Valentin Serov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Valentin Serov
Serov Self.jpg
Potret diri sendiri (1880s)
LahirValentin Alexandrovich Serov
19 Januari 1865
Saint Petersburg, Russian Empire
Meninggal5 Desember 1911(1911-12-05) (umur 46)
Moscow, Rusia
KebangsaanRussia
PendidikanMember Academy of Arts (1898)
Full Member Academy of Arts (1903)
AlmamaterImperial Academy of Arts
Dikenal atasPotret
Gerakan politikPeredvizhniki, Impresionisme, Mir iskusstva

Valentin Alexandrovich Serov (bahasa Rusia: Валенти́н Алекса́ндрович Серо́в; lahir 19 Januari 1865 – meninggal 5 Desember 1911 pada umur 46 tahun) adalah seorang pelukis asal Rusia dan salah satu seniman potret terkemuka di zamannya.

Kehidupan dan pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Masa muda dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Serov lahir di Saint Petersburg, putra komposer dan kritikus musik Rusia Alexander Serov dan istri serta mantan muridnya Valentina Serova, juga seorang komposer di rumahnya sendiri Baik. Dibesarkan di lingkungan yang sangat artistik, ia didorong untuk mengejar bakatnya oleh orang tuanya dan di masa kecilnya ia belajar di Paris dan Moskow di bawah Ilya Repin dan di St. Akademi Seni St. Petersburg (1880–1885) di bawah Pavel Chistyakov. Kreativitas awal Serov dipicu oleh seni realistis Repin dan sistem pedagogis ketat Chistyakov. Pengaruh lebih lanjut pada Serov adalah lukisan master lama yang dilihatnya di museum Rusia dan Eropa Barat, persahabatan dengan Mikhail Vrubel dan (kemudian) Konstantin Korovin, dan kreativitas suasana Abramtsevo Colony, di mana dia berhubungan erat.

Kerja awal[sunting | sunting sumber]

The Girl Covered by the Sun, 1888

Gadis yang Diselubungi Matahari, 1888]]

Karya-karya terbesar dari periode awal Serov adalah potret: The Girl with Peaches (1887), dan The Girl Covered by the Sun (1888), keduanya di Galeri Tretyakov. Dalam lukisan ini, Serov berkonsentrasi pada spontanitas persepsi model dan alam. Dalam pengembangan cahaya dan warna, harmoni refleksi yang kompleks, rasa saturasi atmosfer, dan persepsi dunia yang indah dan segar, muncullah ciri-ciri impresionisme Rusia awal (meskipun Serov belum mengetahui karya impresionis Prancis pada saat membuat lukisan itu).

Potret dan kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1890, potret menjadi genre dasar dalam seni Serov. Di bidang inilah gaya awalnya akan menjadi jelas, lukisan-lukisan yang terkenal karena karakteristik psikologis subjeknya. Model favorit Serov adalah aktor, seniman, dan penulis, seperti Konstantin Korovin (1891), Isaac Levitan (1893), Nikolai Leskov (1894), dan Nikolai Rimsky-Korsakov (1898)—semuanya ada di galeri Tretyakov.[1]

Serov painting Felix Yusupov, 1903

Awalnya berpantang dari gaya lukisan polikromatik berwarna cerah tahun 1880-an, Serov sering lebih menyukai skala dominan warna hitam-abu-abu atau coklat. Fitur Impresionistis terkadang muncul dalam konstruksi komposit potret, atau untuk menangkap kesan gerakan spontan. Seperti dalam karya orang-orang sezamannya John Singer Sargent dan Anders Zorn, impresionisme bukanlah doktriner, tetapi berasal dari studi Hals dan Velázquez seperti dari teori modern. Menerima popularitas yang luas, pada tahun 1894 Serov bergabung dengan Peredvizhniki (The Itinerants), dan mengambil komisi penting, di antaranya potret grand duke Pavel Alexandrovich, (1897, Galeri Tretyakov), S.M. Botkin, 1899, dan Felix Yusupov, 1903 serta Putri Olga Orlova (ini di Museum Rusia di St. Petersburg). Dalam eksekusi yang benar, terampil secara komposisi, dan indah dengan cara yang megah ini, Serov secara konsisten menggunakan gambar berirama linier yang digabungkan dengan kombinasi warna dekoratif.

