Vicente dos Reis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Vicente Manuel dos Reis (juga Vicente Sa'he nasi atau Bie Ki Sa'he; lahir di Bucoli, Baucau, Timor Portugis - meninggal di Manatuto, Timor Timur, Januari 1979) adalah seorang politisi Timor dan pejuang kemerdekaan Timor terhadap pendudukan Indonesia (1975-1999).

Hidup[sunting | sunting sumber]

Sahe adalah anak dari Liurai Bucoli. Setelah menyelesaikan sekolah menengah, sekolah ia belajar teknik mesin di Portugal, di mana ia adalah anggota dari kelompok anak muda Timor politik, yang juga Abílio Araújo, kepala PNT saat ini. Pada tahun 1975 ia kembali ke Timor Timur, tanpa menyelesaikan studinya. Sahe adalah salah satu pendiri FRETILIN kiri dan anggota Komite Sentral dan Komisaris Politik partai. Ketika Timor Leste mendeklarasikan diri merdeka pada 28 November 1975 beras Menteri Tenaga Kerja dalam pemerintahan pertama. Hanya sembilan hari kemudian Indonesia secara resmi mulai invasi negara tetangga. 1976, komandan sektor beras Timur Tengah ke kota Baucau. Hal ini diyakini bahwa dia terlibat dalam fungsi ini dalam pelaksanaan Aquiles Freitas Soares, yang memimpin faksi lain dalam FRETILIN. 1977 Sahe diangkat ke Nasional Komisaris Politik. Pada tahun 1979, ia terluka dalam perang melawan Indonesia dalam serangan di Manufahi antara Fatuberlio Alas dan kaki berdarah sampai mati dan dimakamkan di Gunung Casa dos Morcegos, dekat Suco Dotik (Kecamatan Alas). Satu kaki kemudian dicuri oleh tentara Indonesia untuk membuktikan kematian pemimpin gerilya.

Pada tanggal 27 Oktober 2007, jenazah dibawa dari biji Sahe setelah Bucoli, di mana ayahnya masih hidup. Dengan pemakaman kakak Vicente adalah José Reis, saat ini Wakil Sekretaris Jenderal Fretilin Nicolau dan Mário dos Reis (beras Marito), Sekretaris Negara untuk Urusan Veteran pembebasan nasional dan mantan Administrator Transisi kabupaten Baucau. [4] [5] Ini rumor dan tuduhan Sahe masih akan hidup. Beberapa kelompok animisme-dipengaruhi seperti Colimau 2000 klaim Sahe dan juga tewas dalam perjuangan kemerdekaan Nicolau Lobato akan kembali dari hutan dan memimpin veteran untuk kemenangan gemilang. Tanggal diprediksi untuk ini adalah malam tahun baru 2004/2005.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Adik Vicente Terezinha de Jesus dos Reis di Bucoli sejak tahun 2005 Chefe de Suco. Saudara laki-laki José Reis adalah Wakil Sekretaris Jenderal Fretilin. Mário Nicolau dos Reis, saudaranya yang lain, sejak tahun 2007, Menteri Urusan Veteran pembebasan nasional. Adik lain adalah anggota FRETILIN Parlemen Nasional. Putra Vicente koordinator kabupaten FRETILIN di Baucau.