Uni Demokrasi Timor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Uni Demokrasi Timor
Bendera partai
TL-UDT.png

Timor Uni Demokratik (União Democrática Timorense) adalah konservatif partai politik di Timor Timur. Itu adalah partai pertama yang didirikan di negara itu pada tahun 1974, setelah Carnation Revolution di Portugal.


Ini awalnya menganjurkan Link dilanjutkan dengan Portugal, dengan menggunakan Tetum slogan Mate bandera hum yang berarti 'Dalam bayangan Portugis flag', tetapi kemudian membentuk aliansi dengan lebih sayap kiri Frente Revolucionaria de Timor Leste Independente (Fretilin) untuk bekerja menuju kemerdekaan pada Januari 1975.

Aliansi ini kemudian pecah di antara tuduhan bahwa Fretilin tidak melakukan kontrol terhadap anggota yang lebih ekstrem, meskipun saat ini, para pemimpin UDT seperti Francisco Lopes da Cruz telah mengadakan pertemuan dengan BAKIN, yang Indonesia n intelijen militer, yang telah mengisyaratkan keraguan Jakarta tentang sebuah negara merdeka di bawah kontrol Fretilin. Pada bulan Agustus tahun itu, UDT melakukan kudeta terhadap pemerintahan Portugis, dan perang saudara tiga bulan meletus. Banyak politisi dan pendukung UDT melarikan diri melintasi perbatasan ke Timor Barat, di mana mereka diminta untuk menandatangani petisi yang menyerukan integrasi Timor Timur ke Indonesia.

Salah satu pemimpin paling senior UDT, Mario Viegas Carrascalao, berpihak pada rezim Indonesia, dan menjabat sebagai Gubernur 'Province 27' di Indonesia antara tahun 1987 dan 1992 Saudaranya, João, tetapi, memimpin UDT di pengasingan di Portugal dan Australia, kemudian bergabung dengan Fretilin dalam gerakan persatuan nasional yang disebut Conselho Nacional de Resistência Maubere (CNRM atau Dewan Nasional Perlawanan Maubere), kemudian disebut Conselho Nacional de Resistência Timorense (CNRT atau Dewan Nasional Perlawanan Timor).

Setelah perubahan pemerintahan di Indonesia pada tahun 1998, dan selanjutnya perubahan kebijakan, UDT mampu mengatur di Timor Timur, di mana ia mendukung kampanye kemerdekaan.

Dalam pemilihan parlemen diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2001, partai memenangkan 2,4% dari suara rakyat dan 2 dari 88 kursi[butuh rujukan]. Dalam pemilu parlemen diselenggarakan pada tanggal 30 Juni 2007, UDT memenangkan 0.90% suara dan tidak memenangkan kursi di parlemen, karena tidak mencapai ambang 3% untuk menang seats.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "National Provisional Hasil dari 30 Juni 2007 Pemilihan Parlemen", Comissão Nacional de Timor-Leste Eleições, 9 Juli 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Timor-stub