Universitas Negeri Yerevan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Negeri Yerevan
Երևանի Պետական Համալսարան
Pintu masuk utama Universitas Negeri Yerevan
JenisNegeri
Didirikan16 Mei 1919 (1919-May-16)
Staf akademik
1,600
Jumlah mahasiswa20,000
Sarjana18,000
Magister2,000
Lokasi,
40°10′54″N 44°31′35″E / 40.18167°N 44.52639°E / 40.18167; 44.52639Koordinat: 40°10′54″N 44°31′35″E / 40.18167°N 44.52639°E / 40.18167; 44.52639
KampusUrban
WarnaBiru, Putih
   
Situs webOfficial website
Peringkat universitas
Regional – Keseluruhan
QS Emerging Europe and Central Asia[1]173 (2022)

Universitas Negeri Yerevan (YSU; bahasa Armenia: Երևանի Պետական Համալսարան, ԵՊՀ, Yerevani Petakan Hamalsaran),[2] adalah perguruan tinggi tertua di Armenia. Universitas ini didirikan pada tahun 1919, dan merupakan universitas[3] terbesar di negara ini. Dengan demikian secara informal dikenal sebagai "universitas induk" Armenia (Մայր ԲՈւՀ, Mayr Buh).[4][5][6] Dari 3.150 karyawannya, 1.190 terdiri dari staf pengajar, yang meliputi 25 akademisi, 130 profesor, 700 dosen (profesor), dan 360 asisten dosen. Universitas ini memiliki 400 peneliti, 1.350 mahasiswa pasca sarjana, dan 8.500 sarjana, termasuk 300 mahasiswa dari luar negeri.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Sirakan Tigranyan, salah satu pendiri universitas
Gedung universitas negeri Yerevan pertama di Yerevan

Universitas Negeri Yerevan didirikan pada 16 Mei 1919 atas keputusan pemerintah Republik Armenia dan upaya politisi Sirakan Tigranyan. Profesor Yuri Ghambaryan diangkat sebagai rektor pertamanya (1919–20).

Universitas ini diresmikan pada tanggal 31 Januari 1920 dalam upacara akbar yang diadakan di Alexandropol (Gyumri modern), dengan partisipasi dari Perdana Menteri Alexander Khatisian dan banyak pejabat pemerintah lainnya, serta duta besar Britania Raya, Prancis, dan Iran untuk Armenia.[7] Awalnya, universitas untuk sementara ditempatkan di dalam gedung sekolah perdagangan di Alexandropol (gedung saat ini Gyumri Technology Center). Kuliah pertama berlangsung pada tanggal 1 Februari 1920, dipimpin oleh akademisi Stepan Malkhasyants.

Selama periode Soviet[sunting | sunting sumber]

Stempel Armenia 2019 yang didedikasikan untuk peringatan 100 tahun universitas

Setelah Sovietisasi Armenia pada bulan Desember 1920, universitas tersebut berganti nama menjadi "Universitas Rakyat Yerevan", dan Hakob Manandyan diangkat sebagai rektor baru universitas tersebut.

Pada tahun 1921, universitas ini menjadi rumah bagi dua fakultas: fakultas ilmu fisika dan fakultas ilmu sosial. Pada Oktober 1921, tiga fakultas lagi dibuka: fakultas studi oriental, fakultas pertanian, dan fakultas studi teknik. Pada bulan Maret 1922, fakultas kedokteran dan pedagogi dibuka, diikuti oleh fakultas tenaga kerja pada tahun 1923.

Pasca kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Patung Mesrop Mashtots dan Sahak Partev (pematung Ara Sargsian) didirikan pada tahun 2002, di pintu masuk gedung utama UNY

Setelah Armenia memperoleh kemerdekaannya, kampus Ijevan Universitas Negeri Yerevan dibuka pada tahun 1994. Periode 1995–96 sangat penting bagi universitas dengan dimulainya proses pendidikan baru untuk memenuhi standar internasional tertinggi. Dengan demikian, fakultas mengadopsi sistem pendidikan dua kelas, memberikan gelar Sarjana dan Magister. Gelar Doktor juga dikeluarkan oleh fakultas.

Pada 2016–17, sekitar 20.000 mahasiswa belajar di 19 fakultas universitas. Staf akademik universitas terdiri dari lebih dari 1600 spesialis dan pakar yang berkualifikasi, termasuk 207 profesor, 581 profesor rekanan, 375 asisten, dan 453 dosen.[8]

Tata Kelola[sunting | sunting sumber]

Dewan Pembina[sunting | sunting sumber]

Dewan Pengawas Universitas Negeri Yerevan adalah badan kolegial yang terdiri dari 32 anggota, dan menjabat selama lima tahun.

