Konstantin Korovin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konstantin Korovin
Portrait of Konstantin Korovin.jpg
Portrait of Konstantin Korovin, by Valentin Serov, 1891
Lahir5 December [K.J.: 23 November] 1861
Moscow, Kekaisaran Rusia
Meninggal11 September 1939(1939-09-11) (umur 77)
Paris, Prancis
KebangsaanRussia
PendidikanMember Academy of Arts (1905)
Dikenal atasLukisan
Karya terkenalHammerfest: Aurora Borealis 1894–1895
Portrait of Feodor Chaliapin 1915
Gerakan politikImpresionisme
PenghargaanLegion of Honour

Konstantin Alekseyevich Korovin (bahasa Rusia: Константи́н Алексе́евич Коро́вин, nama depan sering dieja Constantin; 5 Desember 1861 – 11 September 1939) adalah seorang pelukis Impresionis terkemuka asal Rusia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Konstantin lahir di Moskow dari keluarga pedagang yang secara resmi terdaftar sebagai "petani". Ayahnya, Aleksey Mikhailovich Korovin, memperoleh gelar sarjana dan lebih tertarik pada seni dan musik daripada bisnis keluarga yang didirikan oleh kakek Konstantin. Kakak Konstantin Sergei Korovin adalah seorang pelukis realis yang terkenal. Kerabat Konstantin Illarion Pryanishnikov juga seorang pelukis terkemuka pada waktu itu dan seorang guru di Sekolah Seni Lukis, Patung dan Arsitektur Moskow.

Pada tahun 1875 Korovin memasuki Sekolah Seni Lukis, Patung dan Arsitektur Moskow, di mana ia belajar dengan Vasily Perov dan Alexei Savrasov. Saudaranya, Sergei, sudah menjadi siswa di sekolah itu. Selama tahun-tahun siswa mereka, Korovin berteman dengan sesama siswa Valentin Serov dan Isaac Levitan; Konstantin mempertahankan persahabatan ini sepanjang hidupnya.

Pada tahun 1881-1882, Korovin menghabiskan satu tahun di Akademi Seni Kekaisaran di St. Petersburg, tetapi kembali dengan kecewa ke Sekolah Seni Lukis, Patung, dan Arsitektur Moskow. Dia belajar di sekolah di bawah guru barunya Vasily Polenov hingga 1886.

Pada tahun 1885 Korovin melakukan perjalanan ke Paris dan Spanyol. "Paris adalah kejutan bagi saya ...Impresionis... di dalamnya saya menemukan semua yang saya dimarahi karena kembali ke rumah di Moskow", dia kemudian menulis.

Karir awal[sunting | sunting sumber]

Korovin. Di Balkon, Wanita Spanyol Leonora dan Amparo, 1897–1898

Polenov memperkenalkan Korovin ke Savva Mamontov Abramtsevo Circle: Viktor Vasnetsov, Apollinary Vasnetsov, Ilya Repin, Mark Antokolsky dan orang lain. Kecintaan grup tersebut terhadap tema-tema bergaya Rusia tercermin dalam gambar Korovin A Northern Idyll. Pada tahun 1885 Korovin bekerja untuk gedung opera Mamontov, mendesain dekorasi panggung untuk Giuseppe Verdi Aida, Léo Delibes Lakmé dan Georges Bizet Carmen.

Pada tahun 1888 Korovin bepergian dengan Mamontov ke Italia dan Spanyol, di mana ia menghasilkan lukisan On the Balcony, Spanish Women Leonora and Ampara. Konstantin melakukan perjalanan di Rusia, Kaukasus dan Asia Tengah dan dipamerkan dengan Peredvizhniki. Dia melukis dalam gaya Impresionis, dan kemudian dalam gaya Art Nouveau.

Pada tahun 1890-an Korovin menjadi anggota kelompok seni Mir iskusstva.

Karya-karya Korovin selanjutnya sangat dipengaruhi oleh perjalanannya ke utara. Pada tahun 1888 ia terpikat oleh lanskap utara yang buritan yang terlihat di The Coast of Norway and the Northern Sea.

