai tujuannya dan berterima kasih padanya karena telah menyelamatkannya. Ford dengan enggan melakukannya, tetapi saat Stan bergabung dengan kemudi, Ford mengoreksi tata bahasa Stan dengan pelan, dan Stan dan Ford bertengkar. Sebelum mereka dapat dibubarkan, Bill muncul, setelah meregenerasi matanya dan menghancurkan mekanismenya.

Bill membakar Zodiac, mengamankan keluarga Pines, dan mengubah yang lain menjadi permadani agar mereka tidak ikut campur. Bill mengancam akan membunuh Dipper dan Mabel kecuali Ford mengizinkannya berpikir untuk mencari tahu cara melarikan diri dari Gravity Falls. Dipper dan Mabel berhasil melarikan diri, dengan Bill mengejar. Ditinggal sendirian, Stan dan Ford berbicara dari hati ke hati. Meskipun ada cara untuk mengalahkan Bill dengan menghapusnya dari pikiran seseorang menggunakan pistol ingatan, Ford percaya satu-satunya cara untuk menyelamatkan anak-anak adalah dengan membiarkan Bill masuk ke dalam pikirannya, karena ingatannya sendiri tidak dapat dihapus karena pelat logam di dalam ingatannya. kepala.

Dipper dan Mabel memimpin Bill dalam pengejaran di sekitar markasnya tetapi akhirnya tertangkap. Bill mengembalikan mereka ke ruang takhta dan mengancam akan membunuh salah satu dari mereka. Ford setuju untuk mengizinkan Bill masuk ke dalam pikirannya. Bill meninggalkan tubuh fisiknya, yang membatu, dan memasuki mindscape Ford, muncul sebagai kehampaan kosong dengan satu pintu. Bill memasuki pintu dan terkejut mendapati dirinya disambut oleh mindscape diri Stan, yang mengungkapkan bahwa dia dan Ford bertukar tempat untuk mengelabui Bill agar memasuki pikiran yang rentan terhadap efek senjata ingatan, dan mengungkapkan kesediaannya untuk mengorbankan ingatannya untuk menyelamatkan dunia. dan keluarganya. Di dunia nyata, Ford dengan enggan menembakkan pistol memori ke Stan. Bill mulai melemah dan kemudian ditinju oleh mindscape diri Stan, menghancurkannya saat mindscape Stan lainnya terhapus oleh efek senjata memori. Setelah kematian Bill, pintu gerbang ke dimensinya mulai tertutup, menarik antek-antek dan markasnya. Setelah ditutup, kota ini dikembalikan ke keadaan pra-Weirdmageddon. Keluarga Stan dan Soos membawanya kembali ke Mystery Shack yang hampir hancur, berharap pemandangan bangunan itu akan membantu mengembalikan ingatannya. Mabel menemukan buku klipingnya dan menunjukkan kepada Stan semua kesenangan yang mereka alami selama musim panas, perlahan mengembalikan ingatan Stan.

Selama minggu depan, penduduk kota berurusan dengan fenomena supernatural yang tersisa saat walikota mengeluarkan "Jangan Peduli Semua Tindakan Itu" untuk meredakan kekhawatiran mereka; keluarga Northwest bangkrut dan kehilangan rumah mereka, mendorong McGucket untuk pindah; dan Gideon Gleeful berjanji untuk berperilaku lebih seperti warga biasa. Banyak penduduk kota bergabung dengan teman-teman Dipper dan Mabel untuk merayakan ulang tahun si kembar yang ke-13 di Gubuk. Ford menawarkan untuk berlayar keliling dunia selama setahun bersama Stan, mimpi yang mereka miliki bersama sebagai anak laki-laki, tetapi Stan menyatakan bahwa dia harus menutup Gubuk, yang mengecewakan penduduk kota karena menarik turis ke kota mereka. Stan kemudian dengan senang hati menunjuk Soos sebagai manajer baru Gubuk.

Belakangan, Stan, Ford, Soos, Wendy, Candy, dan Grenda semuanya melihat Dipper dan Mabel saat bus pulang mereka berhenti. Wendy bertukar topi dengan Dipper dan memberinya amplop untuk dibuka dalam perjalanan pulang. Saat si kembar hendak naik bus, Mabel merasa sedih karena dia harus meninggalkan babinya, Waddles, di Gravity Falls, jadi Stan memerintahkan sopir bus untuk membiarkan Waddles ikut dengan si kembar. Bus menjauh saat kelompok itu melambaikan tangan. Saat si kembar mengingat kembali waktu mereka di Gravity Falls, flash-forward menunjukkan Soos berhasil menjalankan Shack dengan pacarnya Melody, serta pelayaran Stan dan Ford di laut. Ketika bus melewati batas kota, Dipper membuka surat Wendy untuk menemukan tanda tangan teman dan paman buyut mereka, berjanji untuk "sampai jumpa musim panas mendatang".

