Victoria, Putri Mahkota Swedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Victoria
Putri Mahkota dengan putranya, Oscar setelah pembaptisannya, Mei 2013
Putri Mahkota dengan putranya, Oscar setelah pembaptisannya, Mei 2013
Lahir 14 Juli 1977 (umur 39)
Solna, Stockholm, Swedia
Pasangan Daniel Westling (nikah 2010)
Anak
Putri Estelle, Adipati Östergötland
Pangeran Oscar, Adipati Skåne
Nama lengkap
Victoria Ingrid Alice Désirée
Wangsa Bernadotte
Ayah Carl XVI Gustaf dari Swedia
Ibu Silvia dari Swedia
Agama Gereja Swedia
Keluarga Kerajaan Swedia
Great coat of arms of Sweden (without mantle).svg

YM Sang Raja
YM Sang Ratu


YM Putri Birgitta

Victoria, Putri Mahkota Swedia, Adipati Wanita Västergötland (Victoria Ingrid Alice Désirée; lahir 14 Juli 1977) adalah anak sulung dari Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia. Victoria juga adalah pewaris takhta Kerajaan Swedia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Victoria lahir pada 14 Juli 1977 di Rumah Sakit Karolisnka di Solna, Swedia[1] pada pukul 21:45 (waktu Swedia)[2], sebagai anak sulung dari Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia. Ayahnya adalah putra dari anak sulung Raja Gustaf VI Adolf dari Swedia, Pangeran Gustaf Adolf, Adipati Västerbötten dan istrinya Putri Sibylla dari Saxe-Coburg dan Gotha, keduanya adalah keturunan dari Ratu Victoria dari Britania Raya. Sementara ibunya adalah putri dari Walther Sommerlath asal Jerman dan Alice Sommerlath (lahir Alice Soares de Toledo) asal Brasil.

Victoria dibaptis pada 27 September 1977 di Kapel Istana Stockholm, Swedia oleh Uskup Agung Uppsala, Olof Sundby. Wali baptisnya adalah Ratu Beatrix dari Belanda, kemudian Putri Beatrix; bibinya Putri Désirée, Baroness Silfverschiöld; Raja Harald V dari Norwegia; dan pamannya Ralf Sommerlath.[3] Victoria dibaptis dengan nama Victoria Ingrid Alice Désirée. Pemberian namanya adalah untuk menghormati kerabat-kerabatnya. Nama pertamanya datang dari leluhurnya, Victoria dari Baden, yang merupakan istri dari Gustaf V dari Swedia dan leluhurnya Ratu Victoria dari Britania Raya (cucu Victoria, Putri Margaret dari Connaught adalah nenek buyutnya). Namanya yang lain untuk menghormati bibi buyutnya, Ratu Ingrid dari Denmark, neneknya Alice Sommerlath (lahir Alice Soares de Toledo), dan leluhurnya, Désirée Clary, istri dari Charles XIV John dari Swedia demikian juga bibi dan ibu baptisnya, Putri Désirée.

Victoria dikonfirmasi pada 27 Juni 1992 di Gereja Räpplinge di Öland.[4]

Perubahan Status[sunting | sunting sumber]

Putri Victoria menjadi yang pertama di garis suksesi pada 1980 menggantikan adik laki-lakinya, Pangeran Carl Philip, Adipati Värmland yang lahir sebagai putra mahkota pada 1979. Pada 1 Januari 1980, parlemen Swedia (Riksdag) mengubah Undang-Undang Suksesi yang menunjuk anak sulung, tanpa memperhatikan jenis kelamin, sebagai pewaris takhta Kerajaan.[5] Victoria diperkirakan akan menjadi ratu keempat Swedia dan ratu pertama dari Wangsa Bernadotte jika ia naik takhta. Victoria adalah salah satu dari tiga pewaris perempuan di dunia, dua yang lainnya adalah anak baptisnya Catharina-Amalia, Putri Oranye dan Élisabeth, Adipati Brabant.[6]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan Awal[sunting | sunting sumber]

Putri Mahkota Victoria menghadiri Pra-Sekolah Västerled Paroki dari 1982 sampai 1984. Pada musim gugur 1984 ia masuk sekolah dasar di Smedslättsskolan di Bromma.

Dia menyelesaikan sekolah menengah di Ålstenskolan di Bromma dan melanjutkan program ilmu pengetahuan alam dan sosial di Enskilda Gymnasiet, sekolah menengah atas di Stockholm dan lulus pada musim semi 1996.