Anggota dewan adalah perwakilan dari badan-badan berikut:

  • staf profesional (25%),
  • mahasiswa dan mahasiswa PhD (25%),
  • perwakilan bidang ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya, dan ekonomi (25%),
  • pegawai yang bekerjasama dengan universitas (25%).

Rektor[sunting | sunting sumber]

Rektor Universitas Negeri Yerevan adalah direktur eksekutif universitas. Berdasarkan piagam universitas, rektor adalah direktur tertinggi yayasan universitas, serta orang yang bertanggung jawab atas hasil semua kegiatan universitas. Rektor UNY dipilih untuk masa jabatan lima tahun dengan pemungutan suara rahasia.

Mengelola dan mengendalikan kegiatan akademik, ilmiah, ekonomi, keuangan, nasional, dan internasional universitas berada dalam lingkup tanggung jawab rektor. Rektor juga merupakan Ketua Dewan Akademik UNY.

Dewan Akademik[sunting | sunting sumber]

Dewan Akademik Universitas Negeri Yerevan bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola masalah pendidikan, metodologi, dan ilmiah universitas untuk siklus 5 tahun. Kegiatan dewan dipenuhi melalui sesi reguler dan luar biasa. Sesi reguler diadakan setidaknya delapan kali setahun. Sebaliknya, sesi luar biasa dipanggil berdasarkan kebutuhan, atas permintaan tertulis dari ketua Dewan Akademik, atau setidaknya 1/3 anggota dewan.

Dewan Akademik memverifikasi peraturan tentang persyaratan kualifikasi kelulusan, persyaratan penerimaan pascasarjana, membuat keputusan tentang reorganisasi dan penghapusan fakultas, lembaga ilmiah dan penelitian, pusat, perguruan tinggi, sekolah tinggi, serta departemen dan subdivisi struktural lainnya. Dewan ini juga bertugas memberikan gelar kehormatan, medali, hadiah, beasiswa individu, serta menominasikan kandidat untuk penghargaan dan gelar negara bagian dan internasional.

Rektorat[sunting | sunting sumber]

Rektorat UNY merupakan badan penasehat rektor universitas. Terdiri dari rektor, wakil rektor, sekretaris ilmiah, kepala administrasi pendidikan, kepala akuntan, presiden serikat pekerja, kepala cabang UNY, lembaga ilmiah, direktur pusat, dan dekan fakultas UNY.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Pada 2016, universitas memiliki 19 fakultas di Yerevan, serta "Departemen persiapan untuk warga negara asing":

Fakultas Ilmu Fisika[sunting | sunting sumber]

  • Fisika
  • Fisika Nuklir (Fisika Reaktor Nuklir)
  • Matematika dan Fisika Terapan

Proses pelatihan spesialis di bidang fisika dan matematika dimulai pada tahun 1922 di UNY. Pendirian fakultas Fisika dan Matematika yang independen, dengan Ketua Fisika dan Matematika yang terpisah pada tahun 1933, merupakan langkah penting untuk mengembangkan studi fisika di Armenia.

Untuk memantapkan perkembangan fisika, dan untuk menghasilkan lebih banyak spesialis di dalam negeri, Fakultas Fisika dipisahkan dari Fakultas Matematika-Fisika pada tahun 1959. Dekan pertama fakultas tersebut adalah Akademisi NAS RA Norayr Kocharyan.

Staf Fakultas terdiri dari spesialis berkualifikasi tinggi. Saat ini, NAS RA memiliki tiga Akademisi, lima anggota Madya, 36 Doktor Ilmu Pengetahuan, dan lebih dari 80 Kandidat Ilmu Pengetahuan, semuanya terlibat dalam proses bimbingan belajar di Fakultas ini.

Sejak tahun akademik 2006–2007, Fakultas telah menawarkan peminatan Pedagog Fisika (pembelajaran jarak jauh). Kegiatan penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium Fakultas sesuai dengan tuntutan lapangan saat ini baik secara ilmiah maupun teknis.

Ada juga ruang komputer dengan teknologi modern, yang memungkinkan siswa untuk berkenalan dengan eksperimen ilmiah modern dan sistem manajemen teknologi otomatis.

