Ursula Kroeber Le Guin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ursula Kroeber Le Guin
Ursula di Danville, California (2008)
Ursula di Danville, California (2008)
LahirUrsula Kroeber
(1929-10-21)21 Oktober 1929
Bendera Amerika Serikat Berkeley, California, Amerika Serikat
Meninggal22 Januari 2018(2018-01-22) (umur 88)
Bendera Amerika Serikat Portland, Oregon, Amerika Serikat
PekerjaanAuthor
Alma materRadcliffe College (BA 1951)
Columbia University (MA 1952)
Periode menuliskr. 1959–2018
Aliran sastra
Karya terkenal
PasanganCharles Le Guin (k. 19532018)
Anak3
KerabatAlfred Louis Kroeber (father); Theodora Kroeber (mother); Karl Kroeber (brother)
Situs web
ursulakleguin.com

Ursula Kroeber Le Guin (/ˈkrbər lə ˈɡwɪn/;[1] lahir di Berkeley, California, Amerika Serikat, 21 Oktober 1929 – meninggal di Portland, Oregon, Amerika Serikat, 22 Januari 2018 pada umur 88 tahun) adalah seorang penulis berkebangsaan Amerika Serikat. Ursula dikenal atas karyanya bertema fiksi spekulatif, termasuk karya bertema fiksi ilmiah yang berlatarkan semesta Hainish, dan seri fantasi Earthsea. Ursula pertama kali menerbitkan karyanya pada 1959 dan karier kepenulisannya berlangsung selama hampir enam puluh tahun, menghasilkan lebih dari dua puluh novel dan lebih dari seratus cerita pendek, selain puisi, kritik sastra, terjemahan, dan buku anak-anak. Ursula yang sering digambarkan sebagai penulis karya fiksi ilmiah juga sering dijuluki "suara utama American Letters",[2] walau ia sendiri lebih ingin dikenal sebagai novelis Amerika Serikat.[3]

Ursula dilahirkan di Berkeley, California, Amerika Serikat, dari pasangan penulis Theodora Kroeber dan antropolog Alfred Louis Kroeber. Setelah mendapatkan gelar masternya dalam mata kuliah bahasa Prancis, Ursula menjalani pendidikan doktoralnya yang ditinggalkannya setelah menikah dengan sejarawan Charles Le Guin pada 1953. Ursula mulai menulis purnawaktu pada akhir 1950-an dan menraih kesuksesan kritis dan komersial utama lewat A Wizard of Earthsea (1968) dan The Left Hand of Darkness (1969), yang dideskripsikan Harold Bloom sebagai mahakaryanya.[4] Ursula memenangkan penghargaan Hugo dan Nebula untuk novel terbaik atas karya-karya terakhirnya, sehingga menjadikannya wanita pertama yang meraih pencapaian itu. Beberapa karya lainnya berlatarkan di Earthsea atau semesta Hainish; yang lainnya termasuk buku-buku yang berlatarkan negara fiksi Orsinia, beberapa karyanya diperuntukkan bagi kanak-kanak, dan banyak antologi lainnya.

Antropologi budaya, Taoisme, feminisme, dan tulisan-tulisan Carl Jung memiliki pengaruh yang kuat dalam karya Ursula. Kebanyakan ceritanya menggunakan antropolog atau pengamat budaya sebagai protagonis serta beberapa tulisannya diidentifikasi memasukkan pemikiran Taois mengenai kesetimbangan dan keseimbangan. Ursula sering melanggar kiasan fiksi spekulatif tipikal seperti melalui penggunaan protagonis berkulit hitam di Earthsea dan juga menggunakan perangkat gaya atau struktur tak biasa dalam buku-buku seperti karya eksperimental Always Coming Home (1985). Tema sosial dan politik, termasuk gender, seksualitas, dan beranjak dewasa sangat menonjol dalam tulisannya dan ia mengeksplorasi struktur politik alternatif dalam banyak cerita, terutama dalam perumpamaan "The Ones Who Walk Away from Omelas" (1973) dan novel utopia The Dispossessed (1974).

Tulisan Ursula sangat berpengaruh dalam bidang fiksi ilmiah dan telah menjadi subjek perhatian kritis yang intens. Ursula menerima banyak penghargaan, termasuk delapan penghargaan dari Hugo, enam penghargaan dari Nebula, dan 22 penghargaan dari Locus Awards. Pada 2003, Ursula menjadi wanita kedua yang dianugerahi gelar Grand Master dari Science Fiction and Fantasy Writers of America. Perpustakaan Kongres Amerika Serikat menganugerahkan gelar Living Legend pada 2000 dan memenangkan National Book Foundation Medal for Distinguished Contribution to American Letters. Tulisan Le Guin berpengaruh terhadap banyak penulis lainnya, termasuk pemenang Penghargaan Booker Salman Rushdie, David Mitchell, Neil Gaiman, dan Iain Banks. Setelah kematiannya pada 2018, kritikus John Clute menulis bahwa Ursula "memimpin fiksi ilmiah Amerika selama hampir setengah abad",[5] sementara penulis Michael Chabon menyebutnya sebagai "penulis Amerika terbaik dari generasinya".[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Le Guin, Ursula. "How to Pronounce Me". Diarsipkan dari versi asli tanggal March 6, 2014. Diakses tanggal March 22, 2014. 
  2. ^ White 1999, hlm. 1–2.
  3. ^ Phillips, Julie (December 2012). "Ursula K. Le Guin, American Novelist". Bookslut. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 20, 2017. Diakses tanggal September 13, 2016. 
  4. ^ White 1999, hlm. 2.
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Clute Guardian Obit
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Fellow Writers

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Interviews
Pidato