Selama musim panas, Victoria menghabiskan liburannya dengan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dan Jerman untuk mendapatkan tambahan bahasa asing.

Pendidikan Lanjutan[sunting | sunting sumber]

Di tahun pelajaran 1996/1997, Victoria belajar bahasa Perancis di Centre International d'Etudes Francaises di Université Catholique I'Ouest di Angers, Perancis.

Untuk mendapatkan wawasan luas ke parlemen Swedia dan kerja pemerintah, ia mengikuti program khusus desain pada musim gugur 1997.

Pada musim semi 1998, Victoria mulai belajar di Universitas Yale di Amerika Serikat. Ia belajar politik, sains, dan sejarah. Selama ia tinggal di Amerika Serikat, Victoria magang di Kedutaan Swedia di Washington D.C.. Lalu mengikuti studi dalam bisnis Swedia demikian juga studi dan pelatihan program pertanian dan kehutanan.

Pada musim gugur 2007 dan musim semi 2008, Putri Mahkota melanjutkan studinya dalam ilmu politik di Universitas Stockholm. Dia melanjutkan pendidikannya dengan studi dalam penelitian perdamaian dan konflik di Universitas Uppsala. Putri Mahkota mendapat gelar sarjana dalam studi perdamaian dan konflik pada musim semi 2009.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pacar pertama Victoria adalah Daniel Collert. Hubungan mereka dikonfirmasi melalui wawancara dengan Victoria pada Expo 2000 di Hanover, dan oleh petugas pers istana, Elisabeth Tarras-Wahlberg,[7], dan kemudian putus.

Pada Mei 2002, Expressen melaporkan bahwa Victoria memiliki pacar baru, pelatih pribadinya, Daniel Westling.[8] Pada 24 Februari 2009, pihak istana mengumumkan bahwa mereka telah bertunangan setelah ayah Victoria, Raja Carl XVI Gustaf memberi persetujuan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh konstitusi Swedia dengan meminta perjanjian dengan pemerintah.[9]

Pasangan ini kemudian menikah pada 19 Juni 2010 di Kapel Istana Stockholm, Stockholm, Swedia.[10] Pasangan ini memiliki dua anak:

Atas pernikahan mereka, Daniel mendapat gelar Pangeran Daniel dari Swedia, Adipati Västergötland.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biografi Putri Mahkota
  2. ^ Sponberg, Udo (2 Februari 2012). "Och så ska det gå till ...". Göteborgs-Posten. Diakses tanggal 1 Juni 2016. 
  3. ^ "Kronprinsessan Victorias dop i backspegeln – stort bildextra". Svenskdam. 23 Mei 2016. 
  4. ^ "Kronprinsessan Victoria - stilguide". Expressen. Diakses tanggal 1 Juni 2016. 
  5. ^ Bogdan Munteanu. "Crown Princess Victoria – a mirror of the Swedish nation". The Heart of Living. 
  6. ^ World Heritage Encyclopedia. "Heir Apparent". 
  7. ^ Rowan, Cina (4 September 2000). "Victoria bekräftar: Daniel är min pojkvän". Aftonbladet. 
  8. ^ "Victoria: Han är jättetrevlig". Expressen. 31 Mei 2002. 
  9. ^ Engagement Between Crown Princess Victoria and Daniel Westling
  10. ^ http://www.expressen.se/nyheter/brollopet/prins-daniel-storst-av-allt-ar-karleken/

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Crown Princess Victoria of Sweden di Wikimedia Commons

Victoria, Putri Mahkota Swedia
Lahir: 14 Juli 1977
Swedia
Urutan pertama Urutan suksesi Tahta Swedia
posisi pertama
Diteruskan oleh:
Putri Estelle
Didahului oleh:
Pangeran Carl Philip
Undang-Undang Suksesi Swedia berubah
Pewaris Tahta Swedia
by Absolute cognatic primogeniture
1 Januari 1980 – sekarang
Petahana
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Pangeran Carl, Duke of Västergötland
(sebagai Duke)
Duchess of Västergötland
1980 - sekarang
Britania
Didahului oleh:
Pangeran Carl Philip,
Duke of Värmland
Urutan suksesi tahta Britania
posisi ke-194
Diteruskan oleh:
Putri Madeleine,
Duchess of Hälsingland
and Gästrikland