Urip Arphan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Muhammad Urip Arphan (lahir 13 Maret 1947; umur 73 tahun[1]) adalah seorang aktor dan pelawak Indonesia. Urip Arphan mulai bermain film sejak tahun 1975 dalam film Laila Majenun garapan sutradara Sjuman Djaja. Sampai saat ini sudah 51 judul layar lebar yang dibintanginya.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Aktor yang wajahnya mirip Benyamin S ini adalah putra dari pasangan Arphan dan Maryanah. Ia menikah dengan Jumi'ah dan dikaruniai empat orang anak. Ia menempuh pendidikan dari Sekolah Rakyat (SR) dan lulus tahun 1961, kemudian SMP dan lulus tahun 1966, lalu SMA dan lulus tahun 1969. Urip tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena setamat SMA dia beralih ke dunia seni peran.

Lelaki yang biasa disapa Wiek atau Babe Urip ini mulai bermain film layar lebar sejak tahun 1975 dalam film Laila Majenun garapan sutradara Sjuman Djaja. Film-film lain yang pernah dipernakna diantaranya adalah Si Doel Anak Modern (1976), Bodoh-bodoh Mujur (1981), Mat Pelor (1990), dan Emak Ijah Pengen Ke Mekah (2013).

Selain fim layar lebar, ia juga berakting di beberapa sinetron layar kaca diantaranya adalah sinetron Juki bersama David Chalik dan Jihan Fahira juga Cinta Bujur Sangkar bersama Aminah Cendrakasih. Selan itu ia juga berakting untuk serial FTV .

Pria yang hobi nyanyi dan sering diundang untuk manggung ini Juga aktif di berbagai organisasl dengan berbagai jabatan, diantaranya sebagai Ketua Umum Pasta, Ketua Karang Tama Kelurahan Bungur, Ketua Kuntum Mekar Poskota Minggu, Ketua Komite SMKN 54, Penasehat DPC Forkabi Kemayoran dan Sekretaris Seni Budaya DPP LMK.

Selan itu ia juga memiliki Sanggar dengan nama Sanggar UHP. Pada tahun 1998, ia pernah mendapat penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta sebagai penyanyi Betawi[3].

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]