Fakultas Matematika dan Mekanika[sunting | sunting sumber]

  • Matematika
  • Matematika Aktuaria
  • Mekanika

Pembinaan spesialis bidang matematika di UNY dimulai pada tahun 1924 di Jurusan Fisika dan Matematika. Pada tahun 1933 jurusan ini diubah menjadi Fakultas Fisika-Matematika. Pada tahun 1959 fakultas dibagi menjadi dua fakultas independen: Matematika dan Mekanika, dan Fisika. Pada tahun 1963, peminatan Sibernetika Matematika mulai ditawarkan di Fakultas Mekanika dan Matematika. Yang terakhir menjadi dasar pendirian Fakultas Informatika dan Matematika Terapan pada tahun 1972.

Pada tahun 1988 Fakultas Matematika dan Mekanika dipecah menjadi dua fakultas yaitu Mekanika dan Matematika. Pada tahun 2007, semua itu kembali disatukan menjadi satu fakultas yaitu Matematika dan Mekanika.

Fakultas telah memupuk kerja sama ilmiah aktif dengan beberapa pusat matematika terkenal, IHE, dan pusat penelitian ilmiah di seluruh dunia, seperti Institut Matematika Republik Armenia NAS, Universitas Negeri Moskow, NAN RF Institut Steklov Matematika, University of Trier (Jerman), Stockholm Royal Technological University (Swedia), TTU (Finlandia) dan University of Applied Sciences di Schmalkalden di Jerman.

Fakultas Radiofisika[sunting | sunting sumber]

  • Radiofisika dan Elektronika
  • Fisika Semikonduktor dan Mikroelektronika
  • Pengembangan Telekomunikasi dan Sinyal

Fakultas ini didirikan pada bulan Juni 1975 atas dasar Fakultas Fisika. Fakultas ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang mendalam dalam Fisika Teoritis dan keterampilan teknik yang kuat.

Fakultas Informatika dan Matematika Terapan[sunting | sunting sumber]

  • Informatika dan Matematika Terapan

Fakultas Informatika dan Matematika Terapan (IAM) Universitas Negeri Yerevan adalah pusat pendidikan dan ilmiah yang mempersiapkan para ilmuwan penelitian dasar dan pemrogram yang berkualifikasi.

Fakultas Kimia[sunting | sunting sumber]

  • Kimia
  • Kimia Terapan
  • Kimia Ekologi
  • Kimia Farmasi

Bimbingan kimia diluncurkan di universitas pada tahun 1921. Hal itu dimungkinkan oleh Ketua Kimia yang baru dibuka, terdiri dari S. Ghambaryan, A. Hakobyan, L. Rotinyan dan H. Akunyan. Dekan fakultas, spesialis agrokimia P. Kalantaryan, dan kemudian Rektor dan spesialis biokimia H. Hovhannisyan juga memberikan kontribusi yang signifikan di bidang ini.

Fakultas menentukan kriteria proyek pendidikan sekolah yang berkaitan dengan kimia.

Fakultas ini adalah pusat ilmiah yang diakui secara internasional. Fakultas telah menjalin hubungan yang kuat dengan pusat ilmiah asing terkemuka:

Fakultas Biologi[sunting | sunting sumber]

Fakultas Biologi
  • Biologi
  • Biofisika
  • Biokimia

Fakultas Biologi didirikan pada tahun 1933, namun proses pendiriannya dimulai tidak lama setelah berdirinya UNY sendiri. Selama periode waktu yang berbeda, itu ada sebagai Divisi Akademik Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Pedagogi dengan nama berikut: Sub-departemen Biologi, Departemen Biologi, dan Siklus Biologi.

Fakultas Geografi dan Geologi[sunting | sunting sumber]

  • Geologi
  • Geografi
  • Hidrometeorologi
  • Kegiatan Kartografi dan Kadaster
  • Melayani

Pada tahun 1933 dan -34 dibuka Fakultas Geologi dan Geografi di UNY. Pada tahun 1935, departemen Geografi dan Geologi dipisahkan satu sama lain, dan dua fakultas terpisah dibentuk. Pada bulan Juni 2008, ini digabungkan sekali lagi dan Fakultas Geografi dan Geologi didirikan.

Program khusus berikut juga tersedia di fakultas ini.