Pada saat yang sama, ia mengembangkan arah yang kontras: ia sering menghasilkan potret kamar yang intim, sepenuh hati, terutama anak-anak dan wanita. Dalam potret anak-anak, Serov bercita-cita untuk menangkap pose dan gerakan, untuk mengungkapkan dan menekankan spontanitas gerakan internal, kebersihan yang tulus, dan kejelasan sikap anak (Anak-anak, 1899, Museum Rusia; Mika Morozov, 1901, galeri Tretyakov). Serov sering menggunakan berbagai teknik grafis—cat air, pastel, litograf, dan sebagainya. Angka-angka dalam potret Serov secara bertahap menjadi semakin halus secara grafis dan ekonomis, terutama selama periode akhir (Vasily Kachalov, 1908, Tamara Karsavina, 1909; banyak tokoh dari dongeng Ivan Krylov , 1895–1911). Dari tahun 1890 hingga 1900 Serov menghasilkan banyak komposisi pemandangan dengan tema pedesaan, di mana arah artistik berubah menjadi romantis.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Children (1899)

Serov menikahi Olga Trubnikova pada tahun 1889. Istri dan anak-anaknya menjadi subjek dari banyak karyanya. Khususnya, lukisannya "Anak-anak" adalah tentang putranya Yura dan Sasha.

Kerja terlambat[sunting | sunting sumber]

Keberangkatan Peter II dan Permaisuri Elizabeth Petrovna sedang berburu, 1900, Museum Rusia

Selama periode akhir, yang dimulai pada tahun 1900, Serov adalah anggota "Dunia seni", sebuah asosiasi seni dan majalah Rusia yang berpengaruh yang tumbuh, sebagian, karena ketidakpuasan dengan gerakan Keliling. Pada awal abad ke-20, Serov berada pada titik balik gaya: fitur impresionisme menghilang dari karyanya, dan gaya modernistik-nya berkembang, tetapi pemahaman yang jujur dan realistis yang khas tentang sifat subjeknya tetap ada. konstan. Pada awal abad ke-20, Serov menciptakan gambar potret heroik; dalam genre potret modis, Serov berfokus pada penggambaran dramatis seniman kreatif, penulis, aktor, dan musisi impor: potret Maxim Gorki (1904, museum A.M. Gorki, Moskow); Maria Yermolova (1905) dan Feodor Chaliapin (arang, 1905), keduanya di Galeri Tretyakov; dan Helena Roerich (1909).

Keyakinan demokratis Serov dengan jelas ditunjukkan selama Revolusi dari tahun 1905 hingga 1907: ia menggambarkan sejumlah tokoh satir yang mengekspos para penghukum. Anggota penuh Akademi Seni St.Petersburg sejak tahun 1903, pada tahun 1905 ia mengundurkan diri sebagai tanda protes terhadap eksekusi para pekerja yang mogok dan keluarga mereka pada tanggal 9 Januari, Minggu Berdarah . Kreativitasnya yang terlambat menemukan ekspresi dalam lukisan sejarah (keberangkatan Peter II dan Permaisuri Elizabeth Petrovna berburu, 1900, Museum Rusia), dan kedalaman pemahaman tentang pemeliharaan sejarah suatu zaman (Peter I, distemper, 1907, Galeri Tretyakov).

Tahun-tahun terakhir kehidupan Serov ditandai dengan karya-karya bertema klasik mitologi. Saat menangani gambar dari tradisi kuno, Serov memberikan materi pelajaran klasik dengan interpretasi pribadi.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Valentin Serov meninggal di Moskow pada tanggal 5 Desember 1911, dari stenocardia (suatu bentuk akut angina) yang akhirnya menyebabkan cardiac arrest, berakhir dengan gagal jantung karena komplikasi parah. Dia dimakamkan di Pemakaman Donskoye. Soviet meminta jenazahnya digali dan dimakamkan kembali di Pemakaman Novodevichy.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Karya-karya terbaik Serov adalah salah satu seni realistis Rusia terbesar. Ia mengajar di Sekolah Lukisan, Patung, dan Arsitektur Moskow dari tahun 1897 hingga 1909), dan di antara murid-muridnya adalah Pavel Kuznetsov, N. N. Sapunov, Martiros Saryan, Kuzma Petrov-Vodkin, N. P. Ulyanov, dan Konstantin Yuon.

Karya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kurdyukova, D. (2015-01-19). "Russian intelligentsia in the portraits by Valentin Serov" (dalam bahasa Inggris). Russia Beyond The Headlines. Diakses tanggal 2020-02-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]