Donat Pahlawan Pandir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Donat Pahlawan Pandir
Sutradara M. Abnar Romli
Produser William Wijaya
Penulis M. Abnar Romli
Pemeran Waty Siregar
Tan Tjeng Bok
Didu
Bang Madi
Roldiah Matulessy
Affandi S. Yasin
S. Bagio
Sol Saleh
Diran
Darto Helm
Anen
Urip Arphan
Distributor Golden Sun Film
Durasi
111 menit
Negara Indonesia

Donat Pahlawan Pandir adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1977 dengan disutradarai oleh M. Abnar Romli. Film ini dibintangi antara lain oleh Waty Siregar dan Tan Tjeng Bok.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Donat adalah seorang anak cacat akibat suatu kecelakaan ketika sebuah peristiwa perampokan yang sering dilakukan oleh Si Item. Si Item ini memang dikenal sebagai pimpinan perampok yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Sedang Donat setelah dewasa dengan keluguannya ingin pula melawan para penjahat pimpinan Item dengan caranya sendiri.

Suatu ketika, karena ulahnya sendiri Donat terjebak dan dikurung oleh gerombolan Si Item. Ketika sebuah kesempatan yang ia ciptakan berhasil, ia meloloskan diri. Bahkan mengajak seorang gadis yang juga disekap oleh Si Item, Leilah. Merasa gelagat yang tak beres di lingkungannya, Si Item segera menuju kamar Leilah. Ketika Item membuka pintu, Donat yang tepat berada di balik pintu, dengan cepat memukul Si Item hingga pingsan. Di perjalanan Donat bertemu dengan rombongan orang kampung yang sedang giat memberantas gerombolan Si Item. Jadilah Donat sebagai pahlawan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]