Program magister:

  • Geofisika
  • Geokimia
  • Hidrometeorologi dan Geologi Teknik
  • Sejarah dan Geologi Regional
  • Eksplorasi dan Investigasi Tambang
  • Geografi Sosial
  • Geografi Alam
  • Geoinformatika dan Kartografi
  • Eksploitasi Alam dan Ekologi

Fakultas Filsafat dan Psikologi[sunting | sunting sumber]

  • Filsafat
  • Psikologi

Proses berdirinya fakultas ini dimulai pada tahun 1964. Ketua Fakultas Filsafat Fakultas Sejarah menjadi dasar dibukanya Jurusan Filsafat. Lulusan generasi pertama meninggalkan departemen pada tahun 1969. Sebelum tahun 1970, bimbingan filsafat diberikan oleh Ketua Filsafat tunggal. Pada tahun 1970, Kursi Filsafat dibagi menjadi tiga kursi yang berbeda, yang tetap di tempatnya.

Fakultas Sosiologi[sunting | sunting sumber]

  • Sosiologi
  • Pekerjaan sosial

Fakultas Teologi[sunting | sunting sumber]

Gedung lama YSU di Abvoyan 52, saat ini menampung tiga fakultas: Teologi, Sejarah, dan Ekonomi dan manajemen
  • Teologi

Fakultas Teologi didirikan pada tanggal 1 September 1995. Pendiri dan Dekan pertama adalah NAS RA dan Doktor Filsafat dan Filologi YSU, Uskup Agung Shahe Ajamian.

Fakultas Sejarah[sunting | sunting sumber]

  • Sejarah
  • Seni rupa
  • Studi Budaya

Fakultas Filologi Armenia[sunting | sunting sumber]

  • Bahasa dan Sastra Armenia

Fakultas Filologi Armenia merupakan salah satu yang pertama di antara fakultas-fakultas YSU. Fakultas Studi Oriental, Filologi Rusia, Filologi Roman-Jermanik, dan Jurnalisme yang sekarang independen dibentuk darinya.

Fakultas Filologi Rusia[sunting | sunting sumber]

  • Bahasa dan Sastra Rusia

Fakultas melatih spesialis di bidang Bahasa dan Filologi Rusia. Gelar yang ditawarkan adalah Bachelor's dan Master of Arts. Lulusan fakultas ini biasanya menjadi dosen Bahasa dan Sastra Rusia atau penerjemah. Banyak dari mereka mendapatkan karir di bidang komunikasi antar budaya.

Saat ini, fakultas memiliki empat kursi:

  • Ketua Sastra Rusia
  • Ketua Linguistik Rusia, Tipologi, dan Teori Komunikasi
  • Ketua Bahasa Rusia (Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam)
  • Ketua Bahasa Rusia (Fakultas Humaniora)

Fakultas Studi Oriental[sunting | sunting sumber]

  • Studi Persia / Iran
  • Studi Bahasa Arab
  • Studi Turki

Fakultas Bahasa dan Komunikasi Eropa[sunting | sunting sumber]

  • Bahasa dan Sastra Inggris
    • Studi Terjemahan: Bahasa Inggris dan Bahasa Armenia
  • Linguistik dan Komunikasi Lintas Budaya: Bahasa Inggris
  • Bahasa dan Sastra Jerman
    • Studi Terjemahan: Jerman dan Armenia
  • Bahasa dan Sastra Prancis
    • Studi Terjemahan: Prancis dan Armenia
  • Bahasa Spanyol dan Sastra
    • Studi Terjemahan: Spanyol dan Armenia
  • Bahasa dan Sastra Italia
  • Sastra Asing

Fakultas Jurnalistik[sunting | sunting sumber]

  • Jurnalistik

Fakultas Ekonomi dan Manajemen[sunting | sunting sumber]

  • Ekonomi
  • Ekonomi internasional
  • Pengelolaan
  • Keuangan dan Akuntansi

Lebih dari 80 dosen terlibat mengajar di fakultas ini di bawah enam kursi. Program Magister yang tersedia di fakultas ini adalah:

  • Teori Ekonomi
  • Pemodelan Ekonomi
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Ekonomi internasional
  • Manajemen bisnis
  • Keuangan, Kredit dan Sirkulasi Moneter

Program magister yang tersedia antara lain:

  • Ekonomi internasional
  • Pengelolaan
  • Teori Ekonomi
  • Keuangan dan Akuntansi
  • Pemodelan Matematika

Fakultas Hukum[sunting | sunting sumber]

Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum

Fakultas Hukum terdiri dari Ketua-Ketua sebagai berikut:

  • Ketua Teori dan Sejarah Negara dan Hukum,
  • Ketua Hukum Tata Negara,
  • Ketua Hukum Perdata,
  • Ketua Hukum Acara Perdata,
  • Ketua Hukum Pidana,
  • Ketua Acara Pidana dan Kriminalisasi,
  • Ketua Hukum Eropa dan Internasional.

