Webdriver Torso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampilan khas Webdriver Torso. Penurunan kualitas ini terlihat dalam teks dan sepanjang tepi persegi panjang.

Webdriver Torso adalah akun YouTube otomatis yang dibuat oleh Google pada 7 Maret 2013[1] yang sering memposting video yang menunjukkan slide sederhana disertai dengan bunyi beep, dalam rangka untuk menguji kinerja website. Saluran yang membawa perhatian publik pada tahun 2014, ketika menjadi sumber spekulasi untuk pemirsa yang menemukan dan mencatatnya sebagai tidak biasa, serta tiga atipikal video yang menampilkan lelucon. Itu tetap menjadi misteri sampai YouTube sambil bercanda mengakui bahwa saluran yang ada sebagai pengujian utilitas internal.

Isi[sunting | sunting sumber]

Sejak 23 September 2013, saluran ini mengunggah video dengan rata-rata waktu biasanya antara 1 sampai 15 menit, kadang-kadang bisa sampai satu jam, menjadikan ratusan ribu video sampai tahun 2016 (mungkin channel YouTube dengan video yang paling banyak). Dengan pengecualian tiga video, semua video mengikuti standar yang dijelaskan di bawah ini.

Sebagian besar video berdurasi 11 detik, meskipun beberapa juga sekitar 1 menit,[2] 5 menit, atau 25 menit.[3] Mereka adalah slideshow yang menampilkan 1 slide setiap detik. Setiap slide terdiri dari sebuah latar belakang berwarna putih tumpang tindih dengan dua persegi panjang berwarna solid buram, satu merah dan yang lain berwarna biru. Kedua persegi panjang memiliki ukuran, bentuk, dan posisi acak dalam slide. Ketika keduanya tumpang tindih, persegi panjang merah selalu muncul di atas persegi panjang biru, dan pada kesempatan langka, persegi panjang merah benar-benar menutupi warna biru. Setiap slide dihasilkan oleh gelombang komputer secara acak. Di sudut setiap video itu tertulis "aqua.flv - slide XXXX (nomor dengan empat digit)". Video pertama ditulis dengan nama "aqua",[4] kemudian diubah menjadi "tmp" diikuti dengan karakter acak.

Video Lelucon[sunting | sunting sumber]

Saluran ini memiliki tiga video yang melanggar saluran standar, bukan menampilkan referensi internal melainkan lelucon. Salah satunya, tmpRkRl85, muncul sebuah video biasa sampai persegi panjang merah menjadi siluet dari Rick Astley menari pada bagian paruh kedua video.[5] Video "00014" adalah rekaman yang direkam di Paris yang menunjukkan Menara Eiffel yang menyala.[5] Di akhir video, kamera diletakkan ke bawah, dan halaman Facebook Webdriver Torso terlihat selama beberapa waktu.[5] Yang terakhir, "0.455442373793" hanya dapat dilihat di Prancis, membutuhkan pembayaran 1.99 euro untuk menontonnya, dan hanya dapat dibayarkan dengan kartu kredit Prancis. Memunculkan sebuah episode dari kartun dewasa Amerika Aqua Teen Hunger Force yang didubbing dalam bahasa Spanyol.[6]

Langganan[sunting | sunting sumber]

Delapan saluran lain telah berlangganan saluran ini. Enam dari mereka adalah kategori saluran yang dibuat oleh YouTube tentang musik dan berita. Yang lain adalah saluran jerman berlabel Aggro Berlin dan saluran Joueur du Grenier, saluran asal Prancis berdasarkan video humor permainan retro. Puluhan ribu akun telah berlangganan Webdriver Torso.

Spekulasi[sunting | sunting sumber]

Sebelum YouTube mengonfirmasi saluran sebagai saluran percobaan, ada beberapa spekulasi tentang identitas dan konten video. Hipotesis tentang tujuan saluran seperti pesan mata-mata,[7] kontak dengan kehidupan di luar bumi,[8] rencana pembangunan[9] dan program rekrutmen Cicada 3301.[10]

Referensi yang Tidak Dijelaskan[sunting | sunting sumber]

Meskipun Google telah mengklarifikasi tujuan channel, ini tidak menjelaskan referensi yang tampaknya lucu yang terkandung dalam beberapa video, termasuk episode Aqua Teen Hunger Force, siluet Rick Astley, dan rekaman Menara Eiffel. Terakhir, Webdriver Torso pada satu waktu memiliki komentar "Matei sangat cerdas". "Matei" dalam peryataaan ini tidak diketahui, tetapi diduga adalah Basarab Matei,[11] Matei Mancas, Matei Gruber, dan Matei Ciocarlie.[12] Komentar "Matei" itu tampaknya dihapus pada beberapa waktu kemudian.

Memecahkan Misteri[sunting | sunting sumber]

Saluran ini kemudian diungkapkan menjadi sebuah saluran pengujian kualitas (lihat di bawah).

Penemuan Soggetto Ventuno[sunting | sunting sumber]

Seorang blogger Italia bernama "Soggetto Ventuno" menemukan bahwa Webdriver Torso termasuk jaringan rekening yang disebut "ytuploadtestpartner_torso".[5] Ventuno kemudian menemukan beberapa akun lain dengan video yang mirip, banyak yang ditarik atau dibuat pribadi setelah penyelidikan Ventuno diterbitkan.[5] Jaringan terhubung ke sebuah halaman Facebook dan Twitter, yang kini keduanya telah dihapus.[5] Halaman Facebook telah disebutkan "Johannes Leitner", karyawan Google Zürich.[5] Leitner berteman dengan karyawan lain, "Matei Gruber".[5] "Matei" telah disebutkan di 00014 (lihat di atas).[5] Ventuno kemudian membandingkan adegan-adegan dari video tertarik dengan foto Google Zürich, dan melihat pencocokan hal-hal, yang menunjukkan bahwa video tertarik yang direkam di Google Zürich,[5] dan bahwa saluran dan semua saluran yang mirip ini ternyata dari Google Zürich.

Tujuan dari Video[sunting | sunting sumber]

Video ini dibuat untuk menguji kualitas video YouTube. Setelah pembuatan, video di-upload ke YouTube. Video yang diunggah tersebut kemudian dibandingkan dengan video sebelumnya yang mereka upload, untuk melihat seberapa jauh kualitas hilang.

Balasan YouTube[sunting | sunting sumber]

Ketika YouTube ditanya tentang Webdriver Torso, mereka menjawab: "Kita tidak akan membiarkan anda meng-upload dengan lambat atau kehilangan kualitas video, dan kita tidak akan mengecewakan anda saat bermain YouTube dalam kualitas video yang buruk. Itulah mengapa kita selalu menjalankan tes seperti Webdriver Torso." Ini adalah referensi untuk lagu Rick Astley, "Never Gonna Give You Up".

Easter Egg[sunting | sunting sumber]

Logo Google Webdriver Torso.
  • Easter egg lain adalah dalam Android L developer build, Versi Easter egg Android adalah referensi untuk video Webdriver Torso.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]