Perjalanan keduanya ke utara, dengan Valentin Serov pada tahun 1894, bertepatan dengan pembangunan Kereta Api Utara. Korovin melukis sejumlah besar lanskap: Pelabuhan Norwegia, St. Triphon's Brook in Pechenga, Hammerfest: Aurora Borealis, The Coast at Murmansk dan lainnya. Lukisan-lukisan itu dibangun di atas jaringan halus nuansa abu-abu. "Gaya etude" dari karya-karya ini khas untuk seni Korovin tahun 1890-an.

Menggunakan bahan dari perjalanannya, Korovin mendesain paviliun Far North di 1896 All Russia Exhibition di Nizhny Novgorod. Dia juga melukis sepuluh kanvas besar untuk paviliun, menggambarkan berbagai aspek kehidupan di wilayah utara dan Arktik. Setelah penutupan Pameran, kanvas akhirnya ditempatkan di Terminal Kereta Api Yaroslavsky di Moskow. Pada 1960-an, mereka dipulihkan dan dipindahkan ke Galeri Tretyakov.[1]

Pada tahun 1900 Korovin mendesain bagian Asia Tengah dari paviliun Kekaisaran Rusia di Paris World Fair dan dianugerahi Legion of Honour oleh pemerintah Prancis.

St. Triphon's Brook di Pechenga, 1894

Pada awal abad ke-20, Korovin memusatkan perhatiannya pada teater. Dia pindah dari opera Mamontov ke Mariinsky Theatre di St. Petersburg. Berangkat dari dekorasi panggung tradisional, yang hanya menunjukkan tempat aksi, Korovin menghasilkan dekorasi suasana hati yang menyampaikan emosi pertunjukan secara umum. Korovin merancang set untuk produksi dramatis Konstantin Stanislavsky, serta opera dan balet Mariinsky. Dia melakukan desain panggung untuk produksi Mariinsky seperti Faust (1899), The Little Humpbacked Horse (1901), dan Sadko (1906) yang menjadi terkenal karena ekspresifnya.

Pada tahun 1905 Korovin menjadi Akademisi Seni Lukis dan pada tahun 1909–1913 menjadi profesor di Sekolah Seni Lukis, Patung dan Arsitektur Moskow.

Salah satu tema favorit artis adalah Paris. Dia melukis A Paris Cafe (1890-an), Cafe de la Paix (1905), La Place de la Bastille (1906), Paris di Malam Hari, Le Boulevard Italien (1908), Karnaval Malam (1901), Paris di Malam Hari (1907), dan lain-lain.

Selama Perang Dunia I Korovin bekerja sebagai konsultan kamuflase di markas besar salah satu tentara Rusia dan sering terlihat di garis depan. Setelah Revolusi Oktober Korovin terus bekerja di teater, merancang panggung untuk Richard Wagner dan Siegfried dari Richard Wagner , serta Pyotr Ilyich Tchaikovsky' The Nutcracker (1918–1920).

Pada tahun 1923 Korovin pindah ke Paris atas saran Komisaris Pendidikan Anatoly Lunacharsky untuk menyembuhkan kondisi jantungnya dan membantu putranya yang cacat. Seharusnya ada pameran besar karya-karya Korovin, tetapi karya-karya itu dicuri dan Korovin dibiarkan tanpa uang sepeser pun. Selama bertahun-tahun, ia menghasilkan banyak "Musim Dingin Rusia" dan "Bulevar Paris" hanya untuk memenuhi kebutuhan.

Pada tahun-tahun terakhir hidupnya ia menghasilkan desain panggung untuk banyak teater utama di Eropa, Amerika, Asia dan Australia, yang paling terkenal adalah pemandangannya untuk produksi Gedung Opera Turin dari Nikolai Rimsky-Korsakov's The Golden Cockerel.

Korovin meninggal di Paris pada 11 September 1939. Ia dimakamkan di Pemakaman Rusia Sainte-Geneviève-des-Bois, di pinggiran selatan Paris.

Putra Konstantin Alexey Korovin (1897–1950) adalah seorang pelukis Rusia-Prancis yang terkenal. Karena kecelakaan di masa kecilnya, kedua kakinya diamputasi. Alexey bunuh diri pada tahun 1950.

Karya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Чурак, Г. С. (2012). Монументально-декоративные панно Константина Коровина (dalam bahasa Russian). Moscow: Tretyakov Gallery. hlm. 259–289. ISBN 978-5-4350-0020-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]