Putri Madeleine, Adipati Hälsingland dan Gästrikland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Putri Madeleine
Adipati Wanita Hälsingland and Gästrikland
Putri Madeleine saat hari pernikahannya
Putri Madeleine saat hari pernikahannya
Pasangan Christopher O'Neill (m. 2013)
Anak
Putri Leonore, Adipati Gotland
Pangeran Nicolas, Adipati Ångermanland
Nama lengkap
Madeleine Thérèse Amelie Josephine
Gelar dan jabatan
HRH Adipati Wanita Hälsingland and Gästrikland
HRH Putri Madeleine
Wangsa Wangsa Bernadotte
Ayah Carl XVI Gustaf, Raja Swedia
Ibu Silvia, Ratu-Permaisuri Swedia
Lahir 10 Juni 1982 (umur 33)
Stockholm, Swedia
Keluarga Kerajaan Swedia
Greater coat of arms of Sweden (without ermine mantling).svg

YM Sang Raja
YM Sang Ratu


YM Putri Birgitta

Putri Madeleine, Adipati Hälsingland dan Gästrikland (Madeleine Thérèse Amelie Josephine; lahir di Stockholm, 10 Juni 1982; umur 33 tahun) adalah anak termuda dan putri kedua dari Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia dan Ratu Silvia dari Swedia. Ia berada di urutan ke-4 dalam garis suksesi tahta Swedia diikuti oleh kedua anaknya: Leonore dan Nicolas. Ia menikah dengan Christopher O'Neill 8 Juni 2015 di Kapel Stockholm.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Madeleine lahir pada 10 Juni 1982 di Stockholm, Swedia. Ia lahir untuk orangtua kerajaan Carl XVI Gustaf, Raja Swedia dan istrinya Silvia, Ratu–Permaisuri Swedia. Ia masuk dalam Wangsa Bernadotte, wangsa untuk Keluarga Kerajaan Swedia. [1] Pembatisannya diadakan di Gereja Istana Kerajaan pada tahun 1982 di hadapan anggota keluarga, paman dan bibi dari pihak ayah sebagian besar seperti Andreas, Pangeran Sachsen-Coburg and Gotha, dan Putri Christina.[1]

Pada usia tiga tahun, Madeleine dibawa ke Västerled Paroki Pra-Sekolah, di mana ia belajar sampai 1989. Sang putri kemudian pindah ke lembaga seperti Sekolah Carlssons dan Enskilda Gymnasiet untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Setelah lulus dari 'Enskilda' pada tahun 2001, sang putri pindah ke London. Dia tinggal di kota membantu Madeleine meningkatkan kemahiran dalam bahasa Inggris. Dia bahkan menyelesaikan program sertifikasi komputer yang diselenggarakan oleh organisasi non-profit 'ECDL' (Eropa Computer Driving License).

Dua tahun kemudian, Madeleine pergi ke Universitas Stockholm untuk mengejar gelar dalam Sejarah Seni. Dia bahkan belajar Etnologi dan Psikologi anak selama waktunya di sini.[1]

Tugas Kerajaan[sunting | sunting sumber]

Putri melakukan tugas kerajaan atas nama ayahnya dan orang-orang dari Swedia. Tugasnya meliputi perayaan Hari Nasional Swedia, Ulang Tahun Raja dan Putri Mahkota, para nobel perayaan, makan malam dan negara kunjungan dengan anggota lain dari keluarga kerajaan.[2] Putri diwakili Swedia pada pembukaan Galeri Swedia Baru pada tanggal 5 Juni 2011 , di Museum Bersejarah Amerika-Swedia di Philadelphia, Pennsylvania yang menampilkan peta animasi dari Swedia Baru penyelesaian oleh Sean Moir.[3]

Pengalaman Kerja[sunting | sunting sumber]

Tahap kedua dari program pendidikan jangka panjang putri dimulai pada bulan Januari 2006 dengan pengalaman kerja di markas UNICEF di New York.

Sementara melaksanakan pengalaman kerja di New York, Putri Madeleine telah terlibat dalam hari informasi di markas PBB di New York dan berpartisipasi dalam konferensi, termasuk satu di Minneapolis pada isu-isu yang berkaitan dengan mendukung program untuk anak perempuan dieksploitasi secara seksual.

Pekerjaan Putri dengan Pondasi Masa Dunia di musim gugur 2006 termasuk beberapa tindak lanjut pekerjaan proyek di Ukraina dan Sankt-Peterburg.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Princess Madeleine Profiles". Diakses tanggal 25 Agustus 2015. terjemahan ke bahasa Indonesia 
  2. ^ (Inggris)HKH Prinsessan Madeleine Official Website
  3. ^ (Inggris)John Lane's notes on music

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Putri Madeleine, Adipati Hälsingland dan Gästrikland
Lahir: 10 Juni 1982
Didahului oleh:
Prince Carl Philip
Urutan suksesi tahta Swedia
posisi ke-4
Diteruskan oleh:
Putri Leonore
Didahului oleh:
Victoria, Putri Mahkota Swedia
Urutan suksesi tahta Britania
c. posisi ke-197
Diteruskan oleh:
Putri Margaretha, Ny. Ambler