Universitas Hindia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Hindia Barat
Motobahasa Latin: Oriens Ex Occidente Lux
Moto dalam bahasa Indonesia
"Cahaya Terbit Dari Barat"
JenisUniversitas daerah, negeri, mandiri
Didirikan1948; 76 tahun lalu (1948)
KanselirRobert Bermudez
Wakil KanselirHilary Beckles
Staf akademik
1.200
Jumlah mahasiswasekitar 50.000 (di 5 kampus)[1]
KampusMona, Jamaika (pusat)
Warna
         
AfiliasiAsosiasi Universitas Persemakmuran (ACU)
Komunitas Karibia
MaskotBurung Pelikan
Situs webUWI Regional Headquarters
UWI Cave Hill
UWI St. Augustine
UWI Mona
UWI Open Campus
UWI Five Islands Campus

Universitas Hindia Barat (bahasa Inggris: University of the West Indies, UWI), awalnya Perguruan Tinggi Universitas Hindia Barat,[2][3] adalah sistem universitas negeri yang didirikan untuk melayani kebutuhan pendidikan tinggi bagi penduduk di 18 negara dan wilayah berbahasa Inggris di Karibia : Anguilla, Antigua dan Barbuda, Bahama, Barbados, Belize, Bermuda, Kepulauan Virgin Britania Raya, Kepulauan Cayman, Dominika, Grenada, Guyana, Jamaika, Montserrat, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago, dan Kepulauan Turks dan Caicos. Setiap negara adalah anggota Persemakmuran Bangsa-Bangsa atau Wilayah Seberang Laut Britania Raya.

Kampus UWI di Mona, Jamaika, berfungsi sebagai kantor pusat Universitas Hindia Barat. Selain UWI Mona,[4] Universitas memiliki empat pusat universitas utama: UWI Cave Hill (Barbados), UWI St. Augustine (Trinidad dan Tobago), UWI Five Islands (Antigua dan Barbuda), dan Kampus Terbuka UWI di seluruh negara-negara Karibia.

Tujuan universitas ini adalah untuk membantu "membuka potensi pertumbuhan ekonomi dan budaya" di Hindia Barat, sehingga memungkinkan peningkatan otonomi daerah.[5] Universitas ini awalnya didirikan sebagai perguruan tinggi eksternal independen dari Universitas London.[6]

Universitas ini telah menghasilkan mahasiswa yang unggul dalam sejumlah disiplin ilmu, seperti seni dan sains, bisnis, politik, dan olahraga. Alumni dan pengajar terkemuka termasuk tiga Pemenang Nobel,[7][8] 72 Penerima Beasiswa Rhodes, tiga pemenang Beasiswa Gates Cambridge, satu pemenang penghargaan Emmy,[9] satu pemenang Man Booker Prize, satu pemenang American Book Award, beberapa pemenang Commonwealth Short Story Prize, 18 Kepala Pemerintahan Karibia saat ini atau sebelumnya, dua peraih medali emas Olimpiade, dan pemenang penghargaan lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The University of the West Indies". THE World University Rankings. Times Higher Education. Diakses tanggal 29 December 2019. 
  2. ^ "History of the UHWI - University Hospital of the West Indies". uhwi.gov.jm. 
  3. ^ "Grading Scale". 
  4. ^ https://www.mona.uwi.edu/iso/our-partners-0
  5. ^ The University of the West Indies, A Quinquagenary Calendar 1948-1998, Douglas Hall, 1998. Jamaica, The Press, University of the West Indies
  6. ^ "Happy 90th Birthday to the Visitor!!!". wordpress.com. 22 April 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 May 2018. Diakses tanggal 4 May 2018. 
  7. ^ "Nobel Laureates | Alumni Online Community". 10 July 2010. 
  8. ^ "UWIAchievements". www.uwi.edu. Diakses tanggal 2020-08-02. 
  9. ^ "Antigua and Barbuda Citizenship — New University Fund Option". 2018-10-18.