Pedagogi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang guru sedang mempraktikkan ilmu dan seni dalam memotivasi peserta didik.

Pedagogi bisa diartikan sebagai strategi atau metode mengajar. Menurut Prof Poerbakawatja (1976) pedagogi mempunyai dua arti :

a. praktek, cara mengajar

b. ilmu pengetahuan mengenai prinsip-prinsip atau metode mengajar.[1]

Pedagogi juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar. Sehubungan dengan strategi mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan guru. Salah satu contohnya adalah aliran pemikiran Sokrates.[2]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata "pedagogi" berasal dari Bahasa Yunani kuno παιδαγωγέω (paidagōgeō; dari παίς país:anak dan άγω ági: membimbing; secara literal berarti "membimbing anak”). Di Yunani kuno, kata παιδαγωγός biasanya diterapkan pada budak yang mengawasi pendidikan anak tuannya, termasuk di dalamnya mengantarnya ke sekolah (διδασκαλείον) atau tempat latihan (γυμνάσιον), mengasuhnya, dan membawakan perbekalannya (seperti alat musiknya).[3]

Kata yang berhubungan dengan pedagogi, yaitu pendidikan,[4] sekarang digunakan untuk merujuk pada keseluruhan konteks pembelajaran, belajar, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut.

Malcolm Knowles mengungkapkan istilah lain yang mirip dengan pedagogi yaitu andragogi, yang merujuk pada ilmu dan seni mendidik orang dewasa.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Purbakawatja, Soegarda (1976). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung. hlm. 212. 
  2. ^ "Analysis of Pedagogy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-12. Diakses tanggal 2008-06-03. 
  3. ^ Etymology Site on-line (pedagogue)
  4. ^ Definisi Webster tentang education