Putri Margaret dari Connaught

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Putri Margaret dari Connaught
Putri Mahkota Swedia; Istri Adipati Skåne
Margaret of Connaught.png
Lahir 15 Januari 1882
Bagshot Park, Surrey
Mangkat 1 Mei 1920 (umur 38)
Stockholm, Swedia
Makam Pemakaman Kerajaan, Haga Park, Swedia
Pasangan Gustaf Adolf, Putra Mahkota Swedia (nikah 1905)
Anak
Pangeran Gustaf Adolf, Adipati Västerbotten
Count Sigvard Bernadotte
Ingrid, Ratu Denmark
Pangeran Bertil, Adipati Halland
Count Carl Johan Bernadotte
Nama lengkap
Margaret Victoria Charlotte Augusta Norah
Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha
Ayah Pangeran Arthur, Adipati Connaught
Ibu Putri Louise Margaret dari Prussia

Putri Margaret dari Connaught (lahir Margaret Victoria Charlotte Augusta Norah, 15 Januari 1882 – 1 Mei 1920), adalah Putri Mahkota Swedia dan Istri Adipati Skåne melalui pernikahannya dengan Gustaf Adolf, Putra Mahkota Swedia pada 1905. Dia dikenal di Swedia dengan nama Margareta.

Lahir sebagai anggota dari Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha, dia adalah putri sulung dari pasangan Pangeran Arthur, Adipati Connaught dan Strathearn dan Putri Louise Margaret dari Prussia. Ayahnya adalah putra dari Ratu Victoria dari Britania Raya dan Pangeran Albert dari Saxe-Coburg dan Gotha. Melalui pernikahannya dengan Putra Mahkota, dia memiliki lima orang anak. Dia meninggal pada 1920 ketika sedang mengandung anak keenam mereka.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Putri Margaret bersama neneknya, Ratu Victoria pada Mei 1882
Putri Margaret pada 1885, oleh Carl Rudolph Sohn

Putri Margaret lahir pada 15 Januari 1882 di Bagshot Park, Surrey, Britania Raya untuk pasangan Pangeran Arthur, Adipati Connaught dan Strathearn dan Putri Louise Margaret dari Prussia. Ayahnya adalah putra dari Ratu Victoria dari Britania Raya dan Pangeran Albert dari Saxe-Coburg dan Gotha, sementara ibunya adalah putri dari Pangeran Friedrich dari Prussia dan Putri Anna Maria dari Anhalt.[1] Dia dibaptis pada 11 Maret 1882 di Kapel Pribadi di Istana Windsor oleh Uskup Agung Canterbury, Archibald Campbell. Wilhelm I, Kaisar Jerman (diwakili duta besar Jerman, Count Münster); Albert, Pangeran Wales (paman dari pihak ayah, calon Raja Edward VII); Pangeran Karl dari Prussia (kakek buyut dari pihak ibu); Pangeran Karl Friedrich dari Prussia (kakek dari pihak ibu); Ratu Victoria dari Britania Raya (nenek dari pihak ayah); Victoria, Putri Kerajaan (bibi dari pihak ayah, diwakilkan oleh bibinya, Putri Helena dari Britania Raya); Putri Anna Maria dari Anhalt (nenek dari pihak ibu, diwakilkan oleh bibinya Putri Beatrice dari Britania Raya); dan Putri Augusta, Istri Adipati Cambridge (bibi buyut ayahnya), menjadi orang tua baptisnya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]