Segmen kredit akhir menampilkan montase musim panas si kembar dan kedatangan mereka di Piedmont, California. Dalam adegan pasca-kredit, patung tubuh fisik Bill yang membatu dalam kehidupan nyata terlihat sebagian terendam di tanah di dalam hutan selama lebih dari satu detik.[b]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa acara tersebut tidak dibatalkan- acara tersebut sedang diselesaikan. Ini adalah 100% pilihan saya, dan itu adalah sesuatu yang saya putuskan sejak lama. Saya selalu mendesain Gravity Falls menjadi seri terbatas tentang satu musim panas yang epik- seri dengan awal, tengah, dan akhir. Ada begitu banyak pertunjukan yang berlangsung tanpa henti sampai mereka kehilangan percikan aslinya, atau misteri yang dibatalkan sebelum mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hasil.

—Hirsch tentang akhir dari Gravity Falls[4]

"Weirdmageddon 3: Take Back the Falls" adalah episode kedua puluh dari musim kedua dan episode terakhir Gravity Falls, dibuat oleh Alex Hirsch. Dia menulisnya dengan Mark Rizzo, Jeff Rowe, Shion Takeuchi, dan Josh Weinstein. Ini adalah episode kelima yang disutradarai oleh Stephen Sandoval.

Pada 20 November 2015, sebelum dua episode terakhir "Weirdmageddon" ditayangkan di Disney XD, Hirsch mengumumkan di akun Tumblr-nya bahwa dia memutuskan untuk mengakhiri Gravity Falls. Dia menjelaskan bahwa Disney tidak membatalkan pertunjukan tersebut, tetapi malah menyelesaikannya dengan pilihannya sendiri, dan itu adalah keputusan yang dibuat berbulan-bulan sebelumnya. Hirsch selanjutnya menjelaskan bahwa dia tidak ingin Gravity Falls kehilangan percikan aslinya, dan dia tidak pernah bermaksud pertunjukan itu menjadi serial yang berlangsung selamanya, tetapi eksplorasi pengalaman musim panas dan cerita tentang masa kanak-kanak itu sendiri. Menurut Hirsch, fakta bahwa masa kanak-kanak berakhir itulah yang membuat pertunjukan itu begitu berharga – dan mengapa pemirsa harus menghargainya selama pertunjukan berlangsung.[4]


Episode tersebut menampilkan sejumlah bintang tamu yang pernah tampil di acara itu satu atau dua kali, seperti Cecil Baldwin sebagai Tad Strange, Kurt Braunohler sebagai Greg Valentino, Louis C.K. sebagai The Horrifying Sweaty One-Armed Monstrosity (peran yang sejak itu telah diganti oleh Hirsch)[1] , Nathan Fillion sebagai Preston Northwest, Danielle Fishel sebagai Pyronica, Larry King sebagai versi lilin dari kepalanya yang tidak berwujud, Andy Merrill sebagai Gigi, Alfred Molina sebagai Multi-Bear, dan J.K. Simmons mengambil peran berulang sebagai Ford Pines. Hanya ada satu karakter baru di final: sopir bus yang membawa Dipper dan Mabel kembali ke Piedmont, California, disuarakan oleh Twin Peaks bintang tamu Kyle MacLachlan.[5]

Siaran[sunting | sunting sumber]

Episode ini ditayangkan perdana di Disney XD pada 15 Februari 2016, pukul 19:00 EST. Pada hari pemutaran perdana, episode tersebut mengumpulkan rata-rata 2,47 juta penonton di seluruh Amerika Serikat, mengalahkan "A Tale of Two Stans" sebagai siaran yang paling banyak ditonton dalam sejarah jaringan tersebut.[2]

Pada 8 Februari 2016, tujuh hari sebelum pemutaran perdana, Disney XD menayangkan acara khusus setengah jam berjudul Gravity Falls: Between the Pines, dibawakan oleh pencipta Alex Hirsch dan karakter Gravity Falls Time Baby (diperankan oleh Dave Wittenberg). Tayangan spesial ini menguraikan produksi acara, memberi penggemar pandangan ke dalam di balik layar. Maraton 68 jam ditayangkan di Disney XD dari 12 Februari 2016, hingga final pada 15 Februari 2016, dengan seluruh seri ditayangkan secara berurutan. Karena hanya ada 39 episode, acara itu diputar empat kali untuk mengisi slot 68 jam.[6][7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Final menerima pujian kritis baik dari kritikus maupun penggemar acara tersebut. Alasdair Wilkins dari A.V. Club mengklaim bahwa itu adalah akhir yang sempurna untuk serial tersebut dan menghadiahkan episode "A" untuk membawa kembali karakter sebanyak mungkin, bahkan dengan karakter pendukung tersier mendapatkan momen kecil mereka sendiri untuk bersinar. Dia memuji cara episode tersebut mencontohkan semua Gravity Falls bisa menjadi yang terbaik: lucu, emosional, indah, dan menakutkan dalam ukuran yang sama. Menurutnya, "ketika Gravity Falls dimulai, itu dianggap sebagai persilangan yang ramah anak dari The Simpsons, Twin Peaks, dan The X-Files. Saya tidak dapat memikirkan penghargaan terakhir yang lebih baik daripada mengatakan bahwa itu sesuai dengan semua potensi konyol yang tersirat dalam deskripsi itu … dan akhirnya menjadi sesuatu yang lebih baik dari itu.” Pada akhirnya, dia menulis bahwa Gravity Falls telah memulai A.V. Club meninjau karir hampir empat tahun sebelumnya dan kemungkinan besar akan menjadi satu-satunya pertunjukan yang pernah dia dapatkan untuk meninjau kawat ke kawat, dan akan selalu memiliki tempat yang sangat istimewa di hatinya karena alasan dia tidak dapat membayangkan orang lain peduli. semua yang banyak tentang.[8]