Fakultas Hubungan Internasional[sunting | sunting sumber]

  • Hubungan Internasional
  • Ilmu Politik / Politologi
  • Ilmu Pemerintahan

Departemen persiapan untuk warga negara asing[sunting | sunting sumber]

  • Bahasa Armenia
  • Bahasa asing
  • Mata Pelajaran Akademik Umum

Fakultas Persiapan Mahasiswa Asing dibuka pada tahun 1961 untuk keperluan pendidikan internasional di UNY. Fakultas terletak di Distrik Avan Yerevan.

Cabang[sunting | sunting sumber]

Cabang YSU Ijevan[sunting | sunting sumber]

Cabang YSU Ijevan dibuka pada tahun akademik 1994–95. Pada 2016, cabang Ijevan memiliki empat fakultas:[9]

  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam:
    • Pemrograman dan Teknologi Informasi
    • Matematika Umum dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Budaya:
    • Sejarah dan Ilmu Sosial
    • Pedagogi dan Psikologi
    • Bahasa dan Sastra Armenia
    • Bahasa asing
  • Fakultas Ekonomi:
    • Ekonomi Umum
    • Manajemen Pariwisata dan Kebudayaan
  • Fakultas Seni Terapan:
    • Menggambar, Melukis, dan Memahat
    • Seni dan Desain Terapan Dekoratif

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan YSU dinamai Sarkis dan Mary Izmirlian

Perpustakaan Universitas Negeri Yerevan, dinamai Sarkis dan Mary Izmirlian, diresmikan pada 28 Februari 1920.

Sejak 12 Oktober 1994, perpustakaan tersebut telah ditempatkan di gedung baru di dalam kompleks universitas di Jalan Charents, dibuka dalam rangka peringatan 75 tahun berdirinya universitas.

Pada tanggal 7 Oktober 1997, perpustakaan tersebut dinamai Sarkis dan Mary Izmirlian (orang tua dari dermawan Swiss-Armenia Dikran Izmirlian).

Pada 2015, "gang terima kasih" dibuka di pintu masuk perpustakaan, untuk mengenang semua orang yang telah menyatakan posisi pro-Armenia selama dan setelah Genosida Armenia, termasuk intelektual Eropa dan Amerika serta politik dan tokoh budaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "QS World University Rankings-Emerging Europe & Central Asia". Diakses tanggal 15 January 2023. 
  2. ^ Hacikyan, Agop Jack; Basmajian, Gabriel; Franchuk, Edward S.; Ouzounian, Nourhan (2005). The Heritage of Armenian Literature: From the eighteenth century to modern times. Detroit: Wayne State University Press. hlm. 1012. ISBN 9780814332214. 
  3. ^ a b Ness, Daniel; Lin, Chia-Ling, ed. (2015). International Education: An Encyclopedia of Contemporary Issues and Systems. Routledge. hlm. 789. ISBN 9781317467519. 
  4. ^ "Մայիսի 16-ը Մայր ԲՈՒՀ-ի հիմնադրման օրն է". culture.am (dalam bahasa Armenia). 16 May 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 May 2016. Diakses tanggal 14 January 2016. 
  5. ^ "ԵՊՀ հոգաբարձուների խորհրդի նիստում ընտրվել է "Երևանի պետական համալսարան" հիմնադրամի ռեկտորը [YSU Board of Trustees Elects Rector of Yerevan State University Foundation]". president.am (dalam bahasa Armenia). Office to the President of the Republic of Armenia. 19 June 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 October 2018. Diakses tanggal 14 January 2016. 
  6. ^ "Նախագահ Սարգսեան. "Տակաւին Շատ Ընելիքներ Կան Երեւանի Պետական Համալսարանին Մէջ"". Aztag (dalam bahasa Armenia). 22 June 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 July 2018. Diakses tanggal 14 January 2016. ...Երեւանի պետական համալսարանը եղած է եւ միշտ պէտք է ըլլայ իբրեւ Մայր համալսարան եւ յառաջատար: 
  7. ^ Երևանի պետական համալսարան Diarsipkan 2018-08-26 di Wayback Machine.. Yerevan.am. Retrieved on 2019-08-15.
  8. ^ History of Yerevan State University Diarsipkan 2017-02-02 di Wayback Machine.. Ysu.am. Retrieved on 2019-08-15.
  9. ^ YSU Ijevan branch Diarsipkan 2016-06-26 di Wayback Machine.. Ijevan.ysu.am. Retrieved on 2019-08-15.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Universities in Armenia Templat:Yerevan landmarks