Uri Bronfenbrenner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Uri Bronfenbrenner adalah seorang ahli dalam bidang psikologi yang dilahirkan di Moskwa, Rusia pada tahun 1917. Dalam usia dini ia dibawa ke Amerika Serikat. dan meraih derajat BA dari Universitas Cornall pada tahun 1938. di Universitas Harvard ia memperoleh gelar Ed.M. pada tahun 1940 dan di Universitas Michigan ia juga mendapatkan gelar Ph.D pada tahun 1942. Setelah Perang Dunia II, Bronvennner kembali ke Universitas Cornell sebagai profesor psikologi, perkembangan anak dan hubungan keluarga. Ia telah menulis panjang dalam bidang psikologi perkembangan, dengan pendekatan ekologisnya pada psikologi perkembangan . baginya, lingkungan ekollogis merupakan semacam perangkat boneka Rusia yang ditempatkan dalam suatu wadah bermacam boneka yang lain. Ia mengakui bahwa terdapat tiga level lingkungan ekolgi dalam perkembangnan psikologi. Katanya "pada level yang paling dalam adalah keadaan lingkungan yang berhubungan langsung dengan keberadaan perkembangan pribadi tersebut. Ia bisa rumah, ruang kelas, atau ruang laboraturium". (Bronfenbrenner,1979).[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dalam usia dini ia dibawa ke Amerika Serikat. dan meraih derajat BA dari Universitas Cornell pada tahun 1938. Di Universitas Harvard ia memperoleh gelar Ed.M. pada tahun 1940 dan di Universitas Michigan ia juga mendapatkan gelar Ph.D pada tahun 1942. Ia sangat dikenal dengan pendekatan ekologinya pada psikologi perkembangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF; Baihaqi; Baihaqi (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikn Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 103. ISBN 9786028395755.