Kota Waisai, Raja Ampat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Waisai)
Lompat ke: navigasi, cari
Kota Waisai
Distrik
Negara  Indonesia
Provinsi Papua Barat
Kabupaten Raja Ampat
Pemerintahan
 • Kepala distrik ...
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²
Kampung/kelurahan 4/-

Kota Waisai adalah salah satu distrik di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Kota Waisai juga merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Raja Ampat. Waisai berada di Pulau Waigeo yang merupakan gugusan Kepulauan Raja Ampat.

Raja Ampat terkenal dengan keindahan alam serta keaneka ragaman hayatinya, banyak turis lokal maupun asing yang berkunjung menikmati keindahan maupun untuk penelitian.

Masyarakat asli kepulauan ini adalah etnis Suku Biak, Maya, Ondoloren bermukim. Sebagian besar penduduk asli Raja Ampat adalah masyarakat subsisten yang hidup sederhana, tradisional dengan target hanya sebatas tercukupi kebutuhan sehari-harinya. Di daerah ini pula ada tradisi makan biji buah pinang untuk mempererat peraudaraan seperti lazimnya daerah lain di Indonesia.

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Distrik Kota Waisai terbagi ke dalam 4 kampung, antara lain:

  1. Bonkawir
  2. Sapordanco
  3. Waisai
  4. Warmasen

Sekolah Menengah Atas[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Raja Ampat merupakan salah satu sekolah Menengah atas di Kabupaten Raja Ampat. SMA Negeri 1 Raja Ampat terletak di Kampung Waisai,SMA Negeri 1 Raja Ampat merupakan Sekolah Menengah Atas terbaik di Raja Ampat. Dan ditunjuk sebagai sekolah rujukan. SMA Negeri 1 Raja Ampat menerapkan Kurikulum 2013.

Foto[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]