Lompat ke isi

Waspa randa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Waspa randa
Achimenes Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoLamiales
FamiliGesneriaceae
GenusAchimenes Edit nilai pada Wikidata
Pers.
Species
See text

Achimenes /æˈkɪmɪnz/ [1] adalah genus dari sekitar 25 spesies herba abadi rhizomatous tropis dan subtropis dalam keluarga tumbuhan berbunga Gesneriaceae . Mereka mempunyai banyak nama umum seperti waspa randa atau bunga ajaib.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Menurut beberapa pihak berwenang, nama tanaman tersebut mungkin berasal dari kata Yunani chemanos yang berarti "lembut" atau "peka terhadap dingin". [2]

Jangkauan dan taksonomi[sunting | sunting sumber]

Genus ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dengan satu spesies ( A. erecta ) yang tumbuh secara alami di Hindia Barat . Jumlah spesies terbesar ditemukan di Meksiko. Beberapa spesies dan hibrida dibudidayakan secara luas dan dinaturalisasi di luar wilayah asalnya. Daftar lengkap spesies, beserta sinonim dan sebaran geografisnya, dapat ditemukan di Daftar Periksa Gesneriaceae Dunia dari Smithsonian Institution.

Dua spesies yang sebelumnya termasuk dalam Achimenes kini diklasifikasikan dalam genus segregasi Eucodonia dan beberapa penelitian filogenetik mendukung pemisahan ini.

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Spesies dan hibrida bunga waspa randa umumnya ditanam sebagai tanaman rumah kaca, atau di luar ruangan sebagai tanaman alas tidur di daerah subtropis. Spesies ini telah dihibridisasi secara ekstensif, dengan banyak hibrida yang melibatkan spesies berbunga besar A. grandiflora dan A. longiflora . Banyak spesies dan hibridanya memiliki bunga besar berwarna cerah dan dibudidayakan sebagai tanaman hias rumah kaca dan tanaman alas tidur. Mereka umumnya mudah tumbuh selama persyaratan dasarnya terpenuhi: tanah yang kaya akan drainase baik di sisi asam, cahaya tidak langsung yang terang, kehangatan, kelembapan konstan, dan kelembapan tinggi. Mereka mengalami dormansi musim dingin dan melewati musim dingin sebagai rimpang bersisik, yang harus tetap kering sampai bertunas kembali di musim semi. Beberapa spesies dan hibridanya cukup kuat dan dapat ditanam di luar ruangan sepanjang tahun di zona 8, atau bahkan zona 7 dengan perlindungan.

Di Inggris, orang-orang berikut ini telah memperoleh Penghargaan Garden Merit dari Royal Horticultural Society : -

  • 'Ambroise Verschaffelt' [3]
  • 'Hilda Michelsen' [4]
  • × Achimenantha' Inferno' [5]Achimenantha adalah hibrida antargenerik antara Achimenes dan Smithiantha )

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sunset Western Garden Book, 1995:606–607
  2. ^ Johnson, A.T. & Smith, H.A., Plant Names Simplifi Basic information with illustration of selected species. Ed. 2. http://www.genera-gesneriaceae.at
  3. ^ "Achimenes 'Ambroise Verschaffelt'". Royal Horticultural Society. Diakses tanggal 30 December 2017. 
  4. ^ "Achimenes 'Hilda Michelsen'". Royal Horticultural Society. Diakses tanggal 30 December 2017. 
  5. ^ Achimenantha 'Inferno'". Royal Horticultural Society. Diakses tanggal 30 December 2017.