Max Nicholson dari IGN memberikan episode 9/10, memuji caranya menyeimbangkan semua karakter dan tidak membuat siapa pun kehilangan kesenangan. Dia juga menikmati anggukan kecil pada episode acara sebelumnya. Menurutnya, "Weirdmageddon 3" dipenuhi dengan tawa, keseruan, dan momen yang mengharukan. Dalam ulasannya, "Saat serial animasi berjalan, Gravity Falls adalah salah satu yang luar biasa, dan sedih melihatnya pergi. Pada saat yang sama, saya senang ini berakhir saat masih segar, jadi penggemar dapat mengingatnya dengan sayang".[9]

Episode tersebut mendapat banyak pers setelah terungkap bahwa karakter Sheriff Blubs dan Deputy Durland adalah gay, dengan liputan di situs berorientasi LGBT juga. Pasangan itu terungkap setelah pasangan itu mengancam siapa pun yang terlalu banyak bertanya tentang peristiwa Weirdmageddon dengan taser. Ketika mengatakan mereka akan menyerang mereka jika ada yang menceritakan apa yang terjadi, Deputy Durland mengatakan bahwa mereka "gila dengan kekuatan", lalu beralih ke Sheriff Blubs saat mereka menambahkan "... dan cinta". Hirsch sebelumnya mengatakan bahwa dia yakin dia akan diblokir untuk memasukkan karakter LGBT ke dalam pertunjukan. Dia berkata: "Saya ingin sekali, tapi saya ragu mereka akan membiarkan saya melakukannya di TV anak-anak. Tapi kawan, saya akan melakukannya jika saya bisa".[10] Ini adalah pertama kalinya Disney XD dan Disney Channel memperkenalkan pasangan pria gay, digambarkan sebagai "Disney mengambil langkah besar menuju kesetaraan"[11]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Karena pelanggaran seksual yang dibuatnya pada 2017, hasil sulih suara C.K. di dub ulang oleh Alex Hirsch.[1]
  2. ^ Adegan ini mengatur Perburuan Cipher, perburuan internasional untuk patung Bill Cipher di kehidupan nyata yang diluncurkan oleh Alex Hirsch.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Shanely, Patrick (December 21, 2017). "Disney Redubs Louis C.K.'s 'Gravity Falls' Character After Sexual Misconduct Admission". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 21, 2017. 
  2. ^ a b "'Gravity Falls' Series Finale Sets All Time Disney XD Ratings Records". Variety. 22 Februari 2016. Diakses tanggal 24 Februari 2016. 
  3. ^ Jaworski, Michelle (July 21, 2016). "'Gravity Falls' creator sends fans on a worldwide scavenger hunt". The Daily Dot. Diakses tanggal December 30, 2020. 
  4. ^ a b Alex Hirsch (November 20, 2015). "Goodbye Gravity Falls". Tumblr. Diakses tanggal February 24, 2016. 
  5. ^ "Alex Hirsch on Kyle MacLachlan being on Gravity Falls". Twitter. February 15, 2016. Diakses tanggal February 24, 2016. 
  6. ^ "Disney XD's 'Gravity Falls' 68 Hour Marathon to Lead to Hour-Long Series Finale; Behind-the-Scenes Special to Air February 8". Diarsipkan dari versi asli tanggal March 6, 2016. Diakses tanggal February 6, 2016. 
  7. ^ Adams, Erik (Feb 19, 2016). ""See you next summer": Alex Hirsch says goodbye to Gravity Falls". A.V. Club. 
  8. ^ "'Gravity Falls' Has The Perfect Ending". The A.V. Club. February 15, 2016. Diakses tanggal February 24, 2016. 
  9. ^ "Gravity Falls: "Weirdmageddon 3: Take Back the Falls" Review". IGN. February 15, 2016. Diakses tanggal February 27, 2016. 
  10. ^ "Disney cartoon 'Gravity Falls' confirms gay romance". PinkNews. February 18, 2016. Diakses tanggal February 24, 2016. 
  11. ^ "Disney Channel Adds First Gay Male Couple To Cartoon "Gravity Falls"". NewNowNext. February 17, 2016. Diakses tanggal February 